Komplain Tokopedia Tidak Kunjung Selesai Meskipun Ada Bukti

Salam sehat semuanya, dan terima kasih kepada Media Konsumen telah menerbitkan keluhan ini.

Pada tanggal 5 September 2021, ada order masuk melalui Tokopedia dengan invoice: INV/20210905/MPL/1562292125, produk berupa setrika Philips tipe HD1173. Seperti biasa, saya selalu mengirimkan pesanan hari itu juga jika order masuk sebelum pukul 3 sore. Saya juga SELALU MEREKAM proses Quality Control sampai proses packing dengan CCTV, sehingga barang dipastikan 100% berfungsi dengan baik dan packingan juga aman.

Screenshot packing dengan nomor invoice di atas

Singkat cerita, ketika barang diterima, si pembeli chat “tidak berfungsi”, dan langsung buka komplain pada tanggal 7 September 2021. Saya terima komplainnya dan bertanggung jawab untuk penukaran agar menjaga reputasi produk, meskipun si pembeli buka komplain tanpa unboxing, hanya gambar produk.

Barang dikembalikan dan saya terima tanggal 9 September 2021. Langsung saya unboxing dan ternyata barang yang dikomplain “bermasalah”, nyatanya berfungsi dengan baik, lampu indikator berfungsi dan panas juga normal.

Screenshot unboxing retur

Dan ini proses pengecekan, saya cek 2x untuk memastikan barang berfungsi dengan baik dan sesuai arahan admin Tokopedia untuk upload di Dropbox:

Masalah retur selesai, saya kirim balik barangnya ke pembeli.

Permasalahannya adalah si pembeli masih komplain tidak jelas dan plin-plan. Awal komplain bilang barang lampu mati dan tidak panas (yang nyatanya setelah diretur barang berfungsi, bahkan disahkan oleh admin Tokopedia bernama ANKA).

Sesuai arahan admin Tokopedia, dana akan diteruskan tanggal 16 September 2021. Namun tanggal 15, saya dapat chat dari bot / admin kalau akan selesai otomatis di tanggal 20 September 2021 pukul 13.30. Namun sekarang di tanggal 20 September saya ketik surat keluhan ini pukul 17.20 sore masih belum selesai, dan ADMIN TOKOPEDIA MENGHILANG dari tanggal 16 September 2021 sampai detik ini, membuat transaksi jadi menggantung. Yang sudah jelas saya sebagai seller sudah memberikan semua bukti-bukti, berbanding terbalik dengan buyer yang komplain tanpa bukti apapun.

Chat ke Customer First Service tidak ada gunanya, disuruh aktif berdiskusi di komplain. Namun seperti yang saya bilang, 4 hari dari tanggal 16 September sampai 20 September tidak ada batang hidungnya. Sungguh mengecewakan!

Christian
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Tokopedia:
[Total:21    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Komplain Tokopedia Tidak Kunjung Selesai Meskipun Ada Bukti

  • 21 September 2021 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Tokopedia entah merekrut cs pusres nya dari planet mana. Kalau kita seller kasi bukti ga pernah di lihat. Kalau ada keluhan boro-boro di denger. Sekali nya di jawab pun kaga nyambung. Mungkin ngobrol nya harus pakai bahasa binary.

    • 21 September 2021 - (15:08 WIB)
      Permalink

      kalau menurut saya hanya sistem penanganan masalahnya kadang2 dibalas berbeda CS, jadi suka gk nyambung jadi bertele-tele, dan lama selesai. Seharusnya 1 masalah/komplain dihandle 1 admin / CS sampai selesai. Btw masalahnya sudah clear, sudah selesai komplainnya tadi saya di hubungi pihak tokopedia via tlpon

      8
      1
      • 21 September 2021 - (16:21 WIB)
        Permalink

        Saya salut kepada penjual seperti bapak. Produk yang anda jual memang tersedia dirumah sendiri. Sehingga anda tahu betul kondisi produk yang anda jual. Bisnis yang berkah.

        Tidak seperti penjual di Shopee. Kebanyakan hanya memajang foto doang. Ketika ada pembeli, baru deh penjual itu sibuk membeli produk dari toko lainnya. Dialah Penjual Dropshipper. Suatu ketika ada yang komplain, penjual itu lepas tangan. Dropshipper benar benar pekerjaan terhina.

        10
        8
  • 21 September 2021 - (12:21 WIB)
    Permalink

    setau saya.. selama ini, melihat surat keluhan kepada pihak tokopedia di MK ini, jarang atau hampir tidak pernah ditanggapi / dijawab oleh pihak Tokopedia.. apakah mereka abaikan, pura pura tidak tahu, padahal melihat saingannya yang lain cukup aktif menjawab surat pembaca.. mungkin harus lewat twitter, IG, atau tiktok agar viral dulu baru ditanggapi oleh pihak tokped

    • 21 September 2021 - (13:17 WIB)
      Permalink

      disini tidak ditanggapi, tapi keluhannya tetap ditindaklanjuti dan rata-rata diselesaikan juga

    • 21 September 2021 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Tadi siang gak lama surat pembaca ini UP langsung dihubungi pihak tokopedia via telepon, dan langsung beres saat itu jg.

  • 21 September 2021 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah selesai, komplainan sudah diselesaikan dan dana sudah diteruskan ke saldo penjual. Terima kasih untuk Media Konsumen dan Tokopedia atas responnya

  • 22 September 2021 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Kalau saya amati dari foto setrika yang dikirim pembeli. Emang betul setrika ini murahan, bukan setrika yang bermutu baik. Soalnya model begini gak panas, dan sering mati2 lampu indikatornya. Pantas aja dikeluhkan pembeli karena bukan setrika yg bagus dan gak sesuai deskripsi yang diberikan penjual.

    • 23 September 2021 - (01:05 WIB)
      Permalink

      Dari statement bpk, sepertinya bpk tidak baca inti permasalahannya.

      “Pantas aja dikeluhkan pembeli karena bukan setrika yg bagus dan gak sesuai deskripsi yang diberikan penjual” > mohon maaf pembeli SEHARUSNYA sudah tahu barang yang akan dibeli dan seller hanya mengirim barang yang diorder sesuai invoice. Dan jika ini statement bpk seperti itu, mungkin bpk tipikal buyer yang beli barang online DUMMY iphone berharap dapat iphone ASLI.

      Dan juga jika bpk masih tidak paham masalahnya, komplain awal dibuka walaupun tanpa unboxing saya terima dengan senang hati untuk penukaran JIKA memang rusak, nyatanya setelah diretur dan saya coba barangnya itu tidak ada masalah. Tidak lucu namanya jika saklar si buyer yang rusak, tapi barangnya yang disalahin.

      Oh ya saya ingetin aja pak, besok-besok kalau belanja online dan barang sudah sampai tujuan jangan lupa selalu di unboxing ya 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Tokopedia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Komplain Tokopedia Tidak Kunjung Selesai Meskipun Ada Bukti

oleh JAMZ dibaca dalam: 1 menit
14