Transaksi di Tokopedia Dibatalkan, tapi Saya Harus Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA

Halo, salam sejahtera untuk kita semua. Saya ucapkan terima kasih terutama kepada Media Konsumen yang selalu mampu memberikan berita yang transparan. Di sini saya mau menceritakan perihal saya melakukan transaksi di ecommerce Tokopedia pada tanggal 7 April 2022 pukul 15:42 WIB, sebesar Rp4.117.670, dengan menggunakan kartu kredit BCA dengan sistem pembayaran full payment.

Akan tetapi transaksi batal, karena barang yang saya mau tidak ada atau stoknya kosong. Lalu saya batalkan transaksi tersebut dan pihak Tokopedia sudah me-refund limit saya kembali ke saldo kartu kredit. Namun tagihan tetap ada dan saya diharuskan membayar tagihan tersebut.

Saya tidak mau bayar tagihan tersebut. Saya tidak merasa punya tagihan, karena transaksi tersebut batal dan limit saldo kredit saya sudah kembali. Saya sudah melaporkan ini ke CS BCA. Akan tetapi saya seperti tidak diprioritaskan, padahal saya sudah menelepon puluhan kali ke HaloBCA menanyakan perihal nomor pelaporan saya.

Semoga hal ini dapat ditangani dengan cepat dan tidak berlarut-larut oleh BCA. Terima kasih Media Konsumen.

Ismail Marzuki
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BCA:
[Total:71    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Ismail Marzuki

Menanggapi keluhan Bapak Ismail Marzuki di Redaksi Media Konsumen tanggal 24 April 2022 dengan judul “Transaksi di Tokopedia Dibatalkan, tapi...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Transaksi di Tokopedia Dibatalkan, tapi Saya Harus Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA

  • 24 April 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Bukannya proses refund 7-14 hari yah?
    Tgl 7 April – refund
    Tgl 10 April – tagihan terbit.
    Mestinya TS bersabar dikit buat menunggu. Ini terlalu cepat untuk komplain di MK.
    Selagi puasa, mari bersabar.

    Semoga terselesaikan dengan baik.

    12
  • 24 April 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Bayar dulu aja pak full payment kalau sampai hari ini 24/4/22 yaitu h-2 jatuh tempo cc belum ada pengembalian dana dari merchant Tokopedia ke bca.

  • 24 April 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Kalo sudah ada billing statement ya tetap harus dibayar kalao tidak mau kena denda. Nanti juga akan dikreditkan ke saldo. Yang perlu dipahami adalah pemegang kartu diberikan fasilitas kredit “pinjaman” oleh bank, untuk belanja dulu bayarnya belakangan. Masalah seperti ini biasanya terjadi kalau tanggal transaksi mepet dengan tanggal penagihan/pencetakan billing.

  • 24 April 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    sebenernya kl merasa trx sdh batal & limit sudah dikembalikan,bpk sekalian jg komplain ke topednya. apakah benar udh settle limit yg dikembalikan tsb?

    sepengetahuan saya,bank akan tagih ke nasabah kl ada tagihan dr merchant atas sbh transaksi. nah kl spt yg bpk sampaikan bahwa transaksi batal,lalu knp msh ada penagihan dr merchant (toped) ke CC BCA nya.

    kl saya diposisi bpk, saya jg akan complain ke toped atas trx tsb

    2
    2
  • 24 April 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Duh limit cc itu engga segampang balikin uang cash ada waktu yg di perlukan, apalagi belanja mempet tanggal cetak.

    yah masukan aja lain kali belanja liat tanggal cetak nya juga. Biar kalo ada kejadian engga begini.

    kecuali udah dibayar kok limit engga balik balik juga di bulan cetak berikut nya baru deh maki maki aja tim CC nya.

    apus aja dulu treat nya biar engga keliatan baru megang cc.

    bulan dpn kalo bermasalah baru buat lg.

    saran saya mau engga mau y di bayar dulu, biasanya di bulan depan motong tagihan bulan berikutnya.

    3
    2
  • 24 April 2022 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Proses pembatalan transaksi kartu kredit memang butuh beberapa hari. Kalau pembatalannya dekat dengan tanggal cetak tagihan, transaksinya pasti terlanjut tercetak duluan sedangkan pembatalannya belum.

    Solusi paling aman untuk nasabah adalah bayar full payment dulu. Toh bulan depan akan dikreditkan kembali ke kartu kreditnya.

    Hal ini berlaku di semua kartu kredit kok. Saya juga pernah mengalami kejadian seperti yang dialami penulis. Saya santai saja, karena sudah tahu akan dikreditkan kembali bulan depannya.

  • 24 April 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    sebaiknya tidak buru2 komplain, karena proses refund ke cc butuh waktu. dibayar aja dulu tagihan mah, tar di tagihan bulan depan biasanya dikreditkan. hal seperti ini lumrah terjadi.

  • 24 April 2022 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Ga masalah pak,,bayar dulu aja..nanti klo ada refund pasti di call sama pihak bank. Saya pernah seperti itu,,bahkan kejadian yg pernah saya alami malah 100% kesalahan saya, dah saya ikhlasin. Tp uang balik lg begitu merchant balikin uangnya. Saya langsung di call sama banknya klo ada refund dari merchant tsb.

  • 24 April 2022 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Itu lg proses refund banknya, gak bisa langsung balik, nunggu bbrp hari kerja memang. Tp anda pas kebetulan deket sama tanggal cetak tagihan jd kecatet. Abaikan aja, sambil dipantau lewat apps bankingnya.
    Atau klo ga mau tekor, dibayar minimumnya aja, itung2 buat tambahan saldo. Saya dah bbrp kali gini juga. Dulu pertama memang bingung

  • 25 April 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Pahami dulu cara penggunaan dan skema kartu kredit seperti apa, kalau gak tau bisa tanya yg lebih paham, atau bisa googling dulu sebelum buat aduan, kan malah jadi mempertontonkan ketidakpahaman anda soal kartu krdit

  • 25 April 2022 - (03:17 WIB)
    Permalink

    Sepertinya masih awam dalam menggunakan kartu kredit ya.

    “Saya tidak merasa punya tagihan, karena transaksi tersebut batal dan limit saldo kredit saya sudah kembali.”

    Pada kalimat “dan limit saldo kredit saya sudah kembali”, apakah artinya:
    – Bapak sudah cek bahwa ada pengembalian limit sebesar Rp4.117.670 pada mutasi kartu kredit dan menambah sisa pagu kreditnya? Ini bisa dicek di m-bca pada bagian “Info Kartu Kredit > Transaksi dan Tagihan”.
    Kalau memang benar sudah ada pengembalian, pasti yg tertera pada mutasinya adalah Rp4.117.670 dgn kode CR.

    Kalau sudah muncul CR, artinya tagihan bulan ini sudah terbayar dari refund senilai angka di atas.
    Maka kalimat bapak “limit saldo saya sudah kembali” tidak relevan dgn yg bapak adukan di sini.
    Terkait masih menerima email reminder tagihan jatuh tempo padahal sudah ada pengembalian dana (jika memang benar), maka sesuai yg disampaikan di email BCA agar diabaikan email tersebut jika sudah ada pembayaran yg masuk.

    Tapi kalau BELUM terlihat ada CR pada mutasi kartu kredit & tidak ada penambahan sisa limit, artinya pengembalian dana refund masih dalam proses dan membutuhkan waktu (biasanya) 14 hari kerja dihitung sejak Tokopedia memproses refund.

    Karena bapak tdk menyebutkan kapan tanggal transaksi itu dibatalkan, maka kita coba hitung dari tgl 8 April saja.
    14 hari kerja sejak 8 April artinya maksimal “seharusnya” dana akan masuk ke kartu kredit pada 28 April 2022. (Sabtu, Minggu, tgl merah tidak dihitung)

    Jika sampai lewat dari 28 April dana belum masuk juga, baru lah komplain lagi ke Tokopedia (pihak yg memproses) dan menulis komplain di media konsumen (seharusnya).

    Solusinya:
    Pastikan dulu pd mutasi kartu kredit apa sdh ada CR refund. Kalau belum ada, mengingat jatuh tempo tagihan bapak di 26 April 2022, maka sebaiknya utk menghindari denda & memperburuk histori kredit, bayar saja dulu penuh dan menunggu dana refund masuk karena masih dalam batas proses pengembalian s/d 28 April 2022.

    Saya percaya BCA selalu kooperatif dalam membantu permasalahan nasabahnya, mengingat reputasi baik terkait kualitas layanan CSnya. BCA hanya sebagai pihak yang menerima, sehingga lebih tepat jika komplain dilayangkan ke Tokopedia dulu selaku pihak yang memproses pengembalian dana.

  • 25 April 2022 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Saya pernah jadi cs call center di salah satu bank dan sering Handel case kaya gini dan butuh berjam jam buat jelasinnya memang benar transaksi kalau udah kecetak pas jatuh tempo pembayaran nasabah ya harus bayar full dulu biar ngak kena denda. Bulan depan atau tanggal cetak berikutnya baru ada saldo kreditnya kalau ngak ada tagihan biasanya muncul di bill dalam bentuk kelebihan dana tapi kalau ada tagihan cicilan itu secara otomatis mengurangi tagihan nasabahnya. Ngak dirugikan si sebenarnya, tapi perbankan biasanya punya aplikasi untuk pengguna cc jadi nasabah bisa cek sendiri transaksi yang sudah tercetak dan yang akan tercetak di bulan berikutnya. Jadi buat pembelajaran untuk yang pakai cc jadi ngak harus marah marah dulu 😄😄😄😄 sama cs nya karena cs bukan dewa yang serba bisa ngerubah sistem mereka juga menjankan ketentuan pak ✌ya emang prosedur gitu mau gimana lagi

    • 25 April 2022 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Proses refund limit kartu kredit itu tidak instan dan saya rasa ini sudah dijelasakan CS BCA dan Bapak ngeyel gak mau terima kalo proses kerjanya seperti itu.

  • 25 April 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Nanti dituntut balek BCA nanges😂 makanya tau dulu cara menggunakan CC bang, kurang edukasi kyknya

  • 25 April 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Bisa dicek di mutasi klikbca kok refund nya itu tgl brp. kalo misal lewat dr tanggal cut off penagihan ya mau ga mau tagihan bulan ini mesti dibayar agar tidak terkena bunga. Nanti kalo terkena bunga, komplain lg di mari. Yg pusing kita semua pembaca setia, ye kan…?

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Tokopedia Dibatalkan, tapi Saya Harus Bayar Tagihan Kartu…

oleh ismail marzuki dibaca dalam: 1 menit
22