Akun Kredivo Saya Dibobol untuk Transaksi di Tokopedia, Pihak Kredivo Tetap Menuntut Pembayaran

Pada tanggal 4 Agustus 2021, saya membuka email saya. Saya sendiri jarang membuka email pribadi, karena saya bekerja menggunakan email kantor. Kebetulan saya membuka email saya tanggal 04 Agustus 2021 sore, masuklah banyak email dari Kredivo. Ternyata pada tanggal 4 dini hari pukul 00.35, ada yang mencoba untuk mengganti PIN Kredivo saya.

Lalu selang 1 menit di email selanjutnya, PIN berhasil diubah.

Email berikutnya yaitu notifikasi login berhasil. Dalam email notifikasi tersebut login menggunakan perangkat OPPO.

Selain itu, ada email juga pemberitahuan pengajuan kenaikan limit.

Selang beberapa menit kemudian masuklah email notifikasi transaksi, yaitu notifikasi transaksi beberapa kali di Tokopedia menggunakan Kredivo saya. Tentunya saya shock dan kaget, karena saya sendiri sudah uninstall aplikasi Kredivo di bulan April/Mei pada HP, bahkan nomor HP yang digunakan untuk login Kredivo pun sudah hangus.. Limit Kredivo saya itu sudah kurang lebih 5 bulan tidak saya pakai dan itu dihabiskan oleh si pembobol, dengan jumlah yang tidak sedikit.

Email pertama transaksi 4 Agustus 2021 pukul 01.01 dini hari , dan email kedua transaksi di 4 Agustus 2021 pukul 10.11 pagi.

Setelah saya lihat email tersebut, saya langsung menghubungi CS Kredivo. Namun mereka info akan melakukan investigasi dan CS membantu untuk memblokir sementara akun Kredivo saya.

Semenjak kejadian ini terjadi, saya sering membuka email setiap hari, khawatir ada tindak kejahatan lainnya melalui peretasan email dan penyalahgunaan akun. Dan benar saja, ada email notifikasi login Kredivo di tanggal 05 Agustus 2021, menggunakan perangkat OPPO.

Kemudian saya bergegas menghubungi CS Kredivo untuk menanyakan kenapa ini masih bisa login? Sedangkan kemarin mereka bilang akun saya sudah diblokir. Setiap saya menghubungi CS Kredivo, saya selalu info ke mereka, bahwa transaksi tsb bukan saya yang lakukan dan saya tidak akan membayar 1 rupiah pun atas transaksi tersebut.

Belum sampai 30 hari, saya mendapatkan email dari Kredivo terkait hasil investigasi. Pada email tsb pihak Kredivo seolah-olah menyalahkan saya yang memberikan data-data pribadi ke orang lain. Namanya juga dibobol, mana kita tahu data-data kita diambil? Kalau tahu mah, bukan dibobol namanya. Saya bergegas menghubungi CS Kredivo lagi dan mereka bilang saya tetap harus membayar tagihan tersebut.

Saya juga sudah menghubungi pihak Tokopedia untuk meminta bantuan. Namun pihak Tokopedia hanya bisa memblokir akun si pembobol saja, tanpa bisa memberi tahu alamat akun tersebut, harus pihak kepolisian. Saya pun sudah membuat laporan ke Polres Jakarta Utara dan sedang tahap menunggu penyidikan.

Bukti laporan ke polisi.

Melihat banyaknya kasus yang sama dengan saya, berarti kasus tidak terselesaikan dengan baik. Apakah sistem keamanan Kredivo begitu mudah dibobol? Atau ada orang yang membobol akun akun yang lama tidak dipakai, atau bagaimana? Karena untuk permohonan ganti PIN saja ternyata harus memasukkan NIK KTP, berarti si pembobol juga punya data KTP saya. Bagaimana penyelesaiannya? Karena saya tidak akan mau bayar transaksi yang tidak saya lakukan.

Riska A.
Jakarta Utara


Catatan redaksi (diperbarui 22/10/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Riska Alfiana R

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Ibu Riska Alfiana R di Media Konsumen tanggal 22 Oktober 2021 yang berjudul “Akun...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Seperti orng dalam yg bobol ya. Karna yg di incar akun yg lama ga di pake. Bahaya sekali. Untung saya sudah tutup akun permanen.

  • Pelakunya sepertinya masih orang yang sama dengan kasus sebelumnya. Perangkatnya sama2 OPPO CPH0029 dan transaksinya di Toped. 👿

    Yang lebih ngeri lagi sistem keamanan Kredivo, akun udah diblokir tapi masih bisa login. 😱

  • ini kayaknya pembobol punya nomor kredivo yg sudah hangus, biasanya nomor yg hangus bakal dijual lg sama operator,, tp ada kemungkinan jg kerjasama dengan orang dalam...
    buat pelajaran sihh klo sudah lunas mending minta hapus akun aja biar aman dan minta suratnya

  • Mohon bantuannya cara buat mengatasi masalah pembobolan biar ga bayar tagihan yg bukan seharusnya gmana ya..

  • Akun Kredivo saya malah dari Bulan Juni 2021 di blokir & masih di blokir secara sepihak oleh Kredivo. Di blokir sepihak oleh kredivo hanya karena saya kirim email ke kredivo bertanya apakah ini email dari kredivo atau bukan ?

    Saya pun berniat menutup permanen akun kredivo saya jika sudah lunas ( 2 bln lagi lunas ). Ngeri banyak baca akun2 kredivo di bajak ( apa mungkin keamanan kredivo mudah di retas ). Saya pun tetap was2 walau akun saya masih di blokir kredivo, jadi masih rutin cek email & akun kredivo saya

  • Coba introspeksi, apa sblumny pernah ngasih info email, nomer hp, atw password pada org dekat?., atw, apa sblumny pernah buka akun kredivo di hp milik anggota keluarga, rekan, atw org org trdekat lainnya?., Lalu, apa password kredivo anda mngandung tgl bulan dan tahun lahir?., Atw pake runutan angka lainnya yg sangat mudah di tebak oleh org asing?., Lalu, siapa org trdekat yg punya hp merk OPPO yg tau info email anda (beserta passwordnya)., Coba selidiki dlu sendiri, klw pertanyaan diatas mengerucut pada seseorang yg menurut anda bertanggung jawab, baru bikin laporan ke kepolisian.,

    • Komen anda panjang x lebar tp ga jelas... Rata2 orang termasuk saya pribadi kalau soal data akun keuangan mana ada share meski ke keluarga, kecuali istri gw. Kalo keluarga terdekat tau data pribadi sampe nama emaknya, rata2 tau namany keluarga dkt. Disitu udh di jelasin ad pihak yg memang membobol akun tengah malem. Dan kasus ini sama seperti artikel kemarin yg saya baca jg di media konsumen. Kalo emg keluarga yg melakukan itu ya silahkan di proses hukum. Kan pihak kredivo & tokopedia bisa tracking akun yg menggunakan transaksi tersebut. Apalagi disitu sudah lapor ke pihak polisi.

  • Apa mungkin pelaku tau email dan password penulis ?? atau penulis pernah jual hp dan aplikasi email dan kredivo tidak dihapus ?

    krn itu perubahan password lewat email kan ?

  • Wah kejadian bgt ma saya jg... tp transaksi melalui lazada...pembelian pulsa simpati dg beberapa x transaksi total 1,2jt. Pdhl saya jg sdh email baik pihak lazada n kredivo.. dan bgitu ada notif login kredivo dr perangkat lain yaitu oppo brp saya lupa saya lgsg ganti password..dsn pembelian di lazada pun langsung sempat saya cancel..tp setelah itu lgsg acct lazada saya kosong tdk ada history stau kersnjang belsnjanya...kd sprtinya acct lazada saya di hack dan si penipu melwkukan pembelian dg acct lazada saya dan pembayaran melslui kredivo. Sampai saat ini blm terselesaikan dan saya cape menerima ancaman akan di sebarluaskan hutang dll lalu masuk whassap2 de smua kolektor... tolong ada info jln kluarnya bagaimana ya.. thanks