Terkena Layanan Berbayar Smartfren Berulang Kali Tanpa Persetujuan Konsumen, Bagaimana Ini Smartfren?

Saya pengguna Smartfren, yang pada hari Kamis (6/1/22) mengajukan komplain via layanan email resmi Smartfren, karena menerima SMS layanan berbayar dengan isi komplain sebagai berikut:

Saya baru saja (6/1) menerima SMS dari nomor 93009 mengenai layanan OOMPH-93009-API yang disebut sudah aktif dengan pemotongan deposit prabayar atau tagihan melalui SMS (seperti gambar terlampir hasil screenshot).

Saya tidak merasa pernah berlangganan layanan apa pun dari nomor tersebut. Mengapa bisa muncul? Mohon kesediaan pihak Smartfren untuk langsung saja memblokir nomor tersebut, karena saya tidak mau dirugikan akibat pemotongan pulsa SMS atau cara apa pun yang merugikan saya sebagai konsumen.

Saya tunggu respons dan penyelesaian masalah ini. Terima kasih.

Komplain pertama ke Smartfren
Komplain pertama ke Smartfren

Layanan ini lantas mendapat jawaban prosedural dari pihak Smartfren, dimana saya diminta mengisi data seperti nomor HP, perangkat yang dipakai, kapan waktu kejadian, pernyataan ingin dibantu deaktivasi atau blacklist, dan nomor telepon alternatif yang dapat dihubungi.

Saya kira setelah saya respons masalah itu selesai, tetapi malah berulang pada Minggu (9/1/2022) dengan menerima layanan berbayar atas nama PTGALACTIC_REGBROS3 dengan bunyi SMS:

(SMS pertama)

Layanan PTGALACTIC_REGBROS3 anda sukses diperpanjang seharga Rp3000.0 (+PPN 10%)/3 hari. Stop Ketik UNREG BROS3 ke 93009

(SMS kedua)

Thx. Layanan BROS3 telah diperpanjang RP.3.300/3hr. Silakan akseshttp:www.brosgame.com. Password: 8071129 STOP: UNREG BROS3 ke 93009 CS 08886669009

Sekali lagi, saya TIDAK PERNAH mengirim SMS layanan berbayar untuk game apa pun, apalagi dikenai biaya premium seperti itu. Untuk SMS layanan yang terakhir saya belum melaporkan via email karena merasa jawaban prosedural yang sama akan diberikan, lalu besok-besok akan berulang lagi seperti itu. Bagaimana ini Smartfren? Sampai kapan layanan yang merugikan konsumen ini tidak diantisipasi?

Jika memang SMS berbayar berarti untuk setiap layanan aktif dikenai biaya Rp3.300 (biaya plus PPN), maka pulsa saya akan tersedot sekian. Hitung saja berapa kerugian jika saya menerima 10 SMS layanan berbayar yang tidak pernah saya lakukan? Apakah Smartfren akan menggantikan kerugian tersebut?

Saya tunggu tanggapan resmi dari Smartfren melalui Media Konsumen ini. Terima kasih.

Widodo S.P.
0888-0606-**43
Klaten, Jawa Tengah


Update (12 Januari 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Smartfren sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Smartfren:
[Total:17    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Terkena Layanan Berbayar Smartfren Berulang Kali Tanpa Persetujuan Konsumen, Bagaimana Ini Smartfren?

    • 12 Januari 2022 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Smartfen atas tanggapan dan solusi cepatnya. Layanan berbayar sudah dihentikan dan pengembalian pulsa juga sudah saya terima per Rabu (12/1/2022), tak sampai 24 jam sejak komplain saya kirimkan melalui MK ini. Semoga ke depan Smartfren dapat memberi layanan yang semakin baik kepada konsumen.

  • 11 Januari 2022 - (19:31 WIB)
    Permalink

    saya pernah mengalami hal seperti ini di kartu Smartfren saya … dan saya telepon operator SmartFren nya .. dan saya minta semua langganan SMS berbayar yang ada di nomor saya Smartfren tersebut agar tidak berlangganan lagi .. dan alhamdulillah setelah saya telepon operator Smartfren tidak ada lagi SMS berlangganan di nomor saya sampai sekarang .. Coba telepon operator Smartfren nya saja Jangan kirim email .. kalau kita telepon operator Smartfren lebih cepat ditanggapi .. tapi memang harus bayar telepon operator nya. ya paling habis pulsanya berapa Yang penting langganan SMS potong pulsanya berhenti kan :))

    • 12 Januari 2022 - (12:32 WIB)
      Permalink

      Betul … tapi saya lebih suka kirim via email dan selama ini direspons juga, meskipun terkesan hanya prosedural seperti dijawab oleh mesin otomatis. 🙂

  • 12 Januari 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Kalau layanan Smartfren biasanya mudah penyelesaiannya, gak seperti Telkomsel. sudah potong pulsa gak pernah mau mengembalikan. Tapi promonya kencang banget.

  • 12 Januari 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah punya pengalaman seperti itu…sebenarnya simple.. saya cuma hubungin pihak smartfren via aplikasi my smartfren pake fitur live chat.. saya kirim scren shoot dan minta semua layanan berbayar di unreg.. cepet kok gak sampe 5 menit sudah selesai… dari pengalaman saya kita kena layanan seperti itu karna secara gak sengaja kita klik sms spam atau dari iklan saat kita lagi browsing di internet. setelah saya tanya mbah google layanan berbayar sekarang udah canggih sekali mereka kirim sms dan kita klik tautannya kita langsung berlangganan.. gak seperti dulu buat berlangganan kita harus ketik reg.. mulai sekarang jangan sembarangan klik alamat internat dari sms ada dari iklan internet… saya bukan membela si a atau b hanya membagikan pengalaman saya..

  • 12 Januari 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Saya sedikit membagikan pengalaman yang serupa.
    Mohon diperhatikan bagi pengguna internet mobile (khususnya). Hal tersebut terjadi karena kita membuka website atau situs yang sudah dirancang untuk mengurangi pulsa kita. Bukan dari pihak provider nya. Karena saya juga sering mengunjungi situs aneh” yang ketika membuka, langsung berpindah tab ke situs yang dirancang tersebut.
    Jadi pada intinya, langganan berbayar yang terjadi adalah permainan, seperti hal nya kasus penipuan ‘Mama Minta Pulsa’. Bukan sepenuhnya salah provider. Untuk berhenti mendapatkan notif tersebut, maka berhentilah membuka situs yang aneh”.

    • 12 Januari 2022 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah berbagi. Masalah sudah tuntas dengan baik dan cepat. Seingat saya, tidak pernah membuka situs yang aneh-aneh di HP atau meng-klik kiriman dari nomor asing atau iklan yang berseliweran di website.

 Apa Komentar Anda mengenai Smartfren?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Terkena Layanan Berbayar Smartfren Berulang Kali Tanpa Persetujuan Kon…

oleh Widodo dibaca dalam: 1 menit
10