Tokopedia Care yang Tidak Membantu

Saya belanja di Tokopedia, berharap mendapat barang sesuai keinginan, harga jelas dan waktu penerimaan yang cepat. Namun nyatanya saya dihadapkan dengan kebingungan. Saya membeli 2 buah STB decoder TV pada tanggal 31 Oktober 2022, seharga Rp 326.000. Nomor resi: 10006066138615 dan mendapat info barang akan dikirim paling lambat tanggal 02 November melalui kurir Anteraja.

Namun harapan tinggallah harapan. Sampai tanggal yang disebutkan barang belum datang (padahal biasanya hanya butuh 2 hari order online saya diterima). Yang saya terima adalah jawaban standar dari Tokopedia dan sangat tidak membantu: Akan ditanyakan, akan investigasi dsb.

Sampai di titik ini saya sebagai konsumen bingung kepada siapa lagi harus bertanya? Seller telah mengirim barang, Tokopedia Care hanya menjawab seadanya dan sampai tanggal 06 November saat surat ini dibuat, tak ada info apa pun mengenai orderan saya.

Jika penyedia platform berlepas tangan (sama sekali tidak bisa membantu dan memberi solusi), sedangkan seller telah mengirim, maka konsumen seperti saya dibiarkan sendiri dalam kebingungan bagaimana nasib ordernya? Sedangkan minta uang dikembalikan tidak dimungkinkan.

Bowie Prasetyo
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Tokopedia Care yang Tidak Membantu

  • 8 November 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga sedang mengalami….tanggal 3 November 2022,saya membeli kartu perdana XL nomor cantik seharga Rp 25 ribu (belum termasuk ongkir) dengan jasa kurir JNE. Jadwalnya paling lambat tanggal 7 November 2022,saya akan menerimanya…..eh sampai tanggal 8 November 2022 belum juga dapat….ya ajukan komplain…..dan akan diselesaikan 7 hari….YANG BIKIN SAYA LUCU….ternyata oh ternyata barang yang saya beli itu baru masuk Proses Sortiran di JNE….PADAHAL LUSA SAYA MAU BERENCANA MENGGUNAKAN KARTU PERDANA XL TSB SAAT BERANGKAT UMRAH…..EH SAMPAI HARI INI LUM ADA…..

    3
    4
  • 8 November 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Itu kan tunggu 7 hari kalender. Ya mmg begitu prosedurnya. Sabar aja, pasti dana akan balik. Tokopedia pun menunggu konfirmasi dr anteraja, anteraja jg melakukan investigasi internal. Saya pernah alami wktu kirim barang dr jakarta ke papua, tgl 5 Oktober sampai tgl 17 Oktober gk sampai. Dana kembali termasuk ongkir juga.

    7
    2
  • 9 November 2022 - (01:31 WIB)
    Permalink

    Tapi sepertinya dari sellernya yang tidak mengirim barangnya, saya juga order di seller tersebut tapi di toko oren sewaktu harga masih 150ribuan dan sampai sekarang belum dikirim. Pas saya cek lagi ternyata harga sudah naik jadi 250ribuan dan mungkin itu yang membuatnya tidak mengirimkan pesanan tersebut.

    2
    4
  • 9 November 2022 - (05:56 WIB)
    Permalink

    Masalah ini solved setelah saya menerima notif dan memaksa Tokopedia care utk merefund dana saya karena seller pada batas akhir (tgl 7) akhirnya mencantumkan “pesanan di cancel”..(mereka biasanya tdk mau bgtu utk menjaga kredibilitasnya)..dan pd tgl 8 pkl 12 Tokopedia melakukan refund. Saya mengajukan hal ini untuk mengingatkan konsumen bahwa posisi nya lemah dg adanya ketentuan 7 hari investigasi tsb, coba pikirkan dana saya dr tgl 31 Oktober br kembali tgl 8 November, belum lagi kebutuhan mendesak akan produk tsb yg tdk bs digantikan pd waktunya???..sedangkan seller dg entengnya meng-cancel di saat2 terakhir dan terakhir Tokopedia atau platform online lainnya yg menyediakan layanan tdk berfungsi utk menjembatani / membantu kesulitan konsumen tsb.

    2
    9
  • 9 November 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    saya tidak memiliki cukup data mengenai kurir anteraja, karena notifikasinya hanya : “ukuran barang tidak sesuai” ( saya beli 2 STB utk rumah saya dg pengiriman gratis)

    3
    2
  • 9 November 2022 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Status pengirimannya sudah di proses atau belum di proses? Kalau belum komplain aja ama si seller.
    Kalo komplain ke CS Tokopedia nya, memang butuh waktu setidaknya 7 Hari kerja. Kalo waktunya melebihi itu maka dana anda bakal di refund sendiri.

    Jadi sabar aja memang begitu resiko JUAL BELI ONLINE. Kalau ga mau, cari aja di daerah lokal ga komplain2 sana sini.

    Jangan jadi orang yang suka komplain dan menyalahkan. KAYAK DIRI SENDIRI BENAR AJA

    13
    6
    • 11 November 2022 - (04:11 WIB)
      Permalink

      Mau investigasi dan refund jg ada proses waktu dari tokopedia.. ga bisa seketika.. kalau msh sesuai aturan platform tokopedia ya tokopedia ga salah… Dan menurut sy 7 hari termasuk wkt yg wajar utk investigasi dan refund.. jgn terlalu berlebihan menuntut…

  • 9 November 2022 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Kunci nya”sabar” dlm berbelanja online…mgk grafik pesanan/ pengiriman lg tinggi…kk mau cepat atau memang brg urgen,hrs pk pengiriman instan / sameday.

    • 9 November 2022 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Ini pernyataan bagus mas. Kadang saya sebagai seller ditekan customer. Kami dari seller juga memahami pihak expedisi misalkan emang estimasinya 5 hari ke daerah tujuan ya kami sampaikan. Eh dikasih bintang 1.

      • 10 November 2022 - (07:17 WIB)
        Permalink

        Maaf, numpang nulis. Untuk kurir pasti sering ada keterlambatan jika pakai reguler. Terutama anteraja dan sicepat. Sering sekali saat ini. Sering kejadian barang terlambat bahkan hilang. Saya sering mengalami. Terutama jika anda mengatakan CS tidak mbantu saya kira mereka pun tidak dapat berbuat banyak. Hanya sekedar menerima laporan. hanya itu. Tidak mungkin mereka stelah menerima laporan langsung turunkan tim ke gudang anteraja untuk mencari paket pesanan anda. Mereka hanya kerja sama saja. Mereka hanya meneruskan komplain anda. Anteraja yg bergerak mencari paket anda yg hilang. Jika 7 hari tidak ketemu atau sebelum 7 hari anteraja menyatakan hilang dana anda akan dikembalikan semua termasuk ongkir ( jika tidak pakai ongkir gratis ). Anda mau teriak2 seperti apa di kolom komplain kalau blm ada kabar anteraja pun percuma. Jadi anda pahami dulu belanja online sebelum memesan. Ada prosedur yg harus dilewati. Jangan pula menyalahkan saller. Ini yg sering terjadi. Saller diberi ⭐1 hingga ⭐3. Kasihan sallernya atu bukan salah saller jualannya dikasih rating rendah.

        jadi. Bijak lah menyikapi belanja online. Jikah membutuhkan minimal menggunakan kiriman nextday atau sameday. Yg pasti sih instan. Kalau sallernya yg lemot, disini jelas kelihatan.

  • 9 November 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Belanja di Tokopedia aman asal pake asuransi,
    Saya rasa ini barang statusnya hilang di ekspedisi karna udh keluar resi dan udh ada estimasi tanggal sampenya tgl 2, buyer ajukan investigasi barang, dan dinyatakan hilang seller klaim asuransi, dana buyer balik dana seller jg cair, sbnernya urusan beres tapi kadang klo buyer gx paham suka nyalahin seller ahirnya suka kasih bintang jelek bintang satu,
    Klo mo simple mo cepat tanpa resiko beli di toko langsung aja lebih mahal dikit wajar karna toko harus bayar sewa tokonya

  • 9 November 2022 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Ini costomer yg belum memahami cara belanja online . Belanja online itu harus sabar Bu .

    • 10 November 2022 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Iya, sependapat.
      Terlihat dari reaksinya saat terjadi kendala dalam pengiriman.

      Yang perlu dipahami, Kurir merupakan pihak ketiga antara penjual dan pembeli.
      Pembeli yang pilih kurir, Penjual yang eksekusi pengiriman.

      Dari sisi Tokped, kurir juga sebagai pihak ketiga yang proses pengirimannya diluar kendali Tokped.
      Ada kendala dalam pengiriman, Tokped sebagai media untuk solusi.
      Karena investigasi dilakukan oleh internal kurir, untuk itu Tokped perlu menetapkan waktu Investigasi (dalam hal ini 7 hari kerja, maksimal dan bisa lebih cepat).
      Jika kesalahan terjadi di kurir, dana pembeli refund (otomatis) dan penjual mendapat ganti dari Asuransi (kalau pakai asuransi).

      Dari artikel TS, saya melihat tidak ada kendala di Tokped, semuanya masih dalam proses (saat artikel tayang) dengan tujuan investigasi penyebab kendala pengiriman.

  • 9 November 2022 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Memang hebat MK ini….masalah apa aja ditampung,rata2 BERES lg…sehat2 terus admin,jgn pernah lelah dgn keluhan2,,,THE BEST kalian semua

    1
    2
  • 9 November 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Beli offline aja si. Klo beli online emang suka gtu klo lg apes. Beli hp aja tiba2 bsa hilang. Nunggu 2 Minggu gk jelas kemana barangnya. Jgn lupa pake asuransi.

  • 10 November 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal seperti ini dengan kurir rekomendasi saya ajukan komplain penjual juga ajukan komplain disuruh menunggu investigasi sampai 7 hari kerja dana akan dikembalikan jika memang tidak terkirim tapi ketika sudah akan melewati batas waktu siangnya barang dikirim oleh kurir JNE dan saya terima dgn baik akhirnya saya cancel kemudian dana diteruskan ke penjual.sampai disini saya kira masalah sudah selesai akan tetapi besoknya saya menerima dana refund di saldo toped dari pembelian yg saya komplain tersebut kalo saya mau curang bisa saja langsung saya transfer ke rek BCA tapi karena itu bukan hak saya,saya pun hubungi toped buat menarik dana tersebut meskipun saya pernah dicurangi toped cashback dicancel dengan alasan yang tidak pernah saya lakukan

  • 10 November 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Ini karna pihak Toped coba menggiring semua pengguna aplikasinya ke langganan “PLUS” Dan berbayar , yang mereka bilang pengiriman lebih cepat, berarti yang nggak langganan ya Arab maklum aja kalo lambat pengiriman nya 25 – 50k setiap bulan nya…
    Pinter kan mereka? ??
    Klo pake fitur sameday pasti kurirnya (anter aja) akan bilang nomer penerima tidak bisa di hubungi , dan akan di pick up besok, padahal seller sudah serahkan barangnya ke kurir wkwkwkw.

    Kalo barang bermasalah harus investigasi selama 7 hari… Kalo barangnya urgent gimana? Kadang2 suka gak pake otak!

    • 11 November 2022 - (02:21 WIB)
      Permalink

      Berdasarkan pengalaman saya sebagai Pembeli, durasi waktu investigasi sebelum ada Plus maupun ada Plus sama (7 hari).
      Sepertinya durasi waktu ini sudah ketetapan prosedur ops. dari Tokped.

      Kecepatan Pengiriman yang ditawarkan plus bukan dari proses kurir maupun Seller,
      tapi dari jenis Kurir yang digratiskan. Untuk Plus, jika lokasi toko dalam jangkauan Instant,
      otomatis kurir yang diberikan adalah Instant (berbeda dengan Non Plus).
      Pengiriman Plus jadi Lebih cepat dari Non Plus.

      Dari sisi saya sebagai Seller, usaha Tokopedia untuk memprioritaskan Plus hanya sebatas
      memberikan warning ke seller bahwa ada order Plus dan perlu prioritas konfirmasi pesanan. Selain itu memperpendek waktu maksimal konfirmasi bagi seller.

      Usaha ini sebetulnya efektif untuk toko yang order hariannya mencapai ratusan atau lebih.
      Untuk seller seperti saya, ya biasa aja…. Order masuk, langsung proses dengan penuh semangat 45 tidak peduli Plus maupun Non Plus…. hiks, selesai packing langsung kirim… 🙂

      Proses pickup kurir saya lihat juga tidak ada perbedaan. Mau Plus atau Non Plus, kurirnya dateng langsung sikat ambil barang.
      Kalau Load kurirnya lagi tinggi, kadang telat pickupnya (Plus sama aja jadi telat juga)
      Pickup dibedakan hanya jenis Sameday atau reguler…

      Plus terasa banget kalau frekwensi pembelian tinggi…
      Jatah bebas Ongkir tanpa batas, bisa dapet Instan, hanya dengan belanja minimal 25 rb.
      Besarnya biaya Ongkir yang digratiskan juga lebih besar dari Non Plus…
      Menurut saya, tawaran ini salah satu rayuan Tokped agar Pembelinya langganan Plus…

      Untuk yang frekwensi belanja online nya sedikit… perlu hitung2 dulu dengan langganan 25 ribu per bulan (masa promo) yang nantinya menjadi 50rb per bulan. Mungkin bisa tetap memanfaatkan bebas ongkir Non Plus.

  • 17 November 2022 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Tokopedia memang kurang dalam mengelola dana konsumen jika terjadi masalah pun dana tak bisa balik ujung ujungnya trik market habiskan saldo dana anda dengan belanja. Saya juga ngalami gagal tarik refund dana, alasan salah memasukan no rek bank katanya!!!!. Dan dana saldo toped saya tidak bulat lagi kepotong dong biaya admin toped tanpa jaminan dana saya diusahakan akan tetap cair rek walau nunggu beberapa waktu.

  • 17 November 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    TokopediaCare parah adminnya hanya mesin penjawab. Tak ada solusi. Resiko belanja di platform nya. Layanan konsumen jika ada masalah supplay ,kurang integritas pengelolaan dana mengendap hati hati jika ada finance dari toped gimmic gratis ongkir jerat aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Care yang Tidak Membantu

oleh Bowie dibaca dalam: 1 menit
22