Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi Uang Tidak Masuk

Saya Afif Fauzan. Pada tanggal 9 Agustus 2022, saya memiliki 4 transaksi bermasalah. Saya melakukan pembayaran merchant QRIS Mitra Bukalapak, dengan nominal pembayaran senilai Rp1.999.998 dan nomor transaksi: ATLcdpPBgxXY5 (pukul 12.31) dan ATTouiyk46D8Z (pukul 12.33). Kemudian nominal pembayaran Rp999.999, dengan nomor transaksi: ATKy6mvQomBLM (pukul 19.21).

 

Ketiga transaksi tersebut status di Shopee adalah berhasil. Akan tetapi status di merchant tempat pembayaran, sama sekali tidak ada transaksi yang terjadi.

Rincian mutasi pada tanggal 9 Agustus pada merchant QRIS

Saya sudah melakukan aduan kepada Shopee tentang permasalahan tersebut. Jawaban yang diberikan oleh Shopee adalah untuk menunggu proses selama 18 hari terhitung tanggal 10 Agustus 2022.

Sampai saat saya menulis surat ini pada tanggal 30 Agustus 2022, berarti sudah 20 hari atau 2 hari melebihi batas waktu yang diberikan oleh Shopee. Setelah saya follow up berkali kali, jawaban yang diberikan Shopee adalah untuk menunggu 18 hari kembali.

Jawaban yang diberikan selalu sama seperti ini.

Jawaban yang diberikan oleh Shopee sangat tidak memuaskan. Saya sudah menunggu estimasi yang diberikan. Akan tetapi dengan tidak profesional pihak Shopee malah melanggar estimasi tersebut. Setiap saya meminta kejelasan melalui pesan chat bantuan Di Shopee, jawaban yang diberikan tetap sama yakni disuruh untuk menunggu 18 hari lagi. Apakah kinerja tim Shopee memang sebegitu tidak profesional?

Kemudian pada tanggal 23 Agustus 2022 pukul 13.21, saya melakukan transaksi sebesar Rp999.999 dengan menggunakan ShopeePay dan membayar merchant QRIS dengan nomor transaksi: ATJHMqdDxkCbk. Hal yang sama terjadi, status transaksi sudah berhasil, tetapi tidak ada transaksi yang masuk di merchant.

Saya juga sudah melakukan komplain dan laporan terhadap Shopee, akan tetapi disuruh untuk menunggu 18 hari, terhitung tanggal 23 Agustus 2022.

Dari semua kasus saya tersebut, dengan total dana senilai Rp5.999.994, Pihak Shopee tidak profesional terhadap kasus yang menimpa saya. Saya menuntut pihak Shopee segera menyelesaikan masalah saya. Saya minta untuk cepat dan tidak bertele-tele.

Di sini saya sudah cukup sabar menunggu 18 hari untuk proses pengecekan dan lain-lain. Kenapa harus menunggu tambahan 18 hari kembali? Saya sudah lelah dengan semua ini. Saya harap Shopee bisa segera menyelesaikan semua kasus ini.

Disisi lain, pihak Mitra Bukalapak selaku merchant tempat pembayaran, angkat tangan mengenai kasus ini dan menyalahkan pihak Shopee untuk penyelesaian masalah.

Afif Fauzan
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi Uang Tidak Masuk

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS ShopeePay?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi U…

oleh Afif Fauzan Zarror dibaca dalam: 1 menit
0