Keputusan Akhir JNE yang Merugikan Penjual di Shopee

Bermula ketika ada pembeli membeli drum pad seharga Rp3.895.000 di Shopee pada tanggal 20 September 2021. Berat drum pad ini 4 Kg, dikirim menggunakan kurir JNE JTR. Barang sampai pada tanggal 27 September 2021 di Pekanbaru, Riau.

Pembeli langsung mengecek barang tersebut dan terdapat kerusakan pada layarnya, seperti tertusuk benda tumpul, sehingga berbekas tusukan.

Bukti bahwa ada benda lancip tertusuk di layar dan dus nya
Bukti dus bekas tusukan atau tertimpa benda tumpul

Pembeli mengajukan pengembalian dana dan Shopee menyetujui pengembalian dananya, meskipun kami melampirkan bukti-bukti yang sangat kuat dan sesuai SOP menggunakan bubble wrap 3 lapis, lakban fragile. Berat di atas 10 Kg wajib paking kayu, tapi ini barang hanya 4Kg.

Pihak Shopee menyuruh kami menghubungi pihak JNE, tapi Pihak JNE menyuruh kami menghubungi Shopee. Singkat cerita, kami mendapatkan sebanyak 3 kali telepon dari JNE. Mereka menyatakan akan membayar kerugian kami pada saat telepon pertama dan kedua. Akan tetapi pada telepon ketiga, mereka menyatakan hanya akan ganti rugi 10x ongkir, yang totalnya kurang lebih hanya 1 juta.

Lebih parahnya JNE mau mengambil produk kami seharga Rp3.895.000 dan diganti asuransi kurang lebih Rp1 juta. Penjual mana yang mau? Kalau keputusan JNE kami yang harus menanggung kerugian sebesar Rp2.895.000. Apabila solusinya hanya diganti 10x ongkir dan barang tidak diambil, itu masih masuk logika. berikut foto bahwa brg nya rusak.

Wongso Pranoto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Wongso Pranoto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 16 Oktober 2021 berjudul “Keputusan Akhir JNE yang Merugikan...
Baca Selengkapnya

36 komentar untuk “Keputusan Akhir JNE yang Merugikan Penjual di Shopee

  • 16 Oktober 2021 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Setau saya sih yg ganti full itu kalo barang ny di asuransi,kalo gak y cuma d ganti 10x ongkir aja,
    Packing kayu tp ga asuransi ya sma aja ga dapet ganti full harga barang,

    18
    1
    • 16 Oktober 2021 - (19:18 WIB)
      Permalink

      saya pernah tanya ke petugasnya, asuransi itu, diganti kalau barang hilang, kakau rusak nggak katanya.

      Btw, itu kan wajib packing kayu kalo diatas 10kg, kalo 4 kg, minta aja sama petugasnya, kalau jne deket tempat saya, bisanya mau sih, kan packing kayu nggak bayar, cuma bayar berat kayunya aja.

      • 16 Oktober 2021 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Sya sih gk tau kak klo jne kayu gk bayar dan cuma bayar berat kayu nya az tapi disini kan jualan online klo untung nya gk sampai 100rb trus mesti talangin lagi untuk bayar ibarat nya berat kayu mesti nambah brp lagi kak kan gk mgk juga cas ke kita lagi klo cas ke kita lagi otomatis keuntungan kita makin tipis krn klo penjual online pasti tau setiap lapak pasti ada fee nya blm kita potong biaya operasional(lakban,bubble dsb nya) jadi otomatis pasti keberatan beda klo sya untung nya ratusan ribu gpp kita talangin inti nya sih kita sudah untung tipis trus mesti bayarin lagi ongkos berat kayu pasti keberatan kak

        14
        9
        • 16 Oktober 2021 - (20:56 WIB)
          Permalink

          Setiap jasa pengiriman hanya menganti 10x ongkir maka itu harus diasuransikan terus km bilang margin tipis ya berarti km harus menaikan harga buat nutup asuransi kalo km gak pake asuransi ya berarti mengambil resiko barang rusak/hilang. Satu lagi kurir umum itu gak ada yg ngangkat hati2 sy sering liat digudang dilempar2 gitu yg ada stiker fragile aja sering rusak kok gak ngaruh sama sekali kecuali paking kita yg super kuat buble+kayu

          13
          5
          • 16 Oktober 2021 - (21:25 WIB)
            Permalink

            Hmmm kakak kurir di suatu expedisi yah?soalnya dari kk bilang sering liat di gudang lempar2 biarpun ada lakban fragile juga.sya hnya pikir az sih gimana yah reaksi mereka klo yg lempar2 di gudang itu klo itu brg pnya mereka(sebagai penjual juga)
            Oh yah sya tidak keberatan untuk ganti 10x ongkir kak cuma apakah masuk logika ganti cuma 10x ongkir trus mau tarik brg yg rusak tersebut seharga 3.895.000?klo kk mau gk yah klo kk diposisi sya????
            Dan soal margin harga sya ingin menanyakan apakah ada rumus untuk mengetahui harga asuransi nya?dan klo kk penjual online pasti akan tau sulit nya jualan online(masalah post harga)klo kita post harga ketinggian otomatis gk ada pembeli kak.dan klo kk ada brg yg mau dibeli di online yg pertama kk liat apa yah?

            30
            5
          • 16 Oktober 2021 - (22:11 WIB)
            Permalink

            Biaya asuransi jne 0.2% +5000 kalo bayar cash kalo sistem cashless gak tau, kalo sering kirim barang ke gudang sortir pasti liat barang dilempar dan itu bukan rahasia karna kerja kurir umum seperti itu kecuali kurir pribadi gosend/grab kalo setiap pembeli pasti mau harga termurah tergantung strategy penjual mau untung dikit atau ambil resiko barang rusak

            6
            5
          • 17 Oktober 2021 - (10:13 WIB)
            Permalink

            Saya pernah beli tv harga 1.2jt aja dipacking kayu ko. Seharusnya ya cari aman aja.
            Bukannya untung malah buntung

            8
            1
        • 16 Oktober 2021 - (21:19 WIB)
          Permalink

          iya, maksudnya kedepanya. kan pake JTR, tambah aja di shopee beratnya, misalnya barang nya 4kg, buat aja 6 kg.

          BTW saya baca2 disini, shopee kan nggak ada asuransinya kalau jual barang mahal mending di tokopedia, di tokopedia segala asuransi ada.

          Beli skincare, trus wajah jadi beruntusan aja ada asuransinya disana.

          19
          • 16 Oktober 2021 - (21:45 WIB)
            Permalink

            Ada kak setiap brg pasti kiloan nya kita tambahin cuma susah juga kak krn ada pernah kejadian kita pake rumus P X L X T trus di bagi 6000 itu hasil berat brg tersebut akan tetapi begitu di kirim dan ditimbang sama kurir beda kak jdi umpama kita hitung pake rumus jatuh 15kg sekali ditimbang bisa beda sampai 2kg kak akhir nya ada selisih dipengiriman.sya juga ada jualan di tokopedia kak memang mantap tokopedia mrk memberikan rasa nyaman kepada pembeli dan penjual sebenernya ini kejadian kedua x kak untuk brg kiriman rusak sebelum nya pernah rusak komponen speaker melalui shope dan jne juga tapi sya gk perpanjang krn sya anggap yah udh lah ini memang kesalahan sya tidak sesuai SOP akan tetapi untuk yg skg ini sya gk bisa tinggal diam kak krn sudah sesuai SOP dan harga nya juga gk murah
            Oh yah kak trimakasih atas info bahwa kayu gratis dari jne nya bsk sya coba tanya ke sub agen jne klo ternyata bisa mantap itu tinggal sya pelan2 ubah kiloan brg2 yg sya jual kak?

            11
            1
      • 16 Oktober 2021 - (22:56 WIB)
        Permalink

        Cs Shopee ga pernah bisa diandalkan jika ada permasalahan terkait expedisi. Lebih bagus dan bertanggung jawab Tokopedia.
        Yang menyediakan expedisi Shopee tapi kalau ada masalah disuruh telp sendiri ke customer service expedisi

        23
      • 17 Oktober 2021 - (18:56 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah kena hal seperti ini.. Karena saya sebagai penjual juga di rugikan sama jne.. Barang saya di buat hilang malah di status dibuat di terima oleh pembeli.. Setelah di cek terakhir bilang barang di nyatakan hilang dan hanya di ganti sebesar 10x dr Ongkir.. Sedangkan barang yg saya jual senilai 1.4jt tp cmn di bayar 300rb.. Katanya kalau mau bayar full harus pakai asuransi.. Sedangkan yg beli barang sama saya tanpa gunakan asuransi.. Masa saya harus kirim dengan pakai asuransi.. Dan jd beban ke penjual.. Karena itu kita sebagai penjual yang di rugikan sama kurir.. Sudah salah di kurir nya kok malah kita yg harus tanggung uang 1.1jt

    • 16 Oktober 2021 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Iy kak kan di SOP menyatakan bahwa bubble 3 lapis dan di atas 10 packing kayu (brg cuma 4kg)dan kasi stiker atau lakban fragile.sya tidak masalah klo cuma di ganti 10x ongkir tapi yah jgn minta brg nya yg seharga 3.895.000 kan gk bnr cara nya gk mgk ada yg mau brg 3.895.000 diganti cuma 10x ongkir tapi brg nya di ambil sama pihak kurir nya

      • 17 Oktober 2021 - (14:32 WIB)
        Permalink

        Baca artikel kk sebetulnya sih ngenes juga,semangat ya kak …
        saya pernah jd bagian yg tersakiti juga oleh segelintir oknum dr expdsi itu tp saya pilih diam, diam diam masih nyimpen dendam juga. Klo saya up case saya maybe bs lebih geger dr case kk.

        6
        1
  • 16 Oktober 2021 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Kl menurut pendapat saya, harusnya jangan pakai jtr. Krn jtr dikhususkan untuk barang2 berat, kl tertumpuk ya spt itu resikonya apalagi antar pulau. Dan tidk usah berpatokan minimal 10kg packing kayu, kl beresiko mau dipacking kayu ya boleh2 saja menurutku.

    • 16 Oktober 2021 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Bnr yg kk bilang tapi untuk pemilihan kurir kan bukan dari kita kak dari pembeli dan kadang atau kebyakan pembeli kita suruh packing kayu mrk keberatan dan sebener nya klo nurut sya bukan mslh jtr untuk brg berat juga mslh nya yg di lapangan kan bisa liat bahwa brg ini kecil masa ditimpakan brg lebih besar atau berat klo bnr2 bisa mengatur nya wkt masuk gudang kan di sortir dan bisa pisah2in dlu brg kecil dan besar atau berat nah pada saat muat ke mobil masing2 kan yg besar dan berat dlu di masukin sebenernya sih ini cara kerja di lapangan az sih yg efisien nya gimna kak nurut sya

      5
      1
      • 19 Oktober 2021 - (01:19 WIB)
        Permalink

        Hmmm terlepas dari mslah JNE, harusnya kamu ketika melakukan pengiriman dengan nominal besar, wajib memasang asuransi, apalagi kl pngiriman via jalur udara, sangat riskan… karna itungan bayar asuransi 2%*harga barang(cmiiw) dan wajib packing kayu+ fragile..dan barang akan diganti full/sejumlah nominal product(lampiran invoice).. kalau kamu tidak asuransi, jelas diganti 10x ongkir dan barang wajib diretur ke pihak pengiriman(spertinya hal ini ada di TnC stiap logistic)… ibarat kata kamu beli ikan dipasar, tapi kamu bawa pulang pake tangan, tanpa kantong kresek.., jelas gampang jatuh karna licin… high risk.. high protect..

        Btw smangat yaa, smoga ada titik terang kedua pihak tanpa ada kerugian..

        • 19 Oktober 2021 - (04:24 WIB)
          Permalink

          Oh yah 2x harga barang berarti 77.900? Mahal bnr pak ditokped az gk sampai segitu asuransi nya cuma 15.700? dan bpk bilang wajib packing kayu sesuai ketentuan SOP dari shope brg di atas 10kg pak baru wajib packing kayu tapi berat brg sya cuma 4kg(ini sudah sya lebihin kilo nya)sya tnya bpk kita ada jual soundcard harga 8.800rb dan ukuran nya lebih kecil 3xlipat dari brg yg rusak ini apakah harus packing kayu juga?dan berat nya hnya 2kg?
          Dan bpk bilang ganti rugi 10xongkir dan brg di tarik enk donk pak klo gt,berarti jne berharap pegawai nya rusak2in brg2 mahal trus jne ganti 10xlipat ongkir dan tarik barang donk?trus apabila brg sudah byk nanti diservis trus bisa jual lgi donk dan ambil keuntungan byk donk?dan bnr kata bpk high risk high protect but risk nya bisa tidak terjadi klo kurir nya gk buta huruf atau gambar stiker fragile dan buat apa jne ada stiker fragile klo gk diperhatikan?

          • 19 Oktober 2021 - (04:28 WIB)
            Permalink

            Ok 0,2% tapi apakah itu berfungsi untuk pembayaran cashless?krn ada org jne juga sebelum nya kata itu untuk resi.manual bukan cashless

  • 17 Oktober 2021 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Untuk barang elektronik harga 3jtan terdapat bagian lcd screen hanya dipacking kardus tipis +3 lapis buble wrap tanpa asuransi adalah tindakan yang *****. Terima kasih

    1
    11
    • 17 Oktober 2021 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Iy profesor berarti yg ***** pihak shopee donk krn knp mereka tidak mempermudah penjual di shopee seperti di tokopedia yg pnya kotak untuk klik asuransi?klo pembeli beli ditokopedia sudah pasti ada asuransi,semua brg2 yg sya jual dari harga termurah sampai termahal dan dari brg kebanting gk pecah2 sampai bisa pecah semua sudah sya asuransi kan pak profesor?

      9
      1
      • 17 Oktober 2021 - (22:31 WIB)
        Permalink

        Sy udh lama tinggalin ekspedisi ini di marketplace sy.layanan petugas nya gak banget. Sy juga jualan bnyk elektronik besar hrga jutaan lbh aman slama ini pake si***** dan i******.aman sentosa sampe luar pulau. Elektronik mmg unggul di ijo drpd oren, krn userpun lbh merasa safe dgn fitur asuransinya. Mmg benar hanya penggantian max 10x ongkir, TAPI yg aneh kenapa diminta barangnya ???? Jangan² ????? Moga anda paham maksud sy.

        • 19 Oktober 2021 - (04:51 WIB)
          Permalink

          Klo kurir sicepat sya juga ada masalah kak cerita nya pembeli menggunakan pembayaran ditempat dan system cod kan seharus nya tidak perbolehkan pembeli buka bubble wrap nya nah di kurir sicepat mengasih kan ke pembeli untuk buka bungkusan nya dan ternyata ada penyok dan brg nya itu mixer audio bahan nya plat besi gt celaka nya sikurir malah menyuruh pembeli mengembalikan ke sya dan sicepat berkata gk bisa ganti rugi krn gk packing kayu dan brg nya gk berat hnya 5kg singkat cerita brg sya dikembalikan hny di bungkus pake plastik hitam az dan sya tidak mau terima dan untung nya brg nya sya asuransi kan ditokopedia jadi tokopedia bersedia ganti rugi(tapi blm di ganti2 sampai skg sudah mau 2mgu) dan dari ketentuan sicepat brg elektronik di atas 500rb wajib packing kayu akhir sya sementara ini mati kan kurir sicepat krn brg elektronik ada yg ukuran nya kecil segede satu setengah kotak hp seharga 8jt800 secara logika masuk akal gk brg sekecil gt mesti packing kayu kan malu2in apalg brg itu bahan besi klo nurut sya sih kebykan expedisi klo brg sampai dengan selamat gk ada kata2 packing kayu tapi apabila ada kerusakan seribu macam aturan dikeluar kan wkwkwk

  • 17 Oktober 2021 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Susah gan nglawan expedisi apalagi pihak shope trkesan masa bodo. Sebenrny kan mslah ini kmbali lg ada di tangan shope,apalagi mrka uda krja sama kan. Seller uda ngasih bukti kondisi brg sblm dkirim & pembeli jg ngsh bukti bhwa krusakan dkarnakan pengiriman. Harusny shope yg bs nyelesaikn mslah tanpa merugikan trlalu berat ke penjual. Masa dkasih gratis ongkir 10 kali barang diminta bgmana prhitunganya? Trs kl brg hrganya 10jt brp kali gratis ongkir? Btw sy jg prnh dbuat ksel sm shope & bhkan tokopedia, sy beli brg nah brgny pecah tp di dlm krdua ga ada pecahannya. Stlh sy komplain kata pnjual “brg tdk asuransi” trs sy jawab bkn mslh asuransi, ini pecahanya bhkn ga ada brt kan dia jual brg rusak. Udh jlas sp yg salah tp cs jg ga ada solusi & mslh dtutup gt aja ?

    2
    1
    • 17 Oktober 2021 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Klo tokped mesti video unboxing kak kemungkinan besar dimenang kan kk biar pun brg gk bergaransi dari penjual biasa nya dana tetap dikembalikan ke pembeli dan brg nya kk kirim balik kepenjual ini sih yg sya ketahui klo di tokped.klo shopee sya sih gk bisa berkata2 lgi kak ampun sya nya?

  • 18 Oktober 2021 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Payah juga jne ya. Barang mahal begini digantinya gak masuk akal. Pernah keilangan barang. Katanya udah sampe dikantor. Tapi cek cctv gak ada. Mau suruh ganti rugi, kurirnya udah tua. Yaudahlah kasian. Dari situ udah gak pernah pake jne lagi. Udah pake selain dia deh pokoknya.

    • 18 Oktober 2021 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Sya sebenernya gk masalah kak di ganti 10xlipat ongkir tapi cara nya yg saya gk bisa terima yaitu brg ganti cuman10x lipat trus brg sya mau ditarik klo harga brg sya dibawah diganti 10x lipat ongkir yah gk masalah.inti nya mau lah kita gk rugi klo brg ditarik tapi kenyataan nya kebalikan nya wkwkwk

  • 18 Oktober 2021 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Saya pun udah kuapok pooolll dengan ekspedisi itu. Udah lambat kirim barang, status barang ga kelas kemana. Padahal statusnya tanggal 9 udah sampe di JNE terdekat lokasi saya. Dan udah di tangan kurir. Tinggal di antar aje. Tapi sampe skrg tanggal 18 /10/21 belum nyampe oi. Udah komplen jawabannya gitu2 aja.
    Bdw saya belanja lazada dan udah bayar. Kalau benar di tangan kurir, ngapain 9 hari di simpan sama dy. Dah lah. Besok2 saya COD an aja. Kalau COD ga pake JNE.

  • 18 Oktober 2021 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Ahahaha Shopee lagi JNE lagi… ampun…
    Saya juga penjual di shopee barang elektronik hargapun jutaan… kasus nya sama, barang rusak diperjalanan (harga barang 3jt an), JNE sebagai pihak pengirim tidak mau tanggung jawab sama sekali, telp ke saya pun cuma 1x. Dan si shopee malah mau ngasih ganti rugi 100rb (berupa voucher belanja di shopee), gila…. ya gue ngamuk lah, barang gue kirim bagus, nyampe konsumen remuk, JNE ga ada akhlak nya ogah ganti rugi, shopee malah mau kasih ganti rugi 100rb doang (ini juga doi telp pribadi ke saya, bukan lewat pusat resolusi yg saat itu sedang berlangsung, takut konsumen tau kali kalo service shopee ke penjual itu miskin akhlak). ujung-ujung nya shopee cuma ganti rugi 500rb (JNE ga ada tanggung jawab sama sekali, terutama agen JNE Shera – Ciputat Timur (karena di hari yg sama saya ada 5 barang drop ke mereka, 3 diantara nya sampai konsumen rusak semua). Sedangkan 1paket yg saya drop ke agen JNE yg lain aman sentosa (dalam hari yg sama). Kan berarti ada handling yg salah di agen tersebut pada hari itu.

    1
    1
  • 19 Oktober 2021 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah bekerja di salah satu ekspedisi pengiriman barang. Di dalam ekspedisi pengiriman(paket) sebelum barang masuk di foto oleh sistem jika ada kerusakan pembungkus/alamat tidak jelas saat diterima oleh kurir dapat melihat kembali lewat sistem sebelum barang masuk. Jika contoh kasusnya seperti ini saat saya masih bekerja di ekspedisi tersebut jika ada paket rusak sebelum dikirim oleh kurir akan di foto kembali keadaan(rusak) dan akan di tracking dimana paket itu rusak sebab jika sudah masuk ke tangan kurir walaupun keadaan sebelumnya sudah rusak akan dibebankan ke kurir untuk biaya penggantian barang tersebut, untuk proses penggantian barang akan di ganti oleh pihak ekspedisi dengan SOP dari kedua belah pihak yaitu pengirim dan pihak ekspedisi.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi pengiriman di Shopee?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Keputusan Akhir JNE yang Merugikan Penjual di Shopee

oleh winner dibaca dalam: 1 menit
36