Lagi, Barang Jualan di Shopee Dinyatakan Hilang oleh J&T, Seller Kembali Dirugikan

Ini adalah surat keluhan saya yang kedua. Surat keluhan saya yang pertama “Barang Diklaim Hilang di Platform Shopee, Seller yang Dirugikan“, masalahnya sampai detik ini masih belum selesai.

Saya mendapatkan order di Shopee dengan nomor: 211208J7G8QXQ6, pada tanggal 08 Desember 2021. Pada hari itu juga, barang sudah kami kirimkan melalui J&T dengan nomor resi: JP8492788482. Paket tersebut tidak pernah sampai ke customer saya, yang mengakibatkan pesanan batal otomatis oleh sistem Shopee, pada tanggal 31 Desember 2021.

Orderan dibatalkan sistem

Ketika saya melakukan komplain ke J&T, mereka bilang barang tersebut hilang dan mereka menyuruh saya membuat laporan kepada tim Shopee. Saya sudah membuat laporan kepada tim Shopee. Akan tetapi pertanyaan mereka sangat lucu, mereka meminta bukti kepada saya bahwa barang tersebut hilang! Lalu saya jawab, bahwa Shopee bisa meminta bukti tersebut ke J&T. Setelah jawaban itu, tidak pernah ada update lagi dari customer service melalui email.

Harga barang saya yang hilang adalah Rp288 ribu dan ongkos kirim untuk barang tersebut adalah Rp53 ribu. Saya seharusnya mendapatkan GANTI RUGI SECARA FULL untuk barang tersebut, karena 10x ongkos kirimnya saja adalah Rp530 ribu.

Akan tapi sampai saat surat pembaca ini ditulis, saya masih belum mendapatkan apa-apa dari pihak Shopee. Sedangkan dana sudah dikembalikan secara penuh ke pihak pembeli pada tanggal 31 Desember 2021.

Jefdi Gomulia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:63    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Jefdi Gomulia

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Jefdi Gomulia dengan judul “Lagi, Barang Jualan di Shopee Dinyatakan Hilang oleh J&T, Seller Kembali...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Lagi, Barang Jualan di Shopee Dinyatakan Hilang oleh J&T, Seller Kembali Dirugikan

  • 17 Januari 2022 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Emang j&t expres kurir ga beres ngirim sering telat, saya sebagai customer di shopee paling males pakai j&t

    5
    1
  • 18 Januari 2022 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Bukan untung malah buntung,jualan dimarket place toko online ,lebih bnyk rugi Daripada untung,karena untung produk sedikit ,jika masalah kehilangan dan sebagai nya seller rugi puluhan kali lipat

    1
    1
  • 18 Januari 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Udah paling bener memang jasa pengiriman jnt itu di non aktifin aja krna udah 2x menghilangkan paket

  • 18 Januari 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    kemarin datang ke tempat j&t semua barang berserakan, kalau barang kecil besar kemungkinan bisa saja akan hilang.

    • 18 Januari 2022 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Harusnya jnt mengganti rugi ke penjual.karena saya mengalami baik anterajaaupun jnt diganti rugi. Masalahnya kalo shopee memang cs buruk uda terkenal buruknya cs shopee. Paling bagus dari smua market cs tokopedia srlama saya jualan. Kalo ama shopee siap aja komplain no tanggapan. Sepihak kalo shopee apa maunya mereka aja suka”

      2
      1
  • 18 Januari 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Kejadian serupa juga saya alami sih kak. Expedisinya J&T marketplacenya Shopee. AWB/Resi JP2034683652 -21122409VWP9Y7. Bedanya Buyer salah klik tombol selesai lebih awal sehingga dana cari ke rekening saya sebagai seller. Tetapi barang ya tidak terkirim kan ke buyer. Padahal sudah hampir 1 bulan. Beli tanggal 24 desember 2021.

    Telpon J&t (drop off center, call center pusat, whatsapp official, dll) dan Shopee juga sampai capek jawabannya tidak ada kepastian (menunggu sabar, dilaporkan untuk ditangani) tetapi ya tidak ada hasil. Mahal di biaya interlokalnya malahan.

    Saat ini sih kasus laporan oleh shopee sudah ditutup (walaupun saya chat jangan ditutup karena kasus belum selesai) dengan alasan supaya tidak mengganggu aktivitas saya. Akhirnya buyer pasrah barang tidak diterima uangnya hilang daripada capek kena ping pong J&t dan Shopee.

  • 18 Januari 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai buyer jg pernah hampir mengalaminya, tapi karena pesanan saya memang benar2 urgent, jadinya saya memaksa pihak jnt untuk mencarinya, alhamdulilah bisa ketemu, meskipun harus diambil di jnt unit lain, tapi masih terjangkau jaraknya dan saya ga perlu order ulang yg jelas akan menambah waktu pengiriman.

  • 18 Januari 2022 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Yg saya alami pas belanja online, J&T beberapa bulan ini agak ngeselin memang, padahal dulu jd ekspedisi favorit. Belakangan ini, sering lama, ga bergerak pas di tracking. Dah 2 apa 3 paket yg ga sampe. Dana pembelian memang balik, tp nunggu berminggu2 nya sia2. Ya nasib free ongkir. Wkwk

  • 18 Januari 2022 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Sama udah 2x juga barang hilang pake JNT di shopee. Pesanan batal otomatis dan dana dikembalikan ke pembeli. Saya sebagai penjual hanya bisa gigit jari krn sampai sekarang tidak ada kejelasan status kiriman dari JNT. Shopee pun terkesan lepas tanggung jawab, tidak mau tahu. Jadi sekarang saya tidak menggunakan JNT lagi di toko saya. Bye2 JNT! Bad Service!

  • 19 Januari 2022 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Sama case saya kak, hape yg saya kirim 1.7jt hilang di jnt. Pihak shopee terlalu lemah hanya karena tdk ada followup dari jnt terhadap barang yg hilang langsung main ganti 10x ongkir cuman 350rb an mereka menyerah, Perusaan segede shopee gitu. Yg bikin kecewa pihak mediasi shopee selalu menangin pembeli, penjual pasti kalah banding kenapa harus penjual yg menangung kerugian barang hilang, sdh dua kali ini kalah terus padahal barang hilang di jnt yg pertama diganti pihak jnt full 100% 2.8 jt. yg kedua masih ga jelas karena harus followup ke jnt palu sulawesi. Binggung sama pihak mediasi shopee penjual lagi yg rugi dikira penjual banyak duit apa,

  • 19 Januari 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Halo kak, saya juga mengalami hal serupa. Pembeli order tgl 12 Desember 2021, skitar seminggu kemudian dapat notif jika pesanan batal otomatis karena sudah melebihi batas waktu pengiriman alias pesanan tidak dikirim ke pembeli. Setelah itu saya tanyakan ke pihak jnt tempat saya drop paket, katanya paket tersebut hilang dan pihak shopee yg akan ganti rugi.
    Kemudian saya hubungi pihak shopee bahwa paket tersebut hilang dan saya minta dana dikembalikan. Prosesnya memang memakan waktu kak, tapi Alhamdulillah dana saya dibalikin sama pihak shopee pada tgl 7 Januari 2022.
    Waktu itu shopee jg meminta bukti bahwa paket tersebut hilang, saya hanya melampirkan screen shoot tracking paket dan saya memberi alasan tidak ada bukti dari pihak jnt karena saya diberitahu pas komunikasi secara langsung.
    Untuk dana yg dikembalikan itu harga barang, misal pembeli order barang senilai 100rb dan ongkirnya 50rb, maka yg cair ke dana penjual 100rb, ongkir tidak ikut dihitung. Jadi seharusnya dana yg kakak terima itu hanya 288rb saja.
    Intinya sabar kalau mau ngurus kayak gini, bakal memakan waktu tp pihak marketplace tidak pernah ingkar janji karena saya sering mengalami kejadian ini baik di shopee maupun di tokopedia.
    Lebih baik diurus lagi kak agar tidak rugi, semoga segera clear masalahnya 😊

    • 19 Januari 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Tambahan info kak, keluhan saya juga sempat ditutup sama pihak shopee, mereka menganggap masalah sudah clear, tapi saya tidak menyerah buat memperjuangkan dana saya agar tidak merugi 🤣

  • 14 Mei 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    J&T emang bapuk… paket saya juga hilang… pengiriman dari jaksel ke jaktim masa sampai 15 hari ngga sampai”.. Jelek Tenan

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Lagi, Barang Jualan di Shopee Dinyatakan Hilang oleh J&T, Seller …

oleh Herbami dibaca dalam: 1 menit
16