Tagihan Telkom Indihome untuk Layanan yang Tidak Pernah Digunakan – Bagian 2

Hai Rekan mediakonsumen,

ini adalah surat pembaca kedua saya, terkait penagihan Telkom Indihome untuk layanan yang tidak pernah digunakan, berikut link surat pertama:

Saya kembali menuliskan surat pembaca karena sampai sekarang – bulan September 21, sebulan sejak surat pembaca pertama saya di media konsumen, atau 3 bulan sejak saya komplain ke cs Indihome melalui berbagai media yang disediakan, masalah penagihan tidak kunjung terselesaikan.

Berikut kontak/penagihan dari Telkom yang datang setelah surat media konsumen pertama:

  • Telepon 10 Aug 21 1500250 – 2x menyatakan akan follow up, menanyakan apakah sudah klarifikasi dengan pengembang perumahan saya (entah apa hubungannya)
  • WA 12 Aug 21, Bpk Andi atas nama Manajemen Telkom, menanyakan apakah ada pemasangan telepon
  • WA 13 Aug 21, Telkom DBS 0812-1398-2500, pemberitahuan tunggakan
  • SMS Telkom 19 Aug 21, pemberitahuan tagihan Indihome
  • SMS Telkom 27 Aug 21, pemberitahuan tagihan Indihome
  • Telpon 3 Sept 21 021-50981734, pemberitahuan tagihan Indihome
  • 7 Sept 21, tagihan Telkom melalui email (terlampir), dengan nominal yang semakin tidak masuk akal.

Sedikit flashback, saya sudah mengirim pernyataan berhenti melalui email sejak 18 Juni 21 dan mencabut semua perangkat indihome sejak 20 Juni 21.

Harapan saya masih sama dengan surat pembaca pertama:

Bila memang surat pembaca media konsumen ini dilihat pihak Telkom/Indihome, saya minta penagihan dihentikan karena saya sudah berhenti berlangganan dan tidak memakai layanan Indihome.

Semoga ini menjadi surat pembaca terakhir untuk keluhan yang sama, jangan sampai menjadi “surat pembaca the series” setiap bulannya.

Samuel Senoadji
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Tagihan Telkom Indihome untuk Layanan yang Tidak Pernah Digunakan – Bagian 2

  • 9 September 2021 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Pertanyaannya perangkat sudah diserahkan ke pihak Telkom apa blm kalau belum jgn menulis ke media consumen percuma

    2
    4
  • 9 September 2021 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Pihak telkom yang bertemu belum ada yang meminta atau mengambil perangkat, paling maksimal hanya dipegang oleh teknisi yang datang ke rumah, karena pengembalian perangkat adalah prosedur berhenti berlangganan, sedangkan menurut telkom belum bisa berhenti berlangganan bila belum menyelesaikan tagihan, yang berarti saya harus membayar tagihan dalam jumlah besar untuk layanan yang tidak pernah saya pakai dan subscribe.
    Fyi surat pembaca ini bersambung, dari surat sebelumnya dengan link di atas.
    Tetapi saya setuju dengan bagian comment bapak, “percuma menulis di media konsumen”, yah setelah sebulan dari surat pembaca pertama terasa percuma karena telkom belum juga bisa menyelesaikan permasalahan.

    3
    2
  • 10 September 2021 - (00:50 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini hampir sama,
    Saya pelanggan Indihome -+ 6 tahun.
    Semenjak adanya COVID 19, pemasukan WARNET saya menurun sangat drastis, dan saya memutuskan untuk tidak membayar tagihan pada bulan Agustus lalu.
    Kebetulan tanggal akhir pembayaran Indihome adalah setiap tanggal 20, maka pada tanggal 20 Agustus 2021 saya tidak membayar.
    Tanggal 21 Agustus 2021 Wi-Fi di rumah saya terputus jaringan internetnya mungkin karena saya kerena saya tidak membayar tanggal 20 Agustus 2021. Pada kejadian itu saya paham “kalau tidak membayar pasti di putusi sementara jaringan internetnya.

    2 Minggu kemudian saya ingin membayarnya
    Setelah saya cek tagihannya, saya harus membayar 2 bulan yaitu Agust sama September,

    Pertanyaan saya, kalau memang bulan September juga harus saya bayar kenapa Jaringan internetnya di putusi dari pihak Indihome?,,,

    Saya sebagai pengusaha kecil sangat merasa tidak nyaman dengan pelayanan Indihome ini, saya sebagai pelanggan Indihome memohon agar buat keputusan yang wajar-wajar saja!!

    • 10 September 2021 - (08:20 WIB)
      Permalink

      Ya harus bayar yg sept pada tanggal jatuh temponya kan anda pelanggan layanan bulanan bukan prabayar yg kalau tidak ada pulsa tidak ada tagihan. Ini keteledoran sih harusnya sebelum masuk bulan september di selesaikan pembayaran bulan agustus agar tidak kena denda ataupun kewajiban pembayaran bulan selanjutnya. Cek juga apa ada masa tunggu sebelum permohonan berhenti berlangganan berlaku, barangkali memang harus notifikasi 1 bulan sebelumnya.

    • 10 September 2021 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Indihome itu pasca bayar, anda langganan 6 tahun tapi tidak tahu? tagihan agustus untuk pemakaian juli, tagihan september untuk pemakaian agustus. Selama anda belum mengajukan pemutusan tagihan dan denda akan jalan terus meski internet diblokir.
      Agustus anda memutuskan untuk tidak memakai indihome lagi kenapa tidak minta putus? malah anda tidak membayar?
      Ketentuan tentang tagihan, pemutusan, blokir sudah berlaku lama sekali seharusnya anda langganan 6 tahun sudah tahu, atau bisa dibaca di syarat ketentuan website indihome.

      • 10 September 2021 - (23:05 WIB)
        Permalink

        Hi Pak Yohanes, saya belum berlangganan 6 tahun tetapi sudah mengerti aturan pascabayar, yang saya baru paham telkom bisa melakukan penagihan untuk layanan yang tidak didaftarkan ataupun dipakai pelanggan.
        Saya sudah mengajukan pemutusan tetapi pihak telkom menyuruh saya membayar tagihan salah mereka bila ingin berhenti, saya tidak mau membayar yang bukan kewajiban saya.
        Bisa dilihat di surat pertama saya, semoga bapak bisa lebih paham.
        Surat ini merupakan sambungan surat pertama saya pada link berikut
        https://mediakonsumen.com/2021/08/10/surat-pembaca/ditagih-pemakaian-telepon-indihome-padahal-hanya-berlangganan-layanan-internet-dan-tv-2p
        Di website indihome tidak ada aturan yang menulis mereka bisa menagih seenaknya.

        • 11 September 2021 - (04:15 WIB)
          Permalink

          Maaf saya komentar untuk NagaBoe, saya membalas komentar dia tentang tidak bayar tagihan agustus, bukan tentang surat penulis.
          Maaf jika salah paham

  • 10 September 2021 - (01:57 WIB)
    Permalink

    Pas awal minta pemutusan
    Sudah Acc blom ?
    Seperti minta tagihan terakhir dan tanda tangan pemutusan langganan

    • 10 September 2021 - (23:06 WIB)
      Permalink

      belum karena, saya disuruh membayar tagihan ngawur mereka untuk berhenti, tertulis juga di laporan pelayanan saat saya ke plasa telkom.

  • 10 September 2021 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus bagian tagihan telp ini sangat aneh

    Lebih baik coba langsung datangi ke Telkom langsung untuk minta penjelasan dan penyelesaian

  • 10 September 2021 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Memang kalau berurusan dengan indihome harus extra sabar menghadapinya pak, keluhan pelanggan tidak tau dipedulikan atau tidak. Lama sekali penyelseainya, ntahlah sebenarnya indihome ada itikad baik untuk menyelsaikan atau tidak.

    • 10 September 2021 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Betul pak Stevano, harus super duper sabar. Via tlp 147 hanya ngabisin pulsa, cs berbeda-beda, tetapi pertanyaan yang sama, sehingga harus dari awal lagi mengeluhnya. Via email, yang balas email admin yang berbeda ( 30 emai, 30 org admin yg bls ) dg pertanyaan yang sama. Sulit sekali untuk mendapat solusi. Saran saya, CS harus memposisikan dirinya sebagai customer sehingga, dia dapat benar2 memperhatikan dan menanggapi keluhannya dengan serius. Saya dari tgl 6 Sept 2021 pasang perangkat, sampai saat ini 10 Sept 2021 koneksi i ternet belum aktif, sehingga saya harus bekerja dengan menebeng koneksi internet tetangga, pada hal saya tidak pernah menunggak pembayaran

    • 10 September 2021 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Iya Pak Stevano, memang sejauh ini tidak jelas penyelesaiannya. semoga bisa selesai dengan baik yah.

  • 10 September 2021 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Tinggal aja pak, percuma diurus buang energi. Saya 3x pemutusan indihome ga ada yg beres kok. Selalu dbilang ada tunggakan pdhl uda ke plaza dan lunasin tagihan. Selalu ada alasan utk nahan deposit dll. Jd saran saya lupakan dan tinggal aj. Pasang provider lain, jgn bayar yg bukan urusan anda, mereka ga rugi kok. Toh mereka makanin deposit pelanggan yg ga mw mereka balikin. Biar aja. Sehari aja ud berapa byk yg dmakan?

    • 10 September 2021 - (23:10 WIB)
      Permalink

      Setuju, bila masih ada provider lain jadikan lah indihome opsi terakhir, karena kualitas layanannya sangat buruk. sy sendiri sudah pakai provider lain.

  • 10 September 2021 - (08:28 WIB)
    Permalink

    misi numpang nanya kalo mau berhenti langganan tp gabisa bayar denda sama tagihan nnti akibatnya apa ya?

    • 10 September 2021 - (13:59 WIB)
      Permalink

      nanti nama dan alamat anda diblacklist telkom, setelah itu akan dikirimi surat tagihan dari pengacara negara (kejaksaan). Untuk melunasi anda mesti ke kejaksaan, jika tidak dilunasi saya tidak tahu selanjutnya mungkin ke pengadilan.
      NB: teman saya ada yang dapat surat kejaksaan makanya saya tahu, akhirnya teman saya bayar di kejaksaan dan bukti lunasnya dibawa ke plasa telkom.

        • 11 September 2021 - (23:24 WIB)
          Permalink

          Gak ada urusan hukum ..
          Pengalaman sy sendiri 3x pasang-cabut dengan 3 KTP berbeda gk ada keranah hukum ..
          Cuma 3 KTP terblacklist gk bisa daftar indihone lg ..
          Tp ttp untung skrg sy punya 3 STB TV
          bt saluran tv digital dan modem free dr telkom ..
          Sekali2 lah konsumen dpt untung.. msk dirugikan terus .. hehe

          • 12 September 2021 - (10:30 WIB)
            Permalink

            wkwk, ya semoga bang, kemarin saya udh ke plasa bilang mau berhenti dan baru diproses, kalo udah ada yg pengalaman gini rasanya sedikit lega, takutnya dibawa smpe ke hukum/penjara, terimakasih bang infonya😁🙏

          • 12 September 2021 - (10:58 WIB)
            Permalink

            oh iya mas, apa masnya juga dapat wa/email berisikan tagihan dan jika tidak dibayar diancam pake penguasa hukum itu ndak?

      • 10 September 2021 - (23:16 WIB)
        Permalink

        Hi Pak, Saya juga kurang tahu karena casenya sedikit berbeda, bapak masih ada kewajiban terhadap pihak telkom, mungkin bisa coba dibicarakan.
        Untuk dibawa ke ranah hukum sy belum pernah dengar tapi mungkin saja, sama juga bila sebaliknya pelanggan merasa telkom indihome wanprestasi maka pelanggan bisa menggugat, referensi di bawah:
        https://news.detik.com/berita/d-5717461/koneksi-internet-tv-kabel-putus-bisakah-saya-gugat-provider

      • 11 September 2021 - (17:24 WIB)
        Permalink

        Pak Stevano, ini sama dengan yang saya alami. Tetapi beruntung nya saya menyadari ada tagihan diluar dari kesepakatan (muncul tagihan telepon padahal tidak memasang) tidak sampai berbulan-bulan. Intinya tidak ada solusi dari Telkom terkait hal ini. Sehingga mau tidak mau tetap saya lakukan pembayaran dan pengembalian unit untuk henti langganan. Yang lebih menjengkelkan lagi setelah henti langganan pun saya tetap ditagih pembayaran di bulan bulan berikutnya via WA dan email. Untungnya form approval henti langganan masih saya pegang sebagai bukti.

  • 10 September 2021 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Itu nomor indihome sesuai gak? Kalau terlambat bayar diatas tgl 20 bln berjalan harusnya gak bisa telpon keluar? Kalau 2-3 bln masih ada tagihan pemakaian itu bisa dipertanyakan kenapa bisada tagihan telpon ke hp sedangkan telat bayar 2 hari stlah tgl 20 udah gak bisa keluar

    • 10 September 2021 - (23:19 WIB)
      Permalink

      yap itu nomor telkom sy. sebetulnya pertanyaan besarnya saya tidak pernah mendaftar, memasang dan memakai telepon tetapi kenapa tagihan telepon bisa muncul.
      Saya sempat ke plasa telkom untuk minta list telepon tujuan, hasilnya random dengan durasi yang sebentar, aneh.

 Apa Komentar Anda?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Tagihan Telkom Indihome untuk Layanan yang Tidak Pernah Digunakan R…

oleh Samuel Senoadji dibaca dalam: 1 menit
31