Customer Service dan Perbaikan MyRepublic yang Sangat Buruk

Saya pelanggan MyRepublic id:C1293674 ingin berbagi pengalaman yang cukup membuat saya geram sebagai customer MyRepublic kurang lebih 2 tahun lamanya. Menurut saya ini adalah cara satu-satunya untuk menyampaikan apa yang saya rasakan.

Kejadian ini dimulai 17/09/2022, Internet saya bermasalah mulai pukul 6 sore s/d 12 malam. Mulai dari pengecekan dari sistem lalu mengikuti arahan dari CS yang disuruh menunggu, mengganti perangkat modem sudah saya lewati akan tetapi masalah tidak kunjung usai sampai saat ini.

Pergantian modem pertama saya lakukan karna modem hanya dapat terdeteksi di jarak 1 meter. Berikut saya jelaskan bagaimana teknisi lapangan berbicara setelah dilakukan pergantian modem.

Saya: Mas kenapa ping saya ke google di CMD kok naik ke 20-24ms biasanya saya dapat 16-18ms.
Teknisi: Kurang cocok berarti mas, pakai saja dulu kalau 2 hari masih seperti itu coba request pergantian modem ke ONT HG5.
Saya: Kenapa mas harus ONT HG5?
Teknisi : Iya mas kalau modem cocok-cocokan dengan tegangan kabel dari tiang ke rumah mas.

Beberapa hari kemudian koneksi saya mengalami kendala, pergantian modem saya request ke ONT HG5 sesuai arahan dari teknisi lapangan.

Permintaan pergantian modem saya dikabulkan akan tetapi modem yang datang bukan tipe modem ONT HG5. Teknisi beralasan tidak ada permintaan tipe modem ONT HG5 jadi diberikan yang ada saja di gudang. Lantas yang saya tulis di email itu apa?

Lalu di tanggal 2 Oktober saya melakukan request pergantian kembali dan mempertegas bahwa saya meminta pergantian modem ke ONT HG5, dan melaporkan bahwa internet saya tetap mengalami gangguan di jam 6 sampai dengan 12 malam.

Lagi dan lagi modem yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diarahkan oleh teknisi di lapangan. Saya diberikan modem yang berbeda dengan alasan barang di gudang tidak ada mas, jika nanti rusak hubungi saja ke CS minta ganti modem lagi dan seperti ini modem yang saya dapatkan dan saya gunakan sampai saat ini.

Saat ini Modem tersebut mengalami kendala terkadang wifi sering mati tanpa sebab dan hebatnya lagi koneksi saya tetap bermasalah setiap malam jam 6 sampai dengan 12 malam. Dengan kendala wifi tersebut saya ajukan pergantian modem hari ini tetapi kata CS seperti ini.

Respons Customer Service di WhatsApp sangatlah lambat, dibutuhkan waktu lama menunggu agar komplain direspons.

Ini hanyalah 1 respon dari beberapa respon yang saya terima dari Customer Service. Mulai dari Pergantian Perangkat hanya dapat dilakukan jika ada rekoomendasi dari Tim Terkait lah, Perangkat di sistem terpantau normal lah, dan lain sebagainya.

Saya sudah mencoba untuk bersabar dalam beberapa bulan ini tetapi tidak ada hasil dari kesabaran yang saya berikan, alih alih memberikan internet cepat dan murah malah keluhan customer diabaikan.


Memberikan email keluhan dengan harapan masalah selesai. Malah mendapatkan email “Perbaikan Gangguan Layanan Telah Selesai” tetapi kenyataannya masih berlangsung tuh sampai sekarang. Bonus kelakuan CS MyRepublic yang merespon dan menutup chat sesuka hatinya.


Oh iya, tim terkait yang disebutkan tidak tinggal seatap dengan saya, lalu bagaimana bisa tahu kondisi modem mengalami gangguan seperti wifi mati?

Dicky Pratama
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Permohonan Maaf MyRepublic kepada Bapak Dicky

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Dicky pada tanggal 19 Desember...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Customer Service dan Perbaikan MyRepublic yang Sangat Buruk

  • 19 Desember 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Ping ke domain Google itu rasanya wajar dapat 32ms (berdasarkan SS). Kalau sebelumnya dapat 18ms mungkin dikarenakan banyak faktor, misalnya ada tambahan beban di jaringan antara pelanggan dan Distribution Point.

    Jika internet SELALU kontinyu mati antara jam 6 sore sampai jam 12 malam, dugaan saya penyebabnya bukan dari router atau instalasi rumah, melainkan dari pengaturan DP atau langsung dari pusat.

    Mengenai pertanyaan anda,
    “Oh iya, tim terkait yang disebutkan tidak tinggal seatap dengan saya, lalu bagaimana bisa tahu kondisi modem mengalami gangguan seperti wifi mati?”

    Jawabannya, status router bisa di monitor dari jauh. Router tidak bisa di monitor jika instalasi antara router dan DP terputus, misalnya kabel FO patah atau ada sambungan yang kendur.

    • 19 Desember 2022 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Dari segi teknis kondisi 32 ms itu memang terlihat normal akan tetapi dari segi pemakaian jauh dari kata normal karena paket yang saya gunakan sebesar 100mpbs, dengan kondisi hanya 1 PC yang terhubung tidak ada perangkat lain yang terhubung ke router baik itu WLAN dan LAN. Saya mencoba untuk melakukan streaming di youtube dengan resolusi 240p dan hasilnya buffering. SS tersebut hanya ‘permulaan’ dari gangguan harian yang saya alami setiap harinya. Mulai dari latency yang sangat tinggi, download speed yang drop dan request time out terjadi di waktu berikutnya.

      Untuk internet ini saya pastikan SELALU mengalami kendala di jam 6 sampai dengan 12 malam. Saya juga sudah coba memberikan keterangan tersebut setiap kali saya memberikan keluhan gangguan yang terjadi. Selama 3 bulan ini saya sudah menunggu perbaikan yang dilakukan tetapi hasilnya masih nihil sampai saat ini.
      Saya juga menduga hal yang sama dengan mas Teguh, maka dari itu saya mencoba untuk berkomunikasi dengan tim terkait, tetapi sampai saat ini tim terkait tidak ada yang menelpon saya, dari pihak CS memberikan informasi nanti tim terkait akan menghubungi, tetapi yang saya dapatkan selalu saja email bahwa ‘masalah sudah selesai’ dan kenyataannya masalah tersebut masih terulang sampai hari ini.

      Saya setuju karna router dapat di remote dari pusat, akan tetapi disini masalah yang saya kemukakan wifi mati dan menyala di waktu yang tidak menentu. Apakah mungkin tim terkait mengecek router yang saya gunakan selama 24 jam nonstop?
      Informasi yang didapatkan dari CS “Pergantian perangkat hanya dapat diajukan oleh teknisi bukan dari pelanggan”. Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, pada saat router saya mengalami kendala baik itu wireless mati total, LAN Port di router yang tidak dapat mendeteksi kabel LAN dan router menunjukkan lampu merah, lampu PON berkedip yang saya alami, seluruhnya diajukan oleh saya. Jika saya pribadi tidak melapor maka router tidak akan diganti.

  • 21 Desember 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    modem/ont di myrep itu kebanyakan bekas/refurbished, jarang banget masih dapat modem/ont kondisi baru bnib, kalo ada penarikan/penggantian modem/ont dari satu customer, dibawa & disimpan di gudang, nanti akan dirolling utk dibawa lg ke teknisi yg lainnya, utk cadangan di tas mereka waktu kunjungan ke customer, biasa mereka bawa minimal 2 modem/ont di tasnya, tanya2 aja teknisinya kalo gak percaya hehe

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Customer Service dan Perbaikan MyRepublic yang Sangat Buruk

oleh Pratama dibaca dalam: 2 menit
8