Shopee Memenangkan Seller yang Menjual Produk Cacat

Pada tanggal 17 Juli 2022, saya memesan baterai laptop saya merk ACER ES1 132 di Shopee. Saya menemukan seller dengan nama toko “Solusi Part Laptop” dengan link toko Shopeee.co.id/solusipartlaptop yang menjual baterai sesuai dengan laptop yang saya miliki. Saya sudah mengecek tipe baterai laptop saya, tipenya adalah AC14B18J dan tipe yang dijual seller juga sama demikian. Yang mana, di judul produknya juga tertulis merek dan tipe laptop saya.

Kemudian saya chat seller tersebut, untuk menanyakan ke seller apakah produk baterai yang dijualnya sama dengan produk baterai laptop saya, beserta foto baterainya juga saya krim agar tidak terjadi kesalahan pembelian. Kemudian seller membalas “Iya” yang berarti produk dijualnya tersebut memang benar untuk laptop saya, sesuai dengan screenshot yang saya lampirkan.

Saya memesan dan pesanan tersebut sampai kepada saya pada tanggal 22 Juli 2022. Kemudian saya memasangkan baterai tersebut. Namun ternyata setelah dipasang, baterai yang dikirim seller cacat produk. Baterai tersebut tidak dapat diisi, yang ditunjukkan dengan logo baterai silang pada Windows, dan indikator baterai tetap 100%, juga estimasinya tetap 100 jam tidak berkurang sama sekali. Sesuai arahan seller saya sudah charge baterai tersebut 6 jam dan BIOS laptop juga sudah yang terbaru.

Karena baterai tidak bisa mengisi, saya mengajukan komplain pengembalian dana. Pada tanggal 22 Juli pada hari yang sama pesanan datang, melalui pengajuan komplain. Pada tanggal 25, seller meminta bukti baterai tidak normal. Karena pada chat komplain tidak bisa mengirim video, saya mengirimkan foto bukti baterai silang pada windows dan bukti-bukti lainnya. Sebenarnya saya ingin mengirimkan bukti video agar lebih jelas, tapi fitur video tidak ada. Selain foto, saya juga menjelaskan bahwa baterai tidak bisa mengisi. Berikut terlampir video tersebut:

Singkat cerita, pada tanggal 26 komplain saya ditolak oleh Shopee karena kurang bukti. Padahal saya sudah mengirimkan foto bukti baterai tidak mengisi dan menjelaskannya secara detail. Untuk membuktikan baterai tidak bisa mengisi, memang bagusnya berupa video. Namun fitur video tidak didukung oleh Shopee.

Di sini saya merasa sangat kecewa dengan keputusan Shopee yang memenangkan seller tersebut. Saya bisa menerima produknya jika baterainya bisa bertahan walau hanya 30 menit. Namun ini baterai tersebut benar-benar tidak bisa saya gunakan sama sekali. Kepada semua rekan hati-hati berbelanja di Shopee, semua bukti chat seller dan pihak resolusi Shopee saya lampirkan.

Saya meminta kepada pihak Shopee untuk mengembalikan dana yang saya bayarkan untuk produk cacat yang tidak bisa saya gunakan sama sekali.

Rinaldo Saputra
Pasaman, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:46    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Shopee Memenangkan Seller yang Menjual Produk Cacat

  • 1 Agustus 2022 - (16:19 WIB)
    Permalink

    harusnya video diupload ke media lain seperti youtube baru kirim linknya ke komplain. kita lihat bagaimana shopee menindaklanjuti hal ini setelah tayang di media konsumen

    10
    • 1 Agustus 2022 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Terimakasih saran nya gan,, saya kurang jeli juga jika bisa mengirim video disertakan link aja.. dikarenakan selama saya trx baru kali ini mengalami msalah begini.

      5
      1
  • 1 Agustus 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Saran saya periksakan laptop anda ke service center/tempat service terlebih dahulu sebab bila melihat video ada kejanggalan fungsi operasi batterai pd saat menggunakan charger dan tidak menggunakan charger.

    Penyebab baterai laptop tidak melakukan pengisian bisa juga disebabkan oleh hardware komputer, windows, driver, atau biosnya. Beberapa solusi antara lain instal ulang driver dan kalibrasi baterai melalui menu bios.

    Saran kedepan periksakan dulu ke tempat service dan apabila yakin karena baterai baru dibeli/diganti baterainya. Bisa saja baterai lama anda justru masih bisa digunakan apabila penyebab tidak melakukan pengisian bukan dikarenakan baterainya.

    Semoga membantu.

    • 1 Agustus 2022 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Utk bios sudah saya update gan,, setelah saya bandingkan batre yg saya beli dengan yg asli,, terdapat perbedaan rating batre..
      Yg asli 11.31v dan yg dibeli 11.4v.. saya menduga masalahnya di perbedaan voltase tersebut.. sebab ketika saya gunakan batre lama/asli.. batre terbaca, namun indikator batre 0% (karena soak).. sementara batre baru indikator batre di windows nya silang..

      2
      1
  • 1 Agustus 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    @Rinaldo
    Apakah pihak seller ada fasilitas tukar produk dengan jenis yang sama?
    Coba komunikasikan lagi dengan seller yang bersangkutan. Siapa tau mau ditukar dengan yg bagus. Biasanya kalau pengembalian dana sih biasanya dianggapnya tidak jadi beli.

    • 1 Agustus 2022 - (22:56 WIB)
      Permalink

      Sudah dicek kan ke teknisi, dan sudah menggunakan batre dari laptop yg sama modelnya (cba pake batre laptop tmen) dan berfungsi..

      • 1 Agustus 2022 - (23:27 WIB)
        Permalink

        harusnya itu yang difoto/divideokan dan dijadikan bukti pada saat komplain….video bisa lewat link saya agak lupa kalau di forum diskusi bisa video namun harusnya bisa dibalas via email atau ditanyakan untuk video bisa dikirim melalui apa.

        Saya memang seller bung Jack, namun kasus2 yang ada bisa menjadi pembelajaran bagi buyer dan seller kedepannya.

        Dari kasus ini saya sarankan menyiapkan bukti yang cukup dulu baru mengajukan komplain bagi pembeli demikian juga bagi seller siapkan bukti terlebih dahulu sebelum naik banding ke shopee.

        • 1 Agustus 2022 - (23:30 WIB)
          Permalink

          Bukti foto/video menjadi satu satunya cara mengajukan komplain dan banding karena bukan tidak saling mempercayai namun demi kenyamanan bersama baik buyer yang mengeluarkan uang sebelum menerima barang maupun buyer yang mengirimkan barang sebelum menerima uang.

          • 1 Agustus 2022 - (23:32 WIB)
            Permalink

            Maksud saya seller yang mengirimkan barang sebelum menerima uang.

  • 1 Agustus 2022 - (23:02 WIB)
    Permalink

    Hati-hati banyak antek antek seller. Lagian adalah hak konsumen mengembalikan barang karena status via jarak jauh atau visual bukan tatap muka.

    2
    3
    • 1 Agustus 2022 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas sarannya gan.. karena baru pertama kali ada masalah atau masuk komplen resolusi.

      • 1 Agustus 2022 - (23:36 WIB)
        Permalink

        Sama-sama brother….tambahan video unboxing juga diperlukan saat paket belum dibuka sampai kelihatan barangnya termasuk untuk produk seperti ini adalah nomor serialnya, sehingga tidak bisa dikomplain ditukar dengan barang yang lain.

      • 3 Agustus 2022 - (07:45 WIB)
        Permalink

        Kalo cuma modal foto ngak kuat buktinya. Bukannya pihak ketiga seperti shoopee yg membela penjual tapi memang kk nya tidak bisa melengkapi bukti yang diminta. Saya juga awal komplain ditolak karena cuma ngotot barang yang diterima rusak tanpa melengkapi video unboxing

  • 2 Agustus 2022 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Saya sering belanja barang elektronik di shopee (anycast). Sekali belanja 10 pcs-20 pcs, karena untuk di jual lagi.

    Tiap x paket datang pasti saya video unboxing, mulai paket belum di buka sampai saya tes barangnya 1 per 1, tanpa jeda. Lumayan lama juga.

    Pernah beberapa x ada 1-2 produk yang rusak, saya ajukan komplain ke shopee plus bukti² berupa foto dan video unboxing, akhirnya barang yang rusak bisa saya kembalikan ke sellernya dan dana senilai produk yang bermasalah pun di kemblikan ke saya.

    1
    1
  • 2 Agustus 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    ya benar..saya jg awal juli kmrn ad bli barang dan ternyata pecah..alhamdulillah sellernya malah baik..dy mnta krim video unboxing via wa..atau chat seller akhirnya uang saya dkembalikan smua…plus packing kayu..krna terbukti seller yang salah dlm packing tidak menyertakan line merah tanda barang mudah pecah..video unboxing itu penting klo kita mau return barang…klo bukti kita ok..dan cepat komplen hari itu juga..insya allah pihak shopee akan kembalikan dana..

  • 4 Agustus 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Ucapan terimaksih dan apresiasi kepada shopee

    Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat pembaca saya yang berjudul “Shopee memenangkan seller yang menjual produk CACAT”.

    Pada tanggal 01 Agustus 2022, surat tersebut ditayangkan.Customer Service Shopee telah menghubungi saya untuk mengkonfirmasi surat keluhan saya yang dimuat di situs Media Konsumen. Customer Service yang menghubungi saya mengatakan akan menangani komplain saya.

    Intinya pihak Shopee sudah meminta maaf atas permasalahan yang saya alami serta memberikan penjelasan serta tips trik apa saja yang harus saya lakukan jika mengalami kendala barang/produk yang saya terima cacat, dan pihak shopee juga telah menawarkan solusi kepada saya untuk permasalahan yang saya alami.

    Saya ucapkan terima kasih kepada Shopee Indonesia yang telah memberikan solusi terbaik mengenai permasalahan saya. Dan tentunya terima kasih juga buat Media Konsumen yang telah menjembatani saya dan jutaan konsumen lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dengan pihak penyelenggara/pelaku usaha, sehingga suara para konsumen bisa sampai kepada pihak yang bersangkutan.

    Dengan ini saya nyatakan kendala yang saya alami sudah selesai ditangani dengan baik oleh pihak Shopee. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

  • 15 Agustus 2022 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya gini, memang Admin Shopee pemalas menganalisa. Paling malas itu. Hanya analisis dari packingan,. Oh iya, kurir memoto kita waktu terima paket. Berararti sudah di pegang. Dan dari foto saja admin harus menganalisis produk, apakah benar produknya berbentuk persis atau tidak.

    Lagian Admin Shopee harus di tatar lagi. Beda loh dengan “Admin Tokopedia” tanpa babibu, sat set sat set. Menang pembeli karena ini visual marketplace. Misal packingan penjual tidak aman dan banyak yang awam masalah unbocing bocing. Masa harus dimenangkan penjual?

    Ada aja 20 kasus udah lumayan itu 20×100 ribu. Duit itu

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Shopee Memenangkan Seller yang Menjual Produk Cacat

oleh Rinaldo Saputra dibaca dalam: 2 menit
22