Dana Tidak Diteruskan ke Penjual, Padahal Paket Telah Diterima oleh Pembeli

Pada hari Minggu, tanggal 3 Juli 2022, pembeli di Shopee membuat pesanan dengan nomor 220703F0UXN0H0 senilai Rp67.500, dari toko saya (Lentera Kecil Official) untuk pembelian poster edukasi. Alamat pembeli berdada di Kab. Cianjur, Prov. Jawa Barat sementara alamat toko saya di Kota Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan pengalaman saya, pengiriman ke lokasi pembeli tersebut, membutuhkan waktu 1-3 hari.

Pada hari Senin, tanggal 4 Juli 2022, pesanan dikirimkan sesuai dengan jasa kirim yang dipilih oleh pembeli, yaitu J&T Express dengan nomor resi: JP4144883379.

Hingga pada tanggal 13 Juli 2022 (7 hari sejak pembelian), paket belum diterima, sehingga pembeli mengajukan pengembalian dana, dengan alasan pesanan tidak kunjung diterima.

Tanggal 14 Juli 2022, saya mengajukan banding dengan alasan barang telah dikirimkan sesuai pesanan pembeli. Tanggal 18 Juli 2022 Shopee memberikan keputusan untuk mengembalikan dana kepada pembeli sebesar Rp68.165, dengan alasan paket yang dikirimkan sedang dilakukan proses retur (pengembalian) kepada penjual.

Shopee meminta kepada saya sebagai pihak penjual untuk menunggu hingga barang diterima.

Tanggal 19 Juli 2022, berdasarkan hasil pelacakan paket, paket justru diterima oleh pembeli pada tanggal 19. Hal tersebut diperkuat oleh hasil pengakuan (chat dengan pembeli) yang menyatakan bahwa paket telah diterima.

Tanggal 19 Juli 2022, saya menghubungi Shopee melalui chat ke customer service (CS) mengenai perihal tersebut. Namun CS Shopee malah menyarankan saya untuk menghubungi pihak ekspedisi perihal paket tersebut.

Ricky Rezky Sapta
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:13    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Dana Tidak Diteruskan ke Penjual, Padahal Paket Telah Diterima oleh Pembeli

  • 5 Agustus 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Saran saya:

    Kirim Formulir Barang rusak saat diterima atau barang pengembalian tidak diterima melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal/webform/5025a235cbca45548cfccdffcf4e6ff1
    Masukkan data-data anda dan pesanan terkait yang telah diretur.

    Ikuti prosedur sesuai keputusan barang diretur sehingga apabila Anda tidak menerimanya maka klaim seharusnya mendapatkan penggantian senilai barang.

    Nanti diinvestigasi oleh marketplace, permasalahan barang diterima pembeli dan sebagainya menurut saya bukan urusan Anda lagi dan itu nanti diurusi marketplace apakah akan dibebankan/disesuaikan ke saldo Pembeli bila terbukti atau bagaimana tergantung investigasi marketplace,

    Jadi Anda fokus saja ke BARANG RETUR TIDAK DITERIMA.

    Semoga membantu.

    3
    3
    • 5 Agustus 2022 - (13:16 WIB)
      Permalink

      Sesuai dengan saran yang diberikan oleh CS, penjual diminta untuk menghubungi pihak ekspedisi.

      Saya selaku penjual masih menunggu inisiatif baik dari shopee melalui surat ini.

      • 5 Agustus 2022 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya, saran tersebut saya tolak untuk menghubungi ekspedisi dengan alasan kerjasama adalah antara Marketplace dan Ekspedisi dan saya dengan marketplace. Karena jawaban ekspedisi pasti silahkan hubungi CS marketplace.

        Sehingga saran saya buat pelaporan melalui menu link yang diatas nanti akan muncul nomor pelaporan dan bisa diakses diaplikasi. Push melalui nomor pelaporan atau dijawab melalui email bila belum ada tindak lanjut.

        Fokus saja BARANG RETUR BELUM DITERIMA sesuai permasalahan yang sudah diputuskan marketplace, kalaupun hilang dsb akan mendapatkan penggantian 100% senilai barang.

        Semoga membantu.

      • 6 Agustus 2022 - (07:11 WIB)
        Permalink

        Buyernya licik, duit dibalikin tp barang di terima. Ekspedisinya ga bnr, 2 minggu baru dikirim.

  • 5 Agustus 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Ini bisa menjadi celah kelemahan e-commerce yang akan dimanfaatkan buyer nakal. Akibat keterlambatan ekspedisi, buyer dapat barang gratis. Semoga seller barangnya bisa kembali dan nggak kapok mengais rezeki di SoPee yang belakangan ini mulai bau pesing.

    6
    1
    • 5 Agustus 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Sistem semua marketplace sebenarnya hampir sama, hanya kita saja yang perlu memahami HAK DAN KEWAJIBAN serta semua PROSEDUR yang harus dilakukan sehingga tidak akan merugikan kita sebagai buyer ataupun seller.

      • 6 Agustus 2022 - (20:42 WIB)
        Permalink

        Om itu bisa saja oknum kurir kerja sama dg buyer bisa jd celah memanfaatkan batas waktu estimasi market place contoh

        Si A beli brg dr lapak di B hp Boba dkirim dg estimasi 3-5 hari, pas sampai hari ke 6 si A sbg buyer beli hp tsb komplain dg menunjukkan bahwa estimasi pengiriman telah lewat dan meminta hak nya untuk uang kembali karena brg gak diterima/tidak terkirim kemudian singkat cerita terjadi komplain yg akhirnya di menenangkan si buyer Krn dia TDK terima dan di cek di resi pengiriman EMG TDK dikirim setelah dana refund kepada si A ntr oknum kurir ni baru konfirmasi barang telah dikirim ke alamat penerima tp duit dah kembali kan bisa saja celah ini jadi bumerang bagi seller dan Market place Krn skg gak seller gak buyer pd nakal apa lagi buyer nakal beli brg di lapak yg baru merintis kurang jam terbang buat antisipasi buyer2 nakal.

        Saya juga seller & juga buyer

        • 7 Agustus 2022 - (11:14 WIB)
          Permalink

          Sesuai Pengalaman saya Untuk kasus om samsung:
          – Dimenangkan seller selama mengirimkan bukti foto barang tertempel label dan resi pengirimannya dan dikonfirmasi oleh ekspedisi ke marketplace sehingga pengajuan dibatalkan dan akan kembali ke STATUS DIKIRIM walaupun sudah lewat estimasi.
          – Dimenangkan buyer apabila ekspedisi tidak mengkonfirmasi dan ini oleh marketplace dianggap barang hilang sehingga buyer akan mendapatkan pengembalian dana dan seller akan mendapatkan penggantian buyer senilai barang atau 10x ongkir bila tidak diassuransikan.

          Dalam hal ini Buyer maupun Seller tidak dirugikan. Siapa yang dirugikan ? tergantung kerjasama marketplace dan ekspedisi dan menurut saya bukan urusan buyer dan seller.

          Bagaimana bila barang sampai ke Buyer ? menurut saya kasus demikian pasti akan dievaluasi oleh marketplace dan ekspedisi, perkara buyer akan dikejar ekspedisi, buyer akan mendapatkan pembatasan akun dan lain sebagainya saya rasa itu menjadi urusan Marketplace dan Ekspedisi sebagai perusahan besar pasti akan dievaluasi dan punya mekanisme perbaikan atau mekanisme lain untuk menekan kerugian akibat kelalaian oknum mereka masing-masing.

          Happy shopping om samsung, bersama menjadi buyer dan seller yang cerdas dan memahami peraturan dan ketentuan marketplace dan ekspedisi, sehingga tidak ada kerugian yang akan dialami buyer dan seller.

          Sebagai saran kita tidak perlu memikirkan atau berusaha menjadi buyer atau seller nakal dikarenakan semuanya pasti dianalisa marketplace dan ekspedisi, mungkin ada satu dua yang lolos namun pasti tidak selamanya dan bisa menghadapi konsekuensi Hukum suatu saat.

          Semoga membantu.

          • 7 Agustus 2022 - (11:25 WIB)
            Permalink

            Setidaknya melalui marketplace, seller dan buyer akan sangat terbantukan (99% aman) dari masalah pembayaran sampai pengiriman.

            Dibandingkan jual beli online secara langsung yang resikonya sangat besar dan harus kita urusi sendiri, sehingga kalau tidak memiliki sumberdaya yang cukup mendingan jual beli online melalui marketplace.

  • 5 Agustus 2022 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Selama status masih gantung sebenarnya tidak boleh ada pelepasan dana ke pihak manapun. Tapi kalau sudah begini, mestinya push pihak pembeli utk bayar manual. Kalaupun jika sudah tidak mau barangnya, minimal itikad baik utk kembalikan/kirim balik ke penjual (gpp sbg penjual tanggung ongkir, namanya apes). Beli produk poster edukasi tapi otaknya minim edukasi, yang bukan hak nya mau di klaim juga.

    • 5 Agustus 2022 - (23:07 WIB)
      Permalink

      itu kelemahan di shopee, paket bisa dengan cepat dibatalkan CS tanpa menunggu kejelasan status paket apakah benar diretur atau tetap dikirimkan

      • 6 Agustus 2022 - (00:02 WIB)
        Permalink

        Saya pernah ngalami tapi sekarang udah tutup toko. Engga ada jaminan kenyamanan, jika terjadi masalah dipengiriman marketplace dengan cepatnya ngambil keputusan tanpa menunggu kejelasan paket, hal seperti itu bisa bikin salah satu pihak penjual atau pembeli dirugikan, padahal yang salah kan pihak ekspedisi. Kalo yang pake asuransi ke tolong, kalau engga pake ? Udah pasti rugi, Karna engga semua ekspedisi bisa pake asuransi

  • 6 Agustus 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Emang niat pembelinya aja yang jahat kalau barang udah diterima kenapa gak langsung transfer aja duitnya
    Ya sudahlah seller di Ikhlasin aja pasti akan ada penggantiannya kok yng lebih besar lagi dan tetap semngat…

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Dana Tidak Diteruskan ke Penjual, Padahal Paket Telah Diterima oleh Pe…

oleh Ricky dibaca dalam: 1 menit
15