Pembayaran Tagihan Kartu Kredit via Bukalapak Status Berhasil, tapi Limit Tidak Bertambah

Salam hormat,

Saya pelanggan setia Bukalapak, yang sudah dua tahun lebih setiap bulan (sejak bulan Juli 2019) rutin membayar tagihan kartu kredit saya dengan nomor yang sama, melalui aplikasi Bukalapak.

Pada tanggal 25 September 2021 pukul 13:11, saya melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tersebut melalui aplikasi Bukalapak sebesar Rp7.607.000, ditambah biaya Rp8.000, dengan total pembayaran Rp.7.615.000. Transaksi tersebut statusnya berhasil dan sukses dengan nomor transaksi: #BL2116T4SXTSINV.

Transaksi pembayaran dengan status Sukses & berhasil tapi limit kartu kredit tidak pernah bertambah selama berhari-hari.

Pada hari tersebut, tanggal 25 September 2021 sekitar pukul 14.00, saya perlu menggunakan kartu kredit dan mengecek dahulu status limit di internet banking bank penerbit kartu kredit, ternyata belum bertambah. Saya melihat ada keanehan di sini, karena biasanya limit langsung bertambah jika status transaksi pembayaran kartu kredit di Bukalapak dinyatakan sukses. Saya kemudian melakukan cross check lagi dengan menelpon ke bank penerbit kartu kredit dan bank menegaskan belum ada pembayaran tagihan yang masuk ke kartu kredit saya.

Saya lantas ingin mengajukan komplain atas transaksi ini via fitur BukaBantuan pada aplikasi Bukalapak karena urgensi untuk menggunakan kartu tersebut. Saya mencari-cari di daftar pembelian dan ternyata transaksi #BL2116T4SXTSINV tidak ada pada list dan saya tidak bisa mengajukan komplain via BukaBantuan.

Di halaman BukaBantuan, tombol live chat bahkan nomor telepon CS juga tidak saya temukan sehingga saya sangat kesusahan untuk menghubungi customer service BL. Akhirnya saya coba membuka sosial media dan saya coba kontak melalui Facebook Messenger di halaman fanpage Bukalapak.

Tagihan tidak dapat ditemukan pada daftar Buka Bantuan Premium. Tidak ditemukan pula fitur live chat sehingga amat sangat sulit menghubungi CS Bukalapak.

Melalui Facebook Messenger, CS Bukalapak sangat tidak profesional menangani permasalahan saya. Customer service meminta bukti pembayaran, saya langsung berikan dan mereka menjawab bahwa transaksi ini sudah berhasil. Saya heran karena memang itu poin pertanyaan dan keluhan saya bahwa transaksi berhasil, tapi limit tidak bertambah. Saya kemudian diberi tiket komplain dengan nomor pelaporan #29102901 pada pukul 14.28. Saya disuruh menunggu 1×24 jam dan memantau e-mail karena katanya akan diinvestigasi dan di-update melalui email.

Hari Minggu pagi tanggal 26 September 2021 saya coba kontak kembali melalui FB Messenger dan email. Jawaban CS Bukalapak terus sama berupa template, yang isinya hanya meminta maaf, menyarankan untuk menunggu, masih dalam proses pengecekan dan disuruh menunggu update via email. Bahkan CS ada yang menjawab akan mendoakan supaya masalah saya cepat terselesaikan.

Jawaban CS Bukalapak hanya berupa template dan tidak solutif. Bahkan menjawab mendoakan. Konsumen butuh solusi bukan lip service!

Di sini saya langsung melihat betapa perusahaan bernama Bukalapak ini sangat tidak profesional dan tidak kompeten untuk menangani keluhan pelanggan setia yang sedang mengalami masalah sangat urgen. Uang sebesar Rp7.615.000 itu jumlah yang tidak sedikit, tapi tim CS seperti menyepelekan keluhan saya dengan menjawab melalui template. Bahkan hanya mendoakan, serta minta maaf terus menerus, dll.

Saya sebagai konsumen butuh solusi, karena uang yang saya bayarkan melalui Bukalapak tidak jelas ke mana, bukan sekedar lip services omong kosong customer service. Apalagi saya tidak bisa komplain via kanal resmi BukaBantuan pada aplikasi Bukalapak. padahal ini transaksi dengan nominal besar, malah harus komplain via FB Messenger. Benar-benar terlihat ketidakprofesionalitasannya.

Akhirnya, saya coba Googling nomor telepon CS Bukalapak dan saya telepon ke nomor 150133. CS yang melayani saya juga sama jawabannya, hanya meminta maaf, akan memaksimalkan, sedang dalam pengecekan, dan meminta saya menunggu.

Akhirnya saya coba tunggu dan cek berkala, ternyata setelah 1 x 24 jam pada Minggu sore, limit saya belum bertambah juga dan tim CS Bukalapak tidak ada yang memberi solusi penyelesaian masalah. Pada Minggu malam pukul 20.00-an saya ditelpon CS Bukalapak, yang sekali lagi hanya meminta maaf, akan melakukan tindak lanjut di hari Senin tanggl 27 September 2021 sesuai hari kerja.

Per hari ini hari Senin tanggal 27 September 2021, saya coba kontak kembali ke CS Bukalapak dan untuk kesekian kalinya mereka hanya minta maaf, sedang dalam pengecekan, dan meminta saya sabar menunggu. Keluhan saya sudah berjalan 2 x 24 jam dan limit kartu kredit saya belum bertambah sama sekali. Saya belum dihubungi lagi secara personal oleh Bukalapak mengenai update status komplain saya ini.

Sampai Senin sore tanggal 27 September 2021, limit belum bertambah dan jawabannya hanya masih dalam pengecekan.

Kesimpulannya, pertama, saya sebagai konsumen Bukalapak amat sangat dirugikan secara materiil. Yakni uang tagihan kartu kredit saya sebesar Rp7.615.000, yang saya bayarkan via aplikasi Bukalapak, tidak jelas pergi ke mana. Karena limit kartu kredit saya belum bertambah sampai detik ini. Saya tidak bisa menggunakan kartu kredit saya dan keperluan transaksi finansial saya jadi terhambat. Saya juga rugi sudah menghabiskan pulsa puluhan ribu rupiah untuk menelpon CS Bukalapak tanpa ada solusi.

Di sisi lain, secara imateriil saya juga amat sangat dirugikan. Kanal penyelesaian komplain terkait tagihan dan pembayaran kartu kredit tidak bisa diakses melalui BukaBantuan, karena seperti tidak ada opsinya sehingga saya harus komplain via FB Messenger! Jawaban customer service Bukalapak sangat tidak profesional dan mendehumanisasi konsumen. Karena hanya menjawab permasalahan pelik konsumen dengan menggunakan template yang sama yang isinya meminta maaf, mendoakan, dan meminta agar sabar menunggu pengecekan tanpa ada solusi yang jelas selama dua hari lebih. Emosi saya dipermainkan dan kesehatan saya juga jadi terganggu karena saya jadi mengalami tekanan darah tinggi menghadapi pelayanan yang tidak memanusiakan customer dan tidak solutif.

Dengan demikian, melalui kronologi kasus yang saya sampaikan melalui Media Konsumen ini saya menunggu itikad baik dari Bukalapak untuk memenuhi prestasinya, melakukan pembayaran tagihan kartu kredit saya sebesar nominal yang saya bayarkan yakni Rp7.607.000 atau mengembalikan uang saya secara utuh yakni Rp7.607.000 ditambah biaya admin Rp8.000, total Rp. 7.615.000 dengan segera dan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Jika prestasi ini tidak dipenuhi dalam waktu 1 x 24 jam sejak tanggal terbitnya surat pembaca ini, saya akan melakukan upaya hukum melalui lembaga peradilan dan penegak hukum yang saya pikir perlu untuk menyelesaikan masalah ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Paul Morris de Fretes, S.IP, M.Fil
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:10    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Pembayaran Tagihan Kartu Kredit via Bukalapak Status Berhasil, tapi Limit Tidak Bertambah

  • 28 September 2021 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Selama saya pegang kartu kredit, saya tidak pernah melakukan pembayaran dari pihak ke-3. Alasannya adalah….. yah begini ini dah.

    Kalau bisa jalan lurus, kenapa mesti belok2?

    • 28 September 2021 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas komentarnya Pak. Saya pemegang kartu kredit tanpa ada rekening di bank penerbitnya jadi untuk pembayaran tagihan saya harus melakukan transfer dari bank lain, melakukan setoran tunai ke bank penerbit atau menggunakan service pembayaran tagihan. In this case, selama dua tahun lebih saya tidak ada masalah membayar melalui Bukalapak. Hanya saja kali ini berkendala dan belum terselesaikan dengan baik. Salam.

      • 28 September 2021 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Kak sekedar saran aja, kalau misalkan ka2 punya rek yang bisa transfer gratis, bisa dimanfaatkan kak. Skrg banyak rek2 yg promo nya bisa transfer gratis ke bank lain, contoh TMRW, HANA BANK, etc..
        Jadi tdk perlu lagi menggunakan pihak ketiga.
        Semoga Membantu.

      • 28 September 2021 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Oiya ka, setau saya seandainya pun ka2 hrs pake transfer antar bank yang berbiaya pun, seharusnya biaya nya lbh murah lho ka, drpd pake pihak ketiga dan lebih aman juga. Kalaupun ada masalah, Insya Allah, pasti pihak bank akan bantu selesaikan. Just insight

        • 28 September 2021 - (10:24 WIB)
          Permalink

          Baik, makasih ya support dan masukannya, saya akan pertimbangkan di kemudian hari. 🙂

    • 28 September 2021 - (12:08 WIB)
      Permalink

      Kalau Saya sih, lihat dulu mana e-commerce yg promo cashback nya besar.
      Jadi seringnya pembayaran melalui Tokopedia, soalnya ada cashback sebesar Rp 25.000 kan lumayan tuh.. Walaupun ada admin Rp 10.000.

      Alhamdulillah nya juga, limit sudah bisa kembali dalam waktu 1x24jam. Seperti kemarin Saya bayar, hari ini cek sudah kembali limitnya.

      • 28 September 2021 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Semoga cepat selesai ya pak urusan Nya dan uang bapak segera di kembalikan. Untuk kedepan nya apus aja pak apk BL nya jangan sampe terulang kembali.

        • 28 September 2021 - (22:22 WIB)
          Permalink

          Iya Pak terima kasih saran dan supportnya ya. Semoga kendala ini cepat beres dan ada solusinya segera. 🙏🏻

  • 28 September 2021 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Maaf kak, klo boleh tau itu pembayaran utk CC Bank apa ya ?
    Setau saya ya kak, untuk bank tertentu memang butuh waktu lebih lama, ada yang bisa langsung masuk, ada yang butuh max 3 hari kerja kak.
    Katakanlah dulu bisa langsung masuk / menambah saldo limit, skrg sudah ga bisa langsung. Itu semua tergantung kebijakkan bank yang bekerjasama dgn ecommerce nya. Dan tiap kali bisa berubah kebijakkannya.

    Setau saya juga, di app Bukalapak bagian pembayaran tagihan CC, tertulis “…proses verifikasi maks 3 hari kerja”, saya baca kaka bayar di hari Sabtu tgl 25/9, mungkin coba dilihat di tgl 29/9 kak, karena tiga hari kerja terhitung mulai Senin.
    Sebelumnya, maaf jika ada krg tepat.

    • 28 September 2021 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Halo, maaf saya tidak berkenan membagikan credentials Bank penerbit kartu kredit saya. FYI, saya sudah 2 tahun terakhir bayar tagihan cc via Bukalapak secara konsisten setiap bulan dan setiap kali transaksi pembayaran sudah berstatus selesai dan ada keterangan tutup, tagihan yang saya bayarkan akan langsung secara real time menambah limit kartu kredit. Jadi tidak berpengaruh saya bayar hari Sabtu atau Minggu. Itulah mengapa selama saya komplain ini customer service Bukalapak samasekali tidak menyebutkan dan menginformasikan bahwa saya harus menunggu selama 3×24 jam. Saya tidak tahu apakah ada perubahan kebijakan pada sistemnya, mereka tidak menginformasikan itu kepada saya. Jika CS Buka Bantuan menginformasikan secara jelas di email komplain bahwa saya harus menunggu 3×24 jam karena ada proses bank dlsb, maka saya pasti tdak akan menulis di Media Konsumen. Sejauh ini tidak ada penjelasan konkret dari pihak Bukalapak mengapa transaksi sukses namun limit tidak bertambah, hence saya tulis keluhan ini. Terima kasih.

      3
      1
      • 28 September 2021 - (09:33 WIB)
        Permalink

        Perubahan kebijakkan bank tidak mengharuskan BL info ke customer ka, itu tugas kita utk baca syarat dan ketentuannya kan. Sudah jelas tertulis butuh verif MAX 3 hari kerja. Kalau dulu pembayaran ka2 bs lgsg masuk ya syukur, klo skrg blm masuk kan tinggal tunggu saja, blm 3 hari kerja jg koq. Sabar ka

  • 28 September 2021 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Halo Ibu Thiti yang baik. Poin saya bukan itu, bukan bahwa jika ada perubahan kebijakan bank lantas dengan serta merta mengharuskan BL info ke saya. Poin saya adalah bahwa selama saya ajukan komplain dan berbalas e-mail dengan tim CS Buka Bantuan, mereka tidak menyatakan kepada saya bahwa saya harus menunggu adanya proses kerja bank selama 3 x 24 jam seperti yang sudah tertulis. Saya bahkan bertanya apakah saya harus tunggu proses waktu kerja bank sampai limit bertambah, tetapi jawaban yang saya dapatkan hanya jawaban abstrak yakni permintaan maaf, sedang melakukan pengecekan, dll.

    Iya saya berusaha sabar kok Bu, tapi ini nominal lumayan besar, saya kerja keras untuk dapat melakukan pembayaran tagihan tersebut. Terima kasih ya untuk komentarnya, saya sangat berharap pihak Bukalapak memberi penjelasan konkret atas situasi yang saya alami ini dan solusinya karena hal itu yang belum saya dapatkan. Mungkin kalau di email komplain mereka menjawab konkret seperti komentar Ibu bahwa saya harus tunggu saja proses bank 3 x 24 jam, saya pasti tunggu. Tapi saya tidak mendapatkan penjelasan semacam itu. Thanks sekali lagi, selamat beraktivitas.

    3
    1
  • 28 September 2021 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Mending telpon ke cs bank penerbit kk apakah pembayaran sdh masuk. Ketentuan pembayaran Masuk ke akun kk biasa max 3 hari. Jd kalau blm 3 hari kerja ya jangan ngamuk karna ada namanya proses kliring. Kecuali pakai menu transfer lewat atm mana saja itu langsung masuk. Saya biasa kalau mau cepat pakai menu transfer lwt mesin atm ke nomor kk. Biaya lebih murah ketimbang pakai menu pembayaran kk di atm atau e commerce.

  • 28 September 2021 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Halo Pak Squall yang baik. Iya saya sudah telefon dan memang belum masuk sampai detik ini. Sebenarnya komplain ini saya masukkan di Media Konsumen berdasarkan pengalaman saya selama 2 tahun terakhir, setiap transaksi bayar tagihan di Bukalapak berhasil, langsung menambah limit secara real time. Kali ini berkendala dan mungkin memang harus tunggu 3 x 24 jam.

    Kemudian yang menjadi kekecewaan terbesar saya, selama berbalas email dengan pihak Bukalapak, mereka tidak memberi jawaban konkret seperti yang disampaikan bapak dan ibu yang baik di sini, saya hanya dapat permintaan maaf dari CS berupa template dan mereka sedang melakukan pengecekan. Tidak ada pernyataan resmi dari customer service bahwa saya harus tunggu proses kliring bank selama waktu tertentu.

    Terima kasih ya untuk sharing info metode pembayaran kknya Pak. Salam dan selamat beraktivitas.

    4
    1
  • 28 September 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Kocak….
    Kalo transfer via BCA cuma bayar 6500, klo bukalapak 8000, tp customer pilih 8000.
    Kalo transfer via bca, sifat nya antar bank dan kliring, jadi bisa diterima pembayaran yang cepat. Kalo via bukalapak, maka kita transfer ke bukalapak, bukalapak transfer ke bank. Bank melalukan kliring, sehingga keterlambatan sering terjadi. Tetapi customer pilih bukalapak.

    Kesimpulan: customer sudah gak sabaran, tetapi memilih jalan yang berbelok dan berbiaya lebih mahal.

    Moral: jika Tuhan sudah memberikan jalan yang lurus, hidup kita akan bahagia.

    • 28 September 2021 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas judgement anda atas masalah yang saya sedang hadapi dan menganggapnya sebagai lelucon.

      4
      1
  • 28 September 2021 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Lupakan pembayaran pihak ke 3 bos..begitu timbul masalah ribetkan. Pembayaran apapun mending via bank, yg lain cukup belanja online aja

  • 28 September 2021 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Iya Pak saya mempertimbangkan ke depannya seperti itu. Terima kasih masukan dan supportnya. Salam.

  • 28 September 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Ya Allah…. bayar tagihan CC kok pake jasa pihak ke 3…. yg bayar listrik sj, ada pihak ke 3 yg kurang amanah… lebih baik bayar langsung lewat mbanking apa ATM, lebih aman…. semoga ada kejelasan dananya Aamiin🤲🤲🤲

  • 28 September 2021 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Kayanya BL lagi ada masalah internal soalnya Bonus Reksadana sy juga belum diberikan yang harusnya cair bulan Agustus tapi hingga akhir bulan September masih nihil sdh komplen msh dalam pengecekan lebih lanjut gila cuma gitu doang gak ada progress sama sekali padahal Bonus gak ada 200Rb loh.. Tapi gak mampu bayar.

    • 28 September 2021 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi ya Pak Juarso mungkin ada kendala pada sistem mereka. Sampai malam inipun saya cek limit saya belum bertambah dan hari ini tidak ada satu customer servicepun yang menguhubungi saya, padahal kemarin sore mereka bilang hari (ini) Selasa akan dikabari progress dan updatenya. Well saya masih tunggu itikad baik mereka saja Pak. Semoga kendala cashback Bapak segera teratasi ya. Salam sehat dan sukses selalu.🙏🏻

  • 28 September 2021 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Sempat tertarik sih sm promo e-commerce yg hijau krn pembayaran cc bs dpt cb.. Lumayan kan sama2 bayar yg satu k bank lgsg gk dpt apa2 yg satu dpt cb.. Tapi y itu pikir2 lagi, kalo ada masalah klaimnya susah jg, lagian kalo gagal bayar ntarr kena biaya macam2.. Wes mending k Bank ajaa lgsg abiz bayar detik itu jg limit berubah.. Yg bayar besar lebih pilih aman drpd cb.. Itu ajaa sih..

    • 28 September 2021 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Betul Pak memang promo dan cashback sangat menarik hati tapi memang semua ada plus dan minusnya, semoga pengalaman ini bisa jadi pelajaran juga buat saya. Terima kasih atas support dan sarannya Pak. Salam sehat dan sukses selalu. 🙏🏻👍🏻

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Tagihan Kartu Kredit via Bukalapak Status Berhasil, tapi Li…

oleh Paul Morris DF dibaca dalam: 4 menit
27