Tagihan Akulaku Masih Ada, Padahal Pesanan Sudah Di-refund

Pada tanggal 19 November 2022, saya melakukan pemesanan barang di Akulaku, dengan nomor pesanan: 202211190816145069032. Metode pembayaran yang saya gunakan adalah menggunakan limit PayLater + uang DP yang ditransfer lewat BCA Virtual Account.

Karena nomor resi invalid dan tidak dapat dilacak, akhirnya saya memutuskan untuk refund pesanan pada tanggal 21 November 2022.

Setelah menunggu selama 3 hari, akhirnya refund pesanan saya disetujui oleh pihak Akulaku pada tanggal 24 November 2022, dengan nomor refund: R202211211212164707577. Namun anehnya, biarpun status refund telah berhasil dan disetujui, tapi tagihan saya masih tetap berjalan sampai saya menulis surat ini. Padahal status pesanan sudah di-refund dan transaksi sudah ditutup.

Saya sudah menghubungi customer service lewat e-mail, tapi tidak ada respons. Pada tanggal 24 November 2022, saya hubungi customer service lewat live-chat, tapi tidak direspons, hanya dibaca saja. Lalu saya hubungi lagi lewat live-chat tanggal 29 November 2022, saya disuruh menunggu 3-5 hari kerja.

Setelah 5 hari kerja, karena permasalahan belum selesai juga, pada tanggal 03 Desember 2022 saya hubungi lagi lewat live-chat dan saya malah disuruh menunggu lagi sampai 14 hari setelah proses refund berhasil. Awalnya dijanjikan 3-5 hari, sekarang malah ngaret sampai 14 hari.

Sampai surat ini saya buat, total sudah 19 hari saya menunggu, tapi tagihan saya belum juga hilang. Uang DP saya pun entah bagaimana kabarnya, karena tidak ada penjelasan akan dikembalikan atau tidak. Customer service hanya bilang tagihan akan hilang setelah masalah selesai yang entah kapan diselesaikannya, tanpa menjelaskan uang DP saya akan dikembalikan atau hangus.

Sudah 4 tahun lebih saya menggunakan Akulaku, dan ternyata sistem sangat parah dibanding dengan fintech dan e-commerce lain. Perlakuan customer service terhadap pelanggan juga bobrok sekali, pelanggan disuruh menunggu, dan terus diulur waktu menunggunya.

E-commerce lain. jika melakukan refund saat itu juga dana dikembalikan dan tagihan hilang. Sedangkan sistem Akulaku butuh waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikan masalah sepele seperti ini.

Hei Akulaku! Jika memang sudah tidak sanggup melakukan bisnis, ya ditutup saja semua layanan dan bisnisnya. Jangan sampai mengorbankan SLIK dan BI Checking pelanggan dengan cara mengulur-ngulur waktu, sementara tagihan terus berjalan.

Pius Agustus Pradipta Aryana
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:29    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Pius Agustus Pradipta Aryana

Jakarta, 16 Desember 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Pius...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Tagihan Akulaku Masih Ada, Padahal Pesanan Sudah Di-refund

  • 15 Desember 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Setelah bertubi-tubi Sopi lagi Sopi lagi, akhirnya Akulaku muncul juga. Coba deh TS cari artikel terkait Akulaku di Media Konsumen ini. Banyak kasus serupa dengan pembatalan pesanan ditarik-ulur. Tidak sedikit yang kasusnya berlalu begitu saja tanpa kejelasan.

    Semoga TS termasuk yang beruntung dan masalahnya cepat selesai. Yang anda butuhkan adalah sabar, doa, dan (mungkin) kerabat orang penting.

    2
    2
    • 15 Desember 2022 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Saya jg pernah nglamain nomer resi berbeda dan tidak bisa dinlacak tp barang bisa di terima tp y aneh jg sih kenpa resi yg muncul bisa berbeda.nah ini skrmg sy lg pesen baramg di akulaku udah hampir 2rian blm updet setatus pengiriman masih menunggu pngiriman kl di cek.lma lama sy kewatir jg pke akulku kl respon kurirnya begini.tktnya bermash ribet ngurusnya

  • 15 Desember 2022 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Semoga segera selesai pak,
    Mau berbagi pengalaman aja,
    Saya awalnya menggunakan payleter hanya iseng aja,akhirnya dari limit 1jt selama pemakaian 4.5 tahun limit jadi 9jt..
    Saran saya klo sudah selesai urusannya segera hapus apknya, soalnya kita jadi konsumtif dan hawanya pengen kredit trs..

  • 15 Desember 2022 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Katanya sdh 4 tahun pakai akulaku, masa tdk tau kinerja aplikasi itu, klo terjadi kendala jgn hubungi melalui email dan live chat, Krn yg jawab itu robot, mesti pakai modal untuk hubungi cs akulaku, dgn telp kena pulsa baru diproses cepat, buat semua jika terjadi kendala jgn hubungi email dan live chat Krn tdk berguna, email gak bakalan dijawab, dan live chat sdh pasti yg jawab itu robot, lebih baik korban pulsa untuk telp customer lgsg.

    3
    2
  • 15 Desember 2022 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Inget ya kawan² jangan sekali² beli barang di akulaku !!! Tokonya hampir semua gak ada yang beres, kalo punya limit di akulaku mending dibuat belanja ke e-commerce yang lain ,

  • 16 Desember 2022 - (04:41 WIB)
    Permalink

    Bukankah kalau pakai segala jenis paylater di e-commerce manapun kalau retur/refund pasti tetap di kenai tagihan bunganya ya. Itu 800.000 sekian kayaknya bunga nya bukan tagihan barangnya, coba lakuin hal yang sama di Shopee pakai nominal kecil trus di retur/refund pasti jg gt nyisa tagihan bunganya. Ya begitulah riba ngeri banget

  • 16 Desember 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Akulaku emang begini.. kalo beli barang di toko terpercaya mgkn akan baik baik saja. Tp begitu afa problem, misal toko tidak kirim barang, barang yg dikirim tdk sesuai, barang kosong, barang rusak.. siap siap nyesel pakai akulaku

  • 16 Desember 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Ada oknum yg mengatasnamakan aku laku ambil barang diblibli bayar ditagihan akulaku tapi diriwayat tagihan sy tidak ada dan sy disuruh bayar sudah lapor kekantor tidak direspon sistem akulaku tidak beres lagi hati2 penipuan akulaku

  • 16 Desember 2022 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Nah itulah contohnya kalau pake (e-com…) tsb. Untuk yg lain yg belum coba atau iseng2 atau cuman ngeTES . MONGGOOOO

  • 26 Desember 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga gitu, akhirnya tagihan saya bayarkan namun saldo saya belum di kembalikan, laporan dari tanggal 18 sampai hari ini belum jelas

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Tagihan Akulaku Masih Ada, Padahal Pesanan Sudah Di-refund

oleh Pius Agustus Pradipta Aryana dibaca dalam: 1 menit
14