Kesalahan Sistem Perpanjangan Paket Data Internet XL yang Sangat Merugikan

Pada tanggal 15 November 2022, saya melakukan pengecekan paket data internet XL di ponsel saya dengan bantuan aplikasi MyXL, karena saya berniat untuk UNREG paket data internet yang sebelumnya. Namun ternyata sudah hilang (saya belum sempat screenshot). Saya juga mengecek bahwa saya menerima notifikasi via SMS, mengenai perpanjangan otomatis paket tersebut akan dilakukan pada tanggal 14 November 2022 pukul 23.59 (terlampir bukti screenshot-nya).

Maka dari itu saya mengisikan saldo/pulsa sebesar 100 ribu rupiah, dengan saldo/pulsa akhir menjadi 106 ribuan rupiah. Tidak lama kemudian, saya mendapat notifikasi perpanjangan otomatis paket data internet sebelumnya, dengan memotong saldo sebesar 95 ribu rupiah. Padahal niatan saya hanya untuk memperpanjang masa aktif nomor saja (terlampir bukti screenshot-nya).

Sebagai konsumen, saya merasa dirugikan dengan sistem perpanjangan seperti ini, karena itu bukan paket data internet yang saya kehendaki. Sampai saat ini, paket data internet tersebut tidak saya manfaatkan sama sekali. Karena dengan memanfaatkan produk tersebut adalah bentuk persetujuan, bahwa paket data internet yang dimaksud diperpanjang secara otomatis tanpa mengindahkan notifikasi perencanaan perpanjangan otomatis.

Saya hanya menekankan bahwa kebijakan dan sistem seperti yang saya jabarkan tersebut amat sangat merugikan saya. Saya sudah menghubungi Costumer Service via twitter kepada akun @myXLCare, saya hanya ingin dikembalikan saldo yang dipotong tersebut dan hilangkan segala paket data internet yang tidak saya kehendaki dan tidak sesuai dengan perencanaan perpanjangan otomatis yang saya maksudkan. Namun CS mengatakan paket data internet yang sudah didaftarkan tidak dapat dibatalkan karena paket sudah aktif, dan memberikan saya saran agar menonaktifkan paket data internet sebelum perpanjangan otomatis tanpa memberikan solusi.

Saya menggunakan XL karena jaringan cukup mumpuni di dalam gedung dengan ketinggian lantai kantor saya bekerja di lantai 42, bahkan di dalam toilet sekali pun jaringannya sangat baik. Namun teman, rekan serta atasan kerja saya banyak yang tidak mengetahui bahwa XL sangat baik di dalam kantor.

Apabila solusi terbaik dapat diberikan oleh pihak XL, saya amat sangat merekomendasikan XL sebagai operator seluler yang sangat baik jaringannya di kantor. Namun apabila saya tidak memperoleh solusi terbaik, amat saya sayangkan bahwa saya berhenti menggunakan XL dan tidak akan speak up kepada teman, rekan dan atasan kerja saya untuk merekomendasikan XL sebagai operator seluler yang jaringannya sangat baik di dalam kantor tempat saya bekerja ini.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menyediakan media untuk keluhan saya sebagai konsumen.

Defri Firmansyah
Depok, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 18/11/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:20    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Defri Firmansyah

Jakarta, 18 November 2022 Ref.CM/CU/E/006/1122/OP Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Defri Firmansyah melalui...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Kesalahan Sistem Perpanjangan Paket Data Internet XL yang Sangat Merugikan

    • 18 November 2022 - (05:30 WIB)
      Permalink

      per pagi hari ini saya dapat sms bahwa keluhan sudah diselesaikan, namun saya tidak memperoleh solusi apa pun. nomor komplain yang saya maksud C27301385. utarakan saja bahwa tidak solusi terbaik!

      • 21 November 2022 - (18:51 WIB)
        Permalink

        Buat mas firmansyah itu mungkin emang kelalain mas nya sendiri, soalnya kalo di aplikasi myXL itu udah ada fitur kontrol pulsa, jdi klo misalkan kuota utama habis atau semua kuota udh habis dan di dalamnya udah ada pulsa tetap aja ga bakalan kepotong pulsanya, soalnya saya jg pakai kuota xtracombo flex xxl jdi lebih teliti lagi masnya

        1
        1
  • 17 November 2022 - (11:40 WIB)
    Permalink

    kalo dulu sih sy jam 11 malam udah unreg internetnya utk mencegah perpanjangan otomatis. untuk sekedar memperpanjang masa aktif kenapa ga nominal kecil saja? sehingga perpanjangan otomatisnya dipastikan gagal krn pulsa ga mencukupi.

    10
    • 17 November 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      @Herwin Herwin

      owwwhhh gitu toh rupa nya, komen doang sok elit tau nya paket aja di unreg wkwkwkwkk

      1
      4
        • 17 November 2022 - (23:52 WIB)
          Permalink

          Ya tuhan, belum selesai-selesai ya mas sama serabutan itu 馃槀
          Di surat ini Mun serabutan masih nyampe 馃槶

    • 17 November 2022 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Saya pengguna XL senang dengan perpanjangan paket ini apalagi ada potongan harganya sampai 70%馃槝馃槝
      Harusnya kalau tidak mau perpanjang otomatis tinggal tekan tempat sampahnya yang warna merah… Soalnya kan extra combo itu paket utama, ya pasti akan terpotong kalau pulsa mencukupi.

    • 18 November 2022 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Iya betul kalo saldo kurang dari paket otomatis tidak bisa diperpanjang. Lha ini .alah dikasih full.

  • 17 November 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Benar tuh yang dibilang Herwin. Isi pulsa nominal kecil dulu, supaya gagal perpanjangan otomatis. Memangnya di aplikasi XL nggak ada fitur untuk mematikan perpanjangan otomatis paket ya? T路E路R路L路A路L路U

  • 17 November 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    XL mah begitu. Paketnya bukan sekali beli, tp.perpanjangan otomatis. Pastikan stop langganan di *123*7# (pilih info kartu + stop langganan), pastikan dpt sms bahwa bnr2 udh berhenti langganan. Pernah kasus wlo pulsa tdk mencukupi paket bukannya gagal, tp di pending smpai kita mengisi pulsa.

  • 18 November 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Dimana letak kesalahannya? Bingung. Semua provider yg menerapkan auto renewal pasti kayak gitu kalo ga keburu UNREG

    • 21 November 2022 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Paket internet XL sebenarnya bagus siih. Cuma kalau isi pulsa 2 kali, Masa Aktifnya kok yg nambah cuma pengisian yg pertama 馃う鈥嶁檪锔忦煠︹嶁檪锔. Ada yang senasib kah ?

      Niat isi 50rb dan 25rb biar masa aktif panjang, ehh tetep saja 1 bulan 馃う鈥嶁檪锔

  • 18 November 2022 - (14:13 WIB)
    Permalink

    1. Dapet sms penpanjangan paket otomTis
    2. Isi pulsa
    3. Paket diperpanjang otomatis karena pulsa mencukupi
    4. Komplain karena paket dieprpanjang

    Ini gimana ya , salahnya xl dimana

    • 18 November 2022 - (14:16 WIB)
      Permalink

      seharusnya sih waktu gagal perpanjangan pertama karena ga ada pulsa, autorenewalnya sudah dinonaktifkan

  • 18 November 2022 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Kalo memang niat cuman perpanjang masa aktif ngapain juga harus beli pulsa yg 100ribu? Trus begitu kepotong perpanjang malah komplain. Kenapa gak sehari sebelum perpanjang paket gak di unreg aja kalo memang niat ga diperpanjang. Ini bukan XL yg salah tapi TS nya

  • 18 November 2022 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Setiap provider memiliki kebijakan dan peraturannya masing2.
    Sebaiknya si Pengguna phami tata aturan setiap jasa provider yang anda pakai.

    Kalau dilihat dari kasusnya ini adalah 99% fix dari kelalaian pengguna

  • 24 November 2022 - (10:11 WIB)
    Permalink

    kalau otaknya cekas pintar, harusnya hari dan tgl tersebut jangan di isi pulsa yang mencukupi, isinya 90 ribu dulu, karena lewat hari tersebut paket otomatis berlangganan berhenti sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Sistem Perpanjangan Paket Data Internet XL yang Sangat Merug鈥

oleh Firmansyah dibaca dalam: 2 menit
25