Buruknya Pelayanan Terhadap Pembeli di Shopee, Seminggu Tidak Ada Respons Selain Menunggu dan Menunggu

Saya memiliki kendala dengan pihak Shopee, khususnya bagian customer care-nya yang terlalu berat kepada penjual bukan pembeli. Sudah dari bulan lalu saya memesan barang melalui Shopee, tetapi saya chat penjual tidak ada respons.

Ketika saya laporkan ke pihak customer care Shope, jawabannya hanya menunggu dan menunggu lagi. Seminggu hanya untuk menunggu masker yang tidak kunjung tiba. Ketika saya ingin membatalkan, dipersulit lagi, intinya menunggu lagi.

Kalian Shopee adalah perusahaan besar, yang besar dari pembeli bukan hanya penjual. Jika perlakuan kalian seperti ini, jelas sangat mengecewakan, membela toko yang tidak niat jualan.

Kesan yang sangat buruk mulai dari penjual yang tidak kooperatif selayaknya orang yang berjualan, dan pihak Shopee yang tidak melindungi hak pembeli dengan baik.

Panca Adi Nugroho
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:126    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Buruknya Pelayanan Terhadap Pembeli di Shopee, Seminggu Tidak Ada Respons Selain Menunggu dan Menunggu

  • 6 April 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Itu pesannya tgl 1 dikirim tgl 4. Hari ini tgl 6 itu jg blm seminggu….. Itu seller emang sengaja kirim pas deadline. Tar kasih bintang 1 aja

    22
    1
    • 7 April 2022 - (05:16 WIB)
      Permalink

      Kasi saran aja kalo butuh cepet jangan beli online apalagi beli harga promo, sori sori jualan online kan ada estimasi prosesnya, kalo butuh cepet pilih pengiriman instan kalo cuma pengiriman standar ya mohon bersabar, minta cepet2 mohon2 ngomel2ke cs juga, pasti suruh nunggu buat tindak lanjut ke timnya.

      9
      3
      • 7 April 2022 - (12:08 WIB)
        Permalink

        Yaelah kl mw cepet beli aja di pasar ga usah online.. Udh pake grtis ongkir aja minta buru2..

        Semua adq prosedur dan estimasi waktunya bos.. Jgn lupa di bayar tagihan paylaternya..

        6
        3
      • 7 April 2022 - (15:10 WIB)
        Permalink

        Kwkw udah liat tggl nya kak? Dia aja yang lebay kak buat pesanan hari jum’at siang di send senin..

      • 9 April 2022 - (06:17 WIB)
        Permalink

        Shopee ini juga menjadi sarang penjual untuk banyak akun. Kadang penjual di shopee ini pemainnya itu itu aja Ada yg 1 orang punya akun sampe 10 – 30 toko dgm ktp beda beda..mungkin pake ktp bini nya, staff nya jd bisa banyak Karena 1 user max bisa bikin 5 toko jd banyak toko shopee to pemiliknya dia dia jg. Beda sama tokopedia yg lebih real toko nya. Karena banyak toko respond bisa jd males… Coba kalo cm 1 pasti fokus kalo ga teputasi bisa jelek. Setidaknya penjual bisa jawab chat nya.shopee kalo presentase chat dibawah 70‰ tinggalkan ga usah order di toko yg presentase chat nya bawah 70‰ udah pasti ancur punya toko nya. Gue sbg penjual kadang jg sebel sih beli di shopee. Gratis ongkir itu penjual soalnya dikenai fee jg oleh shopee jd bukan sepenuhnya shopee yg tsnggung loh.. penjual juga bayar ke shopee itu…. Kadang komplen me shopee jawabannya copy paste juga Kaya robot ga nyambung. Saya selalu penjual juga kadang suka komplen ke shopee… Shopee saya akuin emang mengembang biakkan akun akun user kloningan yg 1 orang bisa bikin sampe banyak toko….. Itu nyata…. Beda sama tokopedia yg punya aturan ketat lebih real toko toko nya.

    • 8 April 2022 - (05:38 WIB)
      Permalink

      Si TS sama sekali ga berani komen, sepertinya memang tukang ngeluh2 ga jelas kalo di liat dr postingan2 dia di MK.

      • 9 April 2022 - (06:22 WIB)
        Permalink

        Shopee emang buruk. Saya kasih contoh

        Seller yg sama tp mempunyai kelakuan yg berbeda toped Dan shopee.
        Karena aturan toped ketat makanya penjual lebih respond..

    • 9 April 2022 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Yang perlu dipahami ketika berbelanja online di marketplace sebetulnya adalah bahwa pemrosesan pesanan itu adalah bagian tidak terpisahkan dalam sistem jual beli online. Semua pengguna pasti sudah mengetahui itu bahwa ada batas “Konfirmasi Penerimaan Pesanan”, ada batas “Pemrosesan Pesanan”, ada batas “Pengiriman Pesanan” dan “Estimasi paket diterima”. Semua tahapan tersebut sangat fleksibel sekali dalam sistem jual beli di marketplace termasuk di dalamnya toko kami https://shopee.co.id/xplodcompany

      1. “Konfirmasi penerimaan pesanan” itu sendiri bisa bervariasi mulai dari 1x24jam di hari kerja, sampai 2x24jam di hari libur atau tanggal merah.

      2. Batas “Pemrosesan pesanan” dan “pengiriman pesanan” juga bisa bervariasi mulai dari 2x24jam setelah pesanan dikonfirmasi diterima oleh penjual sampai 4x24jam ketika ada event seperti 4.4 atau Ramadhan Sale seperti yang ada di bulan ini https://shopee.co.id/shop/53685250/search/?shopCollection=12197472

      3. “Estimasi paket diterima” itu sendiri juga bisa jadi molor ketika volume pengiriman oleh jasa kirim overload bahkan kadang sistemnya sendiri error dan tidak dapat men-generate kode booking karena lonjakan akses pada website.

      Kalo yang dipermasalahkan penulis SP ini adalah Customer Care Shopee, memang CS tidak bisa melakukan pembatalan pada sebuah pesanan, jadi tidak ada yang bisa dilakukan CS dalam kasus ini. Yuk ketahui seluk beluk mengenai berjualan di marketplace dan e-commerce dari ahlinya https://xplodcompany.wordpress.com/category/techno-corp/marketplace-spesialis/ Semoga bisa membantu.. 🙂

  • 6 April 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak “AJUKAN PENGEMBALIAN” Shopee tidak punyak hak membatalkan/cancel pesanan, kecuali buyer/pembeli yang urus pembatalan.

    14
    2
    • 6 April 2022 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Nah yg lucu saya pembeli minta di batalkan makalah di proses transaksi ..ke indikasi transaksi mencurigakan..tp begitulah shopee mau cuci tangan …cepet2 menutup platform penjual…
      Aneh bin ajaib ..

    • 7 April 2022 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Kalo belum d atur pick up smaa penjual bisa langsung otomatis d cancel sendiri tapi banyak penjual langsung atur pengiriman makanya jadi gak bisa langsung d cancel nunggu persetujuan penjualnya ..

      intinya sih kita gak tau ke adaan penjual bisa saja dia sedang banyak pembelian mungkin resinya ribuan pegawainya minimalist.. jadi harus sabar kalo pun mau buru jangan pilih picknya yang standard pilirnya instan DAN BAYAR TU ongkir!! Ahahha..

      Gua juga sering kok d giniin smaa penjual (kalo ada respond B4 lah kalo gak ada respond Dan lama otw bintang 1 aja)

      Kalo mau lebih cepet ya beli aja offline

      • 9 April 2022 - (06:25 WIB)
        Permalink

        Haha saya selalu penjual juga sering dilecehkan pembeli. Dia order jam 11 malam, pake ekonomi 😆. Saya kirim besoknya sore…

        Di review produk bilang nya kemas nya lama bgt sama kirimnya….. Pengen gue injek injek rasa nya

  • 6 April 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Ya jelas jawabannya menunggu, itu masih masuk dalam masa garansi shoope. Itu sellernya aja yang sengaja kirim tanggal 4.

  • 6 April 2022 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Total harga barang kurang lebih 30K, Bayar 51K. TS pake sameday / instant kurir kah? Kalo iya wajar sewot.

  • 6 April 2022 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Sudah dari bulan lalu saya memesan barang melalui Shopee, tetapi saya chat penjual tidak ada respons.

    kok bulan lalu?

  • 6 April 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    “Dari bulan lalu” Gimana?? Itu orderan baru berapa hari. Seller nya iya emang kirim nya lam, tapi buyer nya juga lebay ah.. Hiperbola.wkwkkw

    12
  • 6 April 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Berlebihan (saya beli bulan lalu) , baru juga berapa hari, kalo butuh cepet gausah beli online.

  • 6 April 2022 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Lebay banget lu,dari bulan lalu bilangnya,padahal baru dari tgl 1 ,lebay Amay bahasanya ga sopan lagi

    • 7 April 2022 - (04:00 WIB)
      Permalink

      Sebelum belanja online pastiin memahami resiko dari belanja online, akan lebih lama dibanding belanja di toko langsung. Karena ada waktu pengemasan, waktu penjemputan barang, waktu penyortiran dan waktu barang dikirim. Semua ada estimasinya dan pasti sudah diinfokan pada saat check out. Kalo ga sabaran dan butuh mendadak, ya beli offline aja. Jadi pembeli juga harus cerdas!!

      • 7 April 2022 - (06:36 WIB)
        Permalink

        Kejadian yg krg lbhnya sama, beli brg pas diterima pecah ada vid unboxing + foto, ngajuin pengembalian dr penjual blg kesalahan ada di ekspedisi. Tp dr shopee konsumen ttp dinyatakan kalah stlh proses komplain dg alasan pembeli mengajukan komplain dg bukti2 yg tdk memadai. Chat penjual jg akhirnya ga ada respon.
        Untuk penjual kl mmg srg kali dirugikan slh 1 ekspedisi ya baiknya ditinjau ulang pemakaiannya
        Buat shopee untuk penyelesaian permasalahan jgn seenaknya memutuskan cas close & dimenangkan penjual dg alasan krg bukti pdhl bukti video + foto sdh terlampir

        2
        1
      • 7 April 2022 - (11:49 WIB)
        Permalink

        Ya itu. Masalahnya dy krg cerdas, byk gaya. Blanja cm 30rb tp pke paylater total jd 50rb🤣🤣🤣

        1
        1
  • 6 April 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Beli tanggal 1 April (hari jumat), dikirim 4 april (hari senin). Sangat wajar anda beli di weekend, dikirim di weekday. Baru belanja online ya? Hampir semua toko online rulesnya seperti itu, mungkin beberapa yang bisa kirim waktu weekend. Pastikan dibaca dulu kebijakan pengiriman sebelum memesan.

    11
  • 6 April 2022 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Rata2 penjual sope kirim 3 hari ya, sy order tgl 4 juga blm dikirim entah besok dah dikirim apa blm

      • 7 April 2022 - (11:25 WIB)
        Permalink

        Kayak nggak pernah belanja online nih orang,,,baru nanya kpn kirim,tp blm di jwb eh udah order,,giliran barang nggak langsung kirim kok marah2,,,padahal semua pesanan kan ada batas waktunya,,emang lu kira semua seller stanby 7×24 jam??lu kira robot ??lu curhat ke media yg ada lu di hina,,bukan di belain,,,banyakin belanja kurangin ngeluh ,,eh iya jangan lupa itu shopepay laternya di bayar ya🤣🤣

        3
        1
  • 7 April 2022 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Sebelum belanja di marketplace..ada baiknya sempatkan untuk baca FAQ..jangan malas membaca lalu ngrasa yang paling benar..bahkan ngrasa yang paling di rugikan.. tahukah anda.. bahwa durasi pengemasan itu di berikan shopee ke penjual.. dan itu mutlak hak penjual..jika anda tidak setuju..bisa batal cari toko yang lain .jangan ngrasa benar.. namun nggak paham apa”..sudah dewasa namun hal seperti ini..harus di luruskan oleh orang lain..bahkan minta publik untuk menjelaskan ke anda..tanggal 1 ke tanggal 4..itu bukan 1 minggu..tapi 11 tahun…kenapa nggak jadi pelawak aja..kali aja sukses

    10
  • 7 April 2022 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Cuma durasi 3 hari pengemasan saja udah koar² di surat pembaca, padahal belanja di shopee maksimal waktu tunggunya 10 hari, dan dikarang² beli “SUDAH DARI BULAN LALU”
    Ga sabaran amat

    2
    1
  • 7 April 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Ini nih contoh org klo komplain di sosmed bacotnya gede, giliran di temuin langsung melempem . Anda pesen ditanggal 1 itu weekend , gak semua toko ngirim dihari weekend . Dan bahasa nya tlong dijaga . Komplain itu bukan brrti anda pnya hak untuk bicara seenak jidatmu

  • 7 April 2022 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Kdg ada seller nyebelin tp kok ini buyernya yg lebay. 50rb aja pke paylater 🤣🤣🤣🤣. Belajar sabar mas mba. Ketauan bgt org mcm gini yg klo diltrafficlight pas lampu merah demen klakson2 gaje🤣🤣🤣🤣🤣. Jgn lupa bayar tunggakan paylaternya😁

  • 7 April 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Untungnya gak pernah belanja di shopee, biasa belanja di toped aja. Pengiriman walaupun pakai bebas ongkir paling lama 3 hari saja sudah sampai. Nyamanlah…
    Proses pengembalian dana pun di toped lumayan cepat via aplikasi (jika seller korporatif).

    • 11 April 2022 - (04:32 WIB)
      Permalink

      Sama aja dodol, penjual pada gunain banyak platform bersamaan termasuk shopee dan tokopedia. Jadi orang pinter dikit dong.

  • 7 April 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Skrng MK ga ada moderator nya apa yah?
    Kasus² kaya gini ga seharus nya di up. Makin ga jelas aja nih

  • 7 April 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Sabar ka,,, memang prosesnya seperti itu,,, skrg memang agak lama pengirimannya karena lg traffic,,,, saya juga pernah dikrimnya lama ada masalah di jasa kirimnya,, diminta menunggu 10 hari,, oke saya ikuti,, alhamdulillah,,, uangnya di kembalikan oleh shopee,,,,karena tdk ada respon dari penjualnya,,,selama sebagai pelanggan shopee yg saya rasakan tidak berat sebelah,,, yg penting sama2 sabar antar pembeli dan penjual

    • 7 April 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Liat tanggal nya kak d bayar tnggl 1 itu hari jum’at Dan di send smaa penjualnya tgl 4 hari senin ahaha bilangnya bulan lalu duh duh lebai banget itu om om

  • 7 April 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Btw ini shopee sama sekali gak ada salahnya Tanya aja terlalu lebaay ahahha.

    Kalo d liat case by case ni orang kebanyakan hyperbola di mulai Dari beli bulan kemaren padahal dia beli tgl 1 bulan ini jam 11 siang

    Dan penjual wajar lah slow respond kemungkinan karena weekend.. Dan penjual langsung kirim tgl 4 hari senin . Malam (kemungkinan dia banyak resi gak punya si om rempong ini aja ahhaha)

    Semuanya wajar sih.. gak ada salah shopee atau penjual..

    Lain kali beli offline aka bos mungkin anda gak cocok sama e-commerce kalo gak bisa sabar dan gak sopan..

    Niatnya sih bikin naek sambil maki” gila ekekek lucu malah dia yang d bully sama orang cerdas d sini..

    • 7 April 2022 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Ooh iya jangan lupa pay later ya d bayar nanti gak bisa pake buat surat di Media Konsumen lagi ahhaahha

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Buruknya Pelayanan Terhadap Pembeli di Shopee, Seminggu Tidak Ada Resp…

oleh Panca dibaca dalam: 1 menit
42