Akun Shopee Diblokir Sepihak Tanpa Alasan yang Jelas

Pada tanggal 26 September, akun Shopee saya establishos tiba-tiba dibatasi tanpa alasan yang jelas. Setelah pengajuan banding beberapa kali, Shopee menjawab dibanding saya ditolak pada tanggal 27 September, dengan alasan kejanggalan transaksi soal akun. Padahal saya hanya memiliki 1 akun 1 KTP verifikasi. Aplikasi saya juga resmi hanya 1 saja.

Transaksi terakhir saya adalah 3 pembelian saya berjalan baik. Berupa item game, makanan, produk kecantikan. Pembayaran saya semua lunas menggunakan cash ShopeePay dan koin Shopee. Semua barang telah saya terima dengan baik, baik produk fisik maupun digital. tidak ada masalah di saya maupun seller. Shopee juga seharusnya bisa mengecek semua transaksi saya.

Namun akun saya diblokir permanen begitu saja. Sangat merugikan dan mengecewakan saya sebagai pembeli dan penjual di Shopee bertahun-bertahun, secara sepihak dirugikan begitu saja tanpa kejelasan. Saya ingin mengajukan banding ulang kepada Shopee, tapi masih menunggu dengan alasan investgasi ulang.

Update tanggal 27-10-2021: Balasan kedua pihak Shopee menyatakan akun saya tidak bisa dipulihkan lagi lagi tanpa alesan yang jelas. Saya menduga ada kesalahpahaman baik dari sistem maupun pihak terkait Shopee.

Update 28-10-2021: Saya mendapatkan info bahwa akun seller alvin020201 tempat saya bertransaksi terakhir tanggal 25-10-2021 membeli item juga dibatasi & ditolak banding oleh Shopee. Kata seller tsb kemungkinan karena transaksi saya & dana dari transaksi saya pada seller tsb tertahan dengan kondisi akun seller tsb dibatasi.

Pada hari tsb tanggal 25-10-2021, saya hanya melakukan pembelian ShopeeFood dan transaksi pembelian item digital berupa item game di seller tsb. Transaksi dinyatakan berhasil. Saya benar-benar sudah membayar transaksi tsb dengan lunas dan saldo sudah saya terima. Sudah saya konfirmasi diterima juga. Bagaimana ini Shopee? Akun saya sendiri juga dibatasi. Saya tidak mau tertuduh melakukan penipuan ke seller, karena memang sudah saya bayar dan uang tsb sudah di Shopee untuk ke seller. Apa Shopee bisa memediasi kami?

Ketika saya konfirmasi update ini ke live chat Shopee untuk bertanya saya yang harus dilakukan? Dinyatakan saya bahwa diduga melakukan pelanggaran koin? Pelanggaran apa yang saya lakukan? (Bukti live chat terlampir). Saya minta maaf karena benar benar tidak tahu apapun mohon kepada Shopee jangan batasi akun saya sepihak.

Saya tidak merasa melakukan apapun selain membayar tiap transaksi dengan ShopeePay cash milik saya yang saya top up resmi dari transfer bank dan koin resmi milik saya sendiri resmi saya, seperti transaksi sebelum2nya via online maupun offline. Saya tidak menggunakan SPayLater, kartu kredit, transfer, ataupun via lainnya.

Shopee bisa mengecek histori transaksi saya di ShopeePay maupun koin saya. Saya lampirkan juga transaksi terakhir sebagai bukti memang saya pelanggan aktif ShopeePay sebagai pembayaran utama transaksi sehari-sehari, baik transaksi di Shopee sendiri dan di berbagai merchant online maupun offline.

Saya mohon dengan segala kerendahan hati kepada Shopee, karena saya memang betul betul membutuhkan akun Shopee saya. Atau saya diberikan solusi bagaimana sebaiknya jika saya ingin kembali menggunakan Shopee? Bagaimana dengan akun Shopee saya? Terutama akun ShopeePay saya yang merupakan pembayaran utama saya sehari-hari.

Mohon peninjauan ulang kembali akun saya dengan detail. Saya juga siap apabila dibutuhkan mediasi dan dihubungi Shopee kapan saja via apapun jika diperlukan.

Saya sudah menyerahkan bukti transaksi saya.Saya juga siap menyerahkan semua bukti transaksi lain yang dibutuhkan. Hak saya juga sebagai konsumen Shopee untuk mendapatkan info yang jelas, karena ini merupakan pemutusan sepihak tanpa kejelasan yang pasti.

Ini benar-benar tidak adil karena pemutusan sepihak. Saya benar-benar bingung dan menyesal sekali. Saya membutuhkan info lebih lanjut dan apa bisa saya memperbaiki dan memulihkan akun saya? Karena saya tidak diberikan peringatan apapun, sehingga saya benar-benar tidak tahu masalah saya.

Saat ini saya sudah kembali melapor dan menunggu tanggapan baik dari Shopee untuk memberikan info serta pemulihan akun saya. Saya siap menjelaskan dan memberikan bukti terkait jika diperlukan, jika Shopee merasa ada masalah dengan akun saya.

Saya telah membaca di Media Konsumen beberapa laporan serupa dengan saya, Shopee akhirnya bersedia menyelesaikan laporan dengan baik serta memulihkan akun yang dibatasi. Besar harapan saya untuk Shopee agar dapat juga membantu saya, karena saya sangat membutuhkan Shopee untuk bertransaksi.

Terima kasih.

Susatio Wibowo
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:8    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir Sepihak Tanpa Alasan yang Jelas

  • 29 Oktober 2021 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Klarifikasi & Update “Akun shopee dibatasi sepihak tanpa alasan ”

    Surat pembaca saya kirim kan pada tanggal 27-10-20-2021 dan baru dimuat oleh Media Konsumen pada 29-10-2021.

    Per 28-10-2021 CS Shopee an. Widan menyatakan bahwa akun saya tidak bisa dipulihkan permanen karena pelanggaran yg dideteksi sistem namun pelanggarannya yang tidak bisa dijelaskan karena kebijakan shopee. Saya menayakan apa bisa saya membuat akun baru di hp sama jika saya ingin kembali menggunakan shopee apakah termasuk karena hp / perangkat saya hanya satu? Cs shopee ybs menyatakan akan melakukan konfirmasi kepada team terkait & soal seller saya hanya perlu memberikan bukti2 dari saya ke seller tsb krn berkaitan dengan data2 seller. Shopee menyatakan tidak bisa mediasi juga. Kemudian soal akun baru di perangkat yang sama akan dikonfirmasikan ke team terkait. Setelah telepon ditutup saya kembali mengirimkan email tentang detail pelanggaran yang saya telah buat, karena jika benar saya melanggar saya tidak akan mengulangi nya lagi ke depan jika saya memiliki akun shopee lagi.

    Per 29-10-2021 CS Shopee an. Ajeng kembali menelepon saya menjelaskan kembali bahwa akun saya tidak bisa dipulihkan & mengatakan tetap tidak bisa menjelaskan dengan detail pelanggaran saya karena memang kebijakan dari shopee. Saya hanya dapat mengakses akun saya tsb untuk penarikan shopee pay. Saya diperkenankan membuka akun baru namun dengan data baru & tidak dikategorikan pelanggaran.
    Kesimpulannya akun saya tidak bisa dipulihkan, jika masih ingin menggunakan shopee dipersilakan membuat akun baru dengan data baru. Dan laporan ini resmi telah ditutup oleh shopee.

    Terima kasih

    2
    2
    • 30 Oktober 2021 - (04:25 WIB)
      Permalink

      Pindah aja ke aplikasi lain, aku jg dibilang melakukan langgaran katanya beli ke toko sendiri, saya emng sering beli di satu toko itu, tpi dengan alamat beda2 untuk saudara2 saya, tpi ttp dibilang klo saya ngelanggar, akhirnya saya pindah ke tokped. karna malas bgt sama shopee

    • 30 Oktober 2021 - (10:43 WIB)
      Permalink

      Kejadian nya hampir sama dengan akun saya xingxingphonecell,di batasi f02, melanggar poin 35 dan poin 2,di awal September byk sekali kejadian yg sama akan tetapi byk yg bisa berjualan kembali tetapi saya punya blm bisa juga,Uda berkali kali mediasi tetap sama balasan nya menunggu tim terkait

  • 30 Oktober 2021 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Masalah yg sama jg saya alamai, bikin akun 3 okt 2021 dan akun diblokir 5 okt 2021, padahal baru mulai jualan dan barang yg dikirim 1 itu pun juga benaran dikirim. Sudah pengajuan banding dari tanggal 5 okt sampai sekarang. Cs shopee kurang paham dengan masalahnya ketika telpon kita jelaskan hanya iya iya tanpa kasih solusi ( mmg bukan bagian terkait) lewat email balasan hanya itu aja padahal cuman mau ambil saldo penjualan saya 1.5 juta. Sampai lelah beri penjelsan di email dan telp yg hanya buang buang pulsa dan waktu.
    Akun tidak bisa dipulihkan dan dana akan tertahan disistem. Mikir ga sih dari pada dana ketahan disistem apa ga sebaiknya dikasih ke pemiliknya buat apa coba sistem mati ada uang yg ketahan. Ya Allah dipersulit mau ambil hak sendiri aja, ya udah lah akhirnya pasrah. Mungkin ada rezeki yg lebih baik ditempat lain.

  • 30 Oktober 2021 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Koin shopee bisa banyak sekali ya gan?
    Untuk pembuatan akun baru dengan data yang sama, sepertinya harus pengajuan tutup akun dulu.
    Semoga cepet selesai

    • 30 Oktober 2021 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Bisa kan ngumpulin koin dari promo cashback merchant / transaksi shopee. Ada riwayat nya jelas di history koin harus nya shopee bisa cek. Akun saya dibatasi permanen gan sudah berkali2 pengajuan, ga bisa dihapus juga. Koin hangus, data ktp nyangkut kan repot.

  • 30 Oktober 2021 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Saya perhatikan makin hari makin marak banned akun. E-commerce, ada dari Gopay, Ovo, Shopee, Tokpednya, Dana dan lainnya. Apalagi di e-commerce banyak penjual yang saldo nya tidak dikembalikan, ini aturan macam apa ? Semoga ada yg blow up masalah ini, dan harusnya pemerintah ambil tindakan. Kalau 1.000 penjual dikalikan akun saldo nya minimal 100.000 sudah berapa juta dan ada yg nominal nya puluhan juta. Jangan dibiarkan mereka melakukan aturan sendiri di negara ini.
    Sedangkan bank saja mau bekukan rekening itu banyak persyaratannya, laporan kepolisian dan lain-lain.

  • 30 Oktober 2021 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Kejadian persis dengan akun saya di tanggal 26 september,pada tanggal 28 September saya langsung ke kantor shoope di Casablanca akan tetapi hanya di terima cs aja dan saya sudah beberapa kali melaporkan tetapi balasan nya sama melanggar ketentuan shoope poin 35 dan poin 2,dan hari ini saya mengirim keluhan saya ke media konsumen untuk membantu mediasi pemulihan akun saya,semoga bisa membantu untuk aktif kembali akun saya

  • 31 Oktober 2021 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Kalo sy liat itu terindikasi pencairan koin karna transaksi tdk wajar kecuali koin buat beli barang fisik mungkin lain cerita,, soalnya banyak jasa ginian digrup bukan rahasia umum

    • 2 November 2021 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Saya jg gatau kok bisa pelanggaran..Padahal. ini saya beli buat game mobile legend banyak yang jual juga di shopee kan bukan item terlarang.

      • 2 November 2021 - (12:05 WIB)
        Permalink

        Bkn item terlarang tp beli pake koin banyak pula, jd dicurigai sistem sbg transaksi tarik tunai kalo beli pake shopepay semua sy yakin aman.

    • 2 November 2021 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Saya bayar pakai shopee pay cash 75% koin hanya 25% seperti kebijakan shopee.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir Sepihak Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Establish dibaca dalam: 3 menit
12