Pesanan Dibatalkan, Pengembalian Dana dari Tokopedia Harus Menunggu Sampai 14 Hari

Pada tanggal 07 November 2021 pukul 05.27, saya melakukan pemesanan barang di Tokopedia menggunakan metode pembayaran debit online. Pada pukul 07.45 di hari yang sama, pesanan telah berhasil dibatalkan dan saya mendapat keterangan bahwa dana akan dikembalikan ke rekening bank dalam waktu 14×24 jam (tidak termasuk hari libur, Sabtu dan Minggu).

Saya sangat keberatan dengan ketentuan tersebut. Dana tersebut diambil langsung dari rekening bank saya, tetapi kenapa membutuhkan waktu hingga 14×24 jam bagi saya untuk menerima dana yang merupakan hak mutlak saya?

Saya sudah berulang kali menghubungi customer care Tokopedia dan berulang kali juga saya diinformasikan hal yang sama sesuai template, bahwa dana akan dikembalikan dalam waktu 14×24 jam (tidak termasuk hari libur, Sabtu dan Minggu).

Sungguh amat mengecewakan. Jika saya tahu akan sesusah ini, saya tidak akan menyimpan data kartu debit di aplikasi ini. Not worth it! Dengan pengalaman mereka handle masalah ini, saya rasa saya akan berhenti menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja maupun pembayaran tagihan bulanan saya. Masih banyak aplikasi lain dengan pelayanan customer service yang lebih baik dan ketentuan yang tidak menyusahkan konsumen.

Lies Setyaningsih
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:11    Rata-Rata: 3.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

71 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan, Pengembalian Dana dari Tokopedia Harus Menunggu Sampai 14 Hari

  • 11 November 2021 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Setau saya semua begitu ya ganbukan cuma Tokopedia, sistem refund untuk kartu debit online sama dengan refund melalui kartu kredit. Itu karena melalui proses ke payment gateway nya ( Visa/Mastercard). Beda lagi kalau bayar lewat VA langsung cair ke saldo.

    15
    1
    • 11 November 2021 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Well I guess you’re wrong. Di Shopee, pembatalan pesanan dg metode bayar kartu kredit dana dikembalikan di hari yang sama ke shopeepay. Based on my own experience.

      3
      9
      • 11 November 2021 - (09:05 WIB)
        Permalink

        Ok. Maaf memang ga pernah pakai Shopee, tp saya dulu d JD.id juga 14 hari.. Semoga cepat selesai masalahnya

      • 11 November 2021 - (15:04 WIB)
        Permalink

        Lu bayar kartu kredit, lalu refund ke shopeepay? Gak salah lu? Itu namanya gestun. Gak boleh nih namanya gestun di Bank Indonesia. Bisa gw laporin nih shopee ke Bank Indonesia, atas laporan ente.

        siap siap ya ente dimintai keterangan dari BI atau shopee. Semoga aja ente salah

        2
        4
        • 11 November 2021 - (15:49 WIB)
          Permalink

          Silakan laporin gw, gw tantang secepatnya! Awas lo kalo gak jadi laporin gw. Udah sok tau, suudzon pulak.. ada masalah pribadi ya sm gw? Kerja di si ijo ya? Hahaha…

          4
          3
        • 11 November 2021 - (19:34 WIB)
          Permalink

          sih stevan ini orang yang gak suka kalau gak ganguin komplain orang, dia punya masalah kripibadian, moga aja cepat dipanggil ma yang diatas

        • 11 November 2021 - (19:47 WIB)
          Permalink

          @stevan masalah iduplo apa??? cuman buat akun ngata-ngatain orang disini

          2
          1
  • 11 November 2021 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Saya jg bingung di era digital spt skrg ini yg seharusnya semua bs serba mudah & instant, knp perusahaan2 besar jika melakukan refund membutuhkan waktu sampai 7-21 hari kerja? (Serasa msh di zaman flinstone dahulu, yg kemana2 hrs gowes kendaraan yg terbuat dr kayu & tong sehingga memakan waktu sampai berbulan2). Bknnya skrg ini kalau mau transfer hanya tinggal klik/pencet dlm hitungan detik saja sdh beres?

    5
    2
    • 11 November 2021 - (09:47 WIB)
      Permalink

      bingungnya itu kenapa masih ada yang pakai sistem pembayaran debit online, ada VA yang jauh lebih mudah dan pengembaliannya lebih cepat

      jadi consumer di era digital juga harus smart kok, nda hanya layanannya yang disalahkan, tapi jadi consumer kan harus research juga

      6
      4
      • 11 November 2021 - (09:58 WIB)
        Permalink

        Debit online digunakan karena lebih praktis tanpa harus buka aplikasi bank untuk transfer. Bukan masalah smart atau tidak smart pak, setiap orang punya pilihan masingยฒ sesuai dengan keadaannya. Anda gak berhak judge orang lain smart atau tidak. Anda tidak kompetent untuk itu tuan konglomerat.

        5
        5
      • 11 November 2021 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Bener banget…. kalau saya rasa sih ini cuma modus dr pedusahaan2 besar utk mengulur2 waktu krn mereka berprinsip UANG YANG SDH MASUK SULIT UTK KELUAR KEMBALI ๐Ÿคฃ

        2
        2
    • 11 November 2021 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Apakah Anda tipe orang yang membaca syarat dan ketentuan sebelum melakukan pesanan? Apakah Anda dr awal memang berniat melakukan pembatalan pesanan sehingga Anda membaca T&C sebelum melakukan pesanan?? Selain menuntut uang saya dikembalikan, tujuan saya menulis keluhan saya di sini agar yang lain tau dan aware ttg ini, gak worth it pake debit online esp di tokopedia dg kualitas pelayanan CS yg jauh dari standart. Fyi pak, gak semua orang se”kaya” Anda yang rela uangnya disimpan lama oleh pihak lain. Do you even get the point??!

      3
      8
      • 11 November 2021 - (09:46 WIB)
        Permalink

        tidak, tapi kalau sudah ada dalam syarat dan ketentuan, dan sudah saya setujui, itu bukan hak mutlak saya untuk minta uangnya lebih cepat

        anda menyetujui syarat dan ketentuan tersebut, dalam arti anda tidak punya hak mutlak atas uang tersebut bisa segera dikembalikan, itu inti nya

        ini negara hukum bukan negara anda

        11
        5
        • 11 November 2021 - (15:07 WIB)
          Permalink

          Lah, dia itu bodoh. Susah memajukan orang bodoh. Mending diem aja, biar dia kena batu nya. Pas dia kena batunya, kita ketawa aja. Hahahaha

          1
          5
          • 11 November 2021 - (15:46 WIB)
            Permalink

            Cie ada yang panas… Kerja di si ijo ya? Demen banget julid yg bukan urusannya..

          • 12 November 2021 - (06:40 WIB)
            Permalink

            DRPD LO IQ CUMA GOCAP, GIMANE KETURUNANYE YA… DUH KASIHAN KETERUNANNYE FPT BPK YG MODEL BEGINIAN (alias sampah…) wlwkwkwk….

            1
            1
      • 11 November 2021 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Buzzer gak usah di dengerin bu, gak usah di tanggeping orang kurang kerjaan kek mereka ini,

        3
        3
        • 11 November 2021 - (21:29 WIB)
          Permalink

          Iya pak, tadi saya iseng search di MK pake keyword si ijo dan memang menemukan salah satu pembully juga membully penulis lain yg komplain ke si ijo.. ๐Ÿ˜ƒ segitunya yaa…

          2
          2
    • 11 November 2021 - (09:59 WIB)
      Permalink

      I doubt she did, even if she did she wouldn’t understand it as she’s only speaks English. ๐Ÿคญ

      3
      1
      • 11 November 2021 - (13:37 WIB)
        Permalink

        BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE YG ADA DI INDONESIA SBNRNYA BISA JADI RIBET (JIKA ADA MASALAH). KARENA SETIAP BELANJA KITA HRS SELALU MEMBACA SYARAT & KETENTUAN YG BERLAKU (apalagi yg isinya panjang seperti novel 1 jilid, bisa ngantuk bacanya) dan biasanya kata2nya bs mengandung makna tersirat & tersurat (alias jebakan batmen). DITAMBAH LG KALAU KETEMU YG NAMANYA URUSAN REFUND: HADEUUHHH LAMA BET DAHHH…. beraneka ragam juga tuh waktunya bisa 7-30 hari kerja (yg mana notabene urusan transfer di era digitalisasi skrg bs diselesaikan hanya dlm bbrp detik saja, tp ini bs sampai berbulan2) layaknya zaman flinstone dahulu kala. Apalagi kalau belanja di “si ijo” paling males banget ada pusat resolusi2an segala. “SI IJO” MAUNYA TAU UNTUNGNYA AJA, BAHKAN TERKADANG DGN ENTENGNYA MENGORBANKAN SALAH SATU PIHAK (Penjual atau pembelinya yg di rugikan) padahal sdh jelas2 kita bertransaksi di platformnya mereka.

        MENURUT SAYA: PD SAAT INI CUMA “SI BIRU” SAJA YANG JAUH LEBIH MENDING KETIMBANG “SI IJO”/”SI ORANGE”/”SI MERAH”. LEBIH MENGEDEPANKAN KEPUASAN PELANGGAN TANPA MENGORBANKAN PENJUALNYA.

        OLEH SEBAB ITU SAYA SDH UNINSTALL SI IJO

        5
        2
          • 12 November 2021 - (05:00 WIB)
            Permalink

            Mba, saya sering liat komenan Anda di MK khususnya di tulisan yg mengeluhkan si ijo lho.. ๐Ÿคฃ

  • 11 November 2021 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Ketentuan tersebut baru muncul ketika pesanan sudah dibatalkan dan saya belum menerima pengembalian dana. Ketentuan tsb muncul ketika saya mencoba mencari jawaban kenapa dana saya tidak dikembalikan. Dari mana Anda bisa bilang kalo saya sudah menyetujui ketentuan tersebut?!. Tidak ada permintaan persetujuan ketentuan SEBELUM itu. Well, saya rasa cukup sampai sini saya menanggapi Anda. Konglomerat seperti Anda gak akan pernah mengerti masalah ini. Bye!

    2
    2
    • 11 November 2021 - (10:04 WIB)
      Permalink

      syarat dan ketentuan itu semua dijabarkan saat anda daftar, dan apabila anda daftar anda sudah centang bahwa anda sudah membaca..

      jangan berdalih S&K muncul setelah anda membayar, itu jelas salah

      3
      2
      • 11 November 2021 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Hahaha… iya deh pak. Ternyata saya memang salah karena GAK HAPAL T&C si tokopedia.. ๐Ÿ˜„ Semoga hidupnya lancar selalu ya pak. Semoga Anda selalu ingat T&C jadi gak mengalami kejadian yang saya alami.

        2
        10
        • 11 November 2021 - (10:43 WIB)
          Permalink

          bukan masalah ingat tidak nya kok, tapi masalah anda mengklaim bahwa anda punya hak mutlak dikembalikan uang tersebut langsung

          padahal jelas anda menyetujui syarat dan ketentuan saat mendaftar, yang menghilangkan hak tersebut, anda punya hak untuk protes dan komplain, iya saya paham 14 hari waktu yang lama, tapi anda tidak bisa menuntut tokopedia untuk segera mengembalikan uang tersebut, itu masalahnya, bukan masalah ingat tidak isi S&K nya

          8
          4
          • 11 November 2021 - (10:49 WIB)
            Permalink

            Talk to my hand.

            5
            8
          • 11 November 2021 - (11:08 WIB)
            Permalink

            Anyway, tokopedia sudah telepon saya menginformasikan bahwa mereka sudah proses kembali dan dana saya sudah masuk. Jelas banget kan saya mendapatkan HAK MUTLAK saya melalui media konsumen ini TANPA harus menunggu 14 hari kerja.

            6
            1
  • 11 November 2021 - (13:11 WIB)
    Permalink

    itu kn tulisan maksimal, bisa lebih cepat, termasuk metode kartu kredit, dana refund ke limit CC maksimal 14 hari kerja, tp kadang 2 hari juga udah masuk sih. semua ada si S&K nya dan pengguna (suka tidak suka) harus tunduk apabila sudah setuju jd pengguna marketplace tersebut.

    2
    1
    • 11 November 2021 - (14:38 WIB)
      Permalink

      14 hari kerja itu maksimqlnya bisa jadi masuknya 1 hari atau 2 hari kerja… santai aja napa.. tetiba masuk mediq konsumen. Kecuali udah 14 hari kerja ga balik2.

      • 11 November 2021 - (15:21 WIB)
        Permalink

        Ya lo bs ngomong gitu krn bkn lo yg ngalamin sndri. Coba kl lo yg ngalamin sndri, pasti akan kebakaran jenggot jg lo. Kalau cuman ngemeng doank mah nenek2 pulang kemping sama anam kecil yg br lahir jg bs oneng….

        1
        3
        • 11 November 2021 - (15:52 WIB)
          Permalink

          Ya mungkin uang mereka gak berseri pak, tinggal gunting sendiri jadi kalo uangnya disimpan pihak lain selamanya pun, gak terlalu ngaruh sama kehidupan mereka… ๐Ÿ˜…

          • 11 November 2021 - (16:02 WIB)
            Permalink

            Hahaha… bener bngt bu. Mereka cuma bs koar2 seakan2 mereka yg paling jenius & paling benar. Coba kalau mereka yg alami sendiri: saya yakin pasti akan jauh lebih kebakaran jenggot ketimbang kita. Wkwkkwkwk…. dan saya lihat tindakan ibu sdh sangat tepat sekali, awassss…. banyak karyawan si ijo bergentayangan yg akan mem-bully si penulis keluhan di mk krn menyerempet perusahaan yg di wakilinya. Soalnya skrg perusahaan banyak memelihara team khusus yg special utk membully di kolom komentar kepada siapa saja yg mengcomplain perusahaan yg mereka wakilkan. Saya rasa jg sdh tau. Dan pada prinsipnya kita gak perlu menggubris pendapat yg kontradiktif di kolom komentar ini (terkecuali kalau yg memang sifatnya mengedukasi dgn baik). Krn dpt dipastikan jika yg membully di kolom komentar itu adalah peliharaannya perusahaan yg mereka wakilkan demi sesuap nasi bungkus bu… hahhaha๐Ÿ˜๐Ÿ˜

            3
            3
          • 11 November 2021 - (16:11 WIB)
            Permalink

            Iya pak tadi sempet heran kok kayak ada dendam atau masalah pribadi sampe ada yang bilang ‘bodoh’… ternyata oh ternyata… makasih banyak ya pak.

            2
            2
          • 12 November 2021 - (11:02 WIB)
            Permalink

            Kesiangan lo, case udah close lu masih komen bully di sini.. mending lu komen/bully penulis lain, masih ada tuh yg kompen ttg si ijo.. cari makan gini amat lo.. kasian ๐Ÿคฃ

    • 11 November 2021 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Iya pak, kalo CC sih mau sampe 14 hari pun gak masalah buat saya, tapi ini kan dana diambil dari rekening tabungan dan saya pun sudah nunggu bbrp hari sebelum saya tulis surat tsb di sini.

  • 11 November 2021 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Aneh klo gw sih pake ovo beres, dibatalkan hari ini, masuk hari ini jg,makanya jangan suka sok berutang,wkwkwk……..

    • 11 November 2021 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Dih siapa yang ngutang? Anda ngerti gak yang namanya debit online?? Dana diambil dari rekening tabungan. Ngutang dari mananya??

      • 12 November 2021 - (01:35 WIB)
        Permalink

        Debit Online secepat transfer, harusnya kalau balik / refund sama cepatnya dong. Ini Debet Online, mungkin beda lagi lah kalau kartu kredit.
        Begitulah lah, bunga harian bank lumayan untuk duit yang sengaja diendapkan.
        Lumayan….

        • 12 November 2021 - (04:42 WIB)
          Permalink

          Iya pak, kita sependapat. Banyak kardus di sini yang komen, “HAPALIN T&C yang sudah kita “setujui” saat kita daftar di aplikasi si ijo ini & mau gak mau kita harus tunduk pada T&C tsb”. Mungkin mereka pikir yang bikin T&C tsb adalah Tuhan jadi udah gak bisa dievaluasi dan direvisi sesuai keadaan saat ini.

        • 12 November 2021 - (09:20 WIB)
          Permalink

          Bener bngt om, emang ini keuntungan terbesar marketplace menghimpun dana orang(penjual&pembeli). Semakin banyak dana yg dihimpun dan di endapkan di rekening mereka semakin besar ke untungan mereka. Yuk belanja di warung ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    • 11 November 2021 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Iya pak.. kapok pake debit online.. dan yang pasti gak di si ijo lagi.. makasih banyak ya pak ๐Ÿ˜€

  • 11 November 2021 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Masih ok kl 1-2 hari, ini 2 minggu, misal gw blanja 3 jt di cancel terus hold sekian lama sanggat menyebalkan

    4
    1
    • 11 November 2021 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Kita sepemikiran pak walau banyak pasukan bully sewaan di sini. Sebenarnya tujuan penulisan masalah di sini kan juga sebagai bahan evaluasi T&C yang sudah gak sesuai dg kondisi saat ini. Kirim uang dari dan ke luar negri aja udah bisa dalam hitungan menit, gak butuh sampe 14 hari kerja.

    • 11 November 2021 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Jgnkan 3jt bro… kalau saya mah meskipun hanya seribu perak pun saya gak ikhlas duit saya di tahan2. Wong kita pinjam di bank aja sehari ada bunga nya

        • 11 November 2021 - (16:34 WIB)
          Permalink

          HAHAHA… SINI GW KASIH NASI KOTA SEKALI2. JGN MAKAN NASI BUNGKUS MELULU. BIAR PEMIKIRAN LO BS LEBIH BERKEMBANG. MASA IYA MAKAN NASI BUNGKUS MELULU… WKWKKWKKW

          2
          2
    • 11 November 2021 - (16:32 WIB)
      Permalink

      YA IYA LAH…. HAK MUTLAKNYA TS LAH. MASA IYA HAK MUTLAKNYA LO. Gak punya duit buat belanja online kan lo? Jadi cuma bisa cocot di kolom komentar aja dgn bermodalkan uang seribu perak nongkrong di warung kopi utk memanfaatkan wifi gratisan… hahhaha…. kasihan sekali ya hidup lo…!!!

      4
      1
      • 11 November 2021 - (16:37 WIB)
        Permalink

        iya, saya ga punya duit, jadi cuma bisa cocot dikolom komentar pakai wifi gratisan ๐Ÿ™

        1
        3
        • 11 November 2021 - (16:47 WIB)
          Permalink

          Duh…. jangan to the point gitu juga lah. Gw jd gak sampai hati mendengarnya. Makanya lain kali sebelum komentar dipertimbangkan dlu ya. Jgn kesan-nya mem-bully (kalau memang ga sependapat tinggal skip aja). Cari kerjaan yg halal lah…. jgn mau disuruh2 membully org yg memang sdg pusing krn punya mslh dgn perusahaan yg lo wakilkan. Itu aja pointnya ya…

          4
          2
  • 11 November 2021 - (16:51 WIB)
    Permalink

    kalau memang ga sependapat sama komentar saya ya tinggal skip aja, jangan berasumsi kalau saya mewakili perusahaan tersebut. Itu aja pointnya yaโ€ฆ

    1
    3
    • 11 November 2021 - (19:45 WIB)
      Permalink

      lu kan yang mulai duluan komen menyudutkan @putra

      ngulang kata kata itu lagi, loe gak berhak

      4
      2
    • 12 November 2021 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Masalahnya kan lo pasukan nasi bungkus, jadi memang tugas lo itu kan hanya membully/membuat rusuh di room org laen yg memposting keluhan di mk ttg perusahaan yg lo wakilkan (hayooo…. ngaku aje dodoll…). Udah jelas2 lo duluan yg mulai comment negatif (alias nge-rusuh di room keluhan org laen). Knp gak lo bikin room sendiri aza? trs lo comment sndri jg sono deh (ntar gw yg bikin rame). Gimane tong?

  • 12 November 2021 - (14:21 WIB)
    Permalink

    untuk debit online memang lebih lama proses pengembalian dana nya dibanding kartu kredit. saya baru aja debit cimb online sebulan baru masuk. next kalo bisa hindari menggunakan debit online untuk transaksi di ecommerce manapun.

    • 12 November 2021 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Iya pak, saya juga baru tau. Langsung saya hapus data kartu debit saya yg sebelumnya tersimpan. Semoga dengan ini makin banyak yang aware juga ttg ini.. terima kasih ๐Ÿ™

  • 12 November 2021 - (20:03 WIB)
    Permalink

    maaf ya,setau saya itu estimasi maksimal 14 hari baik pembayaran debit atau cc,tapi kenyataannya tidak sampai 14 hari udah masuk dananya,ini pengalaman saya .moga cepat selesai

    • 12 November 2021 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Case Closed pak, setelah tulisan tayang di MK saya dihubungi toped & diinformasikan bahwa case saya telah diprioritaskan dan dana refund sudah masuk. Terima kasih atas atensinya pak ๐Ÿ˜Š

      • 14 November 2021 - (02:52 WIB)
        Permalink

        Kenapa ya rata2 perusahaan di negara kita yg tercinta ini jika menyelesaikan kekecewaan konsumen harus menunggu konsumennya mempublikasikan terlebih dahulu keluhannya ke ruang publik (mediakonsumen.com/suara permbaca/surat pembaca), barulah setelah itu permasalahannya ditangani dengan cepat (tanpa harus bertele2 seperti sebelum di muat keruang publik)? padahal sblm komsumen yg kecewa tsb memposting ke ruang publik, pastinya mereka sdh berusaha melaporkannya kpd pihak perusahaan yg bermasalah tsb (baik melalui chat/email/bahkan telp melalui layanan call center), tp tdk mendapatkan tanggapan atau penyelesaian sebagaimana yg diharapkan (bahkan banyak juga yang tidak mendapatkan tanggapan sama sekali). Jadi ibarat pepatah bilang: “kuda tdk akan berlari jika sebelum di cambuk”. Knp harus seperti itu? Apakah memang budaya kita mengajarkan spt itu? Saya rasa tidak. Namun knp hampir semua perusahaan menerapkan sistem spt ini? Apakah memang undang2 perlindungan konsumen di negara kita memang lemah? Atau apakah perusahaannya yang terlalu pintar dalam memanfaatkan celah2 hukum? Sedangkan perusahaan itu adalah termasuk badan hukum.
        Alangkah indahnya jika memang setiap keluhan konsumen langsung ditanggapi/diselesaikan dgn baik oleh perusahaan yg bersangkutan (tanpa harus menunggu konsumen tsb mempublikasikannya ke ruang publik sehingga khalayak ramai sampai mengetahui kejadian yang memang seharusnya dpt di redam) krn memang sesungguhnya mslh tsb bknlah yg seharusnya utk di konsumsi publik.

        • 14 November 2021 - (11:03 WIB)
          Permalink

          Iya pak.. Yang lebih lucu lagi CS perusahaan yang saya keluhkan tsb menghubungi saya dan meminta saya menghapus postingan saya di MK.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan, Pengembalian Dana dari Tokopedia Harus Menunggu Saโ€ฆ

oleh Lies Setyaningsih dibaca dalam: 1 menit
71