Masalah Ganti Rugi HP Jualan yang Hilang dalam Pengiriman

Salam sejahtera untuk kita semua. Menyambung surat yang saya buat sebelumnya, nomor pesanan Shopee: 221120JSJME08X dan nomor resi SiCepat: 004157852794:

Ternyata Shopee hanya bisa memberikan kompensasi sebesar 10x ongkos kirim, dengan total Rp660.000.

Per tanggal 9 Desember 2022, SiCepat melalui sambungan WhatsApp menyatakan akan mengganti paket hilang, hanya dengan nominal 10x ongkos kirim plus 1 ongkos kirim, dengan total Rp790.680 saja, dengan alasan bahwa saya tidak menggunakan asuransi.

Ketika saya konfirmasi ke gerai SiCepat, asuransi tidak bisa digunakan ketika kita berjualan di marketplace Shopee. Yang bisa menggunakan asuransi hanya kirim langsung, tanpa melalui marketplace Shopee.

Jelas di sini SiCepat dan Shopee lepas tangan atas kerugian hilangnya barang. Shopee tidak menyediakan asuransi dan SiCepat juga tidak bisa menambahkan asuransi, sehingga saling lempar tanggung jawab antara Shopee dan SiCepat. Bagaimana mau pakai asuransi, sedangkan asuransi tidak disediakan oleh k dua belah pihak sehingga menyebabkan kerugian Rp1.005.000?

Mungkin buat Shopee dan SiCepat, uang segitu bukan nominal uang yang besar, tapi buat saya itu adalah nominal yang sangat besar. Terima kasih.

Ismail Marzuki
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:89    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ismail Marzuki

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ismail Marzuki dengan judul “Masalah Ganti Rugi HP Jualan yang Hilang dalam Pengiriman” pada...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Masalah Ganti Rugi HP Jualan yang Hilang dalam Pengiriman

    • 15 Desember 2022 - (18:04 WIB)
      Permalink

      bukan masalah kurir…tp masalah asuransi gak bisa di tambahkan penjual…baca pelan pelan biar paham

      • 15 Desember 2022 - (18:40 WIB)
        Permalink

        Justru jualan di Shopee udah tau gak bisa pake asuransi kenapa masih ngotot? Yg salah ya penjualnya ini karena maksa jualan di Shopee, inget coy Shopee di Indonesia itu bukan bbrpa hari/bulan launching nya tapi udah bertahun2, seharusnya udah tau dong resikonya kalo di Shopee gk bisa pake asuransi ya tinggalin bukan malah maksa jualan
        Ini ibarat Shopee nyediain lahan usaha deket jurang, kalo bisa mikir udah tau deket jurang gak aman ya jngn maksa jualan giliran jatuh malah komplain, marketplace bermasalah bukan nya di tinggal malah nyari perkara

        11
        1
      • 17 Desember 2022 - (04:35 WIB)
        Permalink

        Lah logika mu itu yg harusnya di pertanyakan, dimana2pun dlm prinsip kemitraan harus ada trust value, jngan jadikan pasal2 hukum sebgai satu lndasan aja, jika kejadian barang hilang wlpun g da asuransi ttp lah si kurir atw prshaan pengiriman memiliki inisiatif untuk bertanggung jawab, klu begini malah seakan2 menyalakan lampu hijau untuk trjadi penyelewengan oleh kurir atw divisi pengiriman, dan untuk pihak sopi dia hnya msk kategori pihak ke 3 sbgi jasa agen mempertemukan penjual dan pembeli.
        Disini dpt kita lihat tuntutan akan lbh besar ke pihak jasa pengiriman. Tuntut saja dengan undang2 penipuan kepada pihak jasa pengiriman nya ( saran saya ke penjual yg mnglmi hal ini)

      • 19 Desember 2022 - (09:23 WIB)
        Permalink

        sicepat kurang bagus saya beli emas di shopee pengiriman pake shopee udah 2 Minggu ga sampe sampe hilang entah kemana ?

  • 14 Desember 2022 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Jangan jualan di shop kalau barang mahal. Di tokope saja yang ada fasilitas asuransinya, bisa disetting wajib.

    11
    2
  • 14 Desember 2022 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Memang begitu kalau tanpa asuransi maka penggantian hanya 10x ongkir. Itu umumnya ada di S&K setiap ekspedisi. Anda tidak tahu berarti anda tidak baca S&K dan nekat jualan pakai ekspedisi. Lebih nekat lagi jualan di tas oren yang secara licik menyembunyikan fitur yang memudahkan buyer dan seller untuk menggunakan pengiriman berasuransi.

    Sudah banyak kejadian yang sama di-posting di Media Konsumen ini, dan solusinya tetap sama. Umumnya yang komen menyarankan kalau jualan di tas oren sebaiknya barang-barang remeh dengan nominal kecil saja.

    14
    2
  • 14 Desember 2022 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Wkwk shopee mah gk mau ribet pake asuransi. Nyampe gj nyampe yg penting dapet potongan dr seller wkwkw klo gk sampe ya resiko sendiri buyer & seller.

    Di toped mah klo pake asuransi malah gk pernah berhubungan dgn ekpedisi. Tinggal masuk resolusi minta Tokopedia melakukan investigasi. 5-10 hari dana kembali baik buat seller & buyer.

    11
    1
  • 14 Desember 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Saya langganan ambil barang di tokomu gan, dan uniknya setelah kamu punya kasus dengan Sicepat, kamu tetap pakai jasa kurir tersebut di tokomu, kemarin saya tanya “ekspedisinya regulernya ada apa aja?” masih dijawab “Sicepat”
    Setelah saya cekout juga cuma ada Sicepat aja, ga ada opsi kurir lain.
    Yang saya heran, apa kamu nggak ada kapoknya? Atau nunggu kerugian selanjutnya? Mengingat kamu ada jual hape dengan harga diatas 5 juta, ongkir Jabodetabek cuma 9 ribu, andaikan itu hilang kamu diganti hanya 90 ribu, apa harus nunggu kasus begitu terjadi?
    Kalau memang sudah dirugikan ya nonaktifkan saja, ga perlu dipertahanin.
    Ini ibaratnya orang udah disakitin, tapi masih jatuh cinta. Terlalu setia kamu dengan Sicepat. 😁

    20
    1
    • 15 Desember 2022 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Ga semua expedisi mau menerima pengiriman paket berupa handphone gan karena pd produk handphone itu terdapat batrei yg dianggap berbahaya (bs meledak) didlm proses pengiriman. Mungkin didaerah TS nya ini yg mau menerima pengiriman handphone hanyalah sicepat aja jd TS tetap menggunakan sicepat dan hanya menggunakan sicepat.

    • 15 Desember 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      anda tolong baca yang bener pelan pelan biar gak keliatan bodoh…jualan di shope gak bisa pakai asuransi…jd otomatis kalo barang hilang ya gak diganti…mau pakai jne jnt dll tetep aja barang ilang gak dapat ganti full….paham??? pakai jne…lalu hp ilang??? ya cuma 10x dr ongkir…

      1
      3
      • 15 Desember 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Siap agan yang paling pintar di media konsumen.

        Btw, saya sering belanja handphone di Shopee, ada seller yang bisa tambahkan asuransi untuk pengiriman J&T dan JNE yang dipotong dari saldo penjual, dan dibeli oleh pembeli ketika cekout produk.
        Kalau kamu masih gabisa tambahkan asuransi ke barang jualanmu, berarti kamu harus bertanya ke seller tersebut, supaya makin tambah pintar di media konsumen.

        Nih saya spill tokonya yang bisa tambahkan asuransi: global.teleshop / okeshopofficial

        Monggo. Nanti kalau udah tambah pintar baru komentar lagi.

        3
        1
  • 14 Desember 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Jelas di sini SiCepat dan Shopee lepas tangan atas kerugian hilangnya barang. Shopee tidak menyediakan asuransi dan SiCepat juga tidak bisa menambahkan asuransi, sehingga saling lempar tanggung jawab antara Shopee dan SiCepat. Bagaimana mau pakai asuransi, sedangkan asuransi tidak disediakan oleh k dua belah pihak

    mengapa masih ada yang nekad berjualan disana jika tau kedua pihak tidak ada asuransi? penjual hanya bisa berdoa setiap kali kirim paket barang berharga

    5
    1
  • 15 Desember 2022 - (03:23 WIB)
    Permalink

    Gak kapok² kalian berjualan atau beli di toko Orange???….
    Sudah tw gak ada Asuransi, masih ngeyel..!!!
    Toko Ijo dan BL ada asuransi, barang dibawah 100rb sampai Saya beli Drone 7jutaan enjoy aja…

    5
    1
  • 15 Desember 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    2022 masi aja ada yg menggunakan kombo maut sopi+sicepat😭😭..kombonya ibarat makan sate kambing+durian..sy jualan pake sopi,mentok yg harga 500 ribu..harga diatas itu sy buka di marketplace fb sistem transfer lgsung

  • 15 Desember 2022 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Janganlah suka mengumbar kebodohan di medsos, kasihan keluarga anda ikut malu. Udah jelas aturannya barang hilang diganti max 10x ongkir, dan anda tetap berjualan, berati anda setuju. Terus kenapa skrg protes… Ha ha ha..
    Postingan gini bakal jadi makanan empuk seles toped…

    4
    6
    • 15 Desember 2022 - (18:12 WIB)
      Permalink

      masalahnya penjual mau masukin asuransi ke produknya tp di shope gak bisa…ya wajar lah penjual komplain…ini jg buat masukan ke shope karena cuma shope yg gak bisa input asuransi….kenapa jualan di shope? karena shope no 1…anda gak pernah jd penjual…makanya keliatan bodohnya…cuma bisa ngatain orang…saya yakin anda cuma karyawan ob yg cuma bisa ngatain orang..dan gak pernah berbisnis hahahaha

      2
      1
      • 15 Desember 2022 - (18:47 WIB)
        Permalink

        Udah tau Shopee kagak ada fitur asuransi masih maksa jualan, gw juga pernah jualan di Shopee omzet dr Juni 2022 – Agustus 2022 1,8M tapi skrng kapok karena barang2 mahal yg gw jual tapi di Shopee gak ada fitur Asuransi, jadi kalo maksa jualan menurut gw itu udah resiko di Shopee jadi salahkan penjualnya, nyediain Tempat jualan di pinggir jurang ya kalo gak mau jatuh jngn jualan di situ ya kalo maksa trs jatuh ya itu resiko penjual kenapa maksa pdhal bnyk marketplace yg nyediain jualan tempat aman

      • 15 Desember 2022 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Dih rasis ke karyawan ob. Gaya ente belagu amat.
        Paling ente cuma gembel di pinggiran toko yang belagak jadi bos.
        Kalau bos biasanya humble, karena banyak duit.
        Yang songong itu biasanya level jongos, nah ente contohnya.

        3
        1
      • 16 Desember 2022 - (14:42 WIB)
        Permalink

        Yg bodoh ya anda sudah jelas2 tidak bisa asuransi dishoppe masi berani jualan barang jutaan 😅👌, kasus kayak gini ud banyak di mk ga usah ngumbar2 kebodohan sendiri, banyak marketplace lain kok yg ada fitur asuransi malah cari penyakit ngotot jualan disono, terus kecebur pake buka komplainan di mk terus ngatain org2 yg komen2 kwwkwkwkwk

  • 15 Desember 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Istri saya pengguna shopee, saya sempat heran kok mau ya belanja pakai shopee yg jelas2 tidak ada fitur asuransi pengiriman. Ya untungnya hingga hari ini belum ada pesanannya yg hilang diperjalanan. Tapi kalau beli hp atau barang yg mahal selalu lewat tokopedia saya. 😅

    3
    1
    • 15 Desember 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      kalau ada pesanan yg hilang di perjalanan, pembeli dapat ganti rugi full, seller maksimal dapat ganti rugi 10 kali ongkir.

  • 15 Desember 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Shopee sama sicepat itu udah combo maut. Masih aja dipake. Sicepat tukang ilangin barang, si sopi ga mau rugi pake asuransi. Ya udah kombo maut

  • 15 Desember 2022 - (18:13 WIB)
    Permalink

    saran gw jangan jualan di shopee lg, pindah ke marketplace yg punya fitur asuransi pengiriman barang. ganti ekspedsi itu percuma karna lu mau pakai ekspedisi apa aja, ada resiko barang hilang.

  • 15 Desember 2022 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Pengalaman banget ni make si cepat, kondisi packing rapi, nyampe expedisi paket bolong. Barang di dalam auto hilang.. Klo menurut saya shoope harus nya membebankan nya ke pihak pembeli, karna pembeli salah tidak menggunakan asuransi, tp klo pembeli, belinya non COD ya.. Klo beli COD ya mau gmn lagi Shopee juga gk megang duitnya. Mau di ganti ya rugi bandar😁😁

  • 15 Desember 2022 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Si “oren” maning…huuuu😏😏😏 Mari pindah berjamaah ke market place yg aman…yg ada asuransi nya.

  • 17 Desember 2022 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Laporin aja kekepolisian bg, tuntut aja di jalur hukum, pasalnya bisa jd tindakan penipuan dan penyalahgunaan tugas dan tanggung jawab. Gw geram sama jasa2 pengiriman yg kayak gini mau menang sendiri, hilang itu adlah keteledoran murni pihak pengiriman (baik itu untuk kurir ataupun di staff nya), tp jika kena bencana alam( ya tau lah apa mksd dr bencana alam yg gw ketik dsni) itu br bisa di libatkan dengan permasalahan asuransi dan tidaknya.

  • 18 Desember 2022 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Sopi itu siapa? Pahami dlu itu. Maka anda akn bs tau dia peduli bisnis anda sbg penjual ato tdk. Dan apa dia memberikan rasa nyaman / aman bg anda sbg pembeli. Apa hny sekedar mencari keuntungan dr keduanya ? Sy rasa bisa dpahami.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Masalah Ganti Rugi HP Jualan yang Hilang dalam Pengiriman

oleh ismail marzuki dibaca dalam: 1 menit
34