Akun Shopee Dibatasi Tanpa Tahu Salahnya Di Mana, Saldo Tidak Bisa Ditarik

Perkenalkan saya Tulus, Minggu,31 Juli 2022 saya dapat notif akun saya dibatasi karena melakukan pelanggaran tidak sesuai dengan persyaratan & ketentuan Shopee. Dan saya sudah banding agar diaktifkan kembali, terapi pihak Shopee mengatakan akun saya tidak dapat diaktifkan kembali.

Akhirnya saya email “permohonan penarikan akun penjual dari akun Shopee”saya. Saya tidak tahu letak salahnya di mana, karena saya dari pihak penjual. Dan saya juga sudah menanyakan ke pihak pembeli yang ada dalam 1 kota, dia tidak memakai cashback maupun promo Shopee bahkan gratis ongkir pun tidak dipakai karena butuh cepat. Karena saya baca dari media konsumen dari kasus-kasus sebelumnya ada yang bilang karena pakai Spaylater, kode promo, dll. tapi dia tidak memakai vocher Shopee, dll.

Jadi saya tidak tahu kesalahannya di mana, apa karena yang beli temen saya? Dia juga membeli dengan uangnya, di mana saldonya berkurang. Jadi kalau itu sebuah kesalahan saya minta maaf. Atau ada lagi yang lain yang saya tidak tahu?? Saya tidak tahu, karena itu transaksi penjualan pertama saya, dan saya mengunakan akun tersebut untuk order Shopeefood dan juga order barang masih dalam 1 bulan ini aktif.

Saya mau pihak Shopee bisa mengembalikan saldo penjual karena itu hak saya. Mau akun saya dinonaktifkan selamanya pun saya tidak masalah, mungkin setelah ini juga saya gak berniat install dan buat akun Shopee lagi.

Jadi saya mohon kepada pihak Shopee untuk segera merespon dan membantu saya. Terima kasih.

Tulus
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:39    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Akun Shopee Dibatasi Tanpa Tahu Salahnya Di Mana, Saldo Tidak Bisa Ditarik

  • 2 Agustus 2022 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Sebagai saran:

    IA marketplace kemungkinan bisa membaca imei perangkat atau sejenisnya sehingga apabila melakukan login beberapa akun di perangkat yang sama terlebih akun2 yang login tersebut melakukan pembelian dan penjualan maka dianggap melanggar ketentuan dan syarat marketplace.

    Semoga membantu.

    9
    1
    • 2 Agustus 2022 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Sekalipun melakukan instal uninstal aplikasi atau hapus data setiap akun yang pernah login diperangkat yang sama akan terdeteksi IA marketplace sehingga apabila melakukan transaksi penjualan dan pembelian walaupun sudah menggunakan perangkat yang berbeda tetap akan dianggap melanggar ketentuan dan syarat marketplace.

    • 2 Agustus 2022 - (10:06 WIB)
      Permalink

      Ia bisa saja, karena yg beli kerabat saya. Dan saya kerja di tempat berbeda. Yg ketepatan sy kirim dr alamat toko saya. Jd mkin terdeteksi kerabat atau dll saya tdk tau. Jd saya jg tdk menyatakan sy benar 100℅ krna mkin pemahaman saya yg kurang jd bs saja sperti itu. Karna menurut saya, kalau kita baru buka toko online kan alangkah bagusnya kita tawarkan ke sauadar/kerabat terdekat kita. Disamping tidak repot hrs ke toko, bs order via online dan skligus menaikkan rating toko di awal. Itu menurut saya, mkin mnrt Shopee beda…. Jd saya tdk menyalahkan 100℅, krna sistem tdk tau gmn kondisi peristiwa sebenarnya. Yg saya minta, saldo akun penjual saya di kembalikan diluar menurut Shopee sy salah, dan sy jg tdk membenarkan diri krna sy tdk tau ttg sistem. Paling tdk jd pembelajaran utk kedepannya. Terimakasih atas sarannya🙏🙏

      4
      1
      • 2 Agustus 2022 - (13:22 WIB)
        Permalink

        Akun akan dibatasi selama 30 hari, bila sudah banding dan ditolak SARAN SAYA coba diemail kembali berapa lama akun akan dibatasi, apakah bisa aktif kembali atau akan dihapus permanen serta apabila dihapus permanen bagaimana dana yang masih ada di saldo penjual/shopeepay.

        Sehingga ada kepastian waktu dan prosedur penarikan saldo penjual apabila akun dihapus permanen, termasuk kemungkinan akan ada penyesuaian biaya bila ada sesuai syarat dan ketentuan yang telah disetujui pada saat daftar.

        Email dan banding yang pernah dikirim tersebut sebagai bukti juga nantinya apabila sudah melewati 30 hari dan dihapus permanen untuk klaim sisa saldo yang masih ada di akun penjual/shopeepay.

        Semoga membantu.

    • 4 Agustus 2022 - (10:16 WIB)
      Permalink

      Sy pernah denger cerita temen jualan di nonaktfkan.. Karena pembeli gunakan paylater (kredivo/ceria/spaylater dll) trus lokasi berdekatan, histori antara pembeli dan penjual sehingga kemungkinan besar dicurigai gestun atau gesem tunai. Sistem biasanya kejam terhadap indikasi ini.. Walaupun sistem terkadang salah juga. Hanya saja.. Kita semua di media konsumen tau lah ya… Kalo shoper ga punya customer service.. Shopee cuma punya robot service.. Anyway sy doakan cepet selesai masalahnya

    • 4 Agustus 2022 - (15:27 WIB)
      Permalink

      Apaan loe. 1 ktp aja bisa punya max 5 akun shopee jd selama masih 5 akun bagi shopee ya ga melanggar. 😂

  • 2 Agustus 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya anda melakukan pembelian dan penjualan secara terpisah dari perangkat berbeda dengan nomor telepon berbeda pula. Hindari pula transaksi pembelian dan penjualan menggunakan alamat yang identik (terutama nama dan nomor jalan).

    Nampaknya ribet, tapi AI marketplace sedemikian canggihnya sehingga cenderung paranoid sehingga yang seharusnya benar jadi salah. Di mindset mereka, oknum selalu menjadi mayoritas. Operatornya keukeuh selalu merasa benar dan AI-nya ingin selalu dimengerti.

    Jika anda sebagai konsumen juga sekaligus ingin berjualan dari perangkat dan alamat yang sama, maka gunakan marketplace berbeda, misalnya anda membeli di SoPuih dan berjualan di TokoPedih.

    6
    1
  • 2 Agustus 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    pak Tulus saya penggemar berat anda, hati-hati di jalan, diri dan gajah saya sangat menyukai lagu2 anda

    2
    1
  • 2 Agustus 2022 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kepada pihak Shopee krna sudah memproses permohonan penarikan dana saya. Dan saya sdh menarik saldo saya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata maupun perbuatan. Disini saya menulisnya, bukan untuk menjelekkan pihak Shopee. Krna saya jg sadar tdk benar 100 ℅ dalam penggunaannya kran minim pengetahuan akan aplikasi tersebut. Jd temen-temen yg sdh baca artikel saya ini, jgn berpikir aneh2 gmn…ya mkin sperti koment yg tertera di artikel saya, bgtulah sistem bekerja yg sering kali kita tdk tahu/sadar. Kiranya Shopee semakin maju, terimakasih

    6
    3
  • 2 Agustus 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Saya malah lebih parah, anak, ipar, dan mertua di blokir, alesan penyalagunaan voucher padahal jrang belanja, belanja klo mmg ada yg menarik dan ada diskon, mmg orange arogan sekarang, kaya dah paling di butuhin ajah sekarang. Pokoknya alamat sama biar hp beda blokir, mungkin sdh ga bisa bakar duit lagi makanya mereka pilih2.minta data, ktp KK tp tetap g bisa di pulihkan..kan kesanya cm nyari data ajah…

  • 2 Agustus 2022 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Kejadian di aku juga, dimana teman kos aku tawarin barang dan mau. Padahal belinya pakai akun dia lewat hp dia pula, cuma gara2 alamat sama.
    Konyol memang, padahal untuk mendapatkan pembeli di awal2 kita jualan itu sangat susah, dan ya cara yang paling ampuh menawarkan ke kerabat atau teman dan mengarahkan untuk beli via Shopee..

  • 3 Agustus 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Ecommerce bisa mendeteksi perangkat yg terhubung sama..

    Seorang penjual(A) menginap di sebuah hotel, secara tidak sengaja, seorang pembeli(B) menginap di hotel yg sama dengan penjual(A), dan mereka menggunakan perangkat wifi yg sama..
    Si pembeli(B) membuka sebua e commerce, dan barang incarannya ada di toko sipenjual(A) yg menginap sama dengannya dan membelinya..!!
    Pertanyaannya,
    Apakah e commerce akan mendeksi hal ini sebagai pelanggaran.?
    Mengingat mereka menggunakan perangkat wifi yg sama..?
    Ini lah yg perlu di perhatikan oleh e commerce, supaya tidak ada pihak yg di rugikan.!

    • 4 Agustus 2022 - (15:33 WIB)
      Permalink

      WiFi mAh ga termasuk deh.. pasti terdeteksi karena alamat / no hp yg sama biasanya

    • 5 Agustus 2022 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Kalau pemahaman saya menggunakan perangkat wifi yang sama itu tidak masalah yang jadi masalah adalah:
      – 1 Perangkat pernah login dengan beberapa akun melalui aplikasi (HP) atau browser (komputer), kemudian akun-akun tersebut melakukan transaksi jual beli walaupun sudah menggunakan perangkat yang berbeda maka akan terdeteksi melakukan kecurangan.

      Contoh:
      Perangkat HP A pernah melakukan login untuk akunnya sendiri A dan saudaranya akun B kemudian temannya pernah pinjam dan login akun C, walaupun akun B dan akun C telah logout dari perangkat akun A dan melakukan login melalui perangkat yang berbeda maka sampai kapan pun tidak boleh melakukan transaksi jual beli antara akun A, B dan C karena akan dianggap melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan marketplace.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibatasi Tanpa Tahu Salahnya Di Mana, Saldo Tidak Bisa Dit…

oleh Ryan Ray dibaca dalam: 1 menit
17