Review Palsu di TikTok Shop yang Menjatuhkan, tapi Dianggap Tidak Melanggar Ketentuan

Terima kasih Media Konsumen sudah mau memuat keluhan saya.

Berdasarkan 2 laporan di TikTok Shop:

  • Laporan pertama: 202403081312200009
  • Laporan kedua (case yang sama): 202403100712200029

Kasusyang saya alami yaitu mendapat rate 1 dari pembeli yang tidak mengerti cara menggunakan barangnya. Pembeli melakukan orderan dengan nomor: 576660444820637145, produk berupa boneka tangan. Lalu tanggal 7 Maret 2024, pembeli memberikan rating 1, dengan ulasan buruk tanpa foto, pada 5 varian yang dia order (4 varian lainnya tanpa ulasan sama sekali).

Pertama saya sudah chat dan WA ke pembeli sesuai instruksi TikTok, untuk menjelaskan ketidaktahuan pembeli terkait cara pakainya (yang bilang tidak ada lubang untuk tengahnya). Saya memohon merubah rating dan ulasan yang dikarenakan ketidaktahuan pembeli. Namun no respond dan WA pun bahkan diblok. Fitur chat cuma read saja.

Atas ketidakkooperatifan ini saya buat tiket laporan 1 dan 2. Sudah saya jelaskan video produk saya yang menjelaskan cara menggunakannya berikut lubangnya, yang dibilang konsumen gak ada. Karena pembeli tidak membuktikan bahwa lubang gak ada.

Dengan catatan rating 1 dengan 5 varian sekaligus, ini adalah yang pertama diberikan konsumen saya selama ini itupun karena konsumennya yang fitnah dan tidak kooperatif (tidak mau mengubah rating dengan no respond chat).

Akibatnya, semua jadi berpengaruh dan hancur rate toko saya, dari 4,3 langsung drop 3,5 (di bawah 3,5, affiliator tidak bisa ikutan jualan). Bahkan produk saya tersebut, dari yang tadinya 180-an orderan (saat rating rata-rata 5), tapi baru sekali rating 1, langsung drop dari 4 koma sekian ke 2.0 dan dicap 100% produk berkualitas rendah oleh TikTok. Saya gak paham cara hitungnya, ini sekali difitnah rating 1 langsung menghancurkan semuanya.

Yang saya kecewa, dari 2 laporan itu pihak TikTok, selalu responsnya sama seperti berikut ini:

Jawabannya copy-paste terus di setiap reply-nya dan langsung ditutup. Seolah-olah pihak TikTok tidak mau membantu. Padahal ini sesuatu yang pembeli salah lakukan kepada saya. CS TikTok bahkan cuma menyuruh saya terus berkomunikasi dengan pembeli. Padahal di awal sudah saya jelaskan WA saja diblok. Itu sudah membuktikan pembeli tidak kooperatif dan tidak mau mengubahnya, walaupun pembeli tahu bahwa dia salah karena gak ngerti cara menggunakannya.

Di TikTok ini 1 orderan bintang 1 saja langsung toko kita dibuat sepi traffic dan tidak bisa ikutan program apabila rate toko di bawah 3,5. Efek trafik pun mulai berdampak ke toko saya.

Saya jadi bingung, tugas CS TikTok Shop ini apa? Saya sebagai penjual merasa mendapatkan ketidakadilan, yang menghancurkan reputasi dan nama baik toko saya. Padahal saya cuma meminta dihapus review yang menyesatkan itu, karena semua bukti kebenaran berikut video demonstrasi pun juga bahkan ini sudah SNI juga. Video cara pakainya dan membuktikan bahwa lubang itu ada. Ini saya sertakan ke pihak TikTok, tapi gak dianggap.

Walaupun posisi saya benar, tapi tidak bisa mendapat keadilan. Saya selaku penjual hanya menerima takdir dari kesewenang-wenangan pembeli saja. Tanpa ada itikad baik dari pihak TikTok, yang tidak menganggap penjualnya sebagai partner dari TikTok Shop.

Pihak TikTok Shop tetap bertahan dan lepas tangan. Bahkan pihak TikTok pun tidak mencoba hubungi pembeli dan mencari tahu kebenarannya, untuk pembuktian barang yang pembeli ulas lewat video juga. Pembeli menulis ulasan tidak disertai foto/video. Kalau marketplace lain, pihak marketplace akan mencari tahu. Jika saya benar, maka review yang palsu tersebut akan dihapus. Karena saya bisa membuktikannya, sedangkan pembeli tidak ada bukti.

Terkesan memang sengaja pembelinya memberi ulasan demikian tanpa foto. Karena dia tahu TikTok Shop tidak mempedulikan penjualnya jika ada masalah seperti ini. Kecewanya lagi, case saya ini dianggap tidak melanggar ketentuan jadi tidak bisa dihapus. Jadi penjual di TikTok BISA diberi bintang 1 dengan difitnah tanpa bukti, dan karena ini BUKAN berupa melanggar ketentuan, maka pihak TikTok Shop tidak bisa menghapus (bukti dari penjual juga percuma).

Sangat mengecewakan sekali, akibat 1 pembeli tersebut toko saya langsung hancur. Orang-orang yang menangani keluhan penjual selain SDM rendah juga tidak berperikemanusiaan.

Terima kasih,

Handy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Review Palsu di TikTok Shop yang Menjatuhkan, tapi Dianggap Tidak Melanggar Ketentuan

    • 14 Maret 2024 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Selain itu cs tiktok shop jg SDM nya rendah. Coba aja chat cs nya jika penjual ada masalah yg ga seharusnya.. Sistem tiktok pun tidak standard marketplace yg ada di indonesia.

      Pelanggaran dari tiktok itu sepertinya hanya pola terselubung yg kita ga tau motif nya. Seller yg jual barang import aja bisa dapat tag barang lokal sedang yg lokal justru malah ga dapet.

    • 20 Maret 2024 - (22:18 WIB)
      Permalink

      Hingga kini walau ulasan ga ada yg masuk pun
      Pelanggaran ulasan negatif ini terus meningkat.. Ada kesan sistem yg emang disengaja secara otomatis memaksa untuk mendapatkan poin prlanggaran dgn cara ini.

      Bagaimana bisa ulasan negatif di menu pelanggaran itu bisa meningkat terus yanpa ada ulasan yg masuk lagi???

  • 15 Maret 2024 - (14:07 WIB)
    Permalink

    cek aja akun pembelianya, kalo dia penjual, balas lagi aja kak kasih bintang -5 biar puas hehehehehe

    • 15 Maret 2024 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Biasa akun penjual dan pembeli dibedakan kalo yg dah pakar. Tapi says penting bukan balas dendam nya sih. Lebih ke profesional dari tiktokshop dalam menangani suatu kasus. Kalo di tiktok cs khusus menangani penjual itu berupa SDM yg sangat rendah ditambah hanya sekedar reply copy paste template gitu.. Trus langsung ditutup laporan kita.

      Jadi untuk seller seller baru apalagi pemula kayaknya bisa dikerjai abis oleh sistem tiktok. Dan Customer Service dari tiktok itu sendiri..

      Kecewa bgt. Penjual ga di anggap sama sekali loh. Kurang ajar itu tiktok shop. Kalo pembeli sih bodo amat dah yg psnting pihak tiktokfair yg benar ya benar mesti di hapus rating nya . Sebab penilaian tiktok 1 org kasih bintang 1 untuk pertama kali dari ratusan rating bagus. Walau sebelumnya rating toko bagus dan produk bagus itu bisa langsung seolah olah 100 % produk kita bagus, toko langsung ancur, dan lgs ga ada trafik. Juga rating toko kita bakal terus ancur walau ga ada yg order.. Malah justru makin ancur. Tiktok ini selain sistem peehitungan poin rating toko nya aneh, CS tiktok aneh juga. Kalo pembeli sih baru yg pertama kali ini di tiktok itu pun di fitnah. Pihak tiktok ga bergerak lgs nutup laporan kita. Gila ga tuh tiktok .

    • 20 Maret 2024 - (23:06 WIB)
      Permalink

      Toktok shop ini sudah bikin hancur toko saya. Tau ga
      Kalo kita dapat ulasan negatif rating 1 dari 1 orang saja sudah cukup menghancurkan toko kita..

      Dan walau ga ada ulasan yg masuk dan tidak ada orderan yg masuk, atau orderan yg masuk menurun. Itu grafik pelanggatan di ulasan negatif ikut meningkat…

      Sedangkan gara gara ini orderan menurun kan.. Udah menurun orderannya akibat ulah dari tiktok sendiri. Ditambah dari menurunnya orderan walau ulasan tidak ada yg masuk lagi.

      Presentase ulasan negatif trus meningkat justru padahal ulasan aja ga ada. Sistem itungannya dari jumlah ulasan yg masuk per 90 hari. Jd kalo orderan terus merosot malah presentase ulasan negatif ikut meningkat (walau ga ada ulasan) dan ini bisa memuncak naik trus hingga terjadinya akumulasi poin pelanggaran. Ini yg saya bilang seller di paksa secara otomatis tersistem (buruk) hingga seller dipaksa untuk dapet poin pelanggaran pinalti

  • 18 Maret 2024 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Dan parah nya ulasan buruk yg dari tgl 7 maret tersebut terus mempengaruhi rating produk saya dimana pelanggaran ulasan buruk per 5 hari update terus meningkat…

    Padahal ga ada penambah ulasan bahkan drop orderan gara gara ini.

    Orderan menurun gara gara ini.
    Tidak ada penambahan ulasan baru.
    Tapi rating buruk produk bisa terus meningkat di fitur tiktok seller pads menu pelanggarAn.

    Tujuannya apa ya tiktok ini dgn perhitungan sistem perhitungan yg bobrok seperti ini. Supaya memaksa pelanggaran itu terjadi di semua seller? Supaya dana otomatis kan tertahan tuh jk pelanggaran dalam bentuk poin muncul.

  • 18 Maret 2024 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya hati hati para seller yg berjualan ditiktok. Apalagi seller yg jujur jujur dan yg sudah terlanjur terjun di tiktok shop. Sebaiknya fokus saja ke shopee dan tokopedia. Karena sumpah selain CS tiktok shop yg rendah SDM nya dan tidak menghargai seller. Sistem tiktok soal pelanggaran itu sangat aneh perhitungan nya. Ulasan tidak bertambah dan tidak ada yg buruk lagi nambah tapi di menu pelanggaran presentase ulasam buruk bisa bertambah terus presentase nya. Aneh bukan????

    Baru tau saya ini ketika cek menu pelanggaran pada aplikasi tiktok seller maupun web seller tiktok.
    Dan baru mempelajari begitu busuk nya sistem perhitungan pada menu pelanggaran yg ada ditiktok.

    Udah cs nya bobrok rendah SDM nya
    Sistem perhitungan pelanggarannya sangat aneh cenderung memaksa kedepannya untuk terkena poin pelanggaran walau masih nol karena presentase ulasam buruk yg terus meningkat tampa alasan ini.

  • 20 Maret 2024 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Sebagai contoh :
    Loe baru dapet nih rating 1 dari konsumen yg sama di 1 link produk dgn 5 varian link produk yg sama rating 1 semua (baru dari ini orang aja).

    Trus efek nya kan merosot tajam nih atau bahkan blum ada penjualan / ulasan lagi..

    Trus grafik pelanggaran pada ulasan negatif saya meningkat terus dari ke hari hingga hari ini hingga 90 hari kedepan. Bisa bayangin. Bisa capai 100% dong dengan ulasan negatif yg itu satu doang? Brp banyak nanti poin pelanggaran hingga 90 hari kedepan walau tanpa ada ulasan yg masuk lg atau orderan ada tp merosot tajam???

    Seedang 40 point pinalti kalo ga, salah membuat toko bisa ditutup permanen. Ini tiktok sistem yg aneh. Buang waktu jualan di tiktok sumpah.

    Loe loe sbg penjual ditik tok cuma dianggap sampah . Bahkan sampah pun ada nilai nya jika di daur ulang / olah kembali

  • 21 Maret 2024 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Gue banyak liat disini komplenan soal shopee dan tokopedia disini. Padahal 2 platform ini masih jauh lebih baik jauh ya…

    Rata rata seller / buyer tiktok komplen buat vt di tiktok. Dan emang tidak ada tanggapan juga bikin vt di tiktok gue perhatiin yg lain.

    Padahal ditiktok ini lebih mengerikan sekali khusus buat para seller loh. Pantes gue liat pemain di tiktok sangat dikit sekali. Mungkin lebih dulu merasakan melebihi sampah.

  • 21 Maret 2024 - (00:14 WIB)
    Permalink

    Saya buat tiket lagi nanya ini di tiktok cs nya :

    Kalo saya tidak ada orderan yg masuk lagi…

    Dan tidak ada ulasan lagi. Atau paling banter orderan merosot tajam

    Kalo caranya diambil 90 hari dari transaksi yg orderan berhasil masuk.
    Presentase pelanggaran pada ulasan negatif terus neningkat sampe titik maksimal dong. Gimana sih.

    Ini saya belum ada orderan lg aja
    tiap hari meningkat presentase ulasan negatif nya. Gimana sih. Memaksa org pasti dapet poin pelanggaran dong?

    Gimana ceritanya pelanggaran pada ulasan negatif bisa terus meningkat tiap hari sedangkan orderan saja tidak ada/merosot tajam bahkan belum ada ulasan yg masuk lagi. Coba pikir..

    Jawabnya : copy paste lagi 😒.
    Calon seller/ seller jangan sampe nasib kalian seperti saya yg tidak mendapat keadilan sama sekali. Bahkan sistem tiktok khusus pelanggaran apapun. Loe akan otomatis di paksa secara sistem oleh tiktok seolah olah pelanggaran itu terus meningkat dan alhir nya tiktok shop loe banned dan dana pending. Ini gambaran kedepannya jika sistem kaya gini terus…

    Ampun dah gue

  • 21 Maret 2024 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Kesannya ada ulasan negatif baru…
    Padahal ulasan negatif 1 biji itu aja.

    Tp tiap hari grafik presentase ulasan negatif meningkat 0,2% / hari, 1 minghuan lebih saya cek udah naik 3% lebih…

    Ulasan negatif ghoib darimana bisa meningkat gt. Ulasan aja blum ada yg masuk lagi gara gara tiktok juga membiarkan ulasan fitnah tsb tetep ada

  • 21 Maret 2024 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Pelangaran yg dibuat buat secara sistematis hanya untuk kedepannya membukan akun dan menahan dana. Dah kebaca sama saya

  • 21 Maret 2024 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Blum ada tanggapan lagi… Double kill ini tiktok.

    1. Rating 1 palsu tsb membuat shop terhenti dari beberapa program strategis dan progran ongkir karena ulasan negatif yg banyak padahal itu cm dari dia aja 1 org. Di 5 varian yg dia order dalam 1 link produk.
    Tidak ada keadilan utk seller sekalipun loe benar.

    2. Pelanggaran ulasan , presentase terus meningkat walau ga ada ulassn atau ga ada orderan atau ulasan merosot sekalipun.
    Atau Tanpa ulasan negatif lagi ..

    Harus nya hari ke hari makin menurun kan?
    Ini terus naik presentade khusus ulasan negatif sekali ada 1 aja ulasan negatif palsu sekalipun .. Ulasan negatif ghoib dari mana itu meningkat gt.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di TikTok Shop?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Review Palsu di TikTok Shop yang Menjatuhkan, tapi Dianggap Tidak Mela…

oleh Power Glue dibaca dalam: 2 menit
14