Indikasi Kecurangan atau Kesalahan Sistem Tagihan Flexi Cash Jenius?

Salam hormat,

Saya melaporkan adanya indikasi kecurangan dan kesalahan pada aplikasi Flexi Cash Jenius Bank BTPN yang merugikan saya pribadi. Kronologinya, tagihan Flexi Cash saya sebesar Rp772.222 pada periode Januari 2022, yang jatuh tempo tanggal 17 Januari 2022 pukul 19:00 WIB, dengan rincian 2 tagihan, berikut detailnya (saya lampirkan screenshot pada tanggal 17 Januari 2022 pukul 13.00 WIB):

  • Motor CBR Rp621.111 (jatuh tempo tanggal 17 Januari 2022 pukul 19:00 WIB)
  • Matus Rp151.111 (jatuh tempo tanggal 17 Januari 2022 pukul 19:00 WIB).


Saldo saya saat sebelum jatuh tempo sebesar Rp885.088 (screenshot terlampir pada 17 Januari 2022 pukul 13.03 WIB).

Dari informasi di atas, seharusnya saldo saya cukup untuk membayar tagihan Flexi Cash pada periode Januari 2022 (yang jatuh tempo pada tanggal 17 Januari 2022 pukul 19.00 WIB) dan masih tersisa saldo Rp112.866. Namun yang kemudian terjadi:

  1. Saya memiliki denda sebesar Rp100.000.
  2. Saya harus menambahkan saldo sebesar Rp767.134.

Seharusnya saya tidak memiliki tunggakan dan denda sebesar Rp100.000. Sebagai informasi tambahan, saya memiliki cicilan Flexi Cash sebanyak 2 (dua) tagihan, yang jatuh tempo tanggal 17 Januari 2022 pukul 19:00 WIB sesuai perjanjian yang telah disepakati cicilannya. Sedangkan tagihan “bayar flexi cash” Rp 345.037 harus dibayar tanggal 17 Februari 2022.

Mohon kesalahan ini segera diperbaiki dan denda yang seharusnya ada dihapus. Saya sudah meng hubungi agen Jenius di aplikasi, malah kesannya seperti robot.

Terima kasih.

Ahmad Subarkah
Kabupaten Pesawaran, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca a.n. Ahmad Subarkah

Dengan hormat, Berkenaan dengan surat pembaca dari Bapak Ahmad Subarkah berjudul “Indikasi Kecurangan atau Kesalahan Sistem Tagihan Flexi Cash Jenius”...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Saya sudah telepon langsung ke nomor kontak BTPN namun sepertinya prosesnya lama dan otomatis denda semakin lama semakin nambah

    • percuma telfon ke call center, jawabannya cuma template doang. tidak akan menyelesaikan masalah

    • Saya limit flexi cash tidak kembali setelah jatuh tempo, lapor via email setelah nunggu 6 hari kerja, suruh nunggu lagi 20 hari kerja 😅 padahal saya ga pernah telat bayar dan dana diperlukan untuk operasional usaha. Apa harus buat surat juga ga ya di media konsumen?

      • Jadi gimana mas, udah terselesaikan belum masalahnya? Kebetulan banget saya juga mengalami case yang sama

  • 3 bulan menunggak sy kena denda 7,2jt blm termasuk bunga dan pinjaman pokok. Selama 3bln ada pembayaran 3jt tapi bayar dendanya aja gak cukup apalgi pinjaman pokoknya, padahal pinjaman pokok cuma 2,9jt d bulan pertama, 2,9jt bulan kedua dan 1,6jt bulan ketiga. Di bulan ketiga kena denda 3,6jt tapi mereka pintar, dendanya gak langsung di tulis 3,6jt tapi di bagi 1,6jt 1,6jt dan 400rb biar kesannya denda tidak melebihi pinjaman pokok kali yaa hahahaaa... Ikhlasin aja sy yg salah kenapa bisa sy terpaksa terjerumus riba...

  • Yahh sama nasibnya kayak saya saya bayar 2x angsuran percepatan awal sama 1nya otomatis cuma dihitung 1x doang

    • Sama saya juga gitu mas ko bisa seperti itu ya saya jd blm bayar karena tiba2 ada tagihan yg sudah saya bayar, saya kira saya doang ternyata banyak dr kawan2 juga ya

      • Ya dan pada hari ini tgl 21 Januari 2022 saya screenshoot aplikasi jenius muncul tagihan flexicash yang pada tgl 17 Januari 2022 tidak ada. Dan saya dijebak supaya kena denda

  • Di In & Out bagaimana catatannya?
    Jangan2 ada ketarik biaya2 dll pas antara pukul 13 & 19.

    • Tidak bang karena dana itu memang sengaja saya siapkan lebih 100rb dari tagihan yang seharusnya untuk antisipasi jika ada feesible atau apalah istilahnya.

  • Masukan kepada pihak Jenius agar diberikan menu supaya nasabah BISA MEMBAYAR TAGIHAN SEBELUM JATUH TEMPO. Sumpah semua nasabah pasti merasa TIDAK NYAMAN dengan model pembayaran menunggu jatuh tempo seperti itu. Seperti dihantui rasa bersalah dengan kekhawatiran selama menunggu sampai waktu penarikan. MOHON DIPERTIMBANGKAN kalu anda memang JENIUS.

    • Ya bener bang tapi saya rasa gak akan dilakukan karena modusnya ternyata banyak pranj supaya kita kena denda

  • Mungkin karena saldonya itu tulisannya "belum terhubung ke M-Card"
    Saya kebetulan mengaktifkan mata uang asing (Dollar) buat belanja di web luar, jadi yg saya hubungkan dengan M-card Saldo Dollar itu, jadi kalau misalnya ada tagihan yang di debet dari saldo utama, maka akan gagal, karena saldonya nggak terhubung ke M-Card.

    Supaya bisa di debet dari saldo utama, maka harus di klik, "Hubungkan ke M-Card"

    • Untuk saldo yang saya persiapkan sudah ada di saldo utama yg terhubung di mcard karena saya memang sudah sering menggunakan jenius jadi sudah paham apa yang harus saya lakukan mas terimakasih.

  • Halo mas.
    Kebetulan saya mengalami hal serupa bulan November kemarin. Ini murni kesalahan dari sistem mereka. Saya memiliki pinjaman dengan lama cicilan 6 bulan. Pada bulan November seharusnya terhitung telah terbayar 3 bulan namun di aplikasi hanya tercatat 2 bulan dengan jumlah yang tidak masuk akal (jumlah pembayaran bulan kedua sama seperti jumlah pembayaran bulan inisial yang mana itu salah) dan bulan ketiga tercatat terlambat padahal dana sudah ditarik tepat waktu di hari jatuh tempo. Sayang ajukan komplain dengan menyertakan bukti-bukti screenshot melalui alamat email mereka. Dan bolak-balik diproses belum juga berhasil hingga awal bulan ini kasusnya selesai. Saya saranin setelah diproses, coba uninstall aplikasi dan install kembali. Hal tersebut menyelesaikan masalah saya.

    • Fintech yang 1 ini sungguh absurd, ngomongnya digital2 serba online, tapi dalam banyak hal pemilik rekening mesti melakukan hal offline, & bahkan SISTEM nya pun tidak reliable. Fintech online digital tapi sistem tidak reliable? Ngeri sekali.

      Saya juga punya nomor rekening, tapi sudah lama saya nolkan isinya, karena ngeri baca2 pengalaman2 nasabah2 yang "apes" (banyak sekali nasabah yang "apes," banyak pula macam ke-apes-an yang bisa terjadi, mulai dari salah sistem sampe duit hilang; ini apes apa keniscayaan...).

      Lihat betapa sulitnya nasabah memperjuangkan akibat kesalahan sistem mereka, di mana saya 99% yakin pasti di awal pihak mereka dengan pede nya mengatakan: mustahil sistem kami salah, sistem kami standar internasional, pasti elu yang gak bisa bertanggungjawab menjaga data lah, menyediakan duit untuk di-auto debet lah, dll.

  • Yang miris adalah semua kesalahan yang diakibatkan oleh sistem aplikasi Jenius BTPN, selalu nasabah yang menanggung, contohnya denda.

    Pada hari ini tanggal 21 Januari 2022 saya ditelpon oleh pihak jenius pada pukul 09.22wib dengan durasi bicara 6 menit 34 detik, dari nomor +622180605222 cewek operatornya, dengan harapan permasalahan saya bisa teratasi,

    Yang membuat seolah-olah saya yang salah adalah sorenya pada pukul 18.13wib saya dapat e-mail dari btpncare@btpn.com isinya:

    " Sehubungan dengan kendala Keberatan Biaya Keterlambatan Flexi Cash yang sebelumnya Bapak alami, kami mencoba menghubungi Bapak hari ini tanggal 21 Januari 2022 ke nomor handphone yang terdaftar namun belum berhasil tersambung. Bersama dengan email ini kami ingin konfirmasi waktu Bapak untuk menghubungi kembali di hari Senin. Mohon dapat di informasikan pada hari Senin pukul berapa kami dapat menghubungi Bapak Ahmad Subarkah."

    Jadi pada tanggal 21 Januari 2022 pukul 09.22wib dengan durasi bicara 6 menit 34 detik, itu yang telepon saya siapa? apakah aku hanya butiran debu? yang tak dianggap keberadaannya oleh cewek itu ? yang nelpon saya pada pake nomor +622180605222 ?

  • Jenius itu satu tagihan klo telat satu denda.... Klo tagihan nya ada 2 ya d kalikan saja.... Sy ngalamin sendiri..... Ada 3 tagihan yg jatuh tempo sama dan blum terbnyak terkena denda lgsung 150rb dn pas d liat ternyata dendanya 50rb/tagihan.... Enak banget y.....
    Mending pake gopaylatter sih dr pda yg kaya gini mah....