JNE Menghilangkan 9 Dus Barang Seberat 195 Kg dan Menolak Ganti Rugi Penuh

Pada tanggal 11 Juli 2022, saya melakukan kiriman sebanyak 9 dus/koli di JNE Karimun. Isi barang berupa pewangi, dengan total berat 195 Kg dan nomor resi kiriman: 150440063203022. Kiriman diproses seperti biasa. Kiriman tersebut di tracking online statusnya transit di Pekanbaru tanggal 18 Juli 2022 dan sampai di Jakarta tanggal 20 Juli 2022.

Pada tanggal tersebut, saya melakukan komplain ke pihak JNE. Namun pihak JNE bilang estimasi sampainya barang menunggu 26 hari (padahal biasanya 1 mingguan sudah sampai).

Setelah 1 bulan dan beberapa kali komplain ke JNE, masih tidak ada kejelasan posisi paket tersebut ada di mana. Heran sekali rasanya, 9 dus besar barang bagaimana mungkin bisa hilang?

Per hari ini tanggal 30 Agustus 2022, JNE menghubungi saya dan mau melakukan klaim sebesar 60% dari harga barang. Tentu saja saya keberatan dengan keputusan tersebut. Saya tetap meminta ganti full barang dan menuntut JNE bertanggung-jawab penuh, karena kesalahannya sangat fatal dan menghilangkan kepercayaan konsumen.

Johan Candra
Karimun, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Johan Candra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 31 Agustus 2022 berjudul “JNE Menghilangkan 9 Dus Barang...
Baca Selengkapnya

70 komentar untuk “JNE Menghilangkan 9 Dus Barang Seberat 195 Kg dan Menolak Ganti Rugi Penuh

  • 1 September 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    maaf, kenapa tidak diasuransikan kah? tujuan asuransi biar kalo ilang atau ada apa-apa ya diganti full.
    Bukan membela jne ya tapi istilahnya jne udah kasih opsi.
    opsi 1: kirim barang, kalo ilang ganti 10x lipat dari ongkir.
    opsi 2: kirim barang, kalo ilang di ganti full (tentu saja jadi lebih mahal)

    ketika milih opsi 1 ya resiko seperti itu

    • 5 September 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      To susah jg . Prosedure nya gt 10 x ongkir dari dulu gt. Kalo ga asuransi. Asuransi ga? Kalo ga asuransi ya 10x ongkir …

  • 1 September 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah barang gede apa kecil sih, klo barang mahal dan ga diasuransiin pasti ada oknum jahat. Seenggaknya klo lu asuransiin lu punya bukti kuat buat debatin JNE. Klo ga pake asuransi ya lu tunduk s&k nya JNE mau itu ngerugiin lu apa engga.

  • 1 September 2022 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Udah bar bar in aja bang, push terus. Ndak usah peduli yg berkata “asuransi”.
    Peduli setan dengan “Mereka menyediakan jasa pengiriman bukan pengamanan”, intinya kalau berdasar jasa pengiriman, kiriman harus sampai dan dengan kondisi dan isi yg sama saat kita kirim karena kita bayar, bukan gratis nebengin truk. Dah gitu aja.
    Jangan terima kalau di ganti 10x ongkir.
    Intinya kalau mau ribut, kembalikan barang saya sama persis dan jumlahnya tidak kurang satu apapun.
    Biar gak tuman.

    Dulu2 pas covid pernah beli hp di antar sicepat, mangkrak di station mereka hampir 3 hari, padahal satu kota, palingan 10km jarak rumah sama tokonya, ane samperin langsung tuh. Ngeri ilang aja.

  • 2 September 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    serem jne. sy resign day pake jne kalau gitu. selambat2nya sicep@t, barangnya sampai, ni jne barangnya ditilep.dijalan. hae. mana dimari bamyak berkeliaran oknum2 jne yg nyamar jadi konsumen lagi. hae. ngeringeri. goodbye jne.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

JNE Menghilangkan 9 Dus Barang Seberat 195 Kg dan Menolak Ganti Rugi P…

oleh johan dibaca dalam: 1 menit
70