Telkomsel Memaksa Membayar Tagihan yang Sudah Terbukti Di-refund

Saya ingin menceritakan pengalaman kurang menyenangkan yang saya alami terkait pelayanan Kartu Halo Telkomsel.

Pada tanggal 10 April 2022, terjadi pembelian konten dari Google Play, yang mana konten tersebut dilakukan tanpa otorisasi dari saya sendiri sebagai pemilik nomor. Lalu saya langsung melakukan proses refund pada hari yang sama dan refund tersebut berhasil dilakukan keesokan harinya seperti yang tertera pada gambar terlampir.

Namun pada tanggal 14 April 2022, saya menerima pemberitahuan tagihan sebesar tertera di bawah. Yang mana saya ketahui bahwa tagihan sebesar tersebut masih termasuk dengan pembelian konten yang suda sepenuhnya di-refund di awal.

Lalu saya membuat laporan ke CS Telkomsel pada tanggal yang sama ketika saya menerima tagihan tersebut. Dari pihak Telkomsel meminta untuk menunggu hasil investigasi dari pihak mereka, terkait pembelian konten tersebut.

Hingga pada hari ini (tanggal 25 April 2022), pihak Telkomsel memberi solusi untuk membayar penuh tagihan tersebut, sembari menunggu hasil investigasi mereka keluar. Yang mana mereka membutuhkan billing cycle bulan berikutnya untuk mengetahui informasi terkait keluhan saya.

Yang saya sayangkan adalah, kenapa pihak Telkomsel bersikeras memaksa saya membayar tagihan tersebut? Padahal mereka sendiri dengan sadar mengatakan via telepon, bahwa transaksi saya sudah di-refund. Pihak Telkomsel juga tidak dapat memberikan kejelasan terkait kelebihan tagihan yang saya bayarkan jika terbukti mereka salah.

Ini sudah kali kedua mereka melakukan hal seperti ini. Sebelumnya hal ini juga terjadi kepada saya pada tahun 2021. Saya sudah lama menjadi pelanggan Telkomsel, kenapa pelayanan kalian semakin lama malah semakin buruk?

Muhammad Irfan Nauval
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Irfan Nauval

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 28 April 2022 oleh Bapak Muhammad Irfan Nauval mengenai Telkomsel memaksa membayar...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Telkomsel Memaksa Membayar Tagihan yang Sudah Terbukti Di-refund

  • 28 April 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    “terjadi pembelian konten dari Google Play, yang mana konten tersebut dilakukan tanpa otorisasi dari saya sendiri sebagai pemilik nomor”

    dari pengalaman saya, saya bilang hal ini sangat tidak mungkin terjadi(terkecuali langganan, otomatis renewal memang, langganan itu pun awalnya pasti otorisasi pengguna), kecuali yang dimaksud adalah bukan anda sendiri yang beli, seperti anak/keluarga anda yang beli tanpa bilang anda

    1
    1
    • 28 April 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Point utamanya bukan di pembelian dan lain lain , tapi transaksi tersebut telah sepenuhnya di refund dan pihak Telkomsel sendiri dengan sadar menjelaskan bahwa transaksi tersebut memang telah di refund , kenapa tagihannya masih harus saya bayar ?

      • 28 April 2022 - (12:07 WIB)
        Permalink

        kartu kredit juga sama…… billing yang sudah tercetak harus dibayar sesuai dengan jumlah nya yang tertera, kalo sudah pernah punya kartu kredit pasti paham

        itu masalah tanggal cetak aja sih, kn nanti dipotong juga bulan depannya

        • 28 April 2022 - (13:16 WIB)
          Permalink

          Ente keukeuh banget ngebelain orang dalem telkomsel ? Gak usah ngajarin gan , itu di refund langsung saat terjadi pembelian, yang udah udah limit langsung balik , gak harus bayar dulu 🤣 ini udah yang ke 2 kejadian , dulu juga udah cetak tagihan , tapi tagihan disesuaikan sebelum jatuh tempo pembayaran 😂

        • 28 April 2022 - (13:18 WIB)
          Permalink

          Baca juga artikelnya , ada statement dari CS Telkomsel bahwa mereka tidak bisa memastikan kelebihan pembayaran akan dikembalikan atau tidak , mengacu pada cetak billing bulan berikutnya , menurut ente wajar udah mereka sendiri yang menyatakan bahwa itu sudah di refund , mereka juga yang menyatakan bahwa kelebihan pembayaran belum ada kejelasannya ?

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Telkomsel Memaksa Membayar Tagihan yang Sudah Terbukti Di-refund

oleh IrfaanNauval dibaca dalam: 1 menit
5