Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tidak Ada Pemberitahuan

Pulsa simPATI-ku hilang. Entah sudah yang ke berapa kalinya saya komplain ke Telkomsel, terkait masalah pulsa saya yang hilang sejak saya pakai simPATI. Namun sampai sekarang tidak ada perbaikan sistemnya.

Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Dalam Hitungan Menit/ Tarif GPRS simPATI 35rb satu menit dan Pulsa Hilang 71rb

Kronologi kali ini sangat sadis sekali. Kalau dulu-dulu pulsa saya hilang Rp5 ribu s.d. Rp15 ribu, sekarang yang hilang Rp71 ribu. Anehnya hanya ada 2 SMS pemberitahuan. Saya mengetahui pulsa saya hilang saat mau beli kuota. Tiba-tiba saya lihat sisa saldo Rp0.

Paket internet saya berakhir pada tanggal 09 Desember 2022 pukul 23:59 WIB, dan sisa pulsa saya sebelumnya masih ada 71 ribu lebih. Saya berniat mau beli kuota, tapi pulsa saya ternyata hanya sisa Rp0. Lalu saya cek pemakaian dan saya lihat ada SMS pemberitahuan pemakaian akses internet non paket sebesar Rp10 ribu pada pukul 13.13 dan pukul 13.14 sebesar Rp25 ribu (dalam waktu 1 menit tarif akses internet Rp35 ribu. Woooooww). Sisanya saya gak tahu ke mana karena tidak ada SMS pemberitahuan.

Saat saya meminta riwayat pemakaian pulsa, CS Telkomsel tidak mau memberikan. Padahal ini kan hak konsumen mengetahui uangnya dipakai buat apa. Bahkan CS awalnya tidak mengakui kalau sisa pulsa saya ada Rp71 ribu lebih.

Akhirnya dikasih lah rincian seperti ini sama CS Telkomsel.

Yang tarif Rp10 ribu dan Rp25 ribu dihilangkannya. Itu kalau ditotalkan Rp32.640 ditambah Rp35 ribu jadi Rp67.640, sisanya entah ke mana.

Saya bingung mau lapor siapa. Lapor polisi katanya harus rugi Rp500 ribu dulu baru bisa dilaporkan. Mau lapor Pak Jokowi, Telkomsel kan usahanya pemerintah. Rasanya percuma juga lapor presiden karena lapor ke komisaris Telkomsel pun gak ada ditanggapi masalah saya (atau mungkin belum dibaca kali iya).

Saya merasa Telkomsel ini jadi tukang mengambil pulsa rakyat iya sejak dulu sampai sekarang. Tiap lapor gak pernah ditindaklanjuti, selalu berbeli-belit. Tolonglah Telkomsel, hentikan “merampok” uang rakyat. Yang kalian “rampok” rakyat kecil pula. Jangan beralasan pulsa terpotong karena pemakaian GPRS. Memang siapa yang mengizinkan kartu saya mengakses internet? Kalian kan yang memberikan izin mengakses internet, bukan saya.

Seharusnya kartu saya tidak dapat mengakses internet kalau paket data tidak tersedia. Bukan langsung otomatis memotong pulsa diam-diam seperti ini. HP saya punya 2 kartu, saat kartu sebelah akses internetnya terganggu, di situlah kartu Telkomsel beraksi menghabiskan pulsa saya. Karena Telkomsel yang memberikan izin akses internet di kartu simPATI saya, maka harusnya Telkomsel bertanggung jawab kalau pulsa saya hilang.

Saya berharap, agar Telkomsel memberikan riwayat saldo saya secara utuh. Itu hak konsumen mengetahui uangnya dipakai buat apa. Apakah uang saya itu masuk kas negara atau masuk kantong oknum Telkomsel.

Sistemnya tolonglah diperbaiki. Tolong jangan di-setting kartu mengakses internet dengan biaya GPRS yang mahal itu (1 menit 35 ribu). Itu pulsa, bukan data. Seharusnya jika tidak ada kuota data, maka kartu dilarang mengakses internet. Bukan meminta saya menonaktifkan data seluler. Karena HP sekarang dirancang 2 SIM. Saat kartu yang ada kuota datanya terganggu aksesnya, di situlah kartu Telkomsel otomatis mengambil pulsa untuk akses internet tanpa izin penggunanya.

Settingan Telkomsel yang menurut saya sangat merugikan konsumen, dan pada akhirnya konsumen malas menggunakan Telkomsel. Kenapa saya menggunakan Telkomsel sampai sekarang? Tidak lain cuman backup saja kalau jaringan kartu sebelah terganggu. Sudah bertahun-tahun pulsa saya hilang, saya ikhlas. Namun semakin ikhlas, semakin “dirampok” saya. Karna itulah saya membuat surat ini. Semoga pihak terkait bisa membuat settingan yang benar. Tidak seharusnya kartu mengakses internet tanpa izin pemiliknya. Tolong ya Telkomsel!

Saur Sarantika Turnip
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

111 komentar untuk “Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tidak Ada Pemberitahuan

  • 15 Desember 2022 - (05:42 WIB)
    Permalink

    Itu makanya banyak kemakan pulsanya karena internet mu aktif, HP itu meskipun sudah di tutup aplikasi yg dipakai itu tetap jalan di latar belakang kayak WA misalnya itu aktif terus jadi wajar pulsanya kemakan banyak

  • 15 Desember 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Pengguna telkomsel pasti sudah paham lah,lu udah beli paket internet,paket telp saja pulsa bs berkurang tiba2 ntah karena sms atau apa,sering banget kejadian ini,klo ada pulsa di kartu aja ada ke potong nya,paling aman budget pulsa taro di gopay aja,jadi klo mau beli paket internet ,paket telp,dll bayar pake gopay aja atau aplikasi sejenis,yg penting jangan taro pulsa di kartu .pulsa nya 0 aja,cari aman

  • 19 Desember 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    kalau saran saya sih buat telkomsel jadiin second number aja, pake kartu lain buat dijadiin kartu internet soalnya kalau kayak gini siapa yg salah? beli kuota yg unlimited misal make xl prioritas atau ngga by.u yg buat 100 gban mumer ko cuman 150an aje dibanding beli kuota berkali kali atau ngga pake smartfren biar kekontrol penggunaan data nya kayak saya yang penggunaan data saya ini kadang lebih 100an gb kadang hampir 200an soalnya hobi nonton drama make kartu by.u ya walaupun agak susah juga sih soalnya by.u juga kalau fupnya abis udah ga bisa buka video . fupnya 100 gb +50gb jadi anggaplah 150gb kalau udah lewat itu yah jaringannya udah koid ???? #Curhat

  • 17 Januari 2023 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Bener kali, pulsaku sering habis dengan sendirinya, padahal gak pernah menghidupkan internet pada kartu simpitik

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tida…

oleh Ranti dibaca dalam: 2 menit
111