SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konfirmasi kepada Seller

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com yang memberikan wadah bagi saya untuk mengadu atas sengketa dengan ekspedisi SiCepat yang belum ada solusinya.

Saya seller Shopee dari Surabaya. Pada tanggal 19 September 2022 mendapatkan orderan masuk di Shopee dengan nomor pesanan: 2209208V5GXEBV, berupa pijakan kaki motor matic Beat FI Tahun 2012-2015, dengan berat sekitar 1 Kg seharga Rp85.000. Pesanan tersebut oleh Shopee ekspedisinya dipilihkan ke SiCepat Reg dengan nomor resi: 004089131100, tujuan ke Purwokerto – Jawa Tengah.

Barang yang terhitung 1 Kg, menggunakan layanan SiCepat Reg dari Surabaya ke Purwokerto, Jawa Tengah, seharusnya ongkosnya tidak lebih dari Rp20.000. Faktanya, pada tanggal 23 September 2022, barang saya yang dikirim oleh SiCepat sudah diterima konsumen, tapi ongkos kirimnya menjadi Rp144.000. Kemudian ongkos kirim senilai Rp144.000 tersebut dibebankan ke akun Shopee saya, sehingga penjualan saya menjadi MINUS.

Kasus tersebut saya laporkan ke Shopee ,karena saya sebagai seller merasa dizalimi oleh SiCepat. Shopee sudah menyampaikan keluhan saya ke SiCepat, tapi jawabannya tidak memuaskan. Oleh SiCepat paket saya tercatat beratnya 9 Kg, maka pantas saja jika ongkos kirimnya menjadi Rp144.000.

Hal itulah yang saya sayangkan. Bagaimana bisa barang seberat 1 Kg dicatat 9 Kg oleh SiCepat? Bahkan mereka asal meng-input penambahan berat tanpa konfirmasi kepada saya. Ini kezaliman yang merugikan.

Jika mereka konfirmasi ke saya, saya pasti akan mematahkan argumentasi mereka yang menyatakan berat barang saya mendadak jadi 9 Kg. Jika SiCepat merasa barang saya benar-benar 9 Kg, maka saya minta bukti foto barang saya menjadi 9 Kg di atas timbangan.

Sekali lagi, saya merasa dizalimi. Entah kasus tersebut terjadi karena keteledoran peng-input di bagian penerimaan barang, ataukah kesalahan peng-input di bagian sortir, atau sengaja mencurangi saya. Saya tidak tahu dan saya tidak peduli. Yang saya tahu, barang saya yang saya packing sendiri, lalu di-pick up oleh kurir SiCepat ,tidak mungkin melebihi 1,2 Kg.

Tulisan ini saya buat dengan harapan Ekspedisi SiCepat mengembalikan biaya ongkos kirim Rp144.000 yang dibebankan ke akun Shopee saya. Di sini saya adalah pihak yang dizalimi dan dirugikan. Uang Rp 144.000 mungkin bukanlah uang yang berarti bagi perusahaan besar sekaliber SiCepat. Namun bagi saya, jika uang saya tidak dikembalikan maka itu akan menjadi tanda tanya, apakah SiCepat masih memiliki integritas?

Mochamad Hasyim As’ari
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:120    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Mochamad Hasyim As’ari

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Mochamad Hasyim As’ari dengan judul “SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konfirmasi...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konfirmasi kepada Seller

  • 30 September 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan kalo admin jasa kirim tidak menginformasikan perubahan berat seperti itu, apalagi dari 1kg ke 9kg. Sudah pasti menimbulkan minus ke toko online nya. Biasanya nnti yang dipermasalahkan dimensinya. Kalo footstep motor panjang seperti itu dihitung dimensi Panjang x Lebar x Tinggi : 6000 pasti bisa 5kg lebih meskipun beratnya cuman 1kg.

    Ketika upload produk memang lebih baik dihitung dimensinya jg. Klo tidak salah dibahas di buku marketplace spesialis. https://shopee.co.id/Deepublish-Buku-Marketplace-Spesialis-Rian-Rahmanda-i.269267373.20447796881?sp_atk=919580a3-0aea-4fb9-ac12-933dbeefb19a&xptdk=919580a3-0aea-4fb9-ac12-933dbeefb19a
    Bisa menimbulkan minus kalo disesuaikan oleh admin jasa kirim tanpa konfirmasi ke penjual.

    Kalo admin di konternya seperti itu, ke depan paketannya ditunggu aja sampai diinput dan diminta resinya. Jadi kalo ada ketidaksesuaian bisa langsung ditindaklanjuti sendiri. Secara SOP jasa kirim seharusnya memang seperti itu. Hindari menaruh paket di konter trus ditinggal pergi, kecuali Anda benar-benar percaya ke adminnya. Daripada kita memberikan kepercayaan tetapi malah dirugikan.

    5
    2
  • 30 September 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Parah emang SiCepat.. sebelumnya saya tidak pernah bermasalah dengan paket sejenis yang selalu saya kirim, baik dengan JnT, Anteraja, atau SiCepat.

    Baru kali ini SiCepat berulah. Sekali berbuat kesalahan, langsung ga tanggung-tanggung. Parah parah

    Mana admin dikontak WA lambat pula balasnya. Sekalipun balas, kayak tidak mau menerima protes dari saya.
    Parah banget sumpah.

    Kalau JnT nih, berat selisih 0.02 Kg aja, saya pasti sudah di WA. Kalau SiCepat nih, ga ada selisih apapun, mendadak dinaikkan beratnya, ga ada konfirmasi pula.

    5
    6
    • 1 Oktober 2022 - (00:26 WIB)
      Permalink

      CS sicepat bener2 culas ga mau balas WA aja ngga. Estimasi suka dimolorin ga jelas. Saya paketan dikirim tgl 27 september estimasi maksimal 3 hari adalah tanggal 2 oktober. Bagaimana bisa 27+3 = 32 hanya SDM rendah CS Sicepat yang melakukannya. Kako di J&T lebih dr 3 hari sudah dibuatin pelaporan prioritas pengiriman dan konsisten tiap CS bilang laporan sudah dibuatkan.

    • 1 Oktober 2022 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Di Shopee emang sering gitu Saya jg jualan sparepart motor di shopee, pernah kaya gitu kirim tutup rantai ninja 250fi berat asli ga sampe 300gram berubah jadi 3kilo pengiriman anteraja, klo di Tokopedia belom pernah, sya pernah dua kali salah kasih berat harusnya 3kilo malah 1kilo, dikirim pake sicepat, pikir saya bakal kena potongan ongkir tapi engga, klo di shopee udh 4 kali kena tambahan berat jadi skarang di Shopee beratnya saya lebihin terus dari berat asli

    • 1 Oktober 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Si cepat ini semakin lama semakin buruk pelayanannya , paket sudah sampai di kota tujuan tidak segera di kirim ke penerima paket, saat komplain ke cs hanya dapat jawaban masih dalam estimasi, bukan ngasih solusi, yg lebih parah paket ngendap 3 hari di kota tujuan dan tidak segera di kirim, mereka menunggu masa estimasi habis baru di kirim, ini yg saya alami paket sudah sampai 3 hari yg lalu sampai saat ini belum juga ada tanda mau di kirim ke alamat saya

    • 2 Oktober 2022 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah berat 19kg dinaikkan jadi 25kg (padahal memang benar berat dimensi 19kg, kalau berat produk gk sampai 10kg).
      Bedanya brg saya tdk dikirim, tapi dibiarin gitu aja di gudang sicepat, baru tahu setelah cstmr komplain udh hampir 2 minggu brg gk sampai.
      Setelah di cek ternyata brg gk dikirim dg alasan selisih berat. Logika aja kalau ada selisih berat harusnya info ke seller hari itu juga atau keesokan harinya, bukan malah ditelantarin di gudang sampai hampir 2 minggu.
      Akhirnya brg dikembalikan lg ke saya, tapi si kurir masih ngotot klo dr admin beratnya 25kg 😕😕

  • 30 September 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Betul sekali, sayangnya saya tidak memfoto paketnya sebelum dikirim. Hal ini dikarenakan sebelumnya tidak ada masalah apapun.

    Yang jadi tekanan saya justru yang mencatat kelebihan timbangan itulah yang seharusnya membuktikan paket saya bermasalah dalam beratnya.

    Jika tidak ada bukti foto paket saya diatas timbangan mereka kalau paket saya 9 Kg, maka saya katakan itu kecurangan. Entah disengaja atau tidak, yang pasti itu kecurangan.

    3
    1
    • 1 Oktober 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Itu kena volume ka, klo di Shopee kaya gitu mo pake kurir apa aja suka seenaknya sendiri mengubah berat, klo kena volume jg harusnya gx lebih dari 6kg itu

      • 1 Oktober 2022 - (07:00 WIB)
        Permalink

        Setau sy pijakan motor itu tipis, Kalo cm di bungkus sama bahan plastik walaupun lebar itu tdk di hitung volume karena tdk makan tempat di mobil ketika dikirim.

  • 30 September 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Timbangan riil dan timbangan volume beda. Kl kena volume jelas itu lebih dr 1kg tp tidak mungkin smp 9kg. Bahkan anda packing pakai kardus sarimi saja max hanya kena 6kg.

  • 30 September 2022 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Nah iya itu, betul sekali..
    Produk saya bukan produk yang ongkirnya berdasarkan volume.

    Entah apa yang terjadi dengan proses penimbangan mereka sehingga bengkaknya jadi sangat sangat ga masuk akal

    • 7 Oktober 2022 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Fostep yg panjangnya gak lbh dr 1 meter bisa naik beratnya jd 9Kg,,gimana klo konsumen yg beli sapu gagang kayu yg panjangnya 1,5 meter..bisa2 dibuat beratnya 30Kg mungkin yaa..

  • 30 September 2022 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Selamat Malam, saya juga sangat di rugikan oleh pihak SICEPAT dan SHOPEE sebagai seller paket saya isi HP dengan Resi 004078352182 HILANG, pihak Shopee dengan seenaknya Pembatalan Otomatis Sistem dan dana otomatis kembali full ke Customer, saya penjual dengan susah payah menghubungi cs Sicepat dan Shopee hasilnya saya hanya dapat penggantian dana Rp 500.000,- dengan alasan “Tidak Asuransi” padahal harga Unit Rp 3.290.000,- . Selama hampir 2 tahun ini saya kirim paket pihak Sicepat tempat saya pick up/ drop (Bekasi) TIDAK PERNAH menyarankan saya untuk asuransi karna sistem Cashless dan dari Shopee tidak ada pilihan Asuransi Pengiriman di apps seperti Tokopedia , disini hanya ada pilihan Asuransi Proteksi Unit. Sampai saat ini tidak ada jawaban lagi dari Sicepat dan Shopee. Semoga ke depanya kasus ini tidak terjadi lagi karna sangat merugikan dan tidak bertanggung jawab.

    • 1 Oktober 2022 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Barang mahal jualan di Shopee ngerii gx bisa pake asuransi, klo hilang seller yg nanggung,

    • 1 Oktober 2022 - (12:08 WIB)
      Permalink

      Jualan barang mahal di Shopee sama dengan berjudi. Saya juga seller handphone, ga berani taruh produk mahal disana. Paling taruhnya yang harga maksimal 50 ribu. Karena resiko hilang cuma diganti 10x ongkir. 😁

  • 1 Oktober 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Tinggi dan lebar nya mungkin gak sesui dgn yg tercantum di ongkir jadi kena volume sy hanya percaya jasa kirim j&t,JNE, shoppe,ojol slain itu sy non aktif kan

  • 2 Oktober 2022 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Iyah sam saya jg pake sicepat, paket sya banyak yg retur, dengan alasan BA, setelah sya komfir pihak yg bersangkutan, kurir tida ada mengantar paket, dan tida ada tlp, kurir kurir y sicepat kurang bertanggung jawab, setelah sya kirim ulang dengan alamat yg sama, pake expedisi lain paket nyampe tanpa ada kendala.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konf…

oleh Mochamad Asari dibaca dalam: 1 menit
26