Sangat Kecewa dengan Proses Retur Paket di Shopee Melalui J&T Express

Saya Denik Madia, seller di Shopee. Pada tanggal 14 Maret 2022, terdapat satu transaksi penjualan yang terbatalkan dengan status tracking “Paket dikembalikan ke pengirim”. Nomor pesanan paket adalah 220218T3V29BKT dengan nomor resi J&T: JP5181494529.

Saya tentu saja kaget dengan status seperti itu, karena faktanya saya memang tidak menerima paket yang dimaksud. Lalu saya menghubungi CS Shopee untuk membuat laporan melalui chat pada tanggal 15 Maret 2022, dan mendapat tanggapan dari Shopee dengan isi email sebagai berikut:

“Mohon maaf atas kendala yang kamu alami. Untuk menyelesaikan kendala kamu mengenai klaim tidak menerima pengembalian pengiriman pesanan 220218T3V29BKT, kami akan investigasi terlebih dahulu ke pihak jasa kirim. Mohon kesediaan kamu menunggu informasi dari kami maksimal 5 hari kalender”


Karena tidak sanggup menunggu informasi dari Shopee yang katanya maksimal 5 hari, pada tanggal 16 Maret 2022 sore hari saya berinisiatif mendatangi kantor J&T Express tempat saya drop paket tersebut. Petugas di kantor tersebut melacak resi paket dan menginfokan bahwa paket tersebut ada di kantor tersebut.

Saya pun lega namun kembali cemas ketika petugas memberi info lagi katanya paket belum bisa diambil karena petugas pencariannya tidak ada. Saya disuruh datang lagi besok dan saya tanya untuk kepastiannya besok, jamnya pagi siang atau malam. Jawabannya membuat saya makin cemas, bahkan mulai menjadi emosi, karena kata petugas tersebut tidak bisa memastikan.

Lalu dia bilang, yang penting saya sebagai seller atau pemilik paket sudah konfirmasi kepada dia sebagai petugas, sehingga akan dilakukan pencarian paket (tanpa ada bukti administrasi sih ya dan jadi cemas benar dicari atau bagaimana nih). Akhirnya dengan menahan emosi saya pulang dengan tangan hampa.

Esoknya pada tanggal 17 Maret 2022 pada sore hari, saya kembali mendatangi kantor J&T Express tersebut. Saya menemui petugas yang berbeda, bukan petugas yang kemarin saya temui. Nomor resi kembali dilacak dan kembali diinfo benar paket tersebut ada di sana.

Lalu petugas mulai mencari di tumpukan paket entah paket retur atau paket apa, tapi tidak menemukan paket saya. Lalu petugas memanggil temannya yang muncul dari dalam kantor dan kemudian dia malah memberi info bahwa paket BELUM DICARI. Saya jelas langsung komplain karena dari petugas yang kemarin, jelas-jelas saya disuruh datang lagi hari ini dengan alasan petugas pencari paket tidak ada.

Dengan dasar itu saya datang kedua kali dengan penuh harap bahwa paket sudah bisa di tangan saya. Melihat saya emosi petugas beralasan katanya petugas pencarian masuknya malam. Saya pun jadi makin emosi karena tanggal 16 Maret 2022, saya datang sore kan semestinya malam sudah proses pencarian, sesuai dengan janji petugas yang sudah menyatakan menerima konfirmasi saya.

Lalu petugas memberi janji yang katanya paket akan dicari dan jika sudah ketemu, maka saya akan dihubungi melalui kontak nomor HP, itu pun setelah saya komplain. Saya bilang kenapa kalau ada paket retur pihak J&T tidak menghubungi pemilik paket, sebab itu gunanya ada pencantuman nomor HP di paket bukan?

Ah tapi saya sangat kecewa lagi-lagi saya harus pulang dengan tangan hampa. Ditambah pikiran jangan-jangan janji palsu lagi sebab sudah terbukti yang pertama tidak menepati. Jadi sudah saya niatkan jika pada sore ini belum juga dapat kabar melalui WhatsApp maka akan mencari jalan lain salah satunya mencoba komplain melalui WhatsApp J&T Express. Namun rasanya sia-sia, sebab aneh saja CS menjawab membuatkan laporan namun nomor pelaporan saja tidak ada. Tidak tertib administrasi bukan. Atau memang pengaduan hanya tinggal pengaduan??

Saat sedang menulis di Media Konsumen ini saya mendapat notifikasi email, ternyata dari Shopee, isinya seperti ini:

Akhir kata saya sangat kecewa kepada pihak Shopee dan J&R Express. Shopee dengan mudahnya menerima status tracking, yang sudah pasti tanpa bukti bahwa saya telah menerima paket tersebut. Padahal hasil investigasinya sendiri jelas paket retur ada di J&T Express dan yah hanya bisa memberi saran yang tidak membantu. Tanpa disarankan pun saya sudah dua kali datang dan hasilnya nihil malah berbuah kecewa.

Pihak J&T Express sangat membuat kecewa dengan pelayanan retur paket yang seperti tidak jelas prosedurnya. Seharusnya paket retur di tracking-nya bukan telah dikembalikan ke pengirim dong, tapi berada di kantor J&T Express. Ditambah pelayanan petugas yang cuma bisa janji-janji saja.

Jadi jangan salahkan saya jika sudah tidak mau percaya dan menggunakan jasa pengiriman janji pada toko online saya. Namun bukan berarti saya rela paket saya belum kembali ya. Bagaimanapun saya masih menunggu itikad baiknya baik dari Shopee maupun J&T Express.

Denik Madia
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Ibu Denik Madia

Sehubungan dengan surat pembaca Ibu Denik Madia dengan judul “Sangat Kecewa dengan Proses Retur Paket di Shopee Melalui J&T Express”...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Proses Retur Paket di Shopee Melalui J&T Express

  • 23 Maret 2022 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Alhamdulilllah akhirnya paket retur saya sudah kembali, itupun saya nilai karena saya sudah menulis di mediakonsumen ini. big thanks to mediakonsumen, sehingga pihak shopee langsung menelpon saya dan ikut membantu supaya j&t serius menangani paket retur saya supaya kembali sesuai dengan status tracking yang ditampilkan di lacak status shopee..
    untuk J&T Express, di kedatangan saya ketiga masih sangat membuat kecewa dengan pelayanan . petugas yang janji mau konfirmasi jika paket ketemu pun masih saja alasan katanya kemarin ga masuk , mengakui salah saja tidak apalagi minta maaf.pelayanan yang sangat buruk dan hanya membuat tidak akan lagi percaya memakai jasa J&T untuk pengiriman toko online saya, sangat tidak recommended.

  • 23 Maret 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Siang pada hari ini selepas dhuhur , ada dari pihak J&T Express Cibinong atas nama Azhar sudah memohon maaf atas pelayanan kurang baik yang saya alami. Dan katanya jika ada keluhan lagi dapat menyampaikan langsung kepadanya. Namun sayang mungkin saya tdk akan mengalami lagi karena memang sudah kapok terlibat masalah retur yang merepotkan seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Proses Retur Paket di Shopee Melalui J&T Expr…

oleh Denik dibaca dalam: 3 menit
2