Pemotongan Saldo Penjual di Tokopedia Tidak Sesuai Ongkos Kirim

Saya adalah penjual di Tokopedia dan sejauh ini belum ada masalah terkait saldo penghasilan yang didapatkan setelah penjualan selesai.

Tetapi masalah timbul pada nomor invioce: INV/20220724/MPL/2512244811, yang mana potongan ongkos kirim sebesar Rp47.900 dengan keterangan: harga aktual = Rp101.900, Berat Aktual = 1 Kg. Pengiriman untuk pesanan ini menggunakan ekspedisi Anteraja dengan rute Surabaya – Sigi Sulawesi Tengah.

Saya sebagai penjual telah melakukan pengiriman dari kota asal sesuai dengan di Tokopedia, bahkan saya melakukan request pickup dan kurir datang ke tempat saya untuk mengambil paket. Permasalahan di sini adalah Tokopedia menganggap ongkos kirim yang tidak sesuai, sehingga memotong saldo saya sebagai penjual. Jika saya cek untuk ongkos kirim melalui website Anteraja, rute Surabaya – Sulawesi Sigi Sulawesi Tengah sudah sesuai dengan invoice penjualan yaitu Rp54.000.

Saya sudah tanyakan ke Tokopedia Care sejak tanggal 29 Juli 2022, tetapi sampai surat pembaca ini saya buat (10 Agustus 2022), Tokopedia masih melakukan pengecekan dan belum ada penyelesaian dari pihak Tokopedia.

Alvius
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Pemotongan Saldo Penjual di Tokopedia Tidak Sesuai Ongkos Kirim

  • 12 Agustus 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga sering dipotong selisih ongkir JNE di Tokopedia. Mungkin pembeli memasukan kecamatan yg salah / memasukan alamat kota tapi sebenarnya di kabupaten.

  • 12 Agustus 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Update:
    ________
    Operational Disbursement Saldo Penghasilan Rp47.900
    Selisih ongkos kirim pada invoice INV/20220724/MPL/2512244811
    12 Aug 2022, 11:14 WIB
    ________

    Akhirnya Tokopedia sudah mengembalikan selisih ongkos kirim ke saldo penjual.
    Terima kasih Media Konsumen.

    • 12 Agustus 2022 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Sekarang Tokopedia terlalu byk biaya layanan tdk seperti si orange tdk ada potongan2,, kmrn saja sy ada penjualan lebih dr 500an & diptong biaya merchant+ongkir lebih dr 28rb, pdhl kita jual brg sdh paling murah dipotong pula trs dmn kita penjual bisa sejahtera klau mrk slalu beri tarif biaya layanan sebesar itu 🙁 Kita kn juga modal kardus+lakban+Babel supaya brg aman blm lagi maha netizen yg agak2 judes klau berkomentar klau brg gk sesuai harapan pdhl dr kita sdh maksimal 🙁 tlong Tokopedia jgn byk2 biaya layanannya kasian kita sbgai UMKM kcil seperti ini klau untungnya kami diambil 🙁

        • 12 Agustus 2022 - (21:13 WIB)
          Permalink

          Oiya kak wah sdh lama tdk update dishopee Krn trakhir jualan tdk ada potongan pas saldo masuk…hmmm ya sbnrnya harapan sy sih inginnya utk biaya layanan klau bisa jgn besar2 soalnya lumayan jg kita cr tmbahan dr sana walau cr lebihan seribu dua ribu sgt brarti buat pedagang kcil Kya sya hehe..mdh2n kdepan ada pembaharuan..

      • 12 Agustus 2022 - (20:24 WIB)
        Permalink

        Kalo tokopedia tidak heran
        Potong ongkir orang sesuka hatinya

        Ini masuk MK makanya langsung dikirim balek luit nya, kalo engga udah MASOK KANTONG TOKOPEDIA

      • 13 Agustus 2022 - (01:03 WIB)
        Permalink

        Itu sih kamu yang ga cocok jualan online karena ga bisa menentukan harga jual. Tokopedia juga gak meminta kamu untuk jual barang murah kan? Itu kamu sendiri yang pasang harga.

        Sekarang pakai rumus
        HPP = Modal + Laba + Komisi marketplace + Biaya Packing + Pajak UMKM (0,5%) = Harga yang ditampilkan di Tokopedia.

        Ga perlu ikutan jual murah, apalagi perang harga, kalau ujungnya buntung. Baru dipotong Tokopedia aja udah panik, apalagi nanti tiba-tiba dikirim surat dari kantor pajak setempat. Seller Shopee udah banyak yang alami tahun lalu. Jangan kerja buntung, tapi kerja untung.

        1
        2
        • 13 Agustus 2022 - (12:22 WIB)
          Permalink

          Iya seller shoope yg penjualannya ratusan juta biasanya kaget dapet tagihan dari pihak pajx..pernah denger sampe ratusan Jeti..

          1
          1
  • 12 Agustus 2022 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Tips jualan di shopee, cukup aktifkan gratis ongkir extra, tawaran lainnya abaikan saja. Kl tidak ikutan ya tidak ada potongan, utuh jualannya. Kl di toped, kl tidak ikutan power merchant ya utuh jualannya. Kl di bl ya sama ada potongannya kl tidak salah, soalnya sepi jadi tdk saya perhatikan. Kl soal potongan ongkir, kl tidak error sistemnya ya jasa kirimnya. Tp selama jualan sejak toped berdiri sampai saat ini belum pernah mengalami.

  • 13 Agustus 2022 - (05:41 WIB)
    Permalink

    Baik terimakasih byk info&masukannya,, Alhamdulillah sdh jualan pakai Tokopedia dr 2014 -2022 ini sy pengguna setia kok Krn baru2 ini sja setahun lebih diadakannya biaya layanan yg menurut sy lumayan pmotongannya sy sdh jualan lumayan lama bisa cari tokonya ke SORAYA_SNACK siapa tau kk minat membantu sy utk memajukan toko sy supaya lebih ramai jualannya lagi ya Insya Allah produknya fresh buatan rumahan Alhamdulillah sdh jualan aneka keripik buatan sendiri… terimakasih komentarnya mdh2n ada perubahan lebih baik lg kdepannya,,ini hanya keluhan saya saja tdk apa2 kan bukan suatu masalah Krn opini rakyat juga harus didengar jika Tokopedia tdk menerimapun ya sudah saya sdh berusaha selama ini ikut serta mempromosikan Tokopedia setiap kali sy jualan baik,via WA, Instragam,FB selalu memasukan link toko dll sy ttp akan pakai Tokopedia agar terus berkembang dan Alhamdulillah bersyukur bisa ttp jualan sampai sekarang,,mdh2n bisa dimasukan kedalam list saran konsumen..tdk2 apa2 silahkan beri saran&motivasi utk sy, terima kasih ya sy menerima apapun masukannya utk diri sy agar ikut berkembang ??

  • 13 Agustus 2022 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Memang akhir-akhir ini Tokopedia sudah sangat keterlaluan dalam mengeruk keuntungan dari setiap transaksi. Untuk pembeli saja, sekarang dikenai beban setiap kali transaksi.
    1. Dulu asuransi adalah pilihan, sekarang jadi wajib.
    2. Dulu tidak ada biaya transaksi sekarang di kenakan biaya setiap satu kali transaksi, dengan alasan untuk pemeliharaan sistem. Padahal sistem itu kan urusannya pihak Tokopedia bukan urusan pembeli.

  • 13 Agustus 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    1. Utk asuransi itu dari pihak penjual nya, mau pakai atau tidak.
    2. Biaya layanan di toped utk pembeli hanya 1000 rp, apakah berat rasanya mengeluarkan biaya rp 1000, sedangkan dapat cashback berupa gopay coin, potongan ongkir hingga gratis ongkir.

    Kalo menurut saya sih masih lebih banyak untung daripada rugi nya ya

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Tokopedia?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Pemotongan Saldo Penjual di Tokopedia Tidak Sesuai Ongkos Kirim

oleh Alvius dibaca dalam: 1 menit
15