Sudah Sebulan Paket Tidak Bergerak, Penjual Disuruh Cari ke Kurirnya Langsung

saya sebagai seller di salah satu e-commerce. Pada tanggal 24 Oktober 2022, saya mendapat pesanan dengan menggunakan jasa kirim JNT. Pada hari yang sama saya langsung mengirimkan paket tersebut melalui gerai JNT terdekat, nomor resi: JP7339968910. Tanggal 24 Oktober 2022 itu pun paket telah sampai di gudang sortir.

Namun setelah itu paket tidak bergerak dan statusnya hanya dalam perjalanan menuju ke kota tujuan. Sampai hari ini tanggal 1 Desember 2022 ketika artikel ini ditulis, paket status terlacaknya masih dalam perjalanan menuju ke kota tujuan. Yang berarti sudah hampir 1 bulan setengah paket tidak bergerak.

Tanggal 23 November 2022, pembeli melakukan komplain pembatalan di aplikasi e-commerce tersebut karena 1 bulan barang tidak kunjung diterima. Pada tanggal 24 November 2022, pihak e-commerce memutuskan paket tersebut hilang dan dana dikembalikan ke pembeli. Sedangkan kami sebagai seller diminta untuk mencari paket tersebut ke JNT langsung.

Setelah itu berkali-kali saya hubungi JNT melalui WA atau call center-nya, jawabannya selalu sama, hanya diminta menunggu tanpa solusi. Padahal ini sudah sebulan lebih dan tidak pernah ada kejelasan status paketnya. Sangat disayangkan bahwa pelayanannya sangat tidak memuaskan..

Sampai surat ini ditulis tanggal 1 Desember 2022 pihak JNT hanya terus meminta kami menunggu, tanpa ada follow up sama sekali selama 1 bulan lebih ini. Kami sebagai seller dirugikan, karena uang penjualan tidak dapat dan barang pun hilang. Sedangkan pihak JNT seolah lepas tangan dan hanya meminta kami menunggu mungkin sampai kami kesal dan lupa kali.

Yoanes Dicky
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Sudah Sebulan Paket Tidak Bergerak, Penjual Disuruh Cari ke Kurirnya Langsung

    • 3 Desember 2022 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Dari foto Ss yg dikirim dan no resi yg di awali JP dapat saya tebang e-comr nya adalah si orange/shopee..kakak bisa lgsg hbgi pihak shopee melalui chat admin shopee atau dapat di tlv kelayanan cs nya,,kalau bisa di sedikit digas bicaranya dan lakukan rekam suara saat hbgi CS shopee nya karna menurut saya ini sepenuh nya tanggung jawab pihak shopee..
      Semoga pihak2 berwenang di pemerintahan dapat melakukan sidak ke semua e-comer yg ada di indonesia ini untuk melindungi konsumen dan pedagang..

      9
      1
    • 4 Desember 2022 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Kalo kayak gitu mah berarti bisa2 semua ekpedisi gak rekomended, menurut anda JNT, Anteraja, Tiki, pdhal kalo di liat setahun ke belakang juga bnyk yg komplain di MK soal ekpedisi Si cepat, Shopee express dan JNE

      Jadi yg gak rekomended JNT, JNE, Tiki, Si cepat, Anteraja, Shopee Express, Tiki terus orang kirim pake apa pak? Alasan wahana jrng ada komplain karena emang jarang ada yg pake karena lambat meski murah, kalo bnyk yg pake udah pasti nambah di bagian gak rekomended tadi

      2
      10
    • 5 Desember 2022 - (05:54 WIB)
      Permalink

      sy pernah mengalami kejadian yg sama tp transaksi di tokped. dana kembali ke saya selaku seller dan kembali jg ke buyer

      4
      1
    • 3 Desember 2022 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Paling paket udah “Diamankan” oknum Expedisinya…hahaha
      Kurir2 Expedisi itu sekarang pada Doyan makan”cemilan” gitu…ntah itu paket bermasalah,cross label, double RESI dll..
      Semua karena Expedisi yg katanya Paling cepet itu Memperkerjakan Kurir sebagai Mitra,bukan Karyawan…Alias gak Ada Gaji pokok n uang bensin…yaa jadi klo ada Kesempatan Pasti gak bakal disia2kan… *#CumaOknumGakSemuaGitu*

      12
      3
  • 3 Desember 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak menyebutkan nama e-commerce-nya? Pengiriman molor sampai sebulan setengah dan tidak ada tindakan nyata dari pihak e-commerce? Pantas saja pihak ekspedisi nyantai karena pihak e-commerce bodo amat.

    15
    1
  • 3 Desember 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Jne emang best dalam mslh ini hahah pernah ngerasain soalnya kirim barang nga sampe2 bgtu bae statusnya hub JNE proses pengiriman udah hampir 2 mnggu, pernah jga 1 bln status mslh dlm pengiriman tahunya dh diterima sm penerima paket emang kadang2 wkwkwkk koplak

    1
    2
    • 4 Desember 2022 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Iya, tapi jne (pick up) pernah bohongi saya. Barang berat aktual 4kg berat volumetrik 6 kg di klaim 28 kg. Dan parahnya hampir sejuta ditagihnya. Dan saat saya datang langsung ke kantor ternyata hanya 6kg. Bukannya minta maaf, cs malah bilang “baik pak” seperti tidak bersalah dan tidak berdosa

      4
      1
  • 3 Desember 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Ka kalau shopee biasa di suruh penggantian dana via shopee,jd harus follow up keduanya(jnt dan shopee)..

  • 3 Desember 2022 - (21:31 WIB)
    Permalink

    kurir j&t-nya nakal saya pernah seperti itu paketnya disembunyikan karyawan j&t-nya gak dikirim2x saya marahin baru besoknya dikirim

    2
    1
  • 4 Desember 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    sebut aja nama ecommerce apa, agar seller lainnya menjadi pengalaman dan berhati-hati terhadap ecommerce tersebut. Ecommerce tidak bertanggungjawab, saat ada masalah malah lepas tangan.

    • 4 Desember 2022 - (02:36 WIB)
      Permalink

      Iya bener. Klo e-commerce beneran akan investigasi itu paket di mana, klo mmg hilang ya akan diganti ke pihak seller & refund ke buyer.
      Dan idealnya seller atau buyer pun gk hrs berhubungan dgn ekpedisi krn mmg akan ditangani market place, wlk mmg prosedur nya akan memakan waktu bbrpa hari.

      • 4 Desember 2022 - (17:58 WIB)
        Permalink

        Saya pernah jualan di shopee brg ga sampe ke customer, alhasil customer lapor ke shopee tuk pengajuan pengembalian dana, n sayangnya pihak shopee emank ga pernh perduli soal ini, mreka selalu minta penjual utk memfollow up pihak expedisi, untungnya hmpir 1 minggu bru beres yg ternyata kurir salah kirim ke alamat lain, di shopee kasus2 seperti yg dirugikan selalu seller.

  • 4 Desember 2022 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Heran sama netizen, saat jnt bermasalah saran nya jgn pake jnt, saat anteraja, si cepat, tiki, jne, shopee express, ninja, dan semuanya bermasalah Sarannya jangan pakek mereka.. Lha terus disuruh pakek apa? Intinya semua jasa pengiriman itu pasti akan ada saja kendala. Tinggal cara kita antisipasinya contoh pakai asuransi dsb. Untuk meminimalisir kerugian. Namanya aja kita bayar murah kadang malah gratis ongkir. Mau minta barang selamat?? ya itulah indonesia

    4
    3
      • 4 Desember 2022 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Mau pake Lex ID gak menjamin, nyatanya pernah orang lapor di sosmed barang kehilangan di Lex ID, yg jelas semua ekpedisi gak ada yg aman, jadi kalo di serahin ke kurir cuma bisa pasrah karena ini ibarat nitipin barang ke orang yg gak di kenal dngn jaminan uang ongkir doang

        Di MK jrng ada laporan hilang pake ekpedisi wahana karena jarang yg pake jadi peluang kehilangan ya gk bnyk, 10jt paket hilang 100rb paket berarti peluang hilang cuma 1% sama ekpedisi ada 1jt paket hilang 50rb paket berarti peluang hilang 5%, jadi kalo ada ekpedisi jarang ada yg komplain karena jumlah paket perhari nya sedikit pdhal rasio kehilangan nya lebih besar

        1
        2
        • 6 Desember 2022 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Dgn logika yg sama artinya ekspektasi service level dalam ekosistem marketplace secara keseluruhan basisnya cuma statistik.

          Di MK kadang terlihat posisi penjual dalam rantai makanan kastanya paling rendah. Yg paling atas itu penyedia jasa marketplace sebagai apex predator. Kedua penyedia jasa kurir. Ketiga pembeli. Dan yg terakhir penjual.

          Makanya di sini rame karena menghibur hati yg luka ???

          • 6 Desember 2022 - (11:17 WIB)
            Permalink

            Hihihiiii… 🙂 🙂
            Tugas Marketplace (MP) menyediakan ekosistem yang nyaman dan aman buat penjual dan pembeli.
            yaaa… Seleksi alam, MP yang mengabaikan faktor ini, lambat laun akan lenyap ditelan bumi, jadi fosil.

            Terjadi evolusi, Penjual dan pembeli akan pelan2 pindah ke MP kompetitor yang bisa menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih baik.
            Peranan Media Konsumen sebagai akselerator untuk proses evolusi ini…

            2 tahun belakangan trend evolusi MP ini sudah terlihat.
            MP yang tadinya menjuarai total transkasi perdagangan e-commerce, sudah mulai disalip dan turun ke bawah.
            Jika tidak hati2, MP ini akan makin turun dan terkubur dalam tanah… jadi fosil lagi… 🙂
            MP yang menganggap enteng kasus yang dipublikasikan melalui Media publik dan hanya sibuk dengan promosi yang menghabiskan biaya miliaran akan musnah.

            MP tanpa penjual dan pembeli seperti gedung mall yang akhirnya hanya digunakan untuk sinetron film horor….. hhihhihi 🙂 🙂

    • 4 Desember 2022 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Yg ok penangannya anteraja, jnt, jne, kalo ukur secara global ya… Kalo individual pasti semua ekspedisi pernah Alamo gagal kirim / paket hilang to penangannya yg penting.

  • 4 Desember 2022 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Kalau lazada 21 hari paket stuck di nyatakan hilang dan dana otomatis kembali ke pembeli dan penjual jika non cod dan dana kembali tanpa klaim ke penjual jika di nyatakan paket hilang, jadi untuk kehilangan oleh jasa expedisi lazada gercep tanpa klaim tanpa menghubungi sana sini

    4
    1
    • 4 Desember 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Lazada jg seeing gagal bayar kalo refund. Mesti Kita yg contact kalo ga . Ga bakal di contact Kita. Lazada failed

    • 4 Desember 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Betul, saya sejak 2016 pakai Lazadut gak bermasalah sama LEX ID, masalahnya malah pas kebetulan pakai Ninja dan JNE tapi kelar kok uang balik atau tinggal Live Agent CS Lazada buat laporan kalau bermasalah, pengembalian juga 7-15 hari

      • 4 Desember 2022 - (20:46 WIB)
        Permalink

        Sy pernah beli lotion 10 pcs nyampe cm 9 pcs, paket seperti habis dibuka paksa dan dilakban kembali. Sy kenal semua kurirnya karna udh bertahun2 langganan, kyknya jg gak mungkin mereka mengorbankan kerjaan demi barang murahan. Akhirnya diganti voucher 50k sm lazada, harga barang 55rb, karna emang dr packing udh gak beres, lakban fragile kepotong, kardus bagian atas dirobek paksa lalu ditutupin sm resi. Jd kemungkinan ada oknum di gudang LEX atau kurir/supir yg bawa dr gudang pusat ke gudang kota tujuan nilep produk karna mereka tau kalo ada apa2 dgn paket, kurir yg nganter yg akan dimintain tanggung jawab.

        • 5 Desember 2022 - (13:58 WIB)
          Permalink

          cuma satu aja, yg jadi masalah, barang fragile, kaga di pisahin, dalam satu koli/karung, harus nya ada sortir barang fragile, barang khusus cairan, khusus elektronik, barang beracun, nah ini, semua expedisi sama aja, baik shopee, lazada, tokopedia, j&t, sicepat, ninja, lionparcel, anteraja, pernah paket saya baju, tapi ada becek2 kaya madu, kaya bau sabun, ternyata, kata kurirnya ada barang damage dalam satu karung, dan kena barang saya, itupun katanya ada pecahan botol dalam satu koli, botol deterjen, yg pecah, dan cairannya kena paket yg lain,. capek deh, semua expedisi, semua ecommerce, sama aja, sortirnya kurang

  • 4 Desember 2022 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Mau aman yo beli langsung…milih,bayar,bawa barang,beres.
    Jaman sekarang maunya beli barang,duduk manis barang diantar dgn gratis ongkir,bayar paylater,ada masalah tinggal lapor…

    1
    3
  • 4 Desember 2022 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sebagai Seller di Tokopedia untuk kasus seperti ini, tidak disuruh cari sendiri ke pihak kurir.
    SOP nya jelas. Justru kalau seller ikut mencari/mananyakan ke kurir akan bisa berpotensi terjadi informasi yang simpang siur.

    Pembeli komplain –> Pembeli dan Penjual diinfo untuk menunggu maksimal 7 hari kerja, CS Tokped lakukan investigasi ke kurir.
    2 Hari kemudian (belum sampai 7 hari kerja) dapat info dari CS bahwa Barang dinyatakan Hilang dan saat itu juga dana otomatis kembali ke Saldo Pembeli.
    Penjual disuruh konfirmasi untuk pengajuan klaim Asuransi dan upload KTP.
    Karena KTP sudah didaftar sebagai Seller, KTP otomatis dianggap sudah di-upload (hanya klik klaim saja).
    Besoknya penggantian dana senilai barang sudah masuk ke saldo Seller.

    Sejauh ini sistem Tokped praktis (tidak ribet), apalagi aneh seperti menyuruh seller cari sendiri ke kurir 🙂
    Nanti…. bisa2 disuruh mengantar sendiri ke pembeli… 🙂
    biar lengkap keanehannya, Seller disuruh membeli barangnya sendiri dan mengantarnya sendiri… kalau barangnya tidak sampai ke pembeli, disuruh menanyakan ke dirinya sendiri…. lengkap dah.. huhhahhahha 🙂

    • 4 Desember 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Tokopedia untuk urusan beginian emang paling top no 1 set asean. Ga perlu masukin. Media konsumen. Mereka sangat cepat menabganibnya bahkan perkembangsn message setiap Hari.

      • 4 Desember 2022 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Iya. Saya sangat mengapresiasi banget CS Tokopedia untuk penyelesaian kasus2 seperti ini… Top!

    • 4 Desember 2022 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Kalo di toped sy blm pernah ngalamin paket ilang, tp kalo di blibli pernah. Jd kalo ada pembeli komplain paket ilang atau rusak, dr pihak blibli yg klaim asuransi ke ekspedisi, seller tetap dibayar dan uang pembeli direfund. Semua pengiriman di blibli sudah termasuk asuransi, jd kalo ilang atau rusak pasti diganti full

    • 6 Desember 2022 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Betul kalo ditokopedia semua di investigasi dulu dengan pihak jasa kirim dinyatakan hilang atau sebagai nya baru dana diteruskan ke masing” pihak.. pengalaman saya di blibli dan shopee skrg ini.. barang ga sampai tanpa investigasi menyeluruh langsung dananya dikembalikan ke pembeli dan kita seller diminta utk menghubungi pihak ekspedisi nya sendiri untuk mencari barang nya..

  • 4 Desember 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Kadang tuh pengen banget klo resi apa yg kita beli ga ditempel di luar paketnya biar kurir ga tau apa yg kita pesan. Jadi ga bakal ada yg aneh2 mau nyuri barang. Tp kdg ada resi diluar jg membantu utk calon2 korban penipuan yg beli hp superrr duper murah. Serba salah jadinya.

    • 5 Desember 2022 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Ka, coba cek saldo di “My balance” terus ke transaksi historinya..mungkin sebenernya saldo Kakak sudah nambah (sudah di refund oleh shopee) tp tidak ngeh. ?

  • 4 Desember 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Oh ya sis utk mama marketplace mesti dosebut itu Tujuan komplen Mari supaya ga menebak nebang marketplace nya . Dari as nya sepertinya shopee ya??? Disuruh nyari sendiri ? Haha parah bener…. Udah bener berarti anda melaporkan dimari. To lain Kali Mana marketplace sebut aja gpp.. itu biar memudahkan laporan tsb di cc ke yg bersangkutan . Kalo tujuannya ingin minta ganti ya. Semangat kak

  • 4 Desember 2022 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Komplain ke Shopee minta uangnya. Kalo ada pembatalan, seller gak perlu barang kembali tapi otomatis refund sesuai harga barang maksimal 4 hari kerja. Saya sudah berkali2 mengalami hal ini selama 5 tahun jualan online dan Alhamdulillah lancar dan saya beri penilaian sangat memuaskan utk CSnya, tapi maaf bukan di Shopee tapi di Toped.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Sudah Sebulan Paket Tidak Bergerak, Penjual Disuruh Cari ke Kurirnya L…

oleh Yoanes dibaca dalam: 1 menit
44