Kekecewaan dengan Toko Indomaret Kunti, Seminyak, Bali

Pada tanggal 12 Oktober 2022, saya komplain ke alamat email Indomaret di kontak@indomaret.co.id, terkait kekecewaan saya ketika berbelanja di Indomaret menggunakan pembayaran non tunai seperti e-Money, ShopeePay, GoPay, iSaku atau serta Debit/Credit Card. Saya suka membayar cashless/non-tunai, karena tidak ribet akan membawa uang tunai ke mana-mana.

Pada tanggal 10 Oktober 2022 sekitar pukul 3 pagi, saya membeli minuman dan ingin membayar pakai kartu e-Money. Saat itu kasir seperti bingung dan pura-pura ngetik agar terlihat sibuk dan bekerja. Setelah 1 menit kasir tersebut lalu mengatakan bahwa tidak bisa membayar pakai non tunai seperti e-Money, ShopeePay dll dan hanya bisa menggunakan cash karena sistemnya offline, katanya. Padahal saya lihat mesin untuk scan e-Money-nya itu hidup dan menyala. Mungkin coba besok, kata kasirnya.

Tanggal 11 Oktober 2022 pukul 8 malam, saya kembali mengunjungi Toko Indomaret Kunti, saya membeli minuman dan ingin membayar pakai e-Money. Lagi-lagi saya ketemu dengan kasir bermasalah tersebut dan mengatakan kalau bayar pakai e-Money itu tidak bisa. Padahal saya sudah lihat dengan mata kepala saya sendiri, kalau mesin EDC untuk nempel kartu e-Money itu hidup dan menyala, tidak mati atau offline seperti apa yang dikatakan kasir. Lalu tanggal 11 Oktober sekitar pukul 3 pagi, saya datang ke Alfamart, bayar menggunakan e-Money Indomaret Card. Saat saya bayar di Alfamart menggunakan e-Money Indomaret Card itu bisa dan tidak ada masalah.

Masih pada tanggal 11 Oktober 2022 sekitar pukul 10 malam, saya datang ke Indomaret yang agak jauhan. Di situ saya mencoba membeli minuman lagi menggunakan kartu e-Money Indomaret Card. Di sana ada  mbak-mbak berhijab, dengan polosnya sambil minum susu kemasan coklat kecil sambil tersenyum, mengatakan “Bisa” saat saya bertanya “Apakah bisa pakai e-Money?”.

Di situ saya terheran-heran, jika sistem Indomaretnya sama, tokonya juga sama. Kenapa di Indomaret lain tidak gangguan atau offline seperti yang dikatakan kasir bermasalah di Toko Indomaret Kunti tersebut? Sama seperti Alfamart, saya tahu persis walaupun saya bukan karyawannya. Saya tahu persis kalau satu Alfamart sedang gangguan, Alfamart lain juga sama, mau sampai lorong-lorong ujungnya pun sama pasti gangguan. Bagaimana dengan Toko Indomaret Kunti tersebut?

Oke, beranjak di tanggal 12, yang mana saya keberatan dan sekaligus menyampaikan kekecewaan saya kepada Indomaret Kunti melalui email di kontak@indomaret.co.id, ingat ya hanya Indomaret Kunti. Karena di Indomaret lain tentu bagus sekali dan tidak membuat kecewa saya dan customer lain yang berbelanja.

Setelah saya komplain, 2 hari kemudian tanggal 14 Oktober 2022 11:48 pagi WITA, saya di-WhatsApp oleh perwakilan dari Toko Indomaret Kunti, bahwa beliau memberikan meminta maaf terkait mesin EDC toko yang lemot atau gagal connect. Padahal kendalanya kasirnya itu mengatakan offline, bukan lemot/gagal connect.

Karena saya di-WhatsApp oleh perwakilannya, saya berinisiatif untuk memastikan kembali agar tidak terjadi kendala ke depannya.

Saya bertanya, apakah bayar pakai e-Money masih tidak bisa? Dijawabnya sudah bisa. Lalu saya bertanya kembali “Apakah benar, jam 12 malam – 6 pagi pembayaran non tunainya itu offline seperti apa yang dikatakan kasirnya?” (merujuk pada tanggal 10 Oktober di paragraf ke-2 di atas). Namun sampai tulisan ini dibuat, tidak ada balasan hingga saat ini.

Iqbal Maulana
Badung, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indomaret:
[Total:97    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Indomaret atas tulisan “Kekecewaan dengan Toko Indomaret Kunti, Seminyak, Bali”

Kepada, Yth. Redaksi Media Konsumen Sehubungan dengan pemberitaan Media Konsumen pada tanggal 17 Oktober 2022 berjudul “Kekecewaan dengan Toko Indomaret...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Kekecewaan dengan Toko Indomaret Kunti, Seminyak, Bali

  • 17 Oktober 2022 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Di sana ada mbak-mbak berhijab, dengan polosnya sambil minum susu kemasan coklat kecil sambil tersenyum

    6
    4
    • 17 Oktober 2022 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Maaf itu hanya metafora, yang berarti disana saya bisa bayar dengan mudahnya pakai e-Money. Hehe 😀

      4
      1
      • 17 Oktober 2022 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Sperrinya di Indomaret Kunti ada faktor M dalam diri kasirnya.
        M=Mualesssssss. Dan perilaku yang menyebalkan 😂

        14
        1
    • 18 Oktober 2022 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Saya pernah kerja di perusahan tsb dan sy harus bilang sampean mengada ada. Satu toko trouble bukan berarti semua toko ikut troble. Trs pada waktu malam bisanya itu emang sistem nya direset, smyn coba bayar listrik atau tagihan ke sana waktu malem bgt pasti gk bisa. Lalu Kasir merka itu sebelum di lepas ke toko hrs traing dulu selam 7 hari dan masa uji coba selama 2-3 hari jd gk mungkin mereka gk paham. Memang lebih mudah mengkritik daripada mentoleransi haman sekarang

      13
      10
    • 20 Oktober 2022 - (07:32 WIB)
      Permalink

      Aduhhh Indomaret si Kunti itu haduhhh emang aku kapok belanja di situ malam malam.ngak sesuai sama harga . Di kasir beda lagi…sering itu kalau malam malam belanja di situ…

  • 17 Oktober 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Ga cuma Indomaret. Kadang toko lain mengalami hal sama kalau uda jam malam pasti alasannya Offline.

    Padahal mungkin faktor M itu malas. Ga mau di coba dulu. Kadang kurang training juga alesannya ga tau caranya..

    Mungkin tokonya perlu bikin manual harusnya gimana cara bayar pake Gopay, Shopee, Kredivo, dsb.

    10
    2
  • 18 Oktober 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Maaf nih pak..
    Tapi setelah saya baca aduan bapak, seperti nya bapak yang mungkin kurang paham dengan cara kerja mesin edc..

    Mesin edc itu menggunakan jaringan seluler pak..
    Dan berdasarkan pengalaman saya yang setelah kerja di tempat orang dan menggunakan mesin EDC sampai dengan akhir nya punya toko sendiri dan lagi-lagi berhubungan dengan mesin EDC, memang ada kondisi di mana mesin EDC mengalami gangguan jaringan walau sudah menggunakan jaringan 4G..

    Mungkin kesalahan mas kasir nya itu menurut saya cuma di penggunaan bahasa nya yang kurang tepat..

    Seharusnya si mas itu menyebutkan permasalahannya terletak pada lemot nya jaringan..

    Sekali lagi saya mohon maaf karena saya hanya menyampaikan pengalaman saya, tanpa bermaksud membela si mas pegawai indomaret..

    11
    4
  • 18 Oktober 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga heran dengan penggunaan kartu BRIZZI di spbu khususnya di Samarinda, Bontang & Sangatta, banyak yang tidak bisa dan mengatakan kartu BRIZZI hanya untuk pembelian bbm jenis solar tapi di salah satu spbu di kota Bontang bisa untuk pembelian pertamax / pertalite

    Apakah memang tidak bisa atau hanya petugas spbu nya saja yang M alias malas?

  • 18 Oktober 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga heran internet di rumah tidak konek padahal saya liat dengan kedua mata saya kalo modem atau wifi nya nyala wkwkwkwkw
    Kira2 itulah jawabannya

    6
    8
    • 18 Oktober 2022 - (19:49 WIB)
      Permalink

      Sangat berbeda sekali, sepertinya anda tidak baca paragraf pertama & kedua. kalau modem atau wifi nyalanya cuma 1 biji dan warnanya hijau tidak biru maka itu tidak connect ke jaringan.

      Berbeda dengan kasir yang berpura-pura mengetik sambil menatap komputer hingga 1 menitan, lalu tiba-tiba mengatakan Offline semua tidak cuma e-Money, ShopeePay, GoPay, i-Saku, & Debi/Credit Card. Dan hanya bisa pembayaran Cash?

      Tapi di Indomaret lain, mesin EDCnya sama hidup dan menyala, tapi kenapa saya bisa bayar pakai e-Money di Indomaret lain?

      Kira2 itulah jawabannya

      2
      4
        • 19 Oktober 2022 - (14:54 WIB)
          Permalink

          Dibaca dulu, itu kasir mengatakan Offline tau artinya Offline? Cari tau definisi Online & Offline ntar tau apa bedanya.

      • 19 Oktober 2022 - (17:39 WIB)
        Permalink

        Kalo memang dari pihak indomaretnya salah dah sudah punya etika baik buat minta maaf terus kenapa posting ini belom di tarik…

      • 19 Oktober 2022 - (21:12 WIB)
        Permalink

        Setelah saya membaca aduan ini dan semua komentar2nya saya setuju dengan beberapa komentar yg membangun. Saya perlu menjelaskan beberapa hal sebelum ke masalah yg dihadapi. Yang pertama, Di indomaret setiap mesin EDC baik wirecard(yg berwarna putih) dan BCA( yg berwarna biru) memang tidak sama satu toko dengan toko yang lainnya dikarenakan mesin EDC menggunakan jaringan dr kartu sim(biasanya xl atau im3) jd itu tergantung seberapa bagus sinyal provider di daerah trsebut saat itu. Yang kedua,Walaupun mesin itu terlihat menyala itu belum menjamin kLau itu dalam kodisi online, hal ini memang harus di cek terlebih dahulu oleh kasir apakah transaksi yg dilakukan di pos kasir(di komputer) bisa terhubung ke EDC dengan sukses. Biasanya kasir akan menolak pembayaran cashless ketika menyadari kalau akan terjadi troble saat menghubungkan pos kasiran dengan mesin edc. Yang ketiga, ketika mesin edc itu menyala itu bukan patokan bahwa edc itu sedang online ataupun offline. Dan tidak selamanya mesin edc dikatakan Offline kondisinya harus mati. Saran saya jika pembayara pada saat itu lagi gangguan mungkin bisa ditanyakan ke konsumen agar beralih menggunakan pembayaran cashless lain yg tdk membutuhkan mesin EDC seperti shopeepay,gopay,ovo,link aja dll. Tergantung seberapa antusias kasir ingin melayani konsumen jika memang ada masalah dengan EDC.
        Terima kasih
        Salam

  • 19 Oktober 2022 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Tidak ada yg sempurna di dunia ini, apalagi hanya mesin. Bijaklah memberikan penilaian, kasihan kan kalau pegawai indomaret itu diberhentikan hanya karena ada seorang pelanggan arogan memberikan penilaian yg subjektif…
    Maaf brother, chat whatsapp bro itu memperlihatkan sifat asli bro sendiri haha… begitu bro jawab ‘tidak usah bla bla bla…’ artinya case closed. Wakil Indomaret tidak harus menjawab chat lain satu atau dua jam berikutnya kan ? bro bukan temannya bukan pula atasannya kan ? Tetap sehat selalu

    • 19 Oktober 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      manusia emang banyak tipenya,ada yg suka ribet,ada juga yg simple dan sll berlapang hati

    • 19 Oktober 2022 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Tidak usah, agar masalahnya tidak panjang mas. Jugaan mereka sudah minta maaf dan masalah clear.

      Terima kasih Admin MK dan MediaKonsumen sebagai sarana tempat menyampaikan keluhan.

      Terima kasih sebanyak-banyaknya.

    • 20 Oktober 2022 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Setuju. Kritis boleh tapi jangan sampai merugikan orang lain.
      Kamu saja ga mau di rugikan kenapa harus merugikan orang lain? Kan begitu.

  • 20 Oktober 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Sampai terbuatnya artikel ini pasti kecewa bgt ya pak. Walaupun jaman sudah canggih apa-apa bisa bayar pakai e-wallet atau e-toll, jangan lupakan BAWA UANG CASH, ini negeri belum mampu kayak luar negeri yg sudah bisa cashless. Coba berpikir lebih luas sebelum bertindak, hidup akan jauh lebih indah.
    Kita ga pernah tau loh jaringan itu kapan down nya, bisa aja nih lagi 5 detik bakal down nih jaringan kan.
    Atau ga kan bisa ditanyain dulu apa bisa bayar pakai e-toll ke pihak kasir, itu jauh lebih baik bukan? Jelas lebih baik.
    Dan sampai artikel ini dibuat apa bapak jadinya bayar cash atau cancel belanjaan bapak? Kalau bayar cash sih pastinya kalo saya jadi bapak saya udah blacklist tuh toko, ga akan saya mampirin lagi mau segenting apapun karna kan toko itu ga cuma disana doang. Dan kalau ternyata bapak masih bisa cancel belanjaannya kenapa artikel ini dibuat? Kecewa? Kenapa harus kecewa kalau masih ada toko lain yg lebih baik melayani bapak sepenuh hati? Kalaupun sudah kecewa kenapa masih ada niat buat mampirin toko itu lagi? Hmm aneh dan kekanak-kanakan sekali.
    Jangan-jangan nanti muncul deh artikel “Kekecewaan dengan Toko @lf*m*rt B4L1” karena si bapak tiap belanja bawaannya e-toll terus, sampe-sampe nanti ke pasar Badung Bali bawanya e-toll terus muncul lagi deh artikel ketiga “Kekecewaan dengan P454r B4dun9 B4L1 karena di tolak pembayaran dengan e-toll”
    Mohon maaf jika ada salah kata dengan komentar saya, dilarang baper karena sudah sama-sama dewasa, orang dewasa sudah tau mana yg baik di dengar mana buruk yg harus di hindari, semoga sehat selalu.
    Sekian.

  • 22 Oktober 2022 - (08:00 WIB)
    Permalink

    kalau urusan jam Malam emang saya bisa maklumi… transaksi nontunai dr jam 11 mlm sampai 1 pagi itu harus d Hindari.. apalagi utk area di GMT +8 dan GMT +9.
    transaksi lebih nontunai lebih baik diatas jam 3 subuh… di Bandung juga ada 1 Indomaret yg selalu bermasalah di non tunai, biasanya si kasir merekomendasikan utk coba ditoko lain…

    mungkin sikasir gk mau ada Komplain dr Customer jika coba maksain transaksi dan hasilnya gagal/bermasalah…

 Apa Komentar Anda mengenai Indomaret?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan dengan Toko Indomaret Kunti, Seminyak, Bali

oleh Iqbal Maulana dibaca dalam: 2 menit
20