Ganti Rugi Kehilangan dari Kurir Tidak Pernah Sampai ke Rekening Penjual di Lazada

Terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya surat pembaca kami. Surat pembaca ini merupakan langkah lanjutan kami atas ketiadaan solusi yang muncul dari salah satu platform marketplace di Indonesia yakni Lazada. Berikut adalah kronologi lengkap kasus ini:

Kasus ini bermula ketika toko online kami di Lazada, dengan nama Xplod Company, mendapatkan pesanan dengan nomor pesanan: 830209631289811 dan resi pengiriman Ninja Xpress: NLIDAP1412950786. Singkat cerita, setelah pesanan diproses dan dikirimkan, terdapat kendala oleh jasa kirim yang menyatakan bahwa produk tersebut dinyatakan hilang. Proses klaim kehilangan pesanan kami lakukan sesuai prosedur yang diteruskan kepada jasa kirim terkait untuk diinvestigasi dan ditindaklanjuti.

Hasil penjualan dari pesanan tersebut telah masuk ke saldo penjual kami, yakni senilai Rp1.503.670, yang masuk pada tanggal 09 April 2022 pukul 02.12.05, seperti pada gambar terlampir.

Keanehan terjadi beberapa hari setelahnya, yakni 16 April 2022 pukul 02.10.38, terdapat saldo minus (-) Rp1.529.172 yang merupakan pengurangan dari hasil penjualan pada transaksi tersebut.

Tertera pada detail gambar bahwa keterangannya adalah “Pemotongan Omzet Penjualan karena Retur”.

Maka kami berasumsi bahwa ganti rugi dari jasa kirim tidak dikabulkan atau terdapat kendala pada proses klaim yang menjadikan ganti rugi tidak bisa diproses. Maka dari itu kami menghubungi jasa kirim yang bersangkutan melalui email untuk mengetahui status dari pesanan tersebut.

Yang mencengangkan adalah jasa kirim telah mengabulkan proses klaim dan ganti rugi akan pesanan tersebut dan kini proses ganti ruginya ada di tangan Lazada. Berikut Adalah email yang kami kirimkan kepada perusahaan jasa kirim tertanggal 21 April 2022.

Mengetahui bahwa jasa kirim telah memberikan ganti rugi melalui Lazada, kami beralih lagi ke penyelesaian permasalahan di Lazada. Yakni melalui Xform yang digunakan untuk proses klaim. Kami mengisi Xform sesuai dengan ketentuan dan mendapatkan balasan sesuai dengan prosedur yang berlaku di Lazada.

Berikut adalah email balasan atas Xform tersebut dengan nomor tiket: 2500000074971243, tertanggal 30 April 2022.

 

 

Yang kembali mengherankan adalah pada tanggal 4 Mei 2022 kami mendapatkan balasan “saat ini sudah diinformasikan ada kesalahan pada jasa pengiriman dan akan dilakukan claim pada jasa pengiriman dengan estimasi 2×24 jam”. Berikut adalah email dari Lazada dengan subjek “Claim”:

Sampai surat ini diterbitkan, claim tersebut tidak pernah sampai ke rekening kami selaku penjual. Fitur “Case Management” merupakan dashboard monitor Xform yang kami buat pada tanggal 30 April 2022 di Seller Center kami menjelaskan bahwa “Case/Laporan Telah Selesai atau Ditutup” pada tanggal 11 Mei 2022.

 

Bagi kami ini merupakan pertanda bahwa tidak ada lagi yang bisa kita lakukan untuk menuntut kejelasan atas ganti rugi pada pesanan tersebut, karena Xform pada 1 pesanan hanya bisa dilakukan 1x. Yang menjadi pertanyaan adalah di manakah letak kesalahannya? Kenapa klaim tersebut tidak pernah sampai ke rekening penjual?

Di satu sisi, jasa kirim tertanggal 22 April 2022 menyatakan telah meneruskan klaim ganti rugi kepada Lazada, dan Lazada juga telah memberikan penjelasan pada tanggal 04 Mei 2022 bahwa Klaim akan dilakukan dalam 2×24 jam. Namun mengapa kasusnya menguap tanpa kejelasan?

Kami sangat berharap dapat menerima penjelasan terkait kasus ini dan klaim ganti rugi yang seharusnya menjadi hak kami dapat dibayarkan. Terima kasih Media Konsumen.

Rian Rahmanda
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:58    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Ganti Rugi Kehilangan dari Kurir Tidak Pernah Sampai ke Rekening Penjual di Lazada

  • 15 Mei 2022 - (09:23 WIB)
    Permalink

    kalo dari email kurir tgl 22 april tidak disebutkan bahwa ganti rugi telah diberikan kurir, dan hanya disebutkan proses tersebut tergantung lazada. jadi harus ada proses claim dari lazada ke kurir.harus komplain terus ke lazada

    • 17 Mei 2022 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kepada Media Konsumen, setelah dimuatnya Surat Pembaca kami pihak Lazada telah menghubungi kami dan menindaklanjuti kasus kami dengan baik.

      Klaim ganti rugi telah masuk ke laporan keuangan kami terhitung hari ini pada tanggal 17 Mei 2022 yang akan masuk ke rekening kami pada periode pembayaran selanjutnya. Dengan demikian, permasalahan ini telah terselesaikan dengan baik. Terima kasih.. 🙂

  • 16 Mei 2022 - (10:43 WIB)
    Permalink

    LZD dan Shpe 11:12 bobroknya..
    Makanya lebih sering (300an x) beli di Toped, lalu kadang di bukalapak

    2
    1
  • 16 Mei 2022 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga pernah belanja dari lazada 5 hari kemudian barang sampai di kurir JNE tetapi tidak di antar hanya di SMS dan saya blm sempat untuk mengambilnya dua hari kemudian saya ambil barangnya dan ternyata sudah di retur oleh si kurir dan saya komplain ke pengirim kalo barangnya di retur, dan ke cs lazada juga komplin, katanya suruh kirim. No rekening dan sudah saya kirim bukti pesanan saya juga sudah saya kirim dan sampe sekarang pun uangnya tidak pernah masuk ke rekening saya,.. Sudah berapa tahun sampe sekarang, kalo belanja mending yang ada dompetnya, kayak toko hijau, si orange kalo barang nggak sampai uang otomatis masuk ke dompet dan dapat di transfer ke rekening kita, kalo di lazada noooooo bablasss duit kita. Itu pengalaman saya jadi selamat tinggal lazada

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Ganti Rugi Kehilangan dari Kurir Tidak Pernah Sampai ke Rekening Penju…

oleh Xplod dibaca dalam: 2 menit
6