Perubahan Ongkos Kirim SiCepat di Shopee yang Bukan Kesalahan Seller

Saya selaku seller di Shopee dengan nama toko: tokoabyd2 ingin menyampaikan keluhan terhadap pengiriman si Cepat di transaksi Shopee yang tiba-tiba mengubah ongkos kirim yang tidak sesuai dengan berat paket.
Karenanya saat mengirimkan paket sudah saya biasakan untuk timbang paket dan foto untuk berjaga-jaga sebagai bukti apabila mengalami masalah yang sama di kemudian hari.
Dan benarlah saya mengalami masalah pada dua transaksi di Shopee
  1. Nomor resi 002807185087 dan Nomor Pesanan 211010GN0RF2PH pengiriman si Cepat Halu
  2. Nomor resi 002807185860 dan Nomor pesanan 211010GN3P9W7Y pengiriman si Cepat Halu
Kedua paket tersebut dikirim melalui pick up  pada tanggal 11 Oktober 2021 dan setelah diterima sicepat pun tidak ada konfirmasi apapun terkait  biaya ongkir atau pun berat paket dan saya juga tidak terpikir akan ada konfirmasi sebab yakin paket sudah ditimbang dan sesuai biaya berat 1kg ongkir yaitu  karena berat paket < 1300 gram.
Dan harusnya jika memang ada penyesuaian berat / ongkir maka  sudah menjadi hak pengirim mendapat konfirmasi terkait berat paket sejak paket diterima sicepat bukan??? namun ini kenyataannya tidak ada konfirmasi. dan di aplikasi shopee tidak ada perubahan atau ongkir masih sesuai berat barang yaitu masuk 1kg ongkir.
Namun pada saat  paket sudah diterima tanggal 19 Oktober 2021 dan kemudian saya cek di rincian penghasilan terdapat kejanggalan dimana masing2 dari kedua paket dengan Nomor resi 002807185087 dan  002807185860 untuk biaya ongkir menjadi masuk 2kg atau bertambah senilai 52500 untuk masing-masing paket. Total jadi bertambah senilai 105.000 yang dikurangi dari dana penghasilan saya, jumlah yang tidak sedikit bukan.
Saya jelas kaget karena  kenyataannya masing-masing paket sebelum di pick up kurir sudah saya timbang dan foto yaitu ongkir masuk di 1kg (<1300 gram), lalu saya langsung lakukan komplain ke pihak shopee dengan hasil klaim seperti tertera dalam screenshot email berikut
Berdasarkan hasil klaim dalam gambar screenshot diatas , untuk paket dengan resi 002807185087 saya lega karena berhasil di klaim tanpa drama walaupun masih timbul tanda tanya bagaimana bisa ongkir tiba-tiba berubah tidak sesuai dengan berat paket sebenarnya??
Kalau saya tidak teliti kan bisa menjadi sangat rugi), sedangkan  untuk paket  resi 002807185860 tidak bisa di klaim dengan alasan berat paket tertimbang 1,55kg di si cepat. Padahal jelas sekali paket dengan resi 002807185860 sudah saya timbang dengan berat sesungguhnya 1205 gram dan saya mempunyai bukti fotonya sebagai berikut

Dan saya ingat betul paket dengan resi 002807185860 hasil timbang beratnya hampir sama dengan paket resi 002807185087. Bagaimana bisa terjadi seperti ini yang satu error, dan yang satu lagi tidak ? walaupun keduanya sama2 mengalami masalah ongkir “membengkak” juga di sistem shopee. jelas ada error dan perlu ada  pembenahan pada sistem SiCepat juga.

Untuk  masalah paket dengan resi 002807185860, pihak shopee mengarahkan menghubungi kurir pick up jika pengiriman melalui layanan pick up, namun saya sudah mencoba komplain ke sicepat melalui kurir yang pick up dan tidak mendapat solusi hanya mendapat info bahwa yang bersangkutan tidak tahu menahu terkait berubahnya berat paket dan siapa yang menimbang paket. Dan beliau menyampaikan jika memang ada penyesuaian ongkir karena berat akan konfirmasi (pada kenyataannya tidak ada konfirmasi apapun berarti berat sudah sesuai kan).

Lalu dengan dasar ini saya komplain ke customer care whatsapp si cepat namun sama juga tidak ada solusi hanya tanya jawab berputar putar dan berganti ganti personil cs yang menjawab mengulang lagi penjelasan masalah dan kronologi hingga saya merasa lelah .

Dan pada intinya, melalui mediakonsumen ini saya mengharap dari pihak Operational Management si Cepat  memberi solusi yaitu adanya  revisi berat paket saya  dengan resi 002807185860 dan  refund atas kelebihan penagihan ongkos kirim.
Selain itu saya harap ada peningkatan serius dalam corrective dan preventive action nya agar kejadian ini benar-benar tidak terjadi kembali di kemudian hari dan supaya pengguna jasa sicepat  tidak ada rasa was-was dalam menggunakan jasa kirim sicepat . karena terus terang bagi saya ini juga yang pertama kali dan berharap menjadi yang terakhir kali.
Denik Madia
Cibinong, Bogor
Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:14    Rata-Rata: 3.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Perubahan Ongkos Kirim SiCepat di Shopee yang Bukan Kesalahan Seller

  • 24 Oktober 2021 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah di ubah ongkir dari secepat untuk pengiriman kalimantan sebesar 60rb an, Paket yg di kirim Cuma seharga 110 rb, ambil untung sekitar 10rb. tanpa ada pemberitahuan dari secepat, terakhir Saya non aktipkan secepat dari daptar pengiriman

    • 25 Oktober 2021 - (05:18 WIB)
      Permalink

      Iya sama saja dgn sistem di shopee, semua expedisi dihantam harga sama, padahal setiap kurir expedisi mempunyai harga bervariasi serta ongkos kirim di shopee naik hampir 2x lipat dibanding normalnya.

      • 25 Oktober 2021 - (05:35 WIB)
        Permalink

        Iya kak Yayang, sepertinya sistem di shopee ini juga ada error seperti yang saya alami di paket dengan resi 002807185087 yang saya bahas dalam surat ini juga. Jika penjual tidak sempat cek rincian penghasilan kan bisa tidak sadar jika sudah kena biaya tambahan ongkir yang berubah dari rincian semula. Namun apa sebab error ini kok munculnya di akhir bukannya dari awal ? Terus terang jadi timbul macam2 prasangka walau akhirnya bisa klaim tanpa drama. Tinggal menunggu penyelesaian masalah di nomor resi 002807185860. Mohom doanya proses refund segera dilakukan pihal Shopee / SiCepat.

  • 25 Oktober 2021 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Benar kak. penjualan ambil untung ga begitu banyak tapi kena korban pemotongan biaya ongkir tambahan. Dan yang disayangkan tidak ada konfirmasi sejak awal lalu dengan data yang tidak valid juga hal timbangam berat paket.

    Saya masih mau aktifkan sicepat karena sejak awal buka olshop 2019 sudah sangat banyak membantu dalam pengiriman terutama gesit dalam pick up paket.
    Namun saya sangat sedih dan kecewa dengan adanya masalah ini dan berharap segera ada penyelesaian yaitu refund biaya ongkir tambahan yang didebet dari saldo penjual saya.

    • 25 Oktober 2021 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Kak Hery Mulyanto, mungkin karena fotonya dekat jd keliatan besar ya sebab sengaja foto dari dekat supaya terlihat jelas label pengirimannya. Itu paket pesanan 2 buah baju korpri ya.ukuran paket 30x35x5cm

  • 25 Oktober 2021 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah tu 6X dan smua Si Cepat, rata2 yg tujuan ke Jabar & Jateng (kabupaten) padahal tujuan jatim ndak pernah kena cas ongkir,dan sialnya banding ke Shopee bbrp kali tetap Si cepat yg menang, bener2 dah Si Cepat … Tp ya sudahlah. Total krugian msh dibawah 100 rb. (Slm kenal smua, sy Seller Shopee alamat Madiun Jatim)

    • 25 Oktober 2021 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Halo kak ayunindya, salam kenal 😊. Mohon maaf kalau boleh tahu itu tahunya ada ongkir berubah pada waktu kapan ya kak ? Karena dari yang saya alami ini berubahya pas barang sudah diterima pembeli atau di akhir waktu begitu, jadi seperti sulap bim salabim berubah ogkir bikin kaget penjual, mau pencairan saldo penjual bukannya senang malah kumenangis 😭

      • 26 Oktober 2021 - (14:18 WIB)
        Permalink

        maaf hanya info kak, pengurangan ongkir bisa dilihat saat status menjadi dikirim, di rincian pesanan kalau tab subtotal ongkir itu ada tanda minus maka artinya kaka nombok (akan dipotong) senilai yg minus itu, maaf klo keliru, coba dicek kembali, krn sekarang infonya laporan detail penjualan (laporan potongan ongkir dan penghasilan nett secara akumulatif) diumpetin susah diakses di seller center, mungkin biar seller terbuai dan shocknya entar klo udah berjuta2 minusnya, klo cuma dari aplikasi udah direcokin sama split2 transaksi yg bikin terkecoh jadi penjual skrg harus lebih jeli

        • 26 Oktober 2021 - (16:46 WIB)
          Permalink

          Iya bnr kak.kudu selalu jeli. Krn masalah sy ini juga sya cek pas ud status terkirim belum berubah detail ongkirnya. Karena memang sengaja pantau dan jujur ada rasa was2 sebab saya habis baca surat yang masalah sama seperti disebut di surat diatas. Nah berhubung kiriman ke kalimantan dan pakai halu kan jadi agak lama sampai sekitar seminggu kemudian baru cek lagi pas status sudah diterima eh kok jadi ada perubahan ongkir. Saya baru pertama kali alamo saja sudah begitu kecewa apalagi seller yang berjuta juta.hanya berharap ada perbaikan dan tdk ada masalah serupa bagi saya maupun seller2 lainnya

    • 26 Oktober 2021 - (14:10 WIB)
      Permalink

      kakak sy juga ngalamin, bahkan kena jutaan, dia seller di Shopee, jadi klo case begini shopee akan berpegang pada hitungan kurir dalam hal ini si cepat, nah masalahnya mungkin personil si cepat belum di briefing lebih detail mengenai tarif khusus mereka di marketplace, masalahnya dgn barang yg sama bisa beda2 loh penentuan berat klo beda petugas, selain itu kesepakatan ongkir antara si cepat dan shopee yang oleh shopee tidak transparan info ke penjual (beserts perubahannya) dan tidak ada sosialisasi di pihak internal si cepat, misalnya untuk Si cepat gokil menurut web dan personilnya bahwa 1-10kg itu sama ongkirnya, yg ternyata di shopee 5kg dan 10kg itu beda (tapi waktu komplen cs shopee malah dijawab akan diperbaiki tarifnya, nah loh makin bingung kan), dan masing2 pihak bersikeras sedangkan dana penjualan seller terlanjur banyak disunat bahkan sampai minus, semoga shopee memperhatikan tulisan dan komentar disini, jgn nanti dianggap curang dan aji mumpung nyunat dana penjualan orang, biaya charge kalian tuh udah tinggi banget jadi kalau nyunat lagi ya sama aja meres umkm

  • 27 Oktober 2021 - (03:24 WIB)
    Permalink

    Yg ngubah berat orang konter bagian scan foto curang sy pernah dikerjain kaya gitu untung msh bisa menang komplen meski harus bolak balik bikin emosi habis tenaga dan waktu

  • 27 Oktober 2021 - (05:18 WIB)
    Permalink

    Maaf kak Daryoto Yahya, komplainnya langsung ke gerai kah ? Saya juga bayangin kalau harus komplain datang ke gerai akan bikin emosi dan habis tenaga waktu maka dari itu salah satu caranya melalui surat di mediakonsumen ini. Saya orangnya emosian soalnya kalau langsung ketemu sama orang yang buat masalah.

    • 28 Oktober 2021 - (05:50 WIB)
      Permalink

      Iya ke konter sy waktu itu kejadianya barang msh ada dikonter tp berat diubah ketauan duluan lalu sy datangin konternya ditimbang ulang ternyata 1kg staff bilang akn direvisi foto dan beratnya lalu sy plg sampe malam tdk ada update berat msh 2kg akhirnya sy datang lagi marah sama staff bagian input gambar (sdh ganti orang) akhirnya dia mau edit gambar jadi 1kg hbs ini urusan sama adm shope ribet lagi buat laporan email foto bukti dr sicepat, mungkin seminggu lebih baru kelar.

      • 29 Oktober 2021 - (22:09 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah, dengan menulis surat di mediakonsumen ini saya mendapakatkan tanggapan dari pihak shopee sejak surat diterbitkan 24 Oktober 2021 dan per tanggal 27 Oktober 2021 sudah mendapat dana refund melalui akun seller saya di shopee .

        kronologinya pihak shopee langsung menelpon tanggal 24 Oktober 2021 sekitar jam 21.20 WIB dan memberikan solusi refund dengan estimasi maksimal 5 hari kerja. Dalam komunikasi ditelpon saya tidak perlu banyak pembelaan lagi atau bahkan ngotot karena sepertinya pihak Shopee sudah langsung bisa memahami dari isi surat di mediakonsumen ini. Terima kasih sekali saya sampaikan untuk semua khususnya mediakonsumen dan shopee yang membantu penyelesaian masalah ini.

        • 29 Oktober 2021 - (22:15 WIB)
          Permalink

          Oh ya .. mohon maaf saya baru membuat komentar klarifikasi karena faktor kesibukan juga karena memang pada saat pihak shopee menelpon di tgl 24 Oktober 2021 tersebut, kami sepakat bahwa saya akan mengklarifikasi tentang masalah ini sudah diselesaikan jika saya telah menerima dana refund dari Shopee.

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Perubahan Ongkos Kirim SiCepat di Shopee yang Bukan Kesalahan Seller

oleh Denik dibaca dalam: 3 menit
18