Klarifikasi Artikel “Tertipu Membayar ShopeePay dengan Scan QR Code yang Dikirim lewat WhatsApp”, Terima Kasih kepada Media Konsumen dan Shopee

Saya berterima kasih sekali pada Media Konsumen karena sudah menerbitkan surat artikel saya berjudul “Tertipu Membayar ShopeePay dengan Scan QR Code yang Dikirim lewat WhatsApp” dan saya berterima kasih kepada Shopee yang sudah merespon atas artikel tersebut dan memberikan solusi untuk saya.

Saya juga berterima kasih kepada para pembaca yang sudah memberikan saran dan solusinya di kolom komentar. Saat ini, saya sudah mendatangi dan melaporkan ini ke kantor polisi. Laporannya sudah diterima, dan sekarang saya sedang menunggu kabar penyelidikan dari polisi.

Saya juga ingin meminta maaf sekali jika di artikel tersebut saya bersikap keras dan menyalahkan Shopee. Saya sudah menyadari bahwa kejadian itu memang murni kesalahan saya. Saya juga sudah memberikan letak kesalahan-kesalahan saya dengan harapan bisa dihindari para calon pembeli lain jika seandainya modus ini terjadi lagi.

Di artikel tersebut, saya bertanya “Apakah masih bisa saldo ShopeePay saya balik lagi? Jika tidak bisa, bukankah si penerima harus mengisi identitas/KTP terlebih dahulu untuk menarik dananya, sehingga bisa dilacak?”. Untuk jawabannya, Shopee memang sudah tidak bisa mengembalikan uang saya, karena transaksi saya dilakukan secara sadar, transaksi sudah berhasil, dan transaksinya juga terjadi di luar Shopee.

Untuk identitas pelaku, Shopee tidak bisa memberikan informasi begitu saja dikarenakan Shopee sangat menjaga kerahasiaan para konsumennya. Untuk itu, solusinya adalah mendatangi ke kantor polisi dan membuat surat laporan. Dengan begitu, Shopee siap membantu.

Karena ini kesalahan saya, maka saya berharap sekali kepada para calon pembeli lain, terutama yang masih pemula dalam menggunakan suatu Olshop, agar lebih berhati-hati dan sebaiknya baca beberapa artikel terlebih dahulu mengenai cara menghindari penipuan sebelum memesan suatu barang. Salah satunya artikel Shopee yang berjudulย  Cegah Penipuan Bersama Shopee .

Terima kasih atas perhatiannya.

Raden Fikri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Shopee:
[Total:31    Rata-Rata: 2.8/5]

20 komentar untuk “Klarifikasi Artikel “Tertipu Membayar ShopeePay dengan Scan QR Code yang Dikirim lewat WhatsApp”, Terima Kasih kepada Media Konsumen dan Shopee

  • 2 November 2021 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Habis diomelin yah sama Shopee? Sadar sendiri akhirnya itu kebodohan sendiri.

    Doa terbaik untuk Bapak Raden.

    5
    7
    • 2 November 2021 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Saya buat artikel memang tujuannya buat direspon, gan. Dan Shopee akhirnya memberikan saya solusi. Kan saya nanya itu di artikel pertama. Btw, terima kasih doanya ya, gan.

      4
      4
      • 3 November 2021 - (14:00 WIB)
        Permalink

        Salut. Gentleman. ๐Ÿ‘. Karena komunikasi dgn pelapak diluar jalur resmi shopee maka shopee tdk bisa disalahkan. Keputusan bagus, harus lapor polisi agar identitas penipu bisa dikeluarkan oleh shopee.
        Saya doakan semoga permasalahan ini cepat selesai. Aamiin.

      • 3 November 2021 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Ngeri bener kalau isi shopee pay tiba tiba ada yg ngaku dari shopee … kok bisa tahu ya dan berani sekali kalau sampai di tipu … ngak aman berarti donk di incar selalu

    • 3 November 2021 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Jangan begitu ahh…!
      Kamu kayak orang paling pintar saja..!
      Pak Raden berniat sharing saja atas kejadian itu, spy org lain lebih hati2..

    • 3 November 2021 - (09:55 WIB)
      Permalink

      Sepwrtinya dikasih voucher belanja dengan syarat klarifikasi surat pembaca sebelumnya.

      1
      2
  • 2 November 2021 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Syukur lah, masalah agan telah selesai….
    Semoga pengalaman abg bisa jadi pelajaran…
    Aamiin…
    Wassalam

    3
    1
  • 3 November 2021 - (10:41 WIB)
    Permalink

    mantaf ni media konsumen ๐Ÿ‘๐Ÿ™
    klo ada masalah yg di posting di mari.
    maka pihak yg bersangkutan dengan masalah nya , langsung selesaikan masalah nya dan selalu yg jawab dan menyelesaikan masalah adalah pihak mereka dengan jabatan tinggi ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘ .
    krana tau efek nyaโ€ฆ.., krana media konsumen di baca puluhan ribu, bahkan juta an nitizen ๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘Œ.

    thank media konsumen , selalu jaya โ€ฆ. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • 3 November 2021 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Kalo aplikasi shopxx, kebanyakan memainkan promo dengan metode pembayaran shopxx pay. Ntah itu cashback, diskon shopxx food dll. Sehingga pihak buyer mengisi Shopxx pay agar mendapatkan promo tersebut. Saran saya, apabila ingin belanja dengan metode pembayaran shopxx pay. Lebih baik isi sesuai nominal yg harus di bayar. Sehingga menghindari oknum oknum yg tidak bertanggung jawab. Kalo saldo nol. Pasti akan mengurangi celah untuk di tipu sama mereka.

  • 3 November 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Beberapa hari saya juga menerima tlp wa dari Shopee, katanya saya dapet coin, dan untuk bisa dimasukkan harus scan barcode, mohon wa nya dibuka dulu pak, jangan ditutup telponnya, nanti saya pandu…
    si penelpon tahu nama dan nominal shopee pay saya. Tapi berhubung saya tdk sreg dari gaya bicaranya mencla mencle dan saya tutup…
    saya cek wa, dia kirim barcode dan kode voucher. Alhamdulillah saya sadar itu penipuan akhirnya tdk saya ladeni, hampir aja penasaran sama isi barcode itu apa, tapi diingatkan istri, hati2 bisa aja itu pengganti link yg aneh, cuma ini modelnya scan.
    sampai tlp beberapa kali saya blokir aja..

    • 3 November 2021 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Maling online makin pintar dg modus2 baru.. Ntarr trik apalagi yg dikeluarin ama penipu2 online ini.. Cirinya sama dikasih iming2 dl, ntarr dipandu br dikuras..

    • 3 November 2021 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Aku juga pernah gitu dulu, masa chat pake vn di wa, pura” aja tak respon trus aku ancam tak laporin ke shopee eh sananya malah ngegas marah” gak jelas trus akunya yg diblokir๐Ÿ˜‚
      Setelah itu jadi makin sering dapat tlpn” gak jelas yg mengatasnamakan shopee tp langsung ku blokir gak pernah tak angkat

      • 3 November 2021 - (18:40 WIB)
        Permalink

        maaf, ini saran saya lho.. klo ada penelpon yg sudah di rasa itu tanda2 modus, baiknya di ladeni dengan sabar dan tenang. Usahakan jgn buat penelpon marah karena ancaman akan datang lg entah kapan. Ya seperti saya, ditutup alasan sedang sibuk, ada acara, kemudian jgn pernah angkat lg. dah selesai…. ๐Ÿ™‚
        Karena pada awalnya si penelpon pasti bicara baik2. Klo kita sudah kesal dari awal, sudah jelas ngajak ribut, ujungnya kita jd ga tenang…
        maaf ini klo cara saya ya, krn saya tipe yg tidak suka punya masalah berkelanjutan..๐Ÿ™‚

        • 3 November 2021 - (19:50 WIB)
          Permalink

          Uninstall aja rame rame aplikasi e commerce yang ngak aman … jadi gudang penipuan … isi saldo di incar .. bisa tahu aja itu maling keparat siapa aja bisa di ketahui yang punya saldo … siapa yg bocorin ya info nya kalau ada saldo kalau bukan …. apakah ada komplotan ? Basmi donk … kalau ngak di basmi berarti ente kerja sama sama si keparat itu …

          • 6 November 2021 - (03:05 WIB)
            Permalink

            Yang di sesalkan kenapa harus lewat media konsumen dulu baru mereka bergerak, kenapa tidak tanggap di awal saat ada keluhan, jadi apa fungsinya pusat bantuan shopee??

  • 3 November 2021 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Jangankan punya saldo nya … pesen barang di reseller nya aja kosong bisa di pesan … hebat !! Pembodohan calon pembeli … nanti modus barang kosong di pesan yang dikirim kotak kosong … paham khan

    • 6 November 2021 - (19:23 WIB)
      Permalink

      Maklum ada orang norak ngak suka sama komen , yang ber arti si komplotan ngak seneng di omongin … ketauan belangnya

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Klarifikasi Artikel “Tertipu Membayar ShopeePay dengan Scan QR Cโ€ฆ

oleh Raden Jachfikri Sumabrata dibaca dalam: 1 menit
20