Pengancaman Membawa Ormas oleh Pembeli di Tokopedia

Salam sehat semuanya, dan terima kasih untuk Media Konsumen telah menerbitkan surat ini. Saya pemilik toko JAMZ* di Tokopedia dan sudah lebih dari 2 tahun saya berjualan online. Saya “bertemu” ribuan customer yang beragam modelnya, yang asyik, yang bawel, yang tiba-tiba ngasih ulasan ngasal dan masih banyak lagi. Namun baru kali ini ketemu buyer yang sok ngatur dan mengeluarkan kata kurang pantas dalam chat.

Kronologinya ada yang chat pada tanggal 7 Maret 2022, langsung saya share foto chat-nya saja:

Dari chat di atas, dari awal si calon buyer sudah request minta bundling paket diubah dengan harga yang jauh lebih mahal. Seperti akan saya jawab seperti pada umumnya: “yang didapat sesuai iklan/sesuai deskripsi”.

Lalu diorder lah sama dia dengan nomor invoice: INV/20220307/MPL/2108738133 dan nomor resi SiCepat: 003013461940, atas nama Erlan S******, tapi dengan masih “meminta produk lain yang berbeda dengan deskripsi iklan”. 2 hari kemudian, tanggal 9, saya mendapatkan chat lagi dari buyer:

Sebagai info, buyer transaksi tanggal 7 dan langsung saya kirim sore harinya. Estimasi sesuai pengiriman ekspedisi SiCepat yaitu paket tiba tanggal 8-11 Maret dengan tujuan Tarogong Kidul, Kab. Garut 44151, Jawa Barat. Entah apa maksudnya dalam kapasitas dia sebagai buyer menyuruh-nyuruh saya ubah ekspedisi, tapi tetap saya balas ditunggu sesuai estimasi pengiriman.

Tanpa ba bi bu, pukul 13.24 langsung dibalas dengan kata ‘PAYAH’, yang saya tidak paham konteksnya apa. Karena saya sudah melakukan semua kewajiban saya dalam proses transaksi, yaitu kirim barang pada hari yang sama, dan juga pengiriman masih dalam perjalanan. Lalu saya reply dengan sedikit emosi seperti screenshot di atas. Menurut saya seharusnya calon buyer itu sudah tahu estimasi kapan paket tiba, karena sudah jelas di halaman sebelum checkout seperti ini:

Besok harinya, dibalas lagi seperti ini menggunakan kata ‘STUPID‘ :

Pada tanggal 10 Maret 2022, paket sudah diterima oleh yang bersangkutan:

Saya kira sudah selesai sampai sini. Namun besok harinya, yaitu sekarang tanggal 11 Maret 2022 saat saya buat surat ini, si buyer dengan membuat komplain tanpa alasan yang jelas. Di awal email komplain yang saya dapat dari Tokopedia, si buyer mengajukan barang belum diterima. Padahal sesuai info di atas, tanggal 10 sudah diterima, dan bisa dikonfirmasi langsung ke pihak SiCepat.

Lalu diubah lagi dengan dalih ‘barang rusak’ seperti berikut komplainnya :

Dengan bukti ngasal seperti yang saya bilang, dengan sengaja buka pengajuan komplain:

Admin komplain Tokopedia a.n. Daffa juga sudah me-reply di kolom diskusi:

Update terakhir, buyer chat ke saya dengan mengancam akan membawa ormas. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas,  bahwa buyer tersebut dengan sengaja membuat komplain palsu agar duit saya tertahan.

Jadi pertanyaan saya, apakah Tokopedia berani menindak buyer seperti ini? Karena dalam konteks ini sudah ada indikasi berbohong (2x yaitu barang belum sampai dan barang rusak, yang nyatanya semua hoaks). Setahu saya ada pasalnya dalam transaksi jual beli online kalau ada penipuan, dan bukti semua lengkap. Saya tunggu info dan tindakan Tokopedia untuk si buyer.

Terima kasih sekali lagi untuk Media Konsumen, dan semuanya yang rela membaca surat ini.

Christian
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Pengancaman Membawa Ormas oleh Pembeli di Tokopedia

  • 16 Maret 2022 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Kedepannya kalo ada buyer barbar bilang saja “Maaf Terima Kasih/Maaf Tidak Bisa Membantu” supaya ga terbawa bawa apabila itu diluar urusan seller/komplain, kalo ngeyel terus bilang gitu aja tar ngilang.!

  • 16 Maret 2022 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Sellernya kena mental ama si buyer, digertak ngaku2 ormas oren langsung panik, harusnya lo kasih alamat lu, kalo beneran disamperin lo rekam viral dah tuh, lo yg menang ada buktinya bisa lapor ke isilop, kalo cuma modal chat gituan doang emang diladenin ya ama isilop, wkwkwk..

    • 16 Maret 2022 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Tetep diproses bisa kok pake uu ite tapi yakin lanjut ngga? bisa jadi cuma diminta damai aja pake materai 10ribu, kan ngga ada kerugiannya ya cuma tersinggung aja kan si seller ama buyer..

  • 16 Maret 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Dari awal seharusnya seller tinggal jawab, jika ekspedisi itu pilihan dari aplikasi(untuk yg gratis ongkir) , untuk non gratis ongkir, pilihan buyer. Jadi seller tidak bisa menentukan ekspedisi.
    Beres masalah

  • 16 Maret 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, anda sebagai penjual yg salah. Sepertinya anda jd penjual ada penyakit darah tingginya. Balasan “payah” dr pembeli saya rasa biasa2 aja krna mgkn hnya ekspresi kekecewaan dr pembeli. Kalo anda memilih diam ato menjawab dgn sopan “mohon maaf kak, utk ekspedisi memang sudah ketentuan dr tokopedia nya. Mohon bersabar menunggu, bila ada kendala di pengiriman kami akan bantu konfirmasi ke pihak kurir.” Kalo gtu jwbnya kan beres gk usah berkonflik sama pembeli dan anda jg gk bakal dikerjai sama pembeli. Saya kalo jd pembeli jg akan tersinggung dgn jwbn anda sebagai penjual. Kalo gk bs jd org sabar, ya mending gk usah jualan deh…. Ongkang2 kaki saja di rumah, sediain obat darah tinggi jg ya di rumah…. Ini saran saya saja… Gk usah nyolot jg jd penjual, rezeki anda jg dr pembeli

    • 17 Maret 2022 - (00:36 WIB)
      Permalink

      Dan masih banyak pembeli yg pintar dan sopan, saya jg tidak butuh pembeli seperti itu. Dan seperti yang anda bilang sudah betul, emg saya cuma ongkang2 kaki dari rumah kok ?

      • 17 Maret 2022 - (09:09 WIB)
        Permalink

        Oalahhh…. Anda sendiri saja tdk sopan tp menuntut pembeli utk sopan. Gk usah takabur lah jd manusia gk butuh pembeli seperti itu, lbh baik anda sendiri yg introspeksi. Dr cara anda ngomong memang anda ini keliatan bgt org yg sombong. Anda jg gk pinter2 amat mengambil hati pembeli kok… Obat darah tinggi gk sampe 10rb di apotik kok, dr pd harus ke psikolog buat periksa mental anda mahal gan…. Hehehehehehe

  • 16 Maret 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    sellernya baperan, apa susahnya bilang ke buyer “maaf kak tidak bisa” kalo kita memang tidak bisa menuruti kemauan mereka, pasti ga bakalan berbuntut panjang, ini malah suruh baca ini baca itu padahal kan tingkat pemahaman orang beda²

    • 16 Maret 2022 - (16:19 WIB)
      Permalink

      bukti sellernya sangat baperan ya bahkan kejadian ini dibawa ke media konsumen, seandainya dibuat meme aja pasti bisa menghibur orang²

  • 17 Maret 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga sebagai seller di ecommerce melihat case seperti ini yang perlu diperbaiki di sisi seller harus lebih profesional dalam menghadapi customers. Gunakan bahasa yang baik dan permintaan maaf atas ketidaknyamanannya untuk meredam emosi customers.
    Dari pihak buyers juga seharusnya paham namanya jual beli baiknya menciptakan trend positif dikedua belah pihak, biar nyaman bertransaksi online. Saling menguntungkan satu dengan lainnya.

    • 17 Maret 2022 - (00:32 WIB)
      Permalink

      Jika si buyer tidak ada kata payah setelah dibalas template “ditunggu sesuai estimasi pengiriman ya kak”, maka tidak akan panjang. Dan agak lucu yang masih bilang baperan, buyer sopan saya service sampai lemas, buyer tengil ya sebaliknya.

  • 17 Maret 2022 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Udah biasa mah kasus gini, buyer gitu kok diladeni, kalau anda merasa terancam bikin laporan ke kepolisian, kalau anda merasa dirugikan, komplain ke pihak online shop.
    Nahhhh.. kalo anda merasa dirugikan oleh online shop, baru anda bikin tulisan di sini.
    Gitu loh..

  • 17 Maret 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Aduh agan ini mudah kepancing emosinya. Apapun yg customer balas cukup teken 1 emoji. Yaitu emoji maaf, kalau saya lihat awalnya buyer kasih masukan agar bekerjasama dengan expedisi lain. Karena agan merasa berhak mengatur sendiri. Jadilah keributan.. gimana mau jadi diamond seller wkekwk… Gunakan emotion maaf & terima kasih. Beres cerita haha

  • 17 Maret 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Dari chat awal kesan kuatnya adalah seller tidak ramah malah lebih ke jutek. Buat seller pemarah begini, sebaiknya siapkan staf atau anggota keluarga lain yg lebih komunikatif. Buyer memang macam2 kelakuannya. Tapi aturan dasar cs, apapun yg dihadapi harus tetap sopan, ramah dan seinformatif mungkin. Buyer jelas salah dengan ancamannya, tidak bisa dibenarkan. Bbrp saran diatas juga baik, minta maaf kalau ada yg tidak berkenan dari buyer juga bagus. Akan mempersingkat masalah. Karena jelas seller kasar menjawab dengan menyuruh buyer beli di tempat lain padahal dia sdh invoicing. Anda konsultasi ke pakar bisnis manapun pasti akan disalahkan. Semua sdh ada sistemnya. Jangan buat celah kesalahan dari diri sendiri krn merugikan bisnis. Waktu anda yg terbuang serta energinya jelas kerugian yg tidak terhitung. Ini bagus buat pembelajaran para seller juga dalam merespon chat. Kalau memang kesal, cooling down dulu baru jawab chatnya, jadi tidak auto nge gas. Sabar memang menyakitkan, tapi banyak memberi keuntungan.

  • 18 Maret 2022 - (07:01 WIB)
    Permalink

    Pembeli tidak punya sopan santun dan playing victim. Kurang mengerti tata cara berbelanja di marketplace. Saya setuju dengan penjual bahwa pembeli seperti itu perlu didisiplinkN. Semangat Om seller.

  • 18 Maret 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Klo sya pribadi sih saran nya buat seller yg di manapun dan siapapun berada, sebagai seller mau berbagi tips dan trik aja sih, yg pasti klo mau jadi penjual itu harus kuat² mental, jangan di katain sedikit² aja langsung kena mental, saran sya klo ada yg katain bilang aja “terima kasih” (walaupun hati dongkol) tapi sengaja biar chat nya ga berlanjut, atau klo ga mau makin kena mental ya tinggal di SKIP aja chat nya atau baca aja ga perlu di ladenin yg begitu², nanti ada saat nya pasti capek sendiri qo, yg kedua klo ada komplain kalau bukti nya lemah ya biarkan aja, pasti tetap penjual yg menang, masalah dana jadi tertahan/lambat di bikin biasa aja, toh biasa namanya dagang, ibarat nya keterlambatan pembayaran(termin/tempo) masih wajar lah, yg ketiga beritahu pembeli klo mau sampe nya cepet pilih yg instant/nextday dengan resiko ongkos lebih mahal, klo mau yg murah pilih yg reguler tapi resiko sampai nya lamaaa. Yg keempat mengenai dagang/jualan jalanin dulu aja mau itu pembeli rese’ atau enggak kita ga bakalan tau ending nya, karena sifat masing² manusia susah di tebak, jadi ya jalanin aja dlu, sediakan cctv di bag packingan jadi klo ada apa² kita punya bukti juga, mungkin sementara itu aja, barang kali ada seller/penjualan lain yg baca komen ini bisa berbagi juga dengan komen/balas di chat ini 🙂

  • 18 Maret 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    semoga seller segera diberi keadilan dan uang pembayaran dikasih. dan buyer yg sok jagoan dan merasa dirinya paling benar dan nahan rejeki orang kyk gini segera ditindak dan kalo bisa di blacklist di tokopedia. dan kalo perlu juga ada sanksi hukum yang bisa bikin efek jera ke buyer.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Pengancaman Membawa Ormas oleh Pembeli di Tokopedia

oleh JAMZ dibaca dalam: 2 menit
94