Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tidak Ada Pemberitahuan

Pulsa simPATI-ku hilang. Entah sudah yang ke berapa kalinya saya komplain ke Telkomsel, terkait masalah pulsa saya yang hilang sejak saya pakai simPATI. Namun sampai sekarang tidak ada perbaikan sistemnya.

Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri Dalam Hitungan Menit/ Tarif GPRS simPATI 35rb satu menit dan Pulsa Hilang 71rb

Kronologi kali ini sangat sadis sekali. Kalau dulu-dulu pulsa saya hilang Rp5 ribu s.d. Rp15 ribu, sekarang yang hilang Rp71 ribu. Anehnya hanya ada 2 SMS pemberitahuan. Saya mengetahui pulsa saya hilang saat mau beli kuota. Tiba-tiba saya lihat sisa saldo Rp0.

Paket internet saya berakhir pada tanggal 09 Desember 2022 pukul 23:59 WIB, dan sisa pulsa saya sebelumnya masih ada 71 ribu lebih. Saya berniat mau beli kuota, tapi pulsa saya ternyata hanya sisa Rp0. Lalu saya cek pemakaian dan saya lihat ada SMS pemberitahuan pemakaian akses internet non paket sebesar Rp10 ribu pada pukul 13.13 dan pukul 13.14 sebesar Rp25 ribu (dalam waktu 1 menit tarif akses internet Rp35 ribu. Woooooww). Sisanya saya gak tahu ke mana karena tidak ada SMS pemberitahuan.

Saat saya meminta riwayat pemakaian pulsa, CS Telkomsel tidak mau memberikan. Padahal ini kan hak konsumen mengetahui uangnya dipakai buat apa. Bahkan CS awalnya tidak mengakui kalau sisa pulsa saya ada Rp71 ribu lebih.

Akhirnya dikasih lah rincian seperti ini sama CS Telkomsel.

Yang tarif Rp10 ribu dan Rp25 ribu dihilangkannya. Itu kalau ditotalkan Rp32.640 ditambah Rp35 ribu jadi Rp67.640, sisanya entah ke mana.

Saya bingung mau lapor siapa. Lapor polisi katanya harus rugi Rp500 ribu dulu baru bisa dilaporkan. Mau lapor Pak Jokowi, Telkomsel kan usahanya pemerintah. Rasanya percuma juga lapor presiden karena lapor ke komisaris Telkomsel pun gak ada ditanggapi masalah saya (atau mungkin belum dibaca kali iya).

Saya merasa Telkomsel ini jadi tukang mengambil pulsa rakyat iya sejak dulu sampai sekarang. Tiap lapor gak pernah ditindaklanjuti, selalu berbeli-belit. Tolonglah Telkomsel, hentikan “merampok” uang rakyat. Yang kalian “rampok” rakyat kecil pula. Jangan beralasan pulsa terpotong karena pemakaian GPRS. Memang siapa yang mengizinkan kartu saya mengakses internet? Kalian kan yang memberikan izin mengakses internet, bukan saya.

Seharusnya kartu saya tidak dapat mengakses internet kalau paket data tidak tersedia. Bukan langsung otomatis memotong pulsa diam-diam seperti ini. HP saya punya 2 kartu, saat kartu sebelah akses internetnya terganggu, di situlah kartu Telkomsel beraksi menghabiskan pulsa saya. Karena Telkomsel yang memberikan izin akses internet di kartu simPATI saya, maka harusnya Telkomsel bertanggung jawab kalau pulsa saya hilang.

Saya berharap, agar Telkomsel memberikan riwayat saldo saya secara utuh. Itu hak konsumen mengetahui uangnya dipakai buat apa. Apakah uang saya itu masuk kas negara atau masuk kantong oknum Telkomsel.

Sistemnya tolonglah diperbaiki. Tolong jangan di-setting kartu mengakses internet dengan biaya GPRS yang mahal itu (1 menit 35 ribu). Itu pulsa, bukan data. Seharusnya jika tidak ada kuota data, maka kartu dilarang mengakses internet. Bukan meminta saya menonaktifkan data seluler. Karena HP sekarang dirancang 2 SIM. Saat kartu yang ada kuota datanya terganggu aksesnya, di situlah kartu Telkomsel otomatis mengambil pulsa untuk akses internet tanpa izin penggunanya.

Settingan Telkomsel yang menurut saya sangat merugikan konsumen, dan pada akhirnya konsumen malas menggunakan Telkomsel. Kenapa saya menggunakan Telkomsel sampai sekarang? Tidak lain cuman backup saja kalau jaringan kartu sebelah terganggu. Sudah bertahun-tahun pulsa saya hilang, saya ikhlas. Namun semakin ikhlas, semakin “dirampok” saya. Karna itulah saya membuat surat ini. Semoga pihak terkait bisa membuat settingan yang benar. Tidak seharusnya kartu mengakses internet tanpa izin pemiliknya. Tolong ya Telkomsel!

Saur Sarantika Turnip
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

111 komentar untuk “Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tidak Ada Pemberitahuan

  • 13 Desember 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Punya smartphone ya harus tau settingannya. Jd dibuka bukalah tuh settingan. Penggunaan data disetting hanya misal di sim 1 aja yg sim 2 di non aktif/jgn auto. Dan kalau beli paket combo musti tau data yg buat reguler brp besarnya. Jangan beli yg buat entertainment movie yg gede. Kalau reguler kecil dan habis ya pulsa diembat

    34
    11
    • 13 Desember 2022 - (09:44 WIB)
      Permalink

      duh ga usah bawa bawa rakyat deh atas kebodohanmu sendiri
      di telkomsel ada fitur jaga pulsa yg menjaga pulsa biar ga motong kalo ga ada paket internet
      lalu ada setinggan pada hp nya kalo ga ada paket bisa dimatikan internetnya

      19
      21
      • 13 Desember 2022 - (11:49 WIB)
        Permalink

        Fitur Jaga pulsa telkomsel itu ga semua nomor dapet. Perbandingannya sekitar 10% aja yg dapet.

        12
        1
        • 13 Desember 2022 - (11:51 WIB)
          Permalink

          fitur jaga pulsa gampang dapet kalo ada aplikasi my telkomsel versi terbaru saya yg cuma level silver aja dapet

          3
          6
          • 13 Desember 2022 - (12:10 WIB)
            Permalink

            ga lihat silver/gold nya pak. itu untung2an aja dapetnya. sy jg punya byk nomor telkomsel, dari 6 hanya 1 aja yg dpt. tp selang bbrp bulan, ada 1 lg yg dapet sendiri. entahlah kebijakan apa yg bs membuat fitur itu nongol sendiri

            7
            2
          • 14 Desember 2022 - (12:34 WIB)
            Permalink

            Kirain w doang yg di rampok pulsa secara diam2 wlpn data seluler off. Karna w pake im3 aja murah .
            Sekarang w gak pake paket perpanjang masa aktif aja gak pernah isi buat pulsa standby

          • 13 Desember 2022 - (18:47 WIB)
            Permalink

            Sudah sering komplain bro, tapi gak ada perubahan. Dan saat terjadi seperti ini pun mereka gak bisa diminta pertanggungjawaban. Saya cuman minta riwayat saldo saya aja gak dikasih. Apa lagi minta penjelasan HP saya mengakses apa sehingga kena biaya akses sebesar ini.

            4
            14
          • 13 Desember 2022 - (22:16 WIB)
            Permalink

            itu cs nya udah kasih rincian riwayat saldo padahal

            5
            3
      • 13 Desember 2022 - (23:21 WIB)
        Permalink

        Jangan merasa diri mu pintar bro. Klw tdk paham kasus orang, mendingan lu diam. Cs Telkomsel aja gak paham menjelaskan kasus saya ini. Hari ini 2 cs Telkomsel menghubungi saya. Pertama lewat telepon, bilang kalau ini akumulasi bukan tarif. Yg kedua lewat WA, bilang kalau ini notifikasi. Dua cs dgn 2 pendapat (ko bisa 1 perusahaan beda pendapat).

        Buat cs Telkomsel, yg bilang ini akumulasi dan bilang ini notifikasi. Sy mau tanya akumulasi dari jam berapa ke jam berapa?. Sedangkan pukul 13.11 dan 13.12 pulsa sdh disedot 20.400.

        Masa iya, setelah disedot 20.400 lalu dihitung akumulasi 10rb (itu kalkulator sistemnya gimana?).

        Dan yg bilang ini notifikasi, masa setelah disedot 20.400 lalu dikasih notifikasi pemakaian pulsa 10rb.

        Penjelasan kalian cs Telkomsel tdk sesuai fakta.

        7
        15
        • 14 Desember 2022 - (00:31 WIB)
          Permalink

          lah lah lah gimana sih, jadi ts nulis disini yg boleh komen siapa? cuma yg sependapat sama TS aja?

          padahal ngasih capture sendiri jawaban cs dan notifikasi sms di artikel
          itu sms ngingetin akumulasi pulsa yg udah kepake dan diingetin suruh beli paket astaga

          14
          4
          • 14 Desember 2022 - (01:12 WIB)
            Permalink

            Kalau gak paham masalah orang, diam aja kau Reny.

            2
            20
          • 14 Desember 2022 - (09:08 WIB)
            Permalink

            Kenapa gk pake wifi aja aman cuma bayar bulanan

            2
            1
        • 14 Desember 2022 - (13:53 WIB)
          Permalink

          TS males baca,sblm kuota paket data atau masa aktif habis,pasti ada pemberitahuan sebelumnya via sms
          Pesan buat TS Makanya jangan males baca

    • 13 Desember 2022 - (10:42 WIB)
      Permalink

      HP sudah disetting lho. Tapi gak tau kenapa selalu kebobolan. Saat askes internet di kartu there saya terganggu. Disitulah kartu Telkomsel menghabiskan pulsa dengan tarif yang tidak masuk akal. Harusnya Telkomsel membuat settingan agar kartu tidak mengakses internet tanpa izin pemakainnya. Kartu there saya gak pernah malingin pulsa karena emang darisana disetting tidak mengakses internet saat kuota data habis.

      3
      15
      • 14 Desember 2022 - (01:07 WIB)
        Permalink

        Reny, itu bukan capture. Yg di artikel saya itu chat mbk. Itu chat diketik sama cs Telkomsel. Bisa bedakan capture dan ketikan chat gak?

        Pahami dulu masalah orang, baru ikut nimbrung iya. Biar nyambung gitu lho

        1
        15
        • 14 Desember 2022 - (03:49 WIB)
          Permalink

          kalo ketikan chat cs, dipajang gambarnya disini, namanya bukan capture ya? apa dong? foto ya? siap si paling paham

          yg gak paham jgn ikutan komen dan nimbrung ya gaess ?

          12
          1
          • 14 Desember 2022 - (05:07 WIB)
            Permalink

            gak kaget kalo telkomsel mah, dulu saya sering banget mengalami hal sprti itu.pulsa kesedot padahal paket data pakai kartu lain,

            3
            4
          • 14 Desember 2022 - (14:24 WIB)
            Permalink

            @Reny, namanya screenshot mba ? .. ts ini sebenernya strez krn ga ngerti cara settingnya .. alih2 minta tolong dgn memohon malah ngegazz trus

      • 14 Desember 2022 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Mungkin TS ngaktifin internet dual sim, jadi kalau yang three internetnya keganggu, yang telkomsel kepake buat internet?

        6
        1
    • 14 Desember 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Sy dulu juga gtu waktu punya Mytelkomsel pulsa sy sering hilang. Ngambilnya lwt OVO gw saldo OVO kembali trs pertama sdkit lama” bnyk tergantung saldo OVO klo bnyk y diambilnya bnyk smp pernah 100 K. Sy cek riwayat nomer biasa yg ambil. Gw hapus Mytelkomsel q OVO q tk nonaktifkan smtra. Q ganti Akun skrng aman. Kyknya Mytelkomsel atau OVO msh mudah dibobol.

    • 14 Desember 2022 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Buat yg masih menyalahkan settingan HP saya, sebelum nya kalian sdh paham masalah yg saya utarakan di artikel ini gak?

      Disini keluhan saya, pertama pihak Telkomsel tdk mau meng-capture riwayat saldo saya (padahal ini hak saya). Konsumen berhak tau riwayat saldo pulsa yang digunakan nya. Apalagi saat ada masalah seperti ini.

      Yg kedua, keluhan saya mengenai settingan Telkomsel yg merugikan konsumen karna fitur amankan pulsa tdk tersedia sehingga pulsa saya hilang.

      Yang ketiga, keluhan saya adalah tarif GPRS yang menurut saya tdk wajar 1 menit 35rb namun Telkomsel tdk mau bertanggung jawab masalah tarif yg dikenakan sehingga menghabiskan pulsa dalam hitungan menit.

      Itu iya teman2, sebelum komen minimal baca dululah iya trus analisa kasusnya. Baru komen, jangan kasih komentar sampah disini.

      Buat orang dalam Telkomsel yg ikut nimbrung komen disini, jika settingan kalian emang benar silahkan pertanggungjawabankan riwayat saldo saya (berikan capture riwayat saldo pulsa saya dan biaya tarif yg digunakan untuk menghabiskan pulsa saya). Uda gitu aja iya.

      1
      6
      • 14 Desember 2022 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Siap Ranti sang pemilik artikel

        Karna saya gak paham jadi gak akan komen, cuma numpang ketawa aja ??

        4
        1
  • 13 Desember 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Di HP-nya kan ada settingan yang bisa akses data sim berapa. Bukan salah telkomselnya, anda seharusnya yang setting di HPnya

    20
    3
    • 13 Desember 2022 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Jaga pulsa belum semuanya dapet

      Ini dari website telkomsel sendiri

      “Jika pelanggan sudah terdaftar (whitelisted) maka akan muncul opsi aktivasi fitur “Jaga Pulsa” atau “Jaga Tagihan”.”

      3
      3
      • 13 Desember 2022 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Ya jaga pulsa juga ada, tapi maksud saya setting di HP yang buat ngatur sim berapa yang buat data.

        5
        1
        • 14 Desember 2022 - (09:09 WIB)
          Permalink

          No AS Telkomsel saya juga gitu … Tiap isi pulsa habis dgn sendirinya sampek bener2 0… Buat telp/SMS kagak prnh, sy gk pernah beli kuota internet, karena pake WiFi dirumah, tiap kluar rmh juga ndak pernah samsek aktifin data. Srg ada SMS “kamu sedang akses internet BLA BLA” pdhl q gk prnh aktifin data, dan buka2 internet ketika diluar rmh, tlg yg udh mahir kasih tau solusinya donk komen ya… Trims

          • 14 Desember 2022 - (11:07 WIB)
            Permalink

            @Mba Ayunindya
            Krn mbanya sopan dan mau belajar, sy mau kasih tau via japri tp sayangnya ga ada fitur itu di MK ini.. sy ga mau disini.. krn si TS udah merasa pinter.. ? .. jd detailnya sy ajarin ke Mbanya aja

            Email kesini aja, email pacar sy yg ga pernah dipakai lagi hihihi
            sitinurbaya4679@gmail.com

            3
            1
          • 14 Desember 2022 - (16:56 WIB)
            Permalink

            Buang kartu Telkomsel nya

    • 14 Desember 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      Settingan HP sudah benar lho. Buat kalian yang bilang ini ke salahan settingan HP saya, yg bilang saya gaptek. Sini datang ke rumah adu ke gaptekan kita, biar kalian ku ajari.

      Settingan saya sdh benar, tapi settingan Telkomsel yg dari dulu emang kamprett. Nyedot pulsa walaupun kartu sudah disetting tdk on ke akses internet.

      1
      7
      • 14 Desember 2022 - (07:52 WIB)
        Permalink

        Ah kentang bener, share loc apa alamat lah biar yg penasaran itu datang ke rumah kau, sekalian ngopi2 biar ngga apalah itu, muahahaha

        1
        1
        • 14 Desember 2022 - (10:30 WIB)
          Permalink

          @sunardi yang
          Dia undang jg sy ogah dtg.. ujung²nya si ts minta kita settingin krn ga paham dgn baca doang ?

          2
          1
          • 14 Desember 2022 - (11:19 WIB)
            Permalink

            Dewa, kau jgn sok kepintaran disini. Klw kau pintar tau gak klw setingan HP kau gak sama dengan settingan HP orang lain?

            Dan klw kau pintar, coba jelaskan knp settingan “jagain pulsa” Telkomsel gak aktif disemua kartu. Jangan sok pinter kau bro.

  • 13 Desember 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Buruk muka, cermin dibelah! Kalimat itu cocok utk TS. Anda yg gaptek, pihak lain yg disalahkan!

    Pake bawa nama rakyat ?. Hampir semua provider jg begitu! Kl msh fakir kuota/pulsa kita yg hrs smart cari settingnya. Nih sy ajarin biar TS pinteran dikit.

    Buka settingnya di HP, aplg HP yg dual SIM. Matikan 4G/otomatis buat SIM yg ga dipakai utk internet, terutama slot SIM 1. On/Off mobile data ga bs diandalkan. Masuk ke menu settingan 2G only di slot SIM telkomselnya (jgn yg 3G/2G krn ini sm aja otomatis), krn kl ga disetting, bbrp HP bakal otomatis pindah SIM utk sinyal internet. Niatnya pabrikan HP bagus, agar ga terganggu saat pakai internet, bs otomatis switch nyari yg sinyalnya kencang, ga ada urusan mereka buat org yg fakir kuota/pulsa.

    Utk telkomsel, jg bs telp ke CS minta matikan dr mereka, tapi sekali kita ganti HP, hrs telp lagi. Gitu seterusnya. Selama ga keluar SIMnya, setelah telp CS biasanya aman.

    Kl indosat, cukup sekali telp CS, lgsg dimatikan sinyal 4Gnya utk internet dr operator, sekalipun ganti HP tetap aman ga otomatis On.

    Kl XL, ada settingnya di aplikasinya namanya Balance Control, bs setting semau kita.

    Kl 3 & by.u, aman tentram, ga pernah ada begal pulsa ?

    16
    1
    • 13 Desember 2022 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Dibuat setting ke 2G tetep aja kesedot kok. Apalagi pake iPhone yg gk ada set 2G ya bakal kesedot trs wlo pake sim yg lqin buat interney. Tdk ada operator yg bebas dr penyedotan pulsa.

      5
      3
      • 13 Desember 2022 - (11:16 WIB)
        Permalink

        Kartu there saya tidak pernah menyedot pulsa. Kalau paket data habis, ada notifikasi meminta kita masuk ke jaringan mereka.

        1
        5
        • 13 Desember 2022 - (14:44 WIB)
          Permalink

          Jangan samakan kartu telkompret ama teri, ya bedalah setingannya. Indopret, smartpret, eksel juga sama, motongin pulsa kalo pake data dah abis. Mending telkompret jangan diisi pulsa sekalian, beres perkara

          8
          1
      • 13 Desember 2022 - (11:45 WIB)
        Permalink

        @dsth, kl udah disetting manual dan mobile data dimatikan msh kesedot, baru komplain ke operator, selama bs membuktikan, lgsg diganti sm mereka

        @ranti, itukan sy tulis 3&by.u beda.
        Jd kl anda ga mau setting manual, tp ngotot ga suka pulsa kepotong, tgl pindah operator aja ke 3 jg/by.u. Kl anda pindah ke xl/indosat ya sama aja bakal kepotong kl ga disetting.

        3
        1
        • 14 Desember 2022 - (17:02 WIB)
          Permalink

          Memang cuma Tri yg hanya bisa konek ketika ada paket data, jd pulsa sejuta tapi ga punya paket pun pulsa tetep aman

      • 14 Desember 2022 - (10:17 WIB)
        Permalink

        @Reny
        Sy yakin si ts ga paham blas.. alih² ngikutin saran dr bbrp yg komen disini, malah tambah nge-gas ?.. ngakunya ga gaptek, padahal keliatan cm nyetting akses internet sim no.brp ?.. pdhl bs tanya temen, kasih liat komen disini biar temennya yg ngerti bantu settingin, ato ke counter HP jg bs kl mau belajar ?

        2
        1
        • 14 Desember 2022 - (10:35 WIB)
          Permalink

          Dewa ini sok pinter. Settingan HP beda2 dodol. Makanya pakai HP yg banyak, pakai semua merek biar lu paham dan gak sok pinter.

    • 14 Desember 2022 - (01:46 WIB)
      Permalink

      Naah UP nih komentar supaya TS nya BACA .
      Mungkin si TS ini terlalu lama mengabdi di Kartu 3, walaupun kouta Habis Pulsa Safe
      Sampaiii…. Akhirnya beralih ke Oprator lain trus panikk, Kouta habis pulsa pun habis ?

    • 14 Desember 2022 - (01:46 WIB)
      Permalink

      Naah UP nih komentar supaya @TS nya BACA .
      Mungkin si TS ini terlalu lama mengabdi di Kartu 3, walaupun kouta Habis Pulsa Safe
      Sampaiii…. Akhirnya beralih ke Oprator lain trus panikk, Kouta habis pulsa pun habis ?

    • 14 Desember 2022 - (01:46 WIB)
      Permalink

      Naah UP nih komentar supaya @TS nya BACA .
      Mungkin si TS ini terlalu lama mengabdi di Kartu trii, walaupun kouta Habis Pulsa Safe
      Sampaiii…. Akhirnya beralih ke Oprator lain trus panikk, Kouta habis pulsa pun habis ?

      • 14 Desember 2022 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Aduh yang belajn telkomsel fix orang dalam. Gua sih udah ga pake telkomsel buat internet. Pelayanannya ituloh y g manuk akal, mulai dari harga pkt data y tadinya murah meriah jadi over price ampe promo y cuma gimick. Sebelumnya ada promo murah setelah diisi pulsa promonya ilang, disitulah gua merasa kek kena sarin gan itachi. Udah cape juga kompalain juga ga ada solusi juga, kalo soal pulsa y dari dulu juga memang lintah pulsa. Solusi diatas alhamdulillah CS telkomsel tidak pernah menyarankan hal tersebut. Tapi ya kalo mau sabar ya terus pake kalo ga sabar ya, buang. Kalo urgen ya solusi matikan data, beli pulsa, conek wi-fi belilah nyawa kartu di my telkomsel dijamin ampuh solusi terbaik untuk saya selama ini, karna g bisa buang kartunya. Kalo y bialng itu TS gaptek palalu tu y gaptek aying. Telkomsel tetep jadi lintah pulsa terbaik untuk saat ini, udah ga ada lawan brother.
        Intinya kalo telkomsel sebaik y kalian bilang, layanan amankan pulsa pasti otomatis diterapin di telkomsel tapi ya karna cuman gimick, itu balakan di persulit seperti yang ada di komen di atas. Artinya telkomsel tetep jadi lintah pulsa terbaik untuk saat ini.

        3
        1
        • 14 Desember 2022 - (10:26 WIB)
          Permalink

          @toni
          Bangun mas cuci muka dulu.
          Yg komen disini ga ada yg bela telkomsel.. justru ngajarin solusi dr kebijakan begal pulsa tsb yg dianut bbrp operator besar.

          Kl ttg harga dulu murah trus naik, namanya jg teknologi.. emang situ mau di 2G ato 3G trus ?

          • 14 Desember 2022 - (17:22 WIB)
            Permalink

            iya si dewa kan si paling 5G dan si paling kasih solusi dan ga guna karna ribet.

    • 14 Desember 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Buat kalian yang nyalahin settingan HP saya. Sudah ngerti gak settingan nya Telkomsel?

      Klw settingan Telkomsel benar seperti kartu there. Kenapa fitur “JAGAIN PULSA” Hanya aktif di sebagian orang. Coba jelaskan iya.

      1
      2
      • 14 Desember 2022 - (17:43 WIB)
        Permalink

        Si toni ngomong panjang x lebar ujungnya cm solusi wifi yg sejak kmrn udah disaranin sm yg lain dm singkat padat & jelas.. makanya bangun dulu kl mau komen.. udah sore bangun ton ?

      • 14 Desember 2022 - (18:03 WIB)
        Permalink

        anggap aja HP adalah kandang, dan kartu three dan simpati itu adalah kucing nya. kalau ingin hemat dan gak kecolongan, pelihara kucing 1 saja walau kandang nya muat 2 ekor.

        sekian saran dari kang kambing…

        • 14 Desember 2022 - (18:13 WIB)
          Permalink

          Tapi sy pengen 2 kucing berbeda bing…, biar cantik gitu. Soalnya saya suka beda jenis kelamin bing.. ?

          Tapi gak pengen kecolongan, bisa atasi jin… ???

  • 13 Desember 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    TS sepertinya tidak cocok pakai kuota internet dari kartu di hape. Matikan saja akses internet data di hape dengan mengaktifkan APN kosong/fake sehingga koneksi data selalu gagal. Untuk akses internet, pakai modem MiFi dan hubungkan ke hape.

    Kini hape cuma aktif akses pulsa, dan koneksi internet di suplai dari modem yang notabene nggak ada akses telpon dan kirim SMS. Masalah selesai, debat kuda tak perlu terjadi.

    12
    1
      • 14 Desember 2022 - (18:04 WIB)
        Permalink

        anggap aja HP adalah kandang, dan kartu three dan simpati itu adalah kucing nya. kalau ingin hemat dan gak kecolongan, pelihara kucing 1 saja walau kandang nya muat 2 ekor.

        sekian saran dari kang kambing…

    • 14 Desember 2022 - (18:03 WIB)
      Permalink

      anggap aja HP adalah kandang, dan kartu three dan simpati itu adalah kucing nya. kalau ingin hemat dan gak kecolongan, pelihara kucing 1 saja walau kandang nya muat 2 ekor.

      sekian saran dari kang kambing…

  • 13 Desember 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Fitur jaga pulsa belom semuanya dapet. Tapi bisa kok kalo mau usaha.
    Sedikit tips buat pengguna telkomsel. kalo pulsa kepotong krn pemakaian internet, solusinya:
    1. chat fanpage telkomsel yg resmi di facebook, ingat facebook, bukan twitter.
    2. Keluhkan pulsa yg berkurang akibat pemakaian internet. Nanti disuruh isi waktu terjadinya, isi aja yg sebenar2nya. before after pulsa. ga usah akurat, kira2 saja.
    3. Mintalah ke cs tsb utk menonaktifkan PAYU (Pay as you use) / PAYU restricted agar kedepannya pulsa tidak akan termakan oleh pemakaian internet.

    hal ini udah kuterapkan pd semua nomor telkomsel sy.
    Dan harus kecolongan pulsa dulu baru bisa dilayani utk menonaktifkan PAYU tsb. Kalo tidak, tidak bisa dibantu.
    Semoga bermanfaat

    4
    4
  • 13 Desember 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    saya juga pemakai telkomsel, tapi saya tahu kalo sisa kuota di bawah 500 mb saya matikan data dan selalu pake wifi buat akses my telkomsel supaya pulsa gak hilang… selama ini sih saya fine 2x aja walau pakai 2 kartu SIM..

  • 13 Desember 2022 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Sama saja, saya dan ibu saya menggunakan no simpati dan Indosat untuk internet, anehnya lagi puluhan ribu pulsa Simpati ibu saya dan saya juga ikut terus berkurang terus tiap hari sedikit demi sedikit sampai terkuras habis sekitar seminggu. Dengan pemberitahuan SMS bahwa saya dan ibu saya memakai akses internet non paket dan penggunaan internet sesuai tarif yang berlaku, anehnya adalah saya dan ibu saya kan menggunakan Indosat untuk internet sedangkan simpati tidak karena sekarang lebih sering wa dan pulsa tidak pernah terpakai tapi di isi pulsa terus makanya pulsa simpati bertambah banyak. Seting HP sudah saya periksa, saya dan ibu saya juga tidak berlangganan paket apapun dan sudah saya periksa apakah ada yang berlangganan paket secara gak sengaja tapi ternyata tidak ada sama sekali. Kesimpulannya adalah pulsa simpati ibu saya dan saya berkurang sendiri sekitar seminggu sampai habis dengan SMS bahwa akses internet tanpa paket padahal internet menggunakan Indosat tapi kok pulsa simpati terpotong.

    Walaupun terpotong terus pulsa simpati ibu saya dan saya, kami tetap isi pulsa terus supaya no tetap aktif karena no simpati sudah tersebar dan repot untuk ganti kartu, setelah isi pulsa dan terpotong terus sekitar 3-4 x akhirnya pulsa simpati berhenti terpotong, tapi kerugian pusa mencapai puluhan ribu.

  • 13 Desember 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Minta cs telkomsel buat menonaktifkan akses internet tarif normal agar pulsa tidak terpotong sehingga hanya bisa akses internet menggunakan kuota saja.

    • 14 Desember 2022 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Telkomsel memang begitu. Kalau lagi tidak ada paket data tapi hp mengakses internet lewat dia, maka pulsa beratus-ratus ribu pun bisa dihabiskan dalam sekejap.

      Ini memang cara yang ‘agak kotor’ oleh Telkomsel, karena pada provider lain, tidak ada paket data yg aktif, ya tidak bisa internetan, pulsa kita tidak disentuh sama sekali.

      Solusinya ya.. tidak usah pakai kartu Telkomsel, kalau anda tipe orang yg tidak mengingat kapan paket data anda berakhir.

      Kalau saya sih selalu mengingat, oh paket data saya habis tanggal 16 bulan ini. Maka menjelang tengah malam matikan dulu mobile data di hp. Besok pagi langsung beli paket data baru dengan cara tethering/pakai mobile data SIM card 2.

  • 13 Desember 2022 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Menurut saya pelayanan tilkumsil makin hari makin jelek, dari sinyal amburadul sampe pelayanan cs yg cuma bisa jadi pendengar setia tanpa solusi. Kalo nggak mau rugi, tilkumsil nggak usah bikin KARTU SAKIT, INTERNET SAKIT DAN PAKET2 SAKIT LAINNYA.

    • 17 Januari 2023 - (15:31 WIB)
      Permalink

      Bener kali, pulsaku sering habis dengan sendirinya, padahal gak pernah menghidupkan internet pada kartu simpitik

  • 14 Desember 2022 - (00:28 WIB)
    Permalink

    BARU KALI INI BACA MEDIA KONSUMEN ISI NYA MEMPERLIHATKAN KEBODOHAN DIRI SENDIRI WKWKWKKK ???

    6
    2
    • 14 Desember 2022 - (03:51 WIB)
      Permalink

      Syailendra Jangan merasa diri mu pintar bro, Kalau gak paham masalah orang, diam aja kau

      ??

      3
      1
      • 14 Desember 2022 - (05:36 WIB)
        Permalink

        Reny, Paham lah secara gw user Telkomsel lebih 15th. Case gitu secara pengalaman murni kesalahan TS. Ga usah jauh² debat settingan HP, “capture” aja diperdebatkan, dan TS nyalahin lu ?

        3
        2
        • 14 Desember 2022 - (14:22 WIB)
          Permalink

          Misi kak ,, kaka. Udah brp lama pake Telkomsel kak, kalo kaka udah lama pake Telkomsel harusnya kk tau ka Telkomsel otomatis nyedot pulsa kalo paket data abis apalagi kalo data nya on , kalo mode data nya di off gabakalan di pake tuh pulsa ,,, kan ada notif juga kalo paket mau abis otomatis ada sms SISA KUOTA ANDA sekian MB silakan beli paket..terus adalagi notif anda akan melanjutkan data dengan non paket…
          Jadi kalo kaka pake Telkomsel kaka harus tau harus ngerti juga kartu yang kk pake tuh gimana, data abis potong pulsa gak … Jujur aja saya ngakak kak ,

          • 14 Desember 2022 - (14:56 WIB)
            Permalink

            Saya juga ngakak baca komen mu namanda ?. Padahal sdh saya cantumkan di artikel, cuman 2 pemberitahuan tapi kau sok kepintaran. Klw ada notifikasi pemakaian seperti yg kau maksud, gak mungkin saya komplen bego.

            1
            2
      • 14 Desember 2022 - (09:51 WIB)
        Permalink

        Mau NIMBRUNG…takut diomelin TS…gak jadi aja lah…biarin aja dia mikir sendiri kemana saldo pulsanya yg 35.000 itu…

        4
        1
    • 14 Desember 2022 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Kalau kamu pintar coba jelaskan tarif yg digunakan Telkomsel, berapa GB saya gunakan untuk mengakses internet sehingga pulsa tersedot 71rb lebih. Ditunggu jawaban mu iya orang yg sok pinter.

      1
      3
    • 17 Januari 2023 - (15:31 WIB)
      Permalink

      Bener kali, pulsaku sering habis dengan sendirinya, padahal gak pernah menghidupkan internet pada kartu simpitik

  • 14 Desember 2022 - (00:28 WIB)
    Permalink

    BARU KALI INI BACA MEDIA KONSUMEN ISI NYA MEMPERLIHATKAN KEB*DOHAN DIRI SENDIRI WKWKWKKK

    3
    2
    • 14 Desember 2022 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kepada SAUR SARANTIKA, keluhan ku hampir sama, intinya PULSA bisa ZONK bila lupa mematikan DATA.

      Akhirnya skrg aq juga pakai XL, krn disitu ada menu KONTROL PULSAnya.

  • 14 Desember 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Mau NIMBRUNG…takut diomelin TS…gak jadi aja lah…biarin aja dia mikir sendiri kemana saldo pulsanya yg 35.000 itu…

  • 14 Desember 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    @Ranti memang fitur dari @Telkomsel sengaja digituin, bisa mengambil kuota non paket (tarif normal), jika isi paket internet sudah habis (Inti tulisan adalah akan dikenakan tarif normal). Tapi itu juga ada pemberitaan di notifikasi. Setingan tersebut hanya bisa di setting dari pihak IT @Telkomsel. Provider lain bisa untuk tidak memakai kuota non paket internet jika paket internet habis (susuai tulisan TS) alias tidak bisa berinternet jika kuota internet habis. Kalau berani pihak @Telkomsel bisa memuat pilihan centang untuk tidak memakai tarif normal non paket internet di aplikasi mytelkomsel, atau pilihan di grapari. @Sobatlain bukannya adu argumen, mau pakai silahkan, kalo ga mau, pindah kartu provider lain. Kan pemakai wajib pintar juga untuk bisa memilih. Kalau ga ada pilihan, ya musti di adakan, karena ini hak konsumen untuk bebas memilih. Kewajiban @Telkomsel harus mengadakan pilihan ini. Konyolnya saat pendaftaran kartu Sim untuk paket internet tidak diberitakan alias setelah dipakai baru diberitakan. Syukur syukur kalau pengguna sudah mengetahui dari awal. Entah teknologi android dan ios sekarang apakah sudah bisa diaktifkan untuk 2 sim card bisa untuk berinternet saat bersamaan. Biasanya cuma bisa pilih salah satu di settingan di HP nya. Kalau di android 11 masih belum bisa tuh, artinya Sim card 1 di pilih untuk internet, Sim card 2 tidak bisa untuk internet walaupun dual sim card for 4G.

    • 14 Desember 2022 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Iya saya tau, Telkomsel emang sengaja mau rampok pulsa konsumen nya diam2 dgn alasan tarif pemakaian GPRS. Ini yang saya protes, tapi ada orang yg sok pintar kayak si dewa yg paham soal setting-settingan. Tapi ditanya kenapa settingan jagain pulsa Telkomsel gak aktif di semua nomor gak dijawab.

      Banyak orang disini yg sok pinter soal settingan HP, mungkin mereka cuman pakai 1 HP jadi maklum aja.

      3
      1
      • 14 Desember 2022 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Mbak coba dilihat paket internet nya apa?? Sbb di telkomsel biasanya dibagi 2 yaitu kuota lokal dan nasional. Lokal hny bisa dipakai di kota domisili, kalo keluar dr kota mk akan tersedot kuota nasional atau bahkan pulsa apabila tdk punya kuota nasional. Pemakaian GPRS di sini blm tentu pemakaian internet yg sengaja kita gunakan, misalkan saja medsos mendapat notif masuk baik itu ada chat wa, line, dsb dan jg bisa dr fb dan IG. Yg lbh parah adl pemakaian auto update aplikasi di PlayStore. Kalo tdk disetting di PlayStore tentang kebijakan update aplikasi, maka akan terupdate scr otomatis apabila ada pembaruan suatu aplikasi. Satu hal lagi, operator tdk punya wewenang memberikan setting penggunaan kuota melalui SIM brp dan yg mana karena di semua hp dual SIM pst ada pengaturan pilihan penggunaan internet atau panggilan telp melalui SIM yg mana. Sebelum marah2 coba cek dulu apakah kesalahan bukan dr diri kita??

        2
        1
        • 14 Desember 2022 - (19:12 WIB)
          Permalink

          Pengen ketawa tp takut di semprot jua?.
          1000% kekeliruan dari mbaknya knp telkomselnya yg di omelin… kalau paket datanya habis di matiin aja Datanya, jgn sok2an mau akses internet tp gak mau kepotong pulsa.

          1
          2
          • 14 Desember 2022 - (19:36 WIB)
            Permalink

            Komentar sampah. Komentar sampah itu bisa datang dari mana aja, termasuk bocil ini. Yg dikeluhkan apa yg dia komentari apa. Minum susu dulu kau yohanis, baru berkomentar klw sdh paham apa yg dibahas orang dewasa disini iya.

            1
            2
          • 15 Desember 2022 - (01:55 WIB)
            Permalink

            Sorry bro bknnya mau belain mbak Tasnya. AQ ga tau untuk kartu Telkomsel yg lain gmn, tetapi untuk kartu Telkomsel punyaku dan ibuku walaupun paket data dimatikan ttp saja kesedot pulsanya dgn keterangan pemakaian gprs. JD yg hrs disalahin siapa ini skrg??? ?

  • 14 Desember 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    @Ranti memang fitur dari @Telkomsel sengaja digituin, bisa mengambil kuota non paket (tarif normal), jika isi paket internet sudah habis (Inti tulisan adalah akan dikenakan tarif normal). Tapi itu juga ada pemberitaan di notifikasi. Setingan tersebut hanya bisa di setting dari pihak IT @Telkomsel. Provider lain bisa untuk tidak memakai kuota non paket internet jika paket internet habis (susuai tulisan TS) alias tidak bisa berinternet jika kuota internet habis. Kalau berani pihak @Telkomsel bisa memuat pilihan centang untuk tidak memakai tarif normal non paket internet di aplikasi mytelkomsel, atau pilihan di grapari. @Sobatlain bukannya adu argumen, mau pakai silahkan, kalo ga mau, pindah kartu provider lain. Kan pemakai wajib pintar juga untuk bisa memilih. Kalau ga ada pilihan, ya musti di adakan, karena ini hak konsumen untuk bebas memilih. Kewajiban @Telkomsel harus mengadakan pilihan ini. Konyolnya saat pendaftaran kartu Sim untuk paket internet tidak diberitakan alias setelah dipakai baru diberitakan. Syukur syukur kalau pengguna sudah mengetahui dari awal. Entah teknologi android dan ios sekarang apakah sudah bisa diaktifkan untuk 2 sim card bisa untuk berinternet saat bersamaan. Biasanya cuma bisa pilih salah satu di settingan di HP nya. Kalau di android 11 masih belum bisa tuh, artinya Sim card 1 di pilih untuk internet, Sim card 2 tidak bisa untuk internet walaupun dual sim card for 4G

  • 14 Desember 2022 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Iya kadang suka kesel saldo telkomsel hilang meski ga seberapa dan itu jauh sebelum ada fitur jaga pulsa , dan makin kesini saya makin jarang isi paket data telkomsel isi yg sim sebelahnya aja pake provider lain .. yg paling berguna telkomsel itu skg daily check in nya saya rajin ikut dan ga pernah absen ..tapi hari ini fitur itupun hilang … sepertinya saya makin ga niat buat ngerawat nomer telkomsel …

  • 14 Desember 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Internet pakai pulsa emang mahal, gabisa dibandingin ama internet dengan paket internet , kalau biayanya sama, ya ngapain pihak provider nyiptain paket internet .
    Jadi jangan heran kalau internetan pakai pulsa walaupun sebentar aja udah kesedot ribuan atau bahkan puluhan ribu rupiah.

    Walaupun kau beralasan ga pakai internet, tapi asalkan data internetmu tetap aktif entah itu E , 3G , 4G ,4G+ ataupun yang lain itupun bisa dibilang kau pakai internet ,

    Trus kau lihat aja berapa aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti “MUNGKIN” Facebook, Instagram, tiktok, Twitter, youtube dan lain lain .
    Itu semua aplikasi kalau masih berjalan di latar belakang ya otomatis nyedot kuota, atau kalau gaada kuota ya yang disedot pulsa

    Udah capek nulis.
    Terimakasih

    3
    1
    • 14 Desember 2022 - (17:53 WIB)
      Permalink

      Iya benar emang lebih mahal, tapi ini kan tidak wajar 1 menit 35rb. Padahal katanya tarif internet itu cuman Rp130/20KB bro.

      2
      1
      • 14 Desember 2022 - (20:13 WIB)
        Permalink

        Belajar dulu beda satuan waktu dengan satuan volume data, baru komplen ?
        Bangun woyyy jangan di hutan muluu…
        Mau bilang udik, kok ya bisa pegang HP ?

        3
        1
        • 15 Desember 2022 - (00:23 WIB)
          Permalink

          Berarti kalau 2000 kb kurang lebih rp.13.000 ya om? Mohon koreksi kalau salah ?
          2000kb buat baca komentar disini cukup ga ya?
          Sorry ya om nanya disini….???

    • 14 Desember 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Gak semua bro. Three gak pernah malingin pulsa. Jadi aman buat dipakai sms, telpon dan internetan.

      Klw Telkomsel emang dari dulu, dan setiap kali di komplain gak pernah ditanggapi. Kayaknya cs nya sdh didoktrin malingin pulsa. Jadi klw ada yg komplain mereka kurang tanggap dan pura2 tidak tau bahkan lebih sering menyalahkan settingan HP konsumen nya aja. Pokoknya klw pulsa hilang jawabannya tarif GPRS, udah gitu aja jawabannya dari dulu.

      Krn gak nyaman pakai Telkomsel, pernah sampai lupa isi pulsa dan kartu diblokir.

      Sebenarnya operator yg suka malingin pulsa itu, buat mereka rugi lho sebenarnya. Krn konsumen gak jadi beli produk mereka. Walaupun harga kuota diobral ?

      Produk yg tdk nyaman dipakai, ngapain jg dibeli iyakan?. Cuman operator maling pulsa ini gak sadar ?

      Saya pakai Telkomsel buat backup aja sebenarnya, krn resah di malingin mulu.

      • 14 Desember 2022 - (19:56 WIB)
        Permalink

        SUMPAH ini dari dulu memang gitu TELKOMSEL. Meskipun data anda Mati juga kesedot entah kemana. BUMN emang gajinya gedhe tapi kualitasnya selalu MENGECEWAKAN. Siapa sih pimpinan TELKOM ini????

  • 14 Desember 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    SUMPAH ini dari dulu memang gitu TELKOMSEL. Meskipun data anda Mati juga kesedot entah kemana. BUMN emang gajinya gedhe tapi kualitasnya selalu MENGECEWAKAN. Siapa sih pimpinan TELKOM ini????

  • 14 Desember 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Bapak yang terhormat, saya bukannya mau membela telkomsel, sebaiknya bapak rajin2 cek kuota atau masa aktif paket internet, karena jika kuota bapak habis sebelum masa aktif paket internetnya maka otomatis hp bapak akan memakai pulsa yang ada untuk internet (notif2 yang masuk spt dari marketplace atau email atau situs2 berita) itu semua memakai internet. Kenapa? Karena saya adalah pengguna telkomsel jadi saya sudah tahu cara kerjanya kenapa pulsa saya bisa terpotong padahal paketan saya habis. Dahulu ada beberapa operator yang jika kuota atau masa aktif paket internet habis (saya lupa tri atau apa ya) maka koneksi internet langsung dan tidak memakai pulsa yang ada (notif2 dari marketplace atau email dll pun tidak akan masuk). Tapi kalau telkomsel memang begitu mungkin sistem mereka. Dari kita sendiri yang harus aktif cek kuota atau masa aktif paket internet. Dan sekarang juga sudah dipermudah dengan fitur jaga pulsa di my telkomsel. Jadi tergantung TS mau pakai cara yang mana biar ga keulang lagi kepotong pulsanya karena paket internet habis. FYI : Biasa telkomsel suka mengingatkan via sms bahwa sisa kuota kita tinggal sedikit lagi atau sekitar 500mb nah dari situ TS harusnya langsung cek status paket internet dan membeli lagi guna menghindari penarikan pulsa karena lupa beli paket internet ??

  • 15 Desember 2022 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Buat @Dewa dan @Reny

    Sorry nih bukan mau membela TS tp saya pengguna Telkomsel udah belasan tahun, dan saya mengalami yg TS alami. Bahkan saya sudah memberikan bukti untuk pihak Telkomsel mengecek apakah no saya maupun ibu saya untuk data internetnya hidup atau tidak. Dan pihak Telkomsel membenarkan bahwa no saya dan ibu saya tidak menghidupkan data seluler Telkomsel (tetapi ttp tersedot dgn keterangan memakai gprs). Saya sudah berulangkali mengalami seperti ini, kadang pulsa saya diganti kadang jg tidak. Untuk kasus yg terakhir saya sampai marah2 apakah tidak ada sistem dr pihak Telkomsel untuk membenahi sistem yg skrg, dan jawaban mrk adalah kita hrs meminta gprs no kita dimatikan melalui permintaan lewat cs Telkomsel.
    Pertanyaan saya adalah..
    Provider sekelas Telkomsel yg katanya tiap thn mendapatkan keuntungan milyaran rupiah, tetapi kasus yg seperti ini tidak ada pembenahannya???
    Atau memang SDM programmer Telkomsel yg rendah??? Atau memang sengaja melakukan ini???

    NB: saya pengguna Telkomsel dgn no yg sama sudah belasan tahun.

    2
    1
  • 15 Desember 2022 - (04:45 WIB)
    Permalink

    Kalau mau aman pulsanya tdak dipakai GPRS mending pakai pakai hp Samsung Lipat 2 kartu.

  • 15 Desember 2022 - (05:40 WIB)
    Permalink

    Itu makanya banyak kemakan pulsanya karena internetmu aktif HP itu meskipun sudah di tutup aplikasi yg dipakai itu tetap jalan di latarbelakang kayak WA misalnya itu aktif terus jadi wajar pulsanya kemakan banyak.

  • 15 Desember 2022 - (05:41 WIB)
    Permalink

    Itu makanya banyak kemakan pulsanya karena internet mu aktif HP itu meskipun sudah di tutup aplikasi yg dipakai itu tetap jalan di latarbelakang kayak WA misalnya itu aktif terus jadi wajar pulsanya kemakan banyak.

  • 15 Desember 2022 - (05:42 WIB)
    Permalink

    Itu makanya banyak kemakan pulsanya karena internet mu aktif, HP itu meskipun sudah di tutup aplikasi yg dipakai itu tetap jalan di latar belakang kayak WA misalnya itu aktif terus jadi wajar pulsanya kemakan banyak.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Pulsa Telkomsel Berkurang Rp35 Ribu Dalam Hitungan Menit, Sisanya Tida…

oleh Ranti dibaca dalam: 2 menit
111