Penjual di Tokopedia Meminta untuk Membatalkan Pesanan Promo Kejar Diskon

Pada tanggal 12 Juli 2022, saya melakukan pembelian tas anak dari seller CIJI Official Store Tokopedia sebanyak 2x transaksi. Akan tetapi, seller menginfokan melalui WhatsApp, jika harga sebenarnya Rp69.000, karena adanya kesalahan dari sistem dan meminta saya untuk membatalkannya.

CS CIJI mengancam, jika saya tidak membatalkannya maka akan dikirim produk sesuai harga tersebut, yaitu talinya tas itu. Harga promo Kejar Diskon Tokopedia yaitu Rp17.000, jika ada kesalahan sistem Tokopedia, mengapa buyer yang dikorbankan (suruh batalin pesanan)? Seharusnya sebelum ikutan promo Kejar Diskon, pastikan harganya sudah sesuai.

Saya minta CIJI Official Store Tokopedia bertanggung jawab untuk mengirimkan produk 2x transaksi tersebut dan CS Tokopedia memberikan sanksi yang berat, sehingga semua seller tidak macam-macam atas promo Kejar Diskon Tokopedia.

Herman
Kab. Tangerang, Banten


Update (19 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas pesanan yang telah dikirimkan oleh pihak penjual sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kejar Diskon Tokopedia:
[Total:352    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Penjual di Tokopedia Meminta untuk Membatalkan Pesanan Promo Kejar Diskon

    • 18 Juli 2022 - (06:59 WIB)
      Permalink

      Kalo 17rb diginiin mentok2 sy pilih terima barang, kasih bintang 1 jelasin sedetil2nya biar calon pembeli selanjutnya ilfil.

      20
      1
  • 16 Juli 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Tidak usah dibatalkan. Mungkin penjual akan menggunakan celah aturan dengan tidak memproses pesanan sampai batas deadline dan dana dikembalikan otomatis ke pembeli. Ketika status sudah dibatalkan otomatis, laporkan penjual ke pihak Tokopedia beserta bukti percakapan WA tersebut.

    22
    4
  • 16 Juli 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga kejadian hari ini, beli barang di Tokped, tidak lama kemudian Seller bilang barang habis, padahal di halaman produk nya tampak masih banyak stock. Saya bilang ya silahkan dibatalkan atau menunggu by sistem sampai batas waktunya.
    Tapi Seller malah menjawab, saya kirimkan bungkus kosongan ya pak. Nanti bapak kalau sudah terima, bisa ajukan komplain.
    Lha kok malah buyer yg dikorbankan. Bayangkan proses komplain masih harus ada bukti video, masih harus penyelidikan ke ekspedisi dsb.
    Karena saya sudah tahu ini Seller gelagatnya tidak benar, saya mengalah, saya yg ajukan batal agar uang bisa kembali.

    21
    4
    • 21 Juli 2022 - (19:24 WIB)
      Permalink

      Batalkan ☑️ beres tanpa konflik🙏 jadilah pemurah apa ruginya membatalkan pesan tok uang kita tak hilang😊

      5
      9
  • 16 Juli 2022 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Di marketplace yg ada program sale itu kebanyakan gimmick. Saya justru lebih prefer ke yang regular merchant karena peluang nego via chat masih terbuka .

    5
    3
    • 17 Juli 2022 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Cara-cara penjual takut rugi padahal dari pembelian pertama adalah gerbang tuk pembelian selanjutnya. Tokopedia juga seharusnya bisa menghukum atau mengeluarkan penjual bermasalah agar penjual lain tetap nyaman berjualan.

      12
      1
      • 19 Juli 2022 - (03:23 WIB)
        Permalink

        emang promo atau diskon dari tokopedia beneran ada ya.?
        saya pribadi sih sudah 20x transaksi dengan promo diskon atau kesbek semuanya zonk dengan alasan “inilah dan itulah”
        yang parahnya lagi transaksi terakhir saya beli Dinar di tokopedia dengan harga diluar pasaran yang ada dengan iming” kesbeknya yang ber ending dengan alasan ini dan itu tadi belanja abis 6,5jt dengan nilai kesbek 700rb gopay coin hilang begitu saja padahal harga dipasaran deket² rumah saya bisa save 500rb.
        lucunya lagi klo memang engga bisa pakai promo diskon/kesbek mbok ya jgn dikirimin ke ke halaman diskon/kesbek pengguna.

  • 16 Juli 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Kalau dikirim talinya aja kagapapa bang asal sebelum buka paket direkam aja. Nanti trus buat laporan ke pusat resolusi. Kasih bukti video dan bukti chat WA kalau dia memaksa membatalkan pesanan dan memaksa mengirim barang yg ga sesuai dengan halaman produk. Kalau barang udah diproses sama seller itu harusnya tanggung jawab seller untuk mengirim atau membatalkannya, engga maksa2 pembeli untuk batalin demi menjaga rating toko dia, namanya ga tanggung jawab. Kalau tau ga mau ngirim kan harusnya ngga diproses dulu.

    12
    3
  • 16 Juli 2022 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Kalo saya jadi toko itu, ya saya kirim sesuai desc produknya.. Kok bisa nyalahin system padahal dia yg ikutkan produk itu dan set harga.
    Lagian, 17-69 = 52 ribu… ketimbang nama usahanya jelek, apalagi official store..

    21
    2
  • 16 Juli 2022 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Gausah dibatalin, biar batal otomatis nanti anda dapat kupon cashback 100% s/d 50rb. Karena sellernya dari Official Store

    8
    1
  • 17 Juli 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Saya malah dapat flashsale harga 10.000. Ga dikirim sama sellernya.
    Padahal official store. Sellernya Kiip Indonesia.
    Waktu itu sempat dikirimi resi palsu, dan akhirnya dibatalkan. Ya sudah. Kalau kt ikhlas malah jadi berkah untuk kita sendiri.
    Biarkan saja mereka seenaknya sendiri. Asal-asalan seperti itu. Padahal walaupun itu mereka salah input. Harusnya mereka jg harus mengirimkan barang yang diiklankan tsb.

    3
    3
    • 19 Juli 2022 - (18:13 WIB)
      Permalink

      kalo sy lain lg. dapet sardencis kalengan dari panen telur, tp ga dikirim2 sm penjualnya, padahal tentu dia promo dgn keluar duit banyak utk mejeng di panen telur itu. berbulan2 lamanya akhirnya ak inisiatif tanya tokped, tokped teruskan ke penjual, dibatalin deh, bener2 ga profesional, padahal official

  • 17 Juli 2022 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Kalau ga sesuai biarin aja biar seller yg ngurus.. kalau d batalkan via system’ tinggal review, jangan lupa video unboxing.. kalau barang yg dikirim tdk sesuai kasih bintang 1 dan ulasan.. sebut saja “penipuan” biar kapok..

  • 17 Juli 2022 - (11:20 WIB)
    Permalink

    kan udah penah bilang, official itu cuma status, toko biasa aja bisa jadi official biar terlihat wow karna bayar persenan lebih tinggi ke yang punya marketplace, official juga lelet kirim sudah coba berkali-kali mau tes ternyata bener lelet, gak tau rame atau gimana, kapok deh. cuma menang status doang.

  • 17 Juli 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    btw itu kan yang set harga secara sadar dari penjual bukan kesalahan sistem. wkwk penjual mau nipu biar gak mau disalahkan, kalo ketemu pembeli bego ya di iya in aja sama pembelinya wkwkwk

  • 17 Juli 2022 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Ga usah dibatalin.. biarin batal sendiri atau dikirimin barang tidak sesuai, biar kena sanksi poin dri tokopedianya, toh klo brang ga sesuai bisa klaim refund nanti. Biar tokopedia juga makin selektif ikutin merchant di FS

  • 17 Juli 2022 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Mungkin ingin ngiklan secara GRATIS!!! Karena FLASH SALE pasti banyak pembeli yg minat, meskipun hanya melihat lihat saja. Kalau saya jadi penjual, rugi dikit nggak papa, asal nama baik terjaga! Atau jangan-jangan…. Banyak pembeli yg “TERTIPU” GIMMICK FLASH SALE!!!

  • 18 Juli 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Pernah 2 kali, pesanan dibatalin sama Tokped gara gara saya dapet potongan/diskon 10.000. Pas di pesan ulang, promo itu ilang. Sistem nya harus diperbaiki tuh Tokped biar engga nge PHP konsumen

    • 18 Juli 2022 - (20:06 WIB)
      Permalink

      untuk pembeli, nggak usah dibatalin. ntar pas nerima brg jgn lupa direkam unboxingnya, trus klik komplain deh ke tokopedia, ceritain semua kronologinya beserta bukti2 chat (semua screenshot chat). karna ini kesalahan/kelalaian penjual (salah pasang harga), bukan kesalahan dari pembeli, pasti akan diberikan solusi oleh cs team tokopedia.

  • 19 Juli 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    kalo status udah official store, jangan terlalu perhitungan untung rugi. kalo salah harga, tetep aja harus dikirim. anggap saja harga promo. buru2 lah dibetulin lg harganya

  • 20 Juli 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Klo sy sih, dulu pernah ngeliat harga yg amat sngat murah dan tergolong mustahil utk jenis barang itu (sy lupa jenisny). Dan seketika sy yakin klo si seller salah input harga. Wlwpun sy gk niat beli, tp sy inbox sellerny, nanyain beneran gk hrgany sgitu utk memgingatkan, mana tau sy salah. Trus trnyata emang doi salah, lgsung direfisi. Kasian kan klo ujuk2 beli, krn tdk smua seller online adlah seller menengah ke atas . Ini case toko bukan official sih.
    Nah klo case di official blum nemu. Dan gk salah klo pnulis lgsung beli krn label “official” Stigmany ada diskon besar2an. Dan ktika seller official salah input harga, harusny jujur saja, gk usah nyalahin sistem krn kbanyakan org sudah tau tatacara setting diskon disistem itu adlah seller sndiri yg input.
    Dan yakin kok, bagi buyer yg mawas diri, bisa paham itu. Dan krn hal itu mrupakan kesalahan dr seller, ya baikny seller yg cancel..
    Kcuali sdh kbanyakan poin, ya jika nemu buyer tipe garis keras ya kasih kompensasi apa gitu, buat mau cancel dr buyernya

  • 22 Juli 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Aku juga pernah kejadian agak2 mirip. Beli migor murah dpt promo potongan 100%. Barang udh dipesan , penjuam g kirim2 barang, paa ditanya stok habis. Gw laporin ke cs, toko penjual pun lenyap dibanned

  • 22 Juli 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Muka promo… Kalau ga dapat promo komplain kemana mana… Udahlah. Ibarat kata ada promo KFC ayamnya habis marah marah… Yah namanya promo bisa aja habis, salah input.. Namanya juga manusia. Jadilah orang yang positive, hidup lebih tenang. Demi 50ribu kemana mana.. Kasihan sekali buyer model promo gini

    2
    3

 Apa Komentar Anda mengenai Kejar Diskon Tokopedia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Penjual di Tokopedia Meminta untuk Membatalkan Pesanan Promo Kejar Dis…

oleh Herman Ssi dibaca dalam: 1 menit
26