Penggantian SIM Card yang Hilang Memberatkan Pelanggan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan keluhan saya ini. Ceritanya saya kehilangan nomor Indosat IM3 saya, yang mana nomor tersebut sudah saya pakai cukup lama. Saat awal registrasi juga menggunakan identitas saya asli.

Pada tanggal 21 Juli 2022, saya mendatangi Gerai Indosat yang ada di kota Salatiga, untuk mengaktifkan kembali kartu perdana saya yang telah hilang. Saat dicek oleh petugas gerai, status kartu saya masih aktif dan data registrasi terdaftar sesuai dengan nama saya.

Namun saat mengajukan pemulihan nomor yang telah hilang tersebut, pihak Gerai Indosat mewajibkan saya untuk menjadi pelanggan pasca bayar. Peraturan ini yang membuat saya keberatan. Saya jarang menggunakan paket data untuk menjalankan internet. Apalagi kondisi seperti ini, daripada uangnya digunakan untuk langganan pasca bayar, mending untuk makan sehari-hari.

Kondisi saya lagi sulit, jika dipaksakan mengikuti prosedur untuk pindah ke pasca bayar ditakutkan nanti tidak bisa melakukan pembayaran. Karena untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja kami sangat susah. Saya harap pihak Indosat melihat dan membaca keluhan saya ini. Mending suruh bayar sekian ribu daripada harus ganti pasca bayar.

Terima kasih Media Konsumen.

Rizal Hanafi
Boyolali, Jawa Tengah


Update (27 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Indosat sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo Hutchison:
[Total:68    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Penggantian SIM Card yang Hilang Memberatkan Pelanggan

    • 26 Juli 2022 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah… Beberapa bulan lalu saya ganti sim card tidak di persulit, bahkan karena satu dari dua sim card adl pasca bayar maunya saya upgrade, tapi sama petugas cs di saranin jangan dulu karena paket masih banyak. Trims TELKOMSEL

      5
      3
      • 26 Juli 2022 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Yang anda alami persis yg sy alami, waktu itu urus di gerai indosat pajajaran bogor. Eh malah disuru jadi ke pasca bayar itupun harus bayar 350ribu.
        Saya menolak karna jarang saya pakai internet kan, itu nomor buat telp kesama kemari. Sama petugas indosatnya disuru beli kartu baru di dia dengan nomor ygsama saya yg hilang itu seharga 250ribu😅
        Licu sie.. karyawan ko di ajarin duitin customer.. gara2 hal begitu saya dan teman2 saya beralih dari indosat ke telkomsel.

      • 27 Juli 2022 - (10:39 WIB)
        Permalink

        Saya pake 3 dan sudah dua kali klaim penggantian kartu; pertama waktu upgrade dari 3G ke 4G dan kedua karena hapenya hilang. Alhamdulillah dapat pelayanan gratis dan memuaskan dari 3 Hutchison.
        Tapi sekarang jadi kuatir nih setelah gabung dengan Indosat Ooredo apa pelayanan jadi jeblok juga.. ?!!

        • 27 Juli 2022 - (21:25 WIB)
          Permalink

          Lah sy justru pas klaim penggantian kartu yang ga ke baca harus bisa sebutin 5 nomor yang terakhir dihubungi dan di sms. Sedangkan nomor 3 tersebut cuma dipakai paket data nya saja, dan dari 3 nya tetep harus sebutin 5 nomor yang terakhir dihubungi ya jadi saya batalin. Kartu nya sy buang didepan CS nya.

    • 27 Juli 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kepada media konsumen dan CS indosat, berkat arahan dari CS Indosat pusat kini kartu saya sudah aktif tanpa harus beralih ke pascabayar.

    • 28 Juli 2022 - (01:27 WIB)
      Permalink

      Indosat emang ribet, aku pakai 2 kartu indosat dan telkomsel. 2 kali kehilangan hp 2 kali pula ngurus kartu yang hilang, telkomsel gampang tinggal datang ke grapari dan bebas biaya. Lah indosat harus buat surat kehilangan dikantor polisi dan biaya admin 25 ribu, buat surat kehilangan dikantor polisi tau sendirilah gratis apa tanggalnya

    • 1 Agustus 2022 - (16:03 WIB)
      Permalink

      Dear indosat saya user dri thun 2006 yg sdah ckup lama malang melintang dlu indosat penggantian kartu sgt mudah & sgt murah ckup gnti dg uang 5rb-10rb skrg indosat klo gnti kartu di persulit & ujung2nya cuan hrus beli pket minimal 50rb lah hrus beralih ke pasca byr dlu lah dg biaya yg tidak murah 300rb per 3 blan stlah itu blik ke gerai lagi bru jadi kartu pra bayar, tlg lah jgn memonopili user kalian yg sdah ckup setia dg indosat, sekian & terima kasih

  • 26 Juli 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    suka engga jelas emang IM3 ini perihal pengaktifan kembali no yang hilang/rusak harus pindah2 ke paska lagi.

    dan info dari cs sama gerai biasanya beda2

    • 26 Juli 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Kasus begini banyak. Tapi anda menempuh jalur yang tepat. Semua kasus begini yang masuk ke MK, akan diberi solusi yang terbaik dari Indosat.
      Berhubung usah menyatu dengan Three, nggak tau deh.
      Kita berharap yang baik saja.
      Amin

    • 1 Agustus 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Cs sdah di tgasin sma bosnya kaka jdi prosedurnya sprti tpi sgt di syangkan krna memonopi user secara sepihak & berlebihan

  • 26 Juli 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    udah sering ganti simcard indosat bermasalah mejeng di MK sini. ga kapok2 ternyata indosat ini. Kalo ga disuruh pindah ke pasca, disuruh beli paket data / pulsa. Gerai indosat sekalian jualan produk, padahal Gerai ini harus ditonjolkan service nya yg memuaskan. bukan komersialnya. Toh pelanggan yg ingin ganti kartu tetap pake indosat, bukan operator lain. Kalo begini terus ga ada perubahan, jgn heran satu per satu pelanggan Indosat akan beralih ke provider lain

    • 26 Juli 2022 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Yes benar. Karyawan diajarkan jualan paket data kartu atw sejenisnya minimal 250ribu padahal niatnya mau aktifin kartu lama misal hilang.

      Entah dari indosatnya atw permainan karyawannya jualan untuk kepentingan pribadi. Itupun suru transfer kerekening di karyawan.saya pernah di gerai indosat papajaran. Kapok pake indosat

  • 26 Juli 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 3 kali ganti kartu, dari yg hp kecopetan zamannya masih nokia, sampe upgrade ke kartu 4G gak pernah ada masalah atau diberi syarat yg menguntungkan sebelah pihak. Terimakasih TELKOMSEL

    6
    3
  • 26 Juli 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Emang beda ya layanan “anak tiri” dengan “anak kandung”, yg anak kandung mah gak pusing jualan dan kejar setoran, org duit bokapnya dah melimpah, wkwkwkwk

  • 26 Juli 2022 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Pakai Telkomsel, saya ganti kartu rusak/hilang/3G ke 4G tidak pernah dipersulit asal memang pemilik nomor

    1
    2
    • 27 Juli 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Sy pernah ngalamin kendala di telkomsel ketika disuruh ortu klaim penggantian kartu, sy udah bawa surat kuasa yang di ttd materai & sudah bawa ktp ortu & sudah bawa kk tapi tetep ga bisa di proses. Padahal kondisi nya ortu lagi di RS dan ga bisa kemana mana karna di rawat. Begitu sy marah dan minta supervisor nya datang baru deh dilayani.

  • 26 Juli 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    masalah ini udah lama banget dari tahun 2016 ternyata masih sama perlakuanya ya,

    Kemarin saya juga ke galeri indosat ada keluhan prabayar, kaget dong gerai indosat cuma ngelayanin pascabayar

    • 28 Juli 2022 - (02:11 WIB)
      Permalink

      Dan dia nggak nyadar kalau yang beginian menjadi ajang penggorengan dan pengiklanan provider lain seperti Telkomsel dan XL.

  • 26 Juli 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    jadi indosat itu cs nya agen ke 3 otomatis kalo gak gitu gak akan gajian solusi nya viralkan aja di mk pasti akan di feedback indosat pusat. 🤣🤣🤣

    • 27 Juli 2022 - (06:45 WIB)
      Permalink

      @Arif
      Baru tau saya CS ISAT itu vendor. Pantes ngotot kejar setoran menjebak konsumen dengan dalih beralih ke pasca bayar . Kacow dong yah…

      • 27 Juli 2022 - (07:33 WIB)
        Permalink

        parahnya lagi ya pernah disuruh bayar juga 125 pasca pake data orang lain sekali pake saya ngotot kenapa gak voucher pulsa aja mereka bilang gak bisa dan kekeh kasih nomor pascabayar itu . akal akal mereka aja sih cs mereka gak ada yang bener .

  • 27 Juli 2022 - (05:56 WIB)
    Permalink

    liat aja semua komen di google, semua pada menderita atau suruh bayar mahal pas ganti kartu hilang atau rusak, di sebelah sih aman2 aja

  • 27 Juli 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya pernah 2x aktifkan kartu indosat yg hangus (belum ada seminggu hangus) dan semua berjalan lancar & tanpa kendala.
    Yg pertama kasus aktivasi kartu hangus a.n istri saya di gerai Indosat Demak Jateng. Dan yg kedua aktivasi kartu hangus a.n saya sendiri di gerai Indosat Kudus Jateng. Kedua proses aktivasi kartu hangus saya bisa aktif kembali tanpa adanya kasus2 seperti tsb diatas.

  • 27 Juli 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Ind gak punya gerai cs adanya gerai jualan dr pd ky gitu mending ksh fee aja 25k setiap ganti kartu lbh bisa ditolerir pelanggan dr pd memeras gak jelas !!

  • 27 Juli 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah ada yang nulis disini, saya sudah sering denger keluh kesah konsumennya. Bagaimana itu Indosat? Apa anda siap kehilangan pelanggan krn perlakuan seperti itu

  • 27 Juli 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Jangan pakai Operator punya asing, mereka emang niatnya jualan cari untung dari Masyarakat Indonesia. Pakai Telkomsel saja punya BUMN. Semenjak Indosat di Jual ke Asing mereka cari untung dengan berbagai cara

  • 28 Juli 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    kok gitu yah, ganti mah ganti aja seharusnya, kalo operator lain paling cuma nyuruh isi pulsa doank minimal 20rb, telkomsel dan tri okay pelayanannya…. ini nyuruh langganan pascabayar maksa banget 😂

  • 28 Juli 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Persis kayak Adik saya yang nomor Telkomselnya hilang, dipaksa ganti ke pasca bayar ya dia nggak mau orang masih anak kuliah.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Penggantian SIM Card yang Hilang Memberatkan Pelanggan

oleh Rizal Hanafi dibaca dalam: 1 menit
35