Tidak Menerima HP Pesanan dari Aplikasi Akulaku, tapi Terus Ditagih

Pada tanggal 27 Juli 2021, saya melakukan pembelian HP Vivo X60 Pro RAM/ROM 12 GB/268 GB garansi resmi warna hitam, dari seller Mega Shop, dengan nomor pemesanan: 162732030560223677723 di aplikasi Akulaku. Tanggal 28 Juli 2021 seller menginput nomor resi J&T yang tidak valid dan tidak dapat kami lacak.

Kemudian tanggal 28 Juli 2021, saya menanyakan kepada seller kenapa resi tidak bisa dilacak? Seller membalas pada tanggal 29 Juli 2021, bilang ke saya “Sabar ya kak, nanti kami bantu cek”.

Tanggal 30 Juli 2021, saya chat lagi saya tanya kenapa barang belum sampai di rumah saya, tapi tidak ada respon dari seller.

Tanggal 2 Agustus 2021 saya masih menanyakan keberadaan pesanan hp saya, lalu dibalas oleh seller: “Sabar kak”. Saya mau batalkan pesanan, tapi tidak bisa, harus menunggu batal otomatis setelah 14 hari kerja. Lalu si seller bilang “Iya kak dikirim besok urutan kakak besok”.

Tanggal 3 Agustus 2021 saya tanya lagi sudah di kirim? Tidak direspon. Tanggal 5 Agustus 2021, saya masih tanya lagi sudah dikirim atau belum, kenapa tidak dibalas? Lalu seller jawab sudah. Tanggal 6 ke atas, saya chat seller, tapi tidak direspon sama sekali.

Kemudian muncullah tagihan cicilan saya tanggal 25 Agustus 2021. Tagihan tersebut digabung dengan tagihan saya yang lain (iPhone 11). Saya mau bayar tagihan iPhone saya, karena saya sudah menerima barang tersebut sudah menjadi kewajiban saya untuk membayarnya. Namun saya tidak mau membayar tagihan Vivo-nya, dikarenakan saya tidak menerima barang tersebut.

Saya bingung mau bayar iPhone-nya saja, tapi tidak bisa. Akhirnya saya menghubungi pihak Akulaku untuk bertanya bagaimana saya membayar tagihan iPhone-nya saja, tapi pihak Akulaku mempersulit saya. CS Akulaku bilang harus bayar full, sehingga tagihan iPhone saya telat 5 hari.

Setelah debat dengan pihak CS Akulaku beberapa hari, akhirnya disetujui saya bisa membayar tagihan iPhone saya saja (iPhone saya sudah lunas). Namun sekarang saya dikejar pembayaran oleh pihak Akulaku untuk melakukan pembayaran barang yang saya tidak terima.

Yang menjadi keluhan saya:

  1. Kenapa pada tanggal 28 Juli 2021 pihak seller bisa menginput nomor resi invalid/ tidak bisa dilacak? Sedangkan tanggal 2 Agustus 2021 seller bilang “Urutan kakak besok ya”, berarti sebelumnya seller menginput nomor resi palsu.
  2. Saya sudah menginformasikan ke pihak CS Akulaku, tapi hanya dibilang “Kami proses ya pak”.

Saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan oleh aplikasi Akulaku, karena saya tidak menerima barang tersebut, tapi saya harus membayarnya. Saya belanja menggunakan aplikasi Akulaku, karena saya percaya dengan prosedur dari aplikasi ini yang di bawah naungan OJK. Bahwa pembelian saya aman, jika barang tidak saya terima, uang saya bisa kembali. Nyatanya apa?

Apa langkah tegas dari pihak Akulaku terhadap seller nakal? Kenapa customer yang dirugikan? Jika seperti ini, akan banyak seller nakal yang pura-pura kirim barang dengan resi palsu kepada pihak customer. Saya bisa melampirkan data-data lengkap kalau saya tidak menerima barang tersebut.

Saya mau uang yang sudah saya transfer di tanggal 27 Juli 2021 sebesar Rp2.303.000 dikembalikan ke saya dan saya tidak mau membayar sesuatu yang tidak saya terima. Saya tunggu itikad baik dari pihak Akulaku untuk menyelesaikan dan mengembalikan dana saya.

Terima kasih.

Danil
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:38    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Tidak Menerima HP Pesanan dari Aplikasi Akulaku, tapi Terus Ditagih

  • 9 September 2021 - (14:13 WIB)
    Permalink

    2020 saya pernah membeli hp samsung a71. Alhamdullilah barang dikirim juga. Tapi sekarang kalo mau beli2 barang dah gak berani di akulaku. Mending beli di merchant lain tapi pembayaran pakai akulaku.

  • 10 September 2021 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Saya pun sedang mengalami ini, sudah 8 hari barang pesanan saya belum sampai juga Cs hanya bilang kami bantu proses pelaporan tapi belum ada kabar baiknya, mudah2n barang bisa sampai ke tangan saya nanti

  • 14 September 2021 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Senasib dengan saya, pesan Printer HP 2135 di Harco Store pada tnggal 3 September 2021 sampai sekarang barang belum saya terima. Chat ke admin toko cuma jawab sabar ka. Kemudian komplein ke cs akulaku jawabnya sesang kami proses, sedangkan tagihan sidah muncul. Tolong pihak akulaku segera memproses permasalahan saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tidak Menerima HP Pesanan dari Aplikasi Akulaku, tapi Terus Ditagih

oleh Danil Kumala dibaca dalam: 2 menit
5