Tunaiku Menagih dan Memaksa Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

Sebelumnya, semoga pengalaman saya ini bisa dijadikan pembelajaran dan pertimbangan pembaca untuk memakai Tunaiku. Kalau tidak terpaksa, saya tidak akan memakai Tunaiku. Namun berhubung keadaan mendesak, saya terpaksa memakai aplikasi Tunaiku dengan berbagai pertimbangan.

Di awal perjanjian, saya sudah menjelaskan kalau pembayaran gaji saya jatuh pada akhir bulan atau paling lambat awal bulan. Saya juga sudah mencantumkan rekening saya. Catatan dokumen pun mereka pegang. Namun ternyata, beberapa hari sebelum jatuh tempo tagihan pertama (sebelum tutup tahun) saya dipaksa untuk membayar. Alasan mereka sebagai reminder. Saya biarkan saja, padahal penagihan di tempat lain gak pernah kasar.

Pada tanggal 30 saya dipaksa bayar pukul 8 pagi, lalu pukul 12 siang, dengan ancaman data saya akan dibekukan, lalu dibuat catatan keuangan buruk. Lucu ya? Padahal belum jatuh tempo, tapi sudah diancam begini. Saya jelaskan soal perjanjian jatuh tempo, malah alasannya untuk tutup buku.

Saya marah, saya telepon satu-satu kolektor yang menghubungi saya berkali-kali, tapi tidak ada yang mengangkat. Saya WA karena belum jatuh tempo, kok sudah diancam? Data saya pun katanya mau dibekukan, sampai saya menghubungi email. Jawabannya, harus dibayar sebelum jatuh tempo. Benar-benar melanggar perjanjian dengan saya.

Tanggal 31, tepat tanggal jatuh tempo, saya sudah didoakan macam-macam. Lalu saya dituduh menahan uang perusahaan dan saya dikejar seperti maling.

Saya tidak butuh perkataan dan janji manis pihak Tunaiku, karena faktanya saya komplain berkali-kali sama sekali tidak ditanggapi dengan serius. Terakhir, bulan ini saya disuruh bayar sebelum jatuh tempo. Lalu saat konfirmasi ke CS, saya disuruh bayar 3 hari sebelum jatuh tempo, dengan alasan menghindari keterlambatan kliring (pinter ya alasannya macam-macam!). Padahal jatuh tempo hari Senin. Setiap saya komplain via telepon di bulan pertama penagihan, selalu terima SMS judi bola, ajakan pinjol, dukun.

Untuk pembaca, kalau gak kuat hadapi kenakalan kayak gini, gak usah pake tunaiku daripada dianggap maling dan menahan uang perusahaan. komplain pun paling minta maaf tapi diulangi terus.

Untuk Tunaiku, kalau memang saya tidak boleh bayar jatuh tempo, daripada saya dimaki-maki, ditelepon dan di-wa kayak ngejar maling, mending bertemu saya dan mengubah perjanjian bersama pihak ketiga. Biar bagaimanapun saya masih ada hutang di tempat kalian. Lalu ubah di sistem soal tanggal yang wajib saya bayarkan tanggal berapa, biar saya bisa ada alasan mengajukan sebagian gaji ke atasan untuk membayar hutang yang kalian kejar.

SAYA TIDAK BUTUH JANJI MANIS, SUDAH ENEG! Saya minta bukti tuduhan bahwa saya menahan uang perusahaan lalu data mana yang mau dibekukan pihak Tunaiku?

Sekar Ayu Prameswari
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Tunaiku atas surat Ibu Sekar Ayu Prameswari

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Sekar Ayu Prameswari sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Sekar...
Baca Selengkapnya

126 komentar untuk “Tunaiku Menagih dan Memaksa Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

  • 26 Januari 2022 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Baca komen mereka ga ada intimidasinya koq.. Situ aja ngutang makanya jadi sensi.. Maklum org ngutang kalo ditagih emang suka emosi, yg kulit tebal ga mau bayar malah lbh galak juga banyak.. Santuy aja kali habis dibayar kan beres urusannya. Harus nya bersyukur masih dipercaya buat ngutang, kalo ga suka cara2 pinjol ya utang aja ke tetangga, teman, atau sodara ga pake bunga, ga pake ditagih2 atau dimaki2.. Masalahnya ada yg mau ngutangin ke situ ga? Kalo ada sodara atau temen mau ngutangin ga mungkin kan situ sampe ke pinjol.. Jadi bersyukur saja lah.. Baca ulang chat mereka 100x tetap ga ada intimidasinya koq, itu bener macam reminder kartu kredit.. Sensi kamu mah parah abis wkwkw

    • 26 Januari 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Tolong dibaca dg baik.
      Mereka berkali kali wa dan telpon, itu mengganggu. Ss yg saya up setelah habis batas kesabaran saya.
      Saya memang utang, tapi saya juga bayar termasuk bunga tinggi.
      Kalau saya sensian, saya pasti juga marah2 dan up ke mk soal tempat lain.

      Ya maaf, saja kalau saya terlihat sensi. Ya posisi sudah menjawab baik2 malah dibalas gak enak

      • 28 Januari 2022 - (07:48 WIB)
        Permalink

        Baru pertama kali ngutang ya? Itu namanya resiko ngutang. Udah ngutang koq masih pengen diperlakukan nyaman.. Kamu harus pikir posisi yg kasih utang juga dong.. Lebih deg2an dan stress drpd kamu, apalagi kalo smp ga dibayar. Byk org yg ngutang diuber2 lbh parah dr kamu masih santuy koq, jd itu masalah relatif nya emosi kita masing2 ga perlu diumbar ke medsos untuk yg sebagian org habis baca chat nya ga ada unsur intimidasinya.. Kalo kamu merasa diteror kenapa ga ke polisi saja?? Kamu lari ke medsos bukan POLISI itu karena kamu SENSI urusan harga diri bukan urusan TEROR. kamu ke polusi dg chat macam itu jg ga akan dianggap teror.. Jadi plis SADAR OII.. Udah ngutang ya harus SABARRRR yaaaa…

        • 28 Januari 2022 - (08:24 WIB)
          Permalink

          Jangan malas membaca dan memahami kalimat. Saya juga memakai aplikasi lain.
          Ya kenapa memangnya ngutang? Lha wong saya bayar, mereka menyediakan jasa ya saya pakai dong apalagi saya bayar bunga tinggi. Dimana salahnya saya?
          Jangan hanya asal berkomentar tapi tidak memahami maksud dan tujuan saya. Apalagi ngejudge sembarangan.

          Normalnya semakin tinggi elu bayar jasa merek harusnya semakin tinggi pelayanannya. Kalau gak bisa ya gak usah buka jasa, ditutup aja.

        • 28 Januari 2022 - (08:25 WIB)
          Permalink

          Ngutang kabur baru pantas kamu suruh sadar diri.
          Lha aku ngutang tapi bayar bunga tinggi, apa perlu aku sadar diri?

    • 26 Januari 2022 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Hallo, apakah ada bukti saya tidak membayar semua tagihan saya seperti yg kamu tuduhkan?

    • 27 Januari 2022 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Perasaan nagihnya sopan tdk ada kata2 kasar, anda tdk berada di posisi dia aj. Gk tw aj pasti di marahin pimpinanny. Kecuali ad tngl 32 mereka gk mungkin tuh ngejar sampe kyk bgtu. Kalau gk mau di gangu hidup lo, ya jangan ngutang. Tngl 31 cuy…. Lu yg ngutang lu yang marah aneh…
      Simpel aj gk mau di chet gk mau di marh2 ya gksh ngutang. Berani ngutang ya berani di tagih, berani di teror untuk bayar. Catat catat…

      • 28 Januari 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Mohon dibaca lagi yg benar
        Itu posisi saya di wa dan telpon terus2an, saya diam itu wa merepet terus2an, lihat jam dan tanggal. Makanya saya balasin mereka.
        Saya juga sudah menjelaskan baik2, tapi malah diabaikan.
        Disitukan sudah saya jelaskan, klo pernyataan cs berbeda dg bagian penagihan baru pas terakhir2, cs ngomongnya berubah lagi.
        Sehingga akhirnya saya menjadi marah.
        Ya kenapa kalau ngutang? Mereka menyediakan jasa sementara saya bayar, bayar bunga tinggi pula.
        Kecuali kalau saya kabur gak bayar baru mereka ngamuk2. Lha saya bayar kok.
        Saya gak mau tahu urusan mereka, dan gak mau ngertiin karena mereka gak ada baik ke saya, kalau baik dan mau jelasin dari awal perjanjian pasti saya paham.

        Jangan hanya mau dingertiin tapi gak mau ngerti posisi orang.

        • 28 Januari 2022 - (06:05 WIB)
          Permalink

          Catat ya catat…
          Kamu kalau sudah hidup bersosialisasi harus bisa hargai orang, bukannya minta dingertiin terus seenaknya neror orang.
          Dikira aku bodoh banget, gak bisa bedakan teror dg reminder?
          Saya memang utang tapi saya ya bayar utang yaa, plus bunga.
          Catat itu catat

    • 28 Januari 2022 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Awalnya legal, saya sudah tanya ojk.
      Ternyata ilegal, yg legal kta nya.
      Jd pinjaman kedok kta.
      Itu yg saya baca akhir-akhir ini dari penjelasan orang2.
      Saya sendiri kurang paham.

  • 28 Januari 2022 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Mbak sekar ayu segituu bayarnya rutin yaa tiap bulan gimana aku yg galbay , disamperin dc .. ?
    Org ambon lagi , tapi aku ajak ngobrol dia malah baik gak ada serem2nyaa ??

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 126 komentar sampai saat ini..

Tunaiku Menagih dan Memaksa Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

oleh Sekar Ayu dibaca dalam: 2 menit
126