Saya Sangat Percaya Shopee Tidak Akan Merugikan Pihak Manapun Termasuk Penjual Seperti Saya

Hampir Sebulan Shopee Menahan Dana & Memblokir Akun Tanpa Alasan yang Jelas

Dear Media Konsumen,

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas diterbitkannya surat pembaca ini.

Saya merupakan penjual di shopee dengan akun sinarelektrocms, yang sudah hampir sebulan dananya ditahan pihak shopee & akun diblokir tanpa alasan yang jelas.

Kronologinya berawal pada hari jumat 1 Oktober 2021 ada pesanan yang masuk ke toko saya. Lalu saya lakukan packaging dan dikirim pada hari yang sama. Hanya selang beberapa jam paket dikirim, tiba-tiba ada email masuk dari shopee yang memberitahukan bahwa akun saya dibatasi. Saya baca isi email tersebut, lalu mencoba mengikuti arahan dari shopee untuk melakukan banding.

Lalu besoknya pada hari Sabtu 2 Oktober 2021 jam 18.05 ada balasan dari shopee yang menyebutkan bahwa akun saya tidak bisa diaktifkan kembali, tapi diemail tersebut tidak dijelaskan sama sekali terkait alasan penutupan akun saya, jenis pelanggaran apa, serta terkait aturan yang mana.

Awal-Jawaban-Shopee

Lalu saya mencoba menanggapi dengan bertanya terkait saldo shopeepay. Pada hari Senin 4 Oktober jam 11.16 saya bertanya via email sebagai berikut:

Shopee tidak menjawab pertanyaan perihal saldo shopeepay tersebut dan hanya menyampaikan jawaban yang terkesan template bahwa akun saya tidak bisa diaktifkan kembali, tapi tidak dijelaskan sama sekali terkait alasan penutupan akun, jenis pelanggaran apa, serta terkait aturan yang mana.

Karena saya belum puas atas jawaban tersebut, lalu pada selasa 5 oktober 2021 jam 14.17 saya kembali menanyakan status saldo shopeepay:

Namun shopee tidak menjawab pertanyaan & email saya tersebut, sampai detik ini juga.

Jika dihitung, sudah hampir sebulan Shopee menahan dana & memblokir akun tanpa alasan yang jelas dari 1 oktober 2021 sampai surat ini ditulis pada 26 Oktober 2021.

Dengan diterbitkannya surat pembaca ini, saya berharap Shopee bisa menyelesaikan permasalahan saya dengan sebaiknya-baiknya. Saya sangat percaya, bahwa Shopee merupakan salah satu marketplace terbaik yang tidak akan merugikan pihak manapun termasuk penjual seperti saya.

Salam hangat,

Dadang Hermawan
Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:45    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Saya Sangat Percaya Shopee Tidak Akan Merugikan Pihak Manapun Termasuk Penjual Seperti Saya

  • 27 Oktober 2021 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Seperti kemarin2 biasanya terjadi karena pembeli membeli dgn kartu kredit. Entah terjadi penipuan menggunakan kk tsb atau gimana tdk pernah dijelaskan.

    1
    1
    • 27 Oktober 2021 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Yg anehnya penjual kena imbasnya saya juga termasuk penjual yg kena baned gara gara pembeli macam itu
      Shopee memfasilitasi pembayaran melalui kartu kridit tpi ujung ujungnya kena baned baik penjual maupun pembeli 🙅‍♂️

      1
      1
      • 28 Oktober 2021 - (23:03 WIB)
        Permalink

        Akun shopee saya juga di blokir.. dan mau masukin di surat pembaca media konsumen tpi nggak tembus n di publish . Huhu.. sedihnya..

        Tolong ya.. titip akun saya juga di blokir padahal baru pertama kali jualan.. dan hasil dana nya di tahan.

        Nama : Sonya
        Data shopee saya :
        Nama user : ak34ooo70b
        Nama Toko : Keunggulan Skin Care
        No. Pesanan : #2110040RBAP951
        Tanggal Pesanan: 04 Okt 2021

        Tolong di bantu ya utk di follow-up.. nggak ada solusi juga kalau email cs..

        Thnks.

  • 27 Oktober 2021 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Sepertinya penjual melakukan sales boosting,
    Coba ingat kembali, apakah pesanan terjadi karena dari lingkungan atau keluarga bapak?

    • 27 Oktober 2021 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Emang klw bapak lu jualan lu gak boleh beli?
      Toh beli juga pake duit
      Dan shopee juga ambil keuntungan dari stiap barang yg laku bos

      2
      3
        • 27 Oktober 2021 - (16:55 WIB)
          Permalink

          Saya perhatikan makin hari makin marak banned aku. E-commerce, ada dari Gopay, Ovo, Shopee, Tokpednya, Dana dan lainnya. Apalagi di e-commerce banyak penjual yang saldo nya tidak dikembalikan, ini aturan macam apa ? Semoga ada yg blow up masalah ini, dan harusnya pemerintah ambil tindakan. Kalau 1.000 penjual dikalikan akun saldo nya minimal 100.000 sudah berapa juta dan ada yg nominal nya puluhan juta. Jangan dibiarkan mereka melakukan aturan sendiri di negara ini.

      • 27 Oktober 2021 - (14:15 WIB)
        Permalink

        Ya tdk boleh, di marketplace manapun sepeetinya tidak boleh. Kecuali pakai alamat berbeda, kl alamatnya sama itu tdk boleh. Sama spt gofood dll, tdk boleh dibeli sendiri, kecuali alamatnya beda.

      • 27 Oktober 2021 - (17:31 WIB)
        Permalink

        Ya ga boleh, misalkan yg beli keluarga semua dengan menggunakan kode promo shopee. Ya rugi dong Shopee nalangi promo padahal barangnya ga dijual, cuma muter aja. Dulu GrabFood gitu awal2 sering kasih cashback kalau order ,bnyk muncul resto pemburu cashback. Yg dijual ga jelas, yg beli ya keluarga sendiri. Kopi instan dijual 40rb, cashback 10rb. Coba kali 10 , untung 100rb dr jual kopi sachetan.. Alasan lain adalah menaikan rating penjualan secara ga jujur, yg beli kenal semua kan ga mungkin kasih rating jelek.. Semoga paham sekarang..

      • 28 Oktober 2021 - (04:25 WIB)
        Permalink

        @Rizal Anda salah 1 seller yg suka buat order fiktif ya buat dpt CB dan menaikan rating,, kalo bapak/sdr kau jualan beli aja langsung kan bisa. sering bgt onlenfood rate bagus tp mknan gak sesuai harga doang mahal apalagi klo bkn ulah jasa rating.

  • 28 Oktober 2021 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Ga ngerti sama shopee akun saya juga diblokir dari tanggal 5 okt ada saldonya 1.5 juta sdh email dan telp hasil sama selalu akun dibekukan dan tdk bisa dipulihkan. Dari awal hanya mau ambil saldonya perkara akun ditutup ga masalah. Dari pihak shopee hanya ada info saldo akan ttp mengendap diakun ya dr pada mengendap diakun mending buka akun biar saya ambil, ga ngerti sama pemikiran mereka. Akhirnya y sudah lah nyerah debat terus lewat email dengan cs shopee

  • 28 Oktober 2021 - (12:36 WIB)
    Permalink

    harusnya saat d blok harus ada penjelasan yg jelas seperti apa masalahnya jadi kedua belah pihak paham dan jika memang melakukan kesalahan harus d blok boleh saja tp hak nya tetep di serahkan lah dana nya klo ga ya bikin laporan polisi saja karena ini bisa masuk ke kasus penggelapan. kecuali dana tsb di tahan untuk menutup kerugian shope ( misalnya) tetapi itu juga harus ada kesepakatan dahulu dari kedua belah pihak

    • 28 Oktober 2021 - (23:05 WIB)
      Permalink

      Akun shopee saya juga di blokir.. dan mau masukin di surat pembaca media konsumen tpi nggak tembus n di publish . Huhu.. sedihnya..

      Tolong ya.. titip akun saya juga di blokir padahal baru pertama kali jualan.. dan hasil dana nya di tahan.

      Nama : Sonya
      Data shopee saya :
      Nama user : ak34ooo70b
      Nama Toko : Keunggulan Skin Care
      No. Pesanan : #2110040RBAP951
      Tanggal Pesanan: 04 Okt 2021

      Tolong di bantu ya utk di follow-up.. nggak ada solusi juga kalau email cs..

      Thnks.

  • 6 November 2021 - (03:22 WIB)
    Permalink

    Setidaknya kasih peringatan dulu, misalnya banned sementara, kalau sudah di kasih peringatan masih melakukan kecurangan baru di skakmat. Ini sudah menonaktifkan secara sepihak eh malah tidak ada penjelasan, udah gitu gak ada solusi penyelesaian malah di lemparkan dengan balasan robot, banyak dari mereka yang akhirnya bisa menyelesaikan problemnya setelah berkoar di media konsumen, terus buat apa ada banding shopee? Buat apa ada pusat bantuan shopee? Apakah shopee tidak pernah belajar dari pengalaman pengalaman sebelum nya? Harus kah satu indonesia tau dulu atas kerapuhan system shopee??

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Saya Sangat Percaya Shopee Tidak Akan Merugikan Pihak Manapun Termasuk…

oleh Dadang Hermawan dibaca dalam: 1 menit
15