Proses Migrasi Paket IndiHome yang Lama dan Berbelit-belit

Perkenalkan, saya Sodiek Imam Prasetyo, dengan nomor pelanggan IndiHome: 121312208382, yang telah berlangganan sejak tahun 2019. Di sini saya ingin mengeluhkan dengan proses pengajuan migrasi saya yang terkesan lama dan tidak ada realisasi penyelesaian. Kronologinya sebagai berikut:

Pada tanggal 16 Februari pukul 15:36 WIB, saya menelepon call center 147 untuk menanyakan masalah migrasi paket saya. Awalnya saya ingin melakukan migrasi dari Paket 2P (internet 20 Mbps dan TV) ke Paket 2P (20 Mbps dan telepon). Namun menurut CS hal itu tidak bisa dilakukan karena downgrade Paket, dan 2P yang dimaksud adalah untuk pelanggan baru.

Saya pun ditawari paket upgrade dan lebih mahal, yaitu 2P (internet 30 Mbps dan telepon). Karena memang sejauh ini penggunaan TV tidak pernah saya pakai, saya pun terpaksa menyetujui migrasi Paket 2P 30 Mbps dan telepon, dengan biaya Rp335 ribu per bulan exclude pajak. CS menjanjikan maksimal 1×24 jam migrasi akan sukses dan berhasil.

Tanggal 16 Februari 2022 pukul 21:00, saya mendapatkan SMS untuk melengkapi berkas pengajuan migrasi saya, foto KTP, selfie dan tanda tangan. Langsung saya submit saat itu juga.

Keesokan harinya, 17 Februari 2022, saya tunggu sampai pukul 17:00. Namun migrasi masih belum berhasil. Kemudian saya follow up ke 147 dan dijanjikan maksimal 3×24 jam dari pengajuan awal. Tanggal 19 saya mengkonfirmasi kembali ke 147 karena masih belum termigrasi. Total ada 9x lebih selama periode tersebut saya melakukan follow up progress perbaikan.

Tanggal 19 saya melakukan komplain via MyIndiHome. Namun tanggal 20 tiket pengaduan tertutup otomatis dengan status selesai perbaikan (migrasi). Ketika saya cek, paket masih belum dapat migrasi.

Saya tunggu hingga hari ini, 20 Februari 2022, yang mana sudah 4×24 jam semenjak pengajuan. Saya rutin follow up, menanyakan status. Namun jawaban dari CS Sama, “akan di follow up dan diteruskan ke pihak terkait”, tanpa penjelasan rinci kenapa masih belum bisa migrasi.

Saya meminta penjelasan dan tindak lanjut dari proses saya tersebut. Apakah memang tidak bisa migrasi ke 2P (20 Mbps dan telepon)? Apakah proses migrasi IndiHome memang selama itu, tanpa kejelasan terhadap konsumen?

Amat sangat disayangkan, perusahaan ISP sekelas IndiHome amat sangat lamban dan tidak dapat memfasilitasi kebutuhan konsumen. Mohon informasi dan follow up untuk kasus ini. Terima kasih.

Sodiek Imam P.
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Konfirmasi dari Telkom terkait Surat Pembaca “Proses Migrasi Paket IndiHome yang Lama dan Berbelit-belit”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca pembaca Bapak Sodiek pada tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • 2P 20mbps (inet,telp) digital channel memang khusus pelanggan baru, pelanggan lama minimal 2P 30 mbps (inet, telp, disney) harga 335k (+ppn). Untuk migrasi memang kadang cepat kadang lama, saya awal bulan cabut add on 3 hari baru selesai (saya spam twitter tiap beberapa jam). Kalau mau cepat lewat plasa telkom, bulan lalu saya migrasi di plasa 2jam sudah beres.

    • Betul Pak, makanya saya tetap proses migrasi dengan yang upgarde, walaupun muncul pertanyaan, kenapa harus dibedakan antara pelanggan baru dan lama.
      Untuk ke plaza Telkom, saya memang belum kesana, karena seharusnya via aplikasi ataupun Call center bisa selesai tanpa waktu yang lama. Tapi ternyata sepertinya saya salah hehe.
      Anyway terimakasih Pak infonya

  • sama , saya juga ngajuin upgrade paket seperti masnya , katanya 1x24 jam , untuk link upload berkas aja saya harus nunggu 2x24 jam , proses migrasi ini sudah 3x24 jam , total 5 hari saya nunggu !! saya telpon selalu follow up follow up , ini kenapaa alasan sistem terus dari kemarin . repot kan jadinya