Pesanan Tidak Di-pickup dan Malah Dibatalkan oleh Kurir

Kami sebagai penjual di Tokopedia sejak Agustus 2016, dan telah menggunakan layanan Anteraja lebih dari dua tahun. Sebagai penjual online tentu berusaha memberikan layanan maksimal dengan proses pesanan semaksimal mungkin untuk mempertahankan reputasi toko.

Pada tanggal 24.November.2022, salah satu transaksi di Tokopedia telah kami proses untuk di-pick up oleh ekspedisi Anteraja. Tanggal 24 November 2022 pukul 11:34 status pada transaksi “Satria telah ditugaskan dan parcel akan segera dipick up“. Kami sebagai seller yang sudah lebih dari dua tahun menggunakan layanan Anteraja, sangat kecewa karena paket tidak kunjung di-pick up dan pada tanggal 25 November 2022, status di-cancel oleh “kurir”.

Hal ini cukup aneh, baru kali ini pengiriman kami dibatalkan. Tentu saja pada transaksi Tokopedia tidak ada layanan request pick up ulang setelah dibatalkan oleh ekspedisi, yang membuat kerugian bagi seller dan pembeli, baik kerugian waktu dan penurunan reputasi toko.

Kami sempat menanyakan melalui layanan WhatsApp Anteraja, perihal SOP Anteraja yang membatalkan pengiriman tanpa melakukan pick up. Namun sangat disayangkan pertanyaan kami tidak terjawab dan selalu dibalas dengan jawaban template, tanpa memberikan solusi dan permintaan maaf secara resmi . Kami merasa permintaan maaf melalui WhatsApp, dengan template berulang dan tidak ada solusi yang diberikan menunjukkan kualitas Anteraja.

Sebagai informasi, kami telah berjualan di Tokopedia sejak Agustus 2016 dan badge Diamond 4, dengan puluhan transaksi setiap harinya. Kami masih menunggu permintaan maaf resmi dan penjelasan SOP pick up Anteraja, “Apakah saat ini kurir akan menghubungi penerima sebelum melakukan pick up paket?” dan atau “Apakah kurir akan selalu menghubungi seller, sebelum pick up?”.

Ilham Futuh Rohman
Bekasi Utara, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia:
[Total:95    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

37 komentar untuk “Pesanan Tidak Di-pickup dan Malah Dibatalkan oleh Kurir

  • 30 November 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    diingat baik baik ya !!! sudah sejak 2016.. paham ya. sejak 2016.. 2016.. 2016 !!! artinya adalah seller super prioritas.. sejak 2016. yang asli ada cap badaknya.

    7
    9
      • 30 November 2022 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Sayavudah ga mau pake anteraja, sampe saya komplain ke cs Tokopedia karena tiba2 ada pesanan pakai anteraja lagi.

        Pernah buyer saya suruh cancel transaksi gara2 dia pake anteraja ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

        Mendingan ga jualan drpd pake anteraja

        11
        2
        • 5 Desember 2022 - (08:13 WIB)
          Permalink

          Lah lu yg ga mau, buyer yg disuruh cancel, mending gausah beli di toko mu, ribet amat aturannya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      • 1 Desember 2022 - (08:06 WIB)
        Permalink

        Anteraja memang meresahkan. Seperti nya cm ekspedisi ini yg tidak butuh pelanggan. Sekarang ini Penerimaan paket paling lambat jam 16.00 (info agen anteraja jl KH mas Mansyur). Ekspedisi lain berlomba2 smp malam. Kalau anteraja malah mirip pegawai negeri ๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Pernah jg nanya knp paket sya tidak di pick up stlh request pickup. Alasannya Krn kekurangan kurir. Lah kalo gitu ngapain di aktifkan fitur request pickup. Sungguh2 Jawaban yg membodohkan

    • 6 Desember 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Memang ekspedisi EntarAja sangat meresahkan, setiap ada orderan masuk di si hijau pake ekspedisi ini pasti kurir ga mau pick up dgn alesan kekurangan kurirlah, notif baru masuklah, dll…saya harus anter ke konternya lgsg, pdhl setiap sy nganter ke konter EntarAja, kurir2nya lg pada ngopi, ngerokok, ngobrol, ketawa2….rasanya sedih n kesel liatnya…

  • 30 November 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Mungkin karyawannya setiap pagi senam pakai lagu Selow, lari-lari di tempat karena Tak Lari Gunung Dikejar, sarapannya Biar Lambat Asal Selamat.

    #EntarAja gitu loh.

  • 30 November 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Ada status “nomor telpon penerima tidak bisa dihubungi” apakah maksudnya disini pembeli? Paket aja belum di pick up, dari mana dapat nomornya? Apakah pihak ekspedisi sudah dapat data penerima/pembeli sebelum paket di pick up?

    • 1 Desember 2022 - (08:12 WIB)
      Permalink

      Kurir ENTARAJA emg songong dan ga jujur , paket udh siap dibuat status nya paket belum siap d pick up , secara ga langsung konsumen mengira kita ga siap jualan , harus kita yg anter ke gudangnya.
      Percuma komplain juga CS ENTARAJA ga bakal bantu cuma gitu2 aja bls nya.
      Mending hapus aja layanan pick up nya , kurir yg malas ko seller yg jadi jelek , ga jujur dan ga siap kerja kurirnya.
      Kl ga d pickup jangan salahin seller lah kurir ga jelas banget.
      Anehnya kurir rekomendasi pasti ENTARAJA pdhl layanan jelek banget.

      • 1 Desember 2022 - (08:48 WIB)
        Permalink

        seperti ini juga yang saya alami akhir2 ini…. status palsu: Parsel belum siap dipickup. Status seperti ini sangat menyebalkan ya dari sisi Seller yang sudah berusaha secepat mungkin untuk packing barang.
        Beberapa bulan lalu, status palsu seperti ini juga saya alami dengan Sicepot. Sicepot sudah saya nonaktifkan karena status ini. Sepertinya saya harus menonaktifkan AnterAja juga… Tersisa Ninja yang menyediakan layanan pickup, tapi belum pernah pake. Apakah ada pengalaman dengan Ninja? boleh dong sharing dikit ๐Ÿ™‚
        Thanks

        2
        1
  • 30 November 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    klo saya beda kasus.. tiap kali belanja online pakai kurir anteraja PASTI salah staging terus.. harusnya di staging Pondok Aren selalu nyasar ke Jombang raya dan itu berulang kali, jd nambah 1 hr bt paket sampai.. kmrn lbh parah lg.. paket dr jkrt ke tangerang, salah staging Jombang raya lagi MALAH kirim balik ke jkrt lg dan seperti biasa CS di email ga jawab, di WA malah bikin emosi.. cukup sekian.. ga bakal pakai Anteraja lg

  • 30 November 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Say no deh kepada anteraja, apalagi buat seller. Pengalaman request pick up senin pagi di pick up rabu malam. Itu pun gara2 hub call center nya dl dan yang pick up malah muka nya kayak bete abis

    • 1 Desember 2022 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Saya bantu jawab ya.
      Kemungkinan besar antar aja tdk pickup krn bnyk pemain fiktif yg melakukan req pickup puluhan order,dan mau dipickup kurir,ternyata seller tdk bisa dihubungi. Dan itu membuat raport kurir jadi jelek. Mungkin krn itu mereka jadi begitu. Dan kalau di 1 area pickup cuma ada satu aja,kdg kurir malas,krn tdk masuk di ongkos jemput.
      Utk crosscek silakan tanyakan langsung ke kurirnya.jgn ke cs/gerainya.

  • 30 November 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga baru aja ngalamin

    Parahnya paket saya udah dipick up tp sampe 2 hari status masih gagal pick up, lalu tiba2 AnterAja Cancel Order

    Dilapor ke Tokopedia dan whatsapp serta call ke AnterAja ga guna. Karena kurir pick up ga perna ngasih resi tanda terima ke saya kl pick up jd sy ga punya bukti klaim barang hilang. Lalu saya putar cctv dan tunjukkan ke Tokopedia dan AnterAja bahwa paket uda diambil, ttp aja ga digubris, barang hilang, orderan tercancel. Ga ada tanggung jawab sama sekali.

  • 30 November 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Layanan pickup itu bagus sebenarnya, masalahnya jasa kirim harus nambah karyawan untuk pickup. Kadang area layanan dan jumlah karyawan khusus pickup tidak sebanding.

  • 30 November 2022 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak komplen dengan kurir anteraj. Kurir ini tidak konsisten dan sering tidak bertanggung jawab jika dilihat banyak keluhan mediakonsumen. Saran jangan gunakan kurir anteraj. Yuk mulai tinggalkan layanan kurir yang terlalu banyak masalah

    • 1 Desember 2022 - (05:53 WIB)
      Permalink

      Yg lain kurir bermasalah si cepat sama anter aja, tapi bnyk juga yg komplain JNE, menurut gw ini bikin bingung, ini kurir2 indo apa emang gini ya

      1
      2
  • 30 November 2022 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Buat seller dimanapun anda berjualan… kl mau tokonya laris tanpa ada masalah, off kan itu yg namanya Entaraja dan Silambat! 2 kurir ini paling sering berulah dan kl lagi apes parah ya kaya gini jadinya. Pengalaman saya beli barang pakai 2 kurir ini bermasalah mulu, kurir nya sering banget ngibul ngasih status palsu di aplikasinya.

    1
    2
  • 1 Desember 2022 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya semua ekpedisi punya masalahnya masing masing,Jne,jnt,sicepat,dll,semua ada mas alahnya

  • 1 Desember 2022 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Yg pd usul di nonaktif kan aja utk anteraja, gw ksh tau ya kalo hal tsb gak segampang yg dikira. Kalo online shop nya ( shopee atau tokopedia) sdg krj sama dgn ekspedisi anteraja mk seller gak bisa apa2 karena semua pembelian scr otomatis akan ditujukan ke ekspedisi anteraja. Hal ini pernah gw request ke seller menggunakan ekspedisi apa aja terserah asal jgn pake anteraja, seller menjawab gak bisa karena aplikasi online shop nya sedang krj sama dgn anteraja dan wajib pake anteraja utk yg reguler. Bisa request yg lain asal pake yg kilat, sedang kan yg kilat gak ikut promo free ongkir

  • 1 Desember 2022 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sih bodo amat dgn fitur pick up, kagak bakalan ontime. Biasanya request hanya waktu akan drop paketan aja, jelang toko tutup. Klo tungguin di pick up itu barang toko gk bakal tutup, bisa sampe malem, karyawan bakal dihitung lembur.

    1
    1
  • 1 Desember 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Emang fitur request pickup di tokopedia masih ada gunanya? Gak cuma entaraja, silambat juga gak ada yang pickup sekarang mah. Pada males kerja. Giliran dipecat nyalahin pemerintah.

    1
    1
    • 1 Desember 2022 - (21:32 WIB)
      Permalink

      Saya masih mengandalkan pickup kurir dan kurir yang saya pake cuma Anteraja doank ๐Ÿ™‚
      (selain Gosend/Grab).

      Kalo dari pengalaman saya sih alhamdulillah hampir tidak ada masalah dalam pengiriman ke buyer.
      On time di bawah estimasi waktu tiba.
      Request pickup 2x sehari. Request jam 9, dijemput sekitar jam 11-13 an.
      Request kedua jam 3 siang, dijemput sekitar jam 4 – abis magrib.
      Kurir yang anter berbeda dengan kurir yang jemput.

      cuma…. mulai pertengahan November kemaren, ada pengurangan kurir.
      Nah, mulai agak kacau. Kurir yang Anter sekalian jemput juga…
      motornya kadang2 sampe penuh (ngeri jatoh aja tuh paket2 orang).
      Mulai pertengahan November sampai kamaren ini sudah 3x mengalami telat pickup, tapi tetap di-pickup besoknya.
      Kalo telat aja sih masih mendinglah… Yang cukup mengganggu, statusnya ditulis “Parcel belum siap…”
      se-olah2 seller nya yang lom siap.. padahal tenaga kurirnya yang kurang, keteter…

      Dulu, Sicepat saya nonaktifkan karena masalah status seperti ini…
      Sameday anteraja sudah mulai telat pickup… yang ini bisa bikin berantem sama buyer… order pagi eh gak taunya dipickup besok… gimana gak kesel buyer nya…
      Sekarang Sameday nya udah dinonaktifkan juga…
      bisa2 nanti anteraja reguler dinonaktifkan juga, paket dikirim sendiri pake sepeda ๐Ÿ™‚

  • 3 Desember 2022 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Anter aja paling parah sy seller buah ditokopedia sdh 2 kali tidak di pick up dan buah nya sampe rusak,.& Sekarang anter aja sdh di nonaktfkan saja, bikin rugi aja..

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Pesanan Tidak Di-pickup dan Malah Dibatalkan oleh Kurir

oleh KERUI Teknobi dibaca dalam: 1 menit
37