Pembelian HP di Akulaku Belum Diterima, tapi Sudah Diingatkan untuk Bayar Tagihan

Saya melakukan pembelian HP Xiaomi 9A di Akulaku, dengan nama toko Mega Store pada tanggal 7 Oktober 2021. Saat ini statusnya masih belum bisa dilacak, karena resi invalid. Sampai saat ini barang belum saya terima, sedangkan tagihan sudah muncul dan selalu ditelepon pengingat tagihan.

Bagaimana saya bisa bayar tagihan untuk barang yang belum saya terima? Saya sudah chat CS Akulaku dan toko lewat aplikasi, tapi jawabannya tidak pasti. Mohon bantuan Akulaku, lebih baik pembelian dibatalkan saja kalau status pembelian saya tidak jelas.

Apabila sampai tanggal jatuh tempo, barang pembelian saya tidak saya terima, saya tidak akan membayar tagihan. Bukti barang belum diterima dan resi invalid saya sertakan.

Dadang Sutisna
Karawang, Jawa Barat


Update (26 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian oleh pihak Akulaku sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Dadang Sutisna

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Dadang Sutisna pada tanggal 22...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Pembelian HP di Akulaku Belum Diterima, tapi Sudah Diingatkan untuk Bayar Tagihan

  • 23 Oktober 2021 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Aplikasi online yg tidak memberikan keamanan buat pembeli, tidak ada system yg membuat konsumen merasa aman membeli barang daei akulaku , karena sy jg menjadi korban kredit diakulaku, smoga banyak yg melihat postingan ini biar jdi acuan dan berpikir andai membeli barang , yg sy baca banyak kasus yg sama seperti sy,

    • 24 Oktober 2021 - (04:11 WIB)
      Permalink

      Iya Saya perhatikan beberapa waktu ini kok banyak sekali kasus akulaku ya, dan keluhannya juga kebanyakan sama, cicilan jalan tapi barangnya gaib, jadi khawatir soalnya dulu saya pernah pengajuan tapi tidak di acc, takutnya data itu disalah gunakan

  • 23 Oktober 2021 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Ini seperti nya modus yang di rencanakan oleh penjual dan akulaku,posisi saya jg seperti sama seperti ini mereka pura2 kirim barang dan tagihan tetap jalan terus,kalau ini bukan modus kenapa pihak akulaku sangat lambat handle nya dan kasus nya sama semua.hati2 dengan aplikasi ini, bagi yg di rugikan ayo kita bareng2 adukan aja ke polisi kalau ini penipuan.

  • 23 Oktober 2021 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Sebelum membeli produk di akulaku sebaiknya mencari referensi dulu jangan tergiur dengan harga yang murah periksa rating toko juga sudah banyak yang menjadi korban jangan asal check-out karena enggak mungkin jual produk di bawah harga pasaran, kalaupun barang belum diterima kan bisa diadukan di aplikasi

    • 24 Oktober 2021 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Ya, salah saya juga bang, g cari referensi dan liat harga, saya pikir emang LG promo,lagian ada juga yg komen beli di akulaku di kirim barangnya dan di terima dapet toko yang amanah.sedangkan saya LG apes x dapet toko yg gak amanah, ini jadi pelajaran buat saya agar lebih teliti dan waspada. Makasih bang.

  • 23 Oktober 2021 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Disarankan gunakan cicilan AkuNggakLakuLaku di merchant e-commerce lain (TP, SP, LZ, BB, dll) tapi jangan di lapak yang disediakan AkuNggakLakuLaku. Banyak kasus di MK dimana merchant menunda, tidak mengirimkan barang, atau mengganti barang, entah karena memanfaatkan celah kelemahan AkuNggakLakuLaku atau memang kesengajaan disain sistem AkuNggakLakuLaku.

    • 24 Oktober 2021 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Klo syb baru pertama mas, jdi gk tau sperti ini, pas sy cari” gk tau masalah sperti ini buanyak bngt, serem bangt, nyesellllllll

  • 24 Oktober 2021 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Terlepas ini akulaku atau bukan, kok penulis govlok tenan ya?

    jika penulis tinggal di pelosok, beli via tokopedia tanggal 20 oktober, pembayaran kartu kredit tenor 12 bulan, pengiriman pakai kargo.

    nah, barang belum kunjung tiba, dan sekarang tanggal 1 desember. Masak elu gak bayar cicilan kartu kredit tagihan pertama?

    anggap gak kredit deh, penulis orang kaya raya, langsung beli cash. Lah elu ngeluarin duit dulu kan? Mau sebulan lebih barang belum diterima, intinya lu sudah mengelurakan uang kan?

    jadi apa bedanya lu bayar tagihan akulalu kalau barang belum tiba? Toh ujung2 nya lu bayar juga kan?

    beda ceritanya lu pilih opsi COD (tokopedia/shopee), BARANG TIBA BARU LU BAYAR. Lah elu kan pilih nya cicilan bukan COD (walau COD gak ada di akulaku).

    perbanyak makan otak otak dah, biar volume otak lu nambah

    10
    • 24 Oktober 2021 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Kalau elu merasa pintar, baca bae2 artikelnya, di situ ada bacaan RESI gak valid, ane udh cek ke kantor kurirnya dan tidak ada data No reai tersebut, JADI ELU YG MERASA PINTAR ,ARTIKAN SENDIRI, SIAPA YG MESTI MAKAN OTAK…..

        • 24 Oktober 2021 - (15:26 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillah,terimakasih atas doanya, perlu bapak ketahui saya juga doyan Pete ma jengkol, sebelum mengajak saya tobat, tanya diri bapak sendiri apakah sudah bertobat….

      • 24 Oktober 2021 - (14:22 WIB)
        Permalink

        Bang, masalah ente itu resi gak valid atau barang kiriman blom datang tapi harus bayar cicilan? Ente miskin ya makanya nyicil pakai riba?

        kalau ente kaya, ente bayar lunas kan? Beda nya apa? Ente harus bayar juga kan? Ente pikir cicilan itu = COD? Yang mana barang datang baru bayar cicilan? Bodo bale….

        resi invalid itu beda kasus. Ente kalo bayar lunas, lalu resi invalid, ente jg marah kan? Masalah ente itu resi invalid bukan barang belom datang malah harus bayar tagihan. Ckckckck….

        otak otak mana nih. Ane mau beli sama abang2 nya, sekalian masakin otak otak di rumah penulis

        • 24 Oktober 2021 - (15:33 WIB)
          Permalink

          Abang yg pintar sy nyicil barang karena emang miskin, kalau ane kaya mah g bakalan kredit en bikin artikel ini, ane cuma nagih hak ane, ane udh order barang, tapi barang g datang terus ane suruh bayar untuk barang yg gak ane terima. Dan ane yg bayar tagihannya bukan ente, knapa ente yg ribut. Woles bang…
          Kalau mau masak otak d rumah ane hayu aja, tapi ane miskin bang pasti ente gatel2 KL k rumah ane.

          • 24 Oktober 2021 - (15:42 WIB)
            Permalink

            Jadi masih beranggapan cicilan = COD dimana barang datang baru bayar tagihan gt?

            lalu ente beranggapan terima hak dulu baru melaksanakan kewajiban gt? Kewajiban ente kan bayar, hak ente kan terima barang nya.

            apakah ente sudah bayar? Belum kan? Lain cerita klo ente nuntut hak dulu baru melaksanakan kewajiban.

            susah dah ngejelasin bahwa cicilan tidak sama dengan COD, kalau beranggapan cicilan = COD

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Pembelian HP di Akulaku Belum Diterima, tapi Sudah Diingatkan untuk Ba…

oleh Dadang dibaca dalam: 1 menit
22