J&T Tidak Mau Ganti Rugi atas Hilangnya Paket dan Shopee Memberikan Kompensasi Tidak Sesuai dengan Nilai Barang Saya yang Hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang. Saya penjual di Shopee, baru kali ini kecewa dengan Shopee & pihak J&T. Pada tanggal 3 Oktober 2022 barang saya kirimkan ke pembeli hilang di J&T. Saya kirim paket UBS logam mulia ada 3 paket yang ditolak pembeli. 1 paket berisikan 3pcs UBS seharga 2.880.000.

Jadi 3 paket berisi 9pcs ini hilang saya merasa dirugikan senilai 8.640.000 nomor order & resi 221002B5A9DHRQ (JP8948206580), 221002B30XC6C3 (JP1966601623) & 221002B2RUWT1J (JP6898008223).

Pada tanggal 10 Oktober saya baru tahu liat status ditolak pembeli saya tanya ke J&T, katanya paket belum ada di gerai. Pas saya komplain barulah J&T chat wa saya pada tanggal 13 Oktober 2022 katanya sudah sampai di gerai.

Pas besoknya saya mau ambil saya dichat lagi oleh J&T katanya barang hilang suruh lapor ke Shopee. Sedangkan saya sudah lapor ke Shopee minta J&T buat surat pernyataan hilang tetapi alasan J&T katanya tidak bisa harus nunggu Shopee. Saya merasa kok dioper-oper gini padahal hak saya itu.

Aneh banget ada orang mesan gojek mengatasnamakan saya & dikasih lah paketnya langsung ke gojek tanpa minta foto KTP, sedangkan gerai J&T lain kalau ambil paket return itu dimintain foto KTP & tidak boleh diambil oleh ojol karena menghindari paket hilang bukan. Kok bisa ceroboh gitu?

Uang segitu berarti banget buat saya untuk menghidupi anak saya sendiri buat beli susu & pempers, karna ditinggal suami. Seharusnya saya berhak mendapatkan kompensasi senilai barang saya yang hilang yaitu 8.640.000 saya kan gak mau barang saya hilang.

Saya tunggu konfirmasi dari Shopee untuk menyelesaikan dana saya dan supaya tidak ada lagi kejadian yang serupa.

Sekian, terima kasih.

Selvi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Weleh-weleh Sabar ya ka.. Udah bnyak bnget ynag kaya gtu.. Gk tau harus gmn itu ngatur Regulasinya.. Biyar gk ke ulang2 kejadian kaya gini..

    • Iya ka. Kirain sy doang yg kayak gtu ..boss nya harus pilih2 pegawai jangan hanya andalkan pinter saja tapi kejujuran & tanggung jawab .

      • Bukannya di jnt ada cctv mbak,,
        Kalo memang itikad baik jnt pasti nyari di cctv,pasti ketahuan,,jnt di kota sy,parkirannya jg ada cctv,d dlm di meja transaksi juga kena sorot cctv,,
        Pelakunya cuma bisa 2 kemungkinan
        "Oknum jnt" yg nakal yg udah tau isi paket nya mahal,dan atau pihak pembeli yg nakal yg pengen dape emas gratisan,,tinggal liat cctv di jnt,,moga cepat dapat jalan keluar terbaik

      • ya Allah, semoga diganti dg rejeki yg lebih berkah yaa Mba,
        saran sy sih, klo barang mahal jgn pke COD, rawan sekali.
        org2 di +62 ini mudah tergoda setan. dr mulai pembeli yg nakal, oknum JNT jg ramai yg sperti itu. apalgi d shopee klau asuransi harus beli sendiri, tidak otomatis.

      • duLu saya pernah bL HP d Lazada pakai credit card .dan paket saya itu di hiLangkan kurir .
        3minggu saya terus bergeLut dgn Lazada πŸ˜‚πŸ˜‚ uang saya pun di refund 100% oLeh LazadaπŸ˜€

  • " Aneh banget ada orang mesan gojek mengatasnamakan saya & dikasih lah paketnya langsung ke gojek tanpa minta foto KTP, sedangkan gerai J&T lain kalau ambil paket return itu dimintain foto KTP & tidak boleh diambil oleh ojol karena menghindari paket hilang bukan. Kok bisa ceroboh gitu? "

    Sepertinya buyer anda bagian dari komplotan.

  • Kan sudah pada tau, jualan di Shopee gak ada yg namanya asuransi, kalau hilang maka cuma dapat ongkir 10 kali lipat, jual barang jutaan kalau hilang tanggung resiko sendiri, udah tau gitu ntar apakah anda masih mau jualan di situ? Jika masih mau maka tangnggung resiko sendiri karena sudah paham regulasi yg ada di situ

    • Saya malahan baru tahu klo ternyata online shop sebesar Shopee tidak ada kerjasama dengan pihak asuransi, ngeri juga sih klo sewaktu2 barang yg kita pesan hilang, apalagi klo harganya g murah, maklum sudah bertahun2 g belanja di Shopee, paling klo kepepet aja karena di olshop lain g ada, baru deh order di Shopee, soalnya udah pernah dikecewain beberapa kali, jadi ya udah mundur aja, mending order di olshop lain.

      • Ada. Tapi barang tertentu sepertinya. Kemarin sya beli obat, saya pakein asuransi karena takut ada efek samping. Udah 2 bln lebih masih jalan asuransinya

  • Pembeli penipu itu pake 2 akun COD pula. Harusnya jual emas jangan pake COD. Bagian nama barang di resi pengiriman digunting/dilipat supaya kurir ga tau isi paketnya.

  • Cek CCTV di gerai JnT.
    Ceritanya terlalu janggal tiba2 orang JnT mengabari paket hilang dan menyuruh ini itu padahal yang salah itu pihak gerai.

    Laporkan polisi, mencurigakan pegawai gerai JnT itu, jangan mau terima kompensasi wajib terima uang full atau barang kembali.

  • Iya ka mau sy jg trima full uang ..udh cek cctv minta ke jnt memang ada gojek atas nama sy , tpi jnt itu langsung kasih ?tanpa cari tahu nomor telpon penerimanya itu beda dan kurir jnt tidak menelpon penjual. Mkasih ka moga sehat slalu πŸ™
    Sy udah dapet telvon dari j&t ktanya duit full udah kasih ke shopee. Sy tinggal tunggu dri shopee cair aja dananya full..tpi sampai skrang belum cair.

    • Semoga uang kaka dapat kembali balik sepenuhnya..
      Dan jadikanlah plajaran untuk kedepan ny

    • TEROR terus pihak J&T... kalau kasus tidak segera selesai, ancam laporkan ke KEPOLISIAN!!! Mereka yg melakukan kelalaian kok Anda yg harus berkorban!!!

    • Kalau nggak pakai asuransi biasanya itu nggak bakal diganti full cuma 10 kali ongkir aja kak nanti kalau emang dari shopee-nya ga full komplain aja terus bawa media atau lapor polisi biar di usut tuntas soalnya banyak karyawannya yang bermain dengan emas dan voucher dan elektronik kalau sampai ketahuan langsung dipecat karena menjelekkan nama brand tapi mudah-mudahan punya pulsa ini untuk semua seller kalau ingin menjual barang berharga lebih baik ke Tokopedia karena sistemnya dia itu privasi nama barangnya. Bukan apa-apa soalnya ini terjadi di JNT yang satu area dengan saya

    • Maaf mbak,,lain kali pake jne mbak,soalnya jne ngambil brg nya harus nunjukin ktp dan di photo petugasnya ktp tsb,,jd lebih terjamin keamanannya

  • Boikot beli secara online saja saya juga sdh sering kena tipu barang yg di kirim keadaan rusak dan gak di ganti2 sdh kapok beli online penipu semua. Kadang beli celana di kasih size anak2. Kecewa sekali dgn penjualan on-line.

    • tidak semua penjualan online itu bermasalah, yang penting sebelum membeli pintar2 memilih penjual dan jangan tergiur harga paling murah. insya allah aman..

    • Itu seperti ada tikus di lumbung padi, bukan disingkirkan tikusnya malah dibakar lumbungnya!!! Ada ribuan pedagang dan pembeli yg terbantu dan diuntungkan dg adanya online shop, tapi juga tidak dapat dipungkiri ada oknum-oknum penipu yg 'bertopengkan" Penjual dan Pembeli. Saran yg tepat adalah PERBAIKI bukan MUSNAHKAN!!!

      • Betul Sekali!!
        Sebagai pembeli, saya termasuk yang merasakan keuntungan dari belanja online.
        Hampir semua kebutuhan dibeli melalui online khususnya di MP Ijo.
        Dari tahun 2014 sampai sekarang Alhamdulillah belum ada kendala yang menyulitkan.
        Barang yang dibeli mulai dari korek kuping (cotton bud) sampai peralatan elektronik untuk Rumah tangga maupun kerja.
        Bahkan setelah ada Pandemi, kebutuhan bumbu dan bahan masakan sehari-hari buat istri pun sudah melalui MP.
        Praktis dan ekonomis!!!

        Cari barang elektronik asik. Tentukan budget, cari perbandingan harga.
        Review spesifikasinya tinggal searching google... banyak review dari media Tekno.
        Membantu memutuskan barang yang akan dibeli (harga vs fitur yang didapat).
        Semua dilakukan dengan klak-klik mouse sambil ngopi dan ngudut... hehhehhe
        kalo cari di Dusit Mangga dua... abis waktu muter2, gempor pegel...
        Tanya ke penjual, mana yang bagus, Toshiba atau Asus... jawabannya cenderung tidak objektif, tergantung barang tersedia di toko.
        Assiiikkk... yang penting teliti dalam memilih Toko/Seller dan memilih kurir.

        Sebagai seller (newbie), saya menyadari bahwa MP (khususnya si Ijo) sangat ideal sebagai alternatif bisnis.
        Seiring waktu sebagai seller, makin terasa bahwa tempat ini sangat bagus untuk seller yang serius...
        Hanya seller yang serius yang bisa berkembang (jadi level gold atau diamond).

        Kok malah jadi curhat ye... mohon maaf agan2 sekalian... :)
        Salam hormat πŸ™πŸ™

    • Kalau rusak dari pengiriman ka..sy jg udh bertahun tahun jualan .emang ada aja yg penyok atau gmna soalny kurir bwa paket bnyk.
      Dan emang ada penjual yg curang kayak sy beli dispenser otomatis dkirimnya bross pdhal hrga 25rb .sy kembalikan lgi aja itu bross nya..kalau kk emang dkirim ga sesuai langsung aja pulangin kepenjual ka

  • Buyer pemain.
    Karyawan ceroboh memberi paket retur.
    Harusnya paket retur ambil sendiri ke gerai tempat pertama kali kirim, atau di antar sama kurir pickup sekalian pickup paket baru.

  • Buyer dan karyawannya sama2 sekongkolan tuh, usut aj terus si J&Tnya.
    Percuma dilaporin ke kepolisian kalo ga ada uang adminnya, di kepolisian itu akan dianggep pengaduan doang bukan kasus.

    Dan jangan pernah lagi jualan di Shopee apalagi COD yang ampe jutaan, kalo mau jualan jutaan di si hijau aj aman tuh.

    • Iya kaa soalny kan kirain aplikasi terkenal gitu aman trnyata kga ..ni shopee katanya udah bantu cairin dananya jd tinggal tunggu 3-5 hari sih smoga aja bner semua dikembalikan πŸ™mksih ka smoga sehat slalu & lancar rejekinya πŸ™