SOP Telkomsel Bikin Tukang Pulsa yang Ingin Untung Malah Buntung

Semua pedagang tentu saja mengharapkan keuntungan dari produk yang dijual. Begitu juga saya, yang dalam hal ini adalah pedagang alias tukang pulsa. Untuk mencari untung dari jualan pulsa, saya salah satunya menggunakan aplikasi Mitra Shopee. Pada tanggal 19 September 2022, ada masalah pada transaksi paket data Telkomsel, dengan nominal Rp22.500 (harga Mitra).

Setahu saya, apabila sudah keluar setruk, berarti transaksi sudah sukses. Selain saldo yang sudah terpotong, pulsa atau paket data juga berarti sudah masuk di nomor tujuan (pelanggan). Namun ternyata saya keliru, transaksi berhasil ternyata belum tentu pulsa atau data sudah masuk ke nomor tujuan.

Waktu itu paket data dikirim ke nomor 081221730*** dan status sukses dengan nomor pesanan dan kode SN yang juga sudah muncul. Mengacu pada bukti transaksi, konsumen pun melakukan pembayaran dan meninggalkan konter. Namun tak lama berselang, beliau kembali lagi dan mengatakan bahwa paket data belum masuk.

Saya pun kemudian memberikan bukti transaksi di Mitra Shopee. Namun kemudian setelah dicek di hp konsumen tersebut, memang belum ada paket data yang masuk. Dia lalu meminta uang kembali, dengan alasan mau membeli paket data di tempat lain karena buru-buru.

Sebagai pedagang tentu saja hal ini jadi dilema. Di satu sisi saldo di Mitra Shopee sudah terpotong sedangkan konsumen meminta uang kembali. Saya sudah menjelaskan bahwa hal ini harus diurus terlebih dulu, saya meminta waktu untuk menghubungi Mitra Shopee untuk mengetahui duduk perkara. Jangan-jangan paket datanya telat masuk atau gimana.

Namun bagaimanapun, konsumen gak mau tahu. Paket data belum masuk, dia keukeuh minta uang kembali, dengan dalih akan membeli di konter lain. Dia pun mulai gaduh, khawatir mengganggu konsumen lain, saya kembalikan saja uang tersebut.

Saya kemudian menghubungi Cs Mitra Shopee melalui live chat. CS menyarankan saya menghubungi CS via email dengan menyertakan bukti transaksi di aplikasi. Kemudian balasan dari no-reply@shopee.com, kurang lebih isinya mengatakan bahwa tak ada gangguan di sistem Shopee. Saya pun diminta menghubungi provider, dalam hal ini Telkomsel.

Saya sudah menghubungi Instagram Telkomsel yang sudah centang biru, dan menjelaskan permasalahan. Admin kemudian meminta biodata saya, nomor hp dan juga tempat tanggal lahir. Setelah saya memberikan data yang dibutuhkan, admin pun tak menjawab lagi meski di beberapa kesempatan saya lihat statusnya aktif.

Dua hari kemudian saya menghubungi call center 188. Setelah permasalahan dijelaskan secara rinci, mulai dari hari transaksi hingga cueknya admin Instagram Telkomsel yang centang biru, beliau meminta data konsumen yang mengisi paket data di konter saya itu. Data yang dibutuhkan adalah masa aktif kartu dan kapan terakhir beliau mengisi pulsa atau kuota.

Sebagai penjual, saya rasa tidak bisa meminta data yang dibutuhkan si CS. Namun saya mencoba untuk menghubungi konsumen tersebut, dan betul saja ternyata dia tidak kooperatif. Sebelumnya CS mengatakan bahwa tanpa data yang diperlukan, dia tidak bisa membantu dikarenakan SOP Telkomsel, katanya, tetap membutuhkan data tersebut.

Saya juga sempat bertanya jikalau saya tak mendapatkan data tersebut, apakah masalah ini selesai? Apa kabar saldo saya? Larinya ke mana? CS menjawab “Dicoba saja”.

Setelah menghubungi Mitra Shopee dan Telkomsel, saya merasa tidak terbantu sama sekali. Shopee meminta saya menghubungi provider dengan alasan di Mitra Shopee pada saat itu sedang tidak ada gangguan. Sedangkan Telkomsel meminta data konsumen, satu hal yang tidak bisa saya (sebagai penjual) dapatkan.

Saya juga memahami bahwa SOP memang harus dijalankan. Demikian juga SOP Telkomsel bahwa untuk membantu permasalahan ini dibutuhkan data-data konsumen juga saya betul-betul mengerti. Saya pun sudah berusaha untuk meminta data yang diperlukan, tapi ternyata nihil hasil, akhirnya saya pun pasrah.

Demi menghormati SOP Telkomsel, saya pun merasa lebih baik merelakan dagangan saya, saldo, walaupun tak tahu masalahnya apa dan si saldo itu lari ke mana. Pada akhirnya tukang pulsa yang nyari untung ini malah buntung.

Ady Nugraha
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:149    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Ady Nugraha

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 29 September 2022 oleh Bapak Ady Nugraha mengenai SOP Telkomsel bikin tukang...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “SOP Telkomsel Bikin Tukang Pulsa yang Ingin Untung Malah Buntung

    • 30 September 2022 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Persis yang saya alami , sya malah memakai chip resmi dari telkomsel dan nominalnya malah lebih besar 100.000 dan sma sja tidak ada hasilnya

  • 29 September 2022 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Bukan bermaksud membela pihak tsel y gan, cs memang tdk bisa nabrak sop yg sudah ada dr perusahaan, konsekuensi y pekerjaannya dia klau nabrak sop nya. Saran aja buat ts, klau cth provider tsel itu kan ada digipos ya, dftr bisa sndri, resmi langsung dr telkomsel, dan pasti stiap transaksi valid. Dan klau kendala punya cs trsendiri utk para pengusaha konter kyk saya dan ts. Mdh²n d gnti dgn rezeki yg lbh banyak om ts🙏

    5
    8
    • 2 Oktober 2022 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Enak jd si orange, disitu sdh jls di bilang mitra, tp ada masalah suruh urus sendiri, wkwkwk, makanya males saya bermitra mitra, mending lgs ke kios yg bisa mitra . Telkomsel mmg parah, sy ga pernah aktipin internet, tp selalu ada sms info, bahwa saya sdh mengunakan internet dan pulsa di potong 1000, kadang isi pulsa bwt perpanjang masa aktif, pulsa habis sendiri…

  • 29 September 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Menurut saya yang harus diperbaiki sistem antara shopee dan telkomselnya, harusnya memang dinyatakan berhasil dan saldo terpotong itu jika paket data sudah aktif di nomer pembeli. Harus sinkron sistemnya.

  • 29 September 2022 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Sekarang sudah tgl 29 September, kasus masih jalan di tempat. Sebetulnya sy sudah tidak mempermasalahkan modal yg hilang, hanya ingin tahu saja permasalahannya apa agar masalah yg sama tidak terjadi di kemudian hari.

    • 4 Oktober 2022 - (06:19 WIB)
      Permalink

      Itu mah yg beli pulsa bohong bang, sy sering di gituin kalau jualan pulsa. Sy bilang aja tunggu 1×24 jam kalau belum masuk nanti baru di balikin uangnya. Kalau notifikasi pulsa atau data masuk di hp pembeli kan via sms, kalau mau bohong ya tinggal hapus aja.

  • 29 September 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    sudah dipastikan nomor pembeli sama dgn yg diisikan? sy curiganya pembeli lah yg nakal. suruh isi nomor A, tp yg dipegang di hp itu nomor B

    9
    3
    • 29 September 2022 - (15:37 WIB)
      Permalink

      Hari kejadian sy sdh pegang hp konsumen dan cek nmr. Masih aktif, cm blm ada transaksi yg masuk

      • 29 September 2022 - (16:07 WIB)
        Permalink

        hp nya dual sim?
        biasa sih kalo udah muncul serial number, udah pasti keisi sih

  • 29 September 2022 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Yg jadi masalah Itu CS telkomselnya yang rata kek Badut, ******, *****,Mereka Gk tau semua Permasalahn Konsumen biarpun sudah di kasih tau,jawabanya tetep sama “Nanti saya bantu Buatkan laporanya ya paka”harap d Tnggu 2 x 24 jam,Kl udh lewat tapi masalah belum kelar mereka cm bida Bilang”Itu Tugas orang lapangan kami pak,saya bantu Up laporan bapak ya”Begituu terus sampe Kita saya sbg Konsumen Cape,tiap telfon kena Biaya tapi masalahnya Ga pernah Beres,Akhirnya saya stop isi Data di Telkomsel dan paling 2 bln sekali saya isi 5rb agar kartu tdk hangus.

  • 29 September 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Shopee lagi Shopee lagi, kasus sama seperti orang yang melakukan transaksi transfer sebesar 9 jutaan, menggunakan Shopee pay. Transaksi transfer sukses terkirim tapi uang tidak masuk ke rekening penerima. Menanyakan ke customer care Shopee juga katanya normal tidak ada gangguan. Ampun dech amburadul nya Shopee.

  • 29 September 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Ini murni SOP nya yg aneh, karena TS penjual pulsa bukan konsumen telkomsel lgs yg beli pulsa,dan konsumen juga ga bs disalahin sih. Klo ada tukang pulsa nanya2 data saya juga sy ga akan kasih. Bukan apa apa, klo nomer kita dipake buat kode OTP bank dll kan bahaya juga. Jadi SOP shopee/telkomselnya perlu diperbaiki.. btw klo shopee mah ga usah ngmg lah ya, udah terkenal bermasalah. Semoga diganti dengan rezeki lain gan

  • 29 September 2022 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Sama nih bos kasusnya, dan masalah gagal kirim pulsa/paket tapi saldo sudah dipotong hanya terjadi dioperator telkomsel, yg lain aman. Saya juga disuruh hubungi pihak cs telkomsel dan masih nunggu proses.

    • 30 September 2022 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Masih ajah berhubungan Ama yg namanya shoppe,jual pulsa isi sendiri pakai aplikasi banyak yg jual agak murah dan aman , seperti flip dan lain lain

  • 29 September 2022 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Saya lebih parah , pelanggan bayar via QR 230000,transaksi berhasil tapi saldo tidak masuk//saya menggunan qris mitra Bukalapak,cuma hitungan menit rugi 230ribu

    • 1 Oktober 2022 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Sama seperti saya tapi saya bisa di tarik cara nya masukan kode reff dari pengirim nanti ada history nya dan bisa di cairkan langsung dana nya lewat manual.

  • 29 September 2022 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Isi ulang via mitra shopee yg punya akses pemotongan saldo shopee trus yang salah ya Telkomsel? Gitu gan?

  • 30 September 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Mending pakai aplikasi khusus buat jual pulsa , sy jg tadinya beli pulsa via market shop, tp stelah sy pikir terlalu banyak langkah, ahirny y pakai aplikasi khusus buat jualan, harga jg lumayan ada selisih.

  • 30 September 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Untung ga sberapa kalo dari olsop. Mending daftar sakutoko.com aja untungnya lebih besar. Karna distributor.

    • 30 September 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Kalau mau jualan pulsa, coba pakai aplikasi optimus mobile, om… Harga murah, produk komplit, transaksi cepat, komplain ke cs ga seribet pakai sopi. Coba pakai optimus mobile dengan kode reff JOSS

  • 30 September 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Untung ga sberapa kalo dari olsop. Mending daftar sakutoko./com aja untungnya lebih besar. Karna distributor.

  • 1 Oktober 2022 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini Shope yg harus paling bertanggungjawab, karena mitra berproses dan membuat transaksi dengan Shopee, membayar kepada Shopee dan Shopee juga yg mengeluarkan struk transaksi yg menyatakan transaksi berhasil dan ternyata bodong alias ternyata pulsa tidak masuk.
    Jika terjadi ketidaksinkronan antara Shopee dengan Telkomsel itu masalah Shopee dan urusan dapur Shopee dengan pihak ketiga penyedia pulsa.
    Kejar terus Shopeenya bang, agar tim IT Shopee mau mengurus masalah ini ke pihak IT Telkomsel, baru abang bisa mendapat penjelasan yg memuaskan.

    2
    1
  • 1 Oktober 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Harusny yg dikejar shopeenya, anda kan bertransaksi dengan shopee, shopee yg bertransaksi dengan telkomsel, secara sop ditelkomselny sudah benar, biarkan nanti shopee dan telkomselnya yg menyelesaikan. Anda tanya sama customer service telkomsel ya gak bakalan menyelesaikan lah, mereka juga gak bisa ngecek apa benar kesalahan disistem shopee atau tidak. Klo gak shopeeny yang ngomong lgsung.

    1
    1
  • 1 Oktober 2022 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga pakai mitra shopee dalam beberapa bulan, dan trx harian menurut saya cukup besar untuk sekelas konter kecil2an. Dari beberapa bulan trx , dalam 2 bulan ini ada 4x trx gagal, 10anrb, 20an rb, 30an rb dan 60an rb di berbagai operator. N mitra shopee saat ditanya menjawab trx berhasil, dan ujung2nya nyangkut di operator yg “ngga bersahabat” saat ditanya, dan alhasil skrng saya memindahkan trx pembelian pulsa dengan aplikasi non ecommerce. Alhamdulillah harga bersaing dan ada 1 kejadian trx nyangkut, saya lapor ke cs via wa, cs tersebut yang langsung menghubungi ke operator dan dana saya di refund kurang dari 1×24 jam. Semoga kedepannya bisa makin lancar buat TS dan yg lainnya shg terhindar dari masalah ini lagi. Aamiin

    • 3 Oktober 2022 - (17:18 WIB)
      Permalink

      Saya pernah akan melakukan transaksi pembelian paket internet lewat ecommerce lihat harga kok lebih murah daripada pakai internet mobile banking, tapi setelah dipikir-pikir pembelian lewat internet mobil banking lebih terjamin daripada beli di ecommerce akhirnya beli lewat internet mobil bangking aja walaupun lebih mahal 500 perak

  • 5 Oktober 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Jangan jadikan mitra shopee sebagai dapur utama, buat cadangan saja, lebih aman pake chip masing² operator atau multi aja.

  • 11 Oktober 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Update, pihak Telkomsel sudah beberapa kali menghubungi saya. Terakhir sudah terkonfirmasi juga bahwa saldo yang sudah terpotong telah kembali ke saldo mitra shopee. Telkomsel juga mengatakan bahwa sudah menghubungi nmr pelanggan saya dan menjelaskan duduk perkara. Pelanggan pun sudah mengkonfirmasi bahwa betul beliau sudah dihubungi Telkomsel. Telkomsel pun meminta maaf atas kendala sistem yang terjadi sehingga transaksi berjalan tidak semestinya. Semoga kedepannya persoalan yang sama tidak terjadi lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

SOP Telkomsel Bikin Tukang Pulsa yang Ingin Untung Malah Buntung

oleh hasan dibaca dalam: 2 menit
33