Sistem Pembayaran Bermasalah, Merugikan Nasabah karena Terkena Denda

Pada tanggal 20 Desember 2022, saya memiliki tagihan Flexi Cash Jenius yang telah lewat jatuh tempo. Saya membayar hutang tersebut lunas, sejumlah tagihan yang muncul. Saya membayar sebanyak 2x pada hari yang sama, karena uang usaha saya baru cair sore hari di dana Bisnis. Hutang keseluruhan beserta denda, bunga dan hutang pokok telah saya bayar full. Berikut ini adalah tagihan yang muncul:

Yang mana tagihan berjumlah total Rp2.396.076 dan saya bayarkan 2 kali. Yang pertama sejumlah Rp1.010.797 pada pukul 10.21 pagi dan yang kedua sejumlah Rp1.385.279, pada pukul 18.07 malam. Pembayaran keduanya sebelum pukul 19.00 malam, karena di atas pukul 19.00 tidak dapat di-autodebet Jenius Flexi Cash.

Berikut adalah bukti screenshot pembayaran saya 2 kali:

Semua saldo saya yang masuk langsung ditahan, dengan total Rp2.396.076. Saya pikir sudah aman tidak akan denda lagi dan besok saya tinggal bayar hutang yang jatuh tempo tanggal 21 Desember 2022.

Namun sayangnya, besok paginya pada tanggal 21 Desember 2022, uang yang saya setorkan pada pukul 10.21 pagi anehnya masih ditahan, tidak diproses untuk pembayaran hutang. Sedangkan uang saya yang saya setorkan pada pukul 18.07, telah diproses untuk pembayaran hutang.

Karena sistem yang tidak memproses dana tersebut, saya dianggap terlambat dan dikenakan denda sebesar Rp300.000. Kalau memang ini murni kesalahan sistem dan bukan indikasi kecurangan, seharusnya yang tidak diproses pembayaran hutang yang masuk pukul 18.07 malam. Namun justru yang tidak diproses dana yang masuk pukul 10.21 pagi.

Berikut adalah screenshot bukti bahwa uang saya tidak diproses dan dianggap belum terbayarkan:

Padahal pada tanggal 21 Desember 2022, saya memiliki hutang yang jatuh tempo sebesar Rp.1.504.669, yang kalau tidak saya bayarkan saya akan dikenakan denda lagi. Mau tidak mau, saya bayarkan saat saya setorkan dana sejumlah hutang yang ada (Rp1.504.669). Pada pukul 08.59 pagi, uang saya langsung dipotong Rp. 300.000 untuk pembayaran denda, yang mana itu bukan salah saya.

Berikut adalah bukti – bukti saya setorkan dana dan uang saya langsung dipotong untuk pembayaran denda, yang mana itu murni bukan salah saya, tapi kemungkinan ada kecurangan dari pihak Jenius untuk menjebak saya agar saya terkena denda.

Kalau dana saya terpotong Rp300.000 begini, dana yang harusnya saya siapkan untuk pembayaran hutang yang jatuh tempo pada tanggal 21 Desember 2022 akan kurang dan berujung didenda lagi karena kekurangan dana. Mau gak mau, saya setorkan lagi dana Rp300.000 untuk menghindari denda yang diakibatkan kekurangan dana.

Saya setor dana Rp. 300.000 pada pukul 18.12 malam, dengan harapan uang Rp300.000 tidak terpotong untuk pembayaran denda yang bukan kesalahan saya. Nyatanya uang saya dipotong diambil untuk pembayaran denda yang seharusnya tidak ada.

Berikut adalah bukti-bukti saya setorkan dana tambahan dan bukti bahwa Jenius tetap mengambil uang saya uang yang saya lebihi Rp300.000.

Saldo terkini pada tanggal 22 Desember 2022, menjadi Rp0, padahal seharusnya uang sebesar Rp300.000 tidak diambil, karena murni bukan kesalahan saya.

Tolong untuk pihak jenius agar sistemnya dibenahi, aplikasi juga dibenahi. Aplikasinya lemot, sering error dan sistem merugikan nasabah seperti ini. Mungkin bagi sebagian orang, uang Rp300.000 tidaklah banyak, tapi bagi saya ini tergolong banyak.

Tolong Jenius kembalikan uang saya, karena ini kesalahan murni pada sistem Anda, bukan kesalahan saya. Atau memang ada indikasi kecurangan? Saya tunggu itikad baiknya.

Nabilla Fatmawati Ramadhani
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jenius Flexi Cash:
[Total:25    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Nabilla Fatmawati

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Nabilla Fatmawati Ramadhani berjudul “Sistem Pembayaran Bermasalah, Merugikan Nasabah karena Terkena Denda” yang...
Baca Selengkapnya

45 komentar untuk “Sistem Pembayaran Bermasalah, Merugikan Nasabah karena Terkena Denda

  • 25 Desember 2022 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Selaku pengguna.
    Setau saya maksimum 19.00 WIB dana masuk untuk pembayaran flexi Cash.

    Ini mah peminjamnya yang ga baca TOS.

    Kurang baca hihii

    5
    8
    • 25 Desember 2022 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Saya bayar bahkan sebelum jam itu hehe, jam 8 pagi jam dan 18.00 malam sebelum pukul 19.00 jatuh tempo tolong pak kalo baca yg teliti ya

      3
      5
    • 25 Desember 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Bapaknya justru yg kurang baca padahal saya diatas bilang setor uang hutang pertama saya setor dana 2x “ Rp1.010.797 pada pukul 10.21 pagi” dan “ Rp1.385.279, pada pukul 18.07 malam. ” tapi esoknya saya kena denda, dana yg saya setorkan pada pukul 10.21 pagi tidak terproses justru yg pukul 18.07 sudah diproses

      2
      5
    • 25 Desember 2022 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Jadi saya gak baca TOS nya dimana ya????? Justru bpk ni yang kurang baca pake ngatain saya kurang baca hehe balik deh ke diri sendiri

      2
      5
    • 25 Desember 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Pembayaran hutang kedua pun saya setor sebelum jam 19.00 malah pagi jam 8 “Pada pukul 08.59 pagi, uang saya langsung dipotong Rp. 300.000 untuk pembayaran denda, yang mana itu bukan salah saya.” Dan saya setorkan lagi dana di pukul 18 “ Saya setor dana Rp. 300.000 pada pukul 18.12 malam, dengan harapan uang Rp300.000”

      2
      5
    • 25 Desember 2022 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Sebelum komen ada baiknya anda baca dgn baik artikel dari penulis, apalagi klo niatnya mo nge bully kan klo kyk gini keliatan bodoh sendiri

      8
      1
      • 25 Desember 2022 - (19:05 WIB)
        Permalink

        HR, netizen yg menunjukan kebodohan di mk itu banyak tahu, contohnya dimas, baby, dasiri dasiri, M Zubir, dll

  • 25 Desember 2022 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Selaku pembaca harap dibaca dulu ya dengan teliti daripada malu nantinya udh hujat saya bilang baca belum teliti ternyata situ sendiri yg bacanya gak teliti

    2
    3
    • 25 Desember 2022 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Coba di cek kembali jadwal anda. Karena di sana keterangan repayment.
      Biasanya karena jadwal pembayaran 1 di awal bulan tidak terlaksana

      • 25 Desember 2022 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Pak bisa matematika tidak ya? Saya bayarnya sudah full loh, saya kan bilang itu pembayarannya tidak di proses padahal yang jam 18 itu di proses loh kenapa yg pagi jam 10 tidak diproses? “ Yang mana tagihan berjumlah total Rp2.396.076 dan saya bayarkan 2 kali. Yang pertama sejumlah Rp1.010.797 pada pukul 10.21 pagi dan yang kedua sejumlah Rp1.385.279, pada pukul 18.07 malam. Pembayaran keduanya sebelum pukul 19.00 malam, karena di atas pukul 19.00 tidak dapat di-autodebet Jenius Flexi Cash.”

        1
        4
      • 25 Desember 2022 - (13:55 WIB)
        Permalink

        “ Semua saldo saya yang masuk langsung ditahan, dengan total Rp2.396.076. Saya pikir sudah aman tidak akan denda lagi dan besok saya tinggal bayar hutang yang jatuh tempo tanggal 21 Desember 2022.

        Namun sayangnya, besok paginya pada tanggal 21 Desember 2022, uang yang saya setorkan pada pukul 10.21 pagi anehnya masih ditahan, tidak diproses untuk pembayaran hutang. Sedangkan uang saya yang saya setorkan pada pukul 18.07, telah diproses untuk pembayaran hutang.

        Karena sistem yang tidak memproses dana tersebut, saya dianggap terlambat dan dikenakan denda sebesar Rp300.000. Kalau memang ini murni kesalahan sistem dan bukan indikasi kecurangan, seharusnya yang tidak diproses pembayaran hutang yang masuk pukul 18.07 malam. Namun justru yang tidak diproses dana yang masuk pukul 10.21 pagi.”

        1
        2
      • 25 Desember 2022 - (13:57 WIB)
        Permalink

        Saya membayar lunas tagihan yang tertunggak yg muncul diaplikasi jenius tapi sayangnya yg terproses hanya satu jam 18 malam yg jam 10 tidak terproses

        2
        3
  • 25 Desember 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Bagaimana cara melakukan pembayaran cicilan?
    Pastikan jumlah dana di Saldo Aktif mencukupi sebelum pukul 19.00 WIB di tanggal pembayaran, Jenius akan secara otomatis menarik dana sesuai nominal penagihan.

    Bagaimana cara melakukan pembayaran pinjaman lebih awal dari tanggal pembayaran?
    Pilih menu Flexi Cash
    Pilih menu Pinjaman
    Pilih salah satu pinjaman yang ingin kamu bayar lebih awal
    Pilih Bayar Lebih Awal
    Masukkan jumlah pinjaman yang ingin kamu bayar lebih awal
    Pilih Lanjut, pastikan rincian jumlah uang sebelum kamu tekan Bayar Cicilan
    Apakah ada biaya keterlambatan pembayaran?
    Ya, kamu akan dikenakan pinalti jika melakukan keterlambatan pembayaran 1 hari setelah tanggal jatuh tempo. Dengan rincian:
    Bulan pertama (1 hari lewat jatuh tempo): Rp50.000
    Bulan kedua (30 hari lewat jatuh tempo): Rp75.000
    Bulan ketiga (60 hari lewat jatuh tempo): Rp150.000
    Bulan keempat (90 hari lewat jatuh tempo): Rp175.000

    2
    2
  • 25 Desember 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Intinya anda nunggak.
    Kemudian anda bayar tidak sesuai waktu
    Overdoe 60day. Ini biasanya masuk ke 90days
    Overdoe 29 days masuk ke 30day apabila bayar saat 29days.

    Maaf mungkin limit yang saya dapatkan lebih rendah dari pada anda..

    Next time you can try whit small money.

    3
    3
    • 25 Desember 2022 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Ya memang saya nunggak, siapa yg bilang saya ngga nunggak? Sudah jelas kok diatas saya bilang saya nunggak, saya disini kan hanya berbagi keluh kesah kalo sistem jenius itu sering merugikan nasabah

      2
      6
      • 25 Desember 2022 - (20:12 WIB)
        Permalink

        Sdh, percuma di ladeni itu si @hammaam. Dia org dgn otak yg tdk berfungsi dgn baik, sama ky si @munzir

        • 26 Desember 2022 - (05:32 WIB)
          Permalink

          Pilih Bayar Lebih Awal
          Masukkan jumlah pinjaman yang ingin kamu bayar lebih awal
          Pilih Lanjut, pastikan rincian jumlah uang sebelum kamu tekan Bayar Cicilan

          Ada opsi ini jadi ga perlu nunggu di debet otomatis kan?

          Hmmm.. malas membaca

          • 26 Desember 2022 - (09:11 WIB)
            Permalink

            Sistem bayar diawal hanya berlaku jika anda tidak menunggak kalo posisinya menunggak tidak bisa sistem bayar diawal. Tidak bisa di klik ‘opsinya’ harus nunggu sistem yang mendebet

          • 28 Desember 2022 - (12:28 WIB)
            Permalink

            Siapa yg nyuruh lu baca juga komentar, makanya , ga usah punya niat dan komentar yg selalu buruk, seburuk mukamu.

      • 25 Desember 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Kak, perjuangan terus keadilan. Karena dari yang saya baca u/ kasus kakak yang bermasalah sistem jenis flexi cash nya. Dapat dibilang sengaja dibuat seperti itu sistemnya. Sangat aneh karena yg diproses jam 18.00an sedangkan yg pagi tidak diproses. Kalo boleh saran, tinggalkan saja u/ semua aplikasi yang hutang-hutang krn ujung-ujungnya konsumen yang dirugikan. Krn kesalahan sistem, 1 hari kena denda 300rb. Ampun..ampun…dah

        • 26 Desember 2022 - (09:21 WIB)
          Permalink

          Iya kak terimakasih banyak, saya memang berniat meninggalkan flexi cash, waktu itu memang di kondisi terdesak berhutang. Memang berencana saya tutup kak.

  • 25 Desember 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Kenapa mesti 2 kali pembayarannya, mungkin klo dibuat sekali full pembayarannya system akan cepat respon…dan tdk ada denda lg

    • 25 Desember 2022 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Soalnya saya blm ada dana full waktu jam 10 pagi jadi saya setor segini dulu Rp1.010.797 dan jam 18 malam saya tambah lagi sisanya Rp1.385.279 tapi anehnya yg ke proses atau kedebet yang jam 18 malam yang jam 10 pagi tidak

      1
      4
      • 26 Desember 2022 - (05:32 WIB)
        Permalink

        Pilih Bayar Lebih Awal
        Masukkan jumlah pinjaman yang ingin kamu bayar lebih awal
        Pilih Lanjut, pastikan rincian jumlah uang sebelum kamu tekan Bayar Cicilan

        Ada opsi ini, menurut saya pihak bank tidak bisa di salahkan karena sistem.

        Ada opsi bayar manual kok..

        • 26 Desember 2022 - (11:59 WIB)
          Permalink

          Opsi itu memang ada tapi jika saya tidak nenunggak, kalau sudah menunggak opsi itu tidak ada, hanya bisa terbayarkan melalui auto debet pihak bank. Namanya saja kan bayar awal berarti tidak menunggak toh, kasusnya disini saya menunggak.

  • 25 Desember 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Anda ngotot pembayaran pukul 10.20 pagi harusnya sdh diproses. Bagaimana bisa di debet? Uang yang anda setorkan di saldo jenius kurang dr jumlah tagihan.

    3
    5
    • 25 Desember 2022 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Kurang dimana nya ya pak? Tagihan saya itu Rp2.396.076 saya setor dana di hari yg sama Rp1.010.797 (jam 10 pagi) dan Rp1.385.279 (jam 18 malam) coba di tambahkan pak 1.010.797 + 1.385.279 = 2.396.076 sebelum pukul (19 malam) kurangnya dimana ya?

      2
      2
        • 25 Desember 2022 - (17:54 WIB)
          Permalink

          Wkwkwkw iya mungkin kak🤧 makasih ya kak ‘kata’

          2
          2
      • 25 Desember 2022 - (18:00 WIB)
        Permalink

        Maksud sy setoran pertama itu kurang. Lalu anda setor lagi sorenya, makanya sistim nunggu dana cukup baru di debet sekaligus.

        3
        3
        • 25 Desember 2022 - (18:04 WIB)
          Permalink

          Iya kalau itu saya tau kak tapi masalahnya keesokan harinya hanya terdebet satu aja kak padahal dana udh cukup, yang di debet hanya yg jam 18 malam, nah itu yang jari pertanyaan aku kak

          1
          3
          • 25 Desember 2022 - (18:05 WIB)
            Permalink

            *jadi pertanyaan aku kak, kan kalau memang sistem error harusnya error semuanya atau error yang jam 6 karna mungkin agak mepet tapi anehnya yang error ini yang jam 10 pagi makanya saya bingung🤧

            1
            1
          • 25 Desember 2022 - (19:49 WIB)
            Permalink

            Anda yg tidak baca dan tidak paham..
            Sudah jelas penulis setor jam 10.21 dan 18.07,justru yg diproses setoran yg jam 18.07
            Yg jam 10.21 tidak terproses,coba baca ulang gan biar paham.

            2
            1
  • 26 Desember 2022 - (03:43 WIB)
    Permalink

    intinya nunggak ya nunggak aja kok kayak gak tau diri , anda nunggak aja bisa seenaknya dan selama lama lama lama itu, kenapa bank harus baik ke anda ? letak adilnya dimana. dasar bocah baru kenal ngutang ya ? bank gak mungkin salah, andalah yg salah perhitungan.. udah salah nunggak lama, eh gatau diri masih nyalah nyalahin yg ngasih pinjaman..

    3
    5
    • 26 Desember 2022 - (05:34 WIB)
      Permalink

      Padahal ada opsi
      “Pilih Bayar Lebih Awal
      Masukkan jumlah pinjaman yang ingin kamu bayar lebih awal
      Pilih Lanjut, pastikan rincian jumlah uang sebelum kamu tekan Bayar Cicilan”

      Kalo di liat ga mungkin bisa nunggak…
      Kecuali semua harus dari otomatisasi, toh ada manual.
      Emang males baca aja tuh orang.

      • 26 Desember 2022 - (09:15 WIB)
        Permalink

        Percuma ngeladenin situ, padahal ‘opsi bayar diawal’ hanya berlaku jika tidak menunggak. Kalo menunggak tidak ada opsi bayar diawal.

        1
        1
    • 26 Desember 2022 - (09:14 WIB)
      Permalink

      ‘Bank nggak mungkin salah’ buktinya banyak kok di media konsumen nasabah yang ngeluh sama sistem flexi cash yang sering merugikan nasabah.

    • 26 Desember 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Gatau diri gimananya ya? Gatau diri kalau saya kabur nggak bayar hutang. Saya masih ada niatan bayar hutang. Saya nunggak pun ya karna blm ada uang waktu itu. Sistem bisa aja salah, coba anda baca2 artikel di media konsumen banyak kok nasabah2 yang dirugikan sistem flexi cash, ada yang udah bayar gak dianggap bayar

    • 27 Desember 2022 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Siapa bilang bank tidak pernah salah..justru System bank banyak yg eror dan bug. Ngaco komentarnya..

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius Flexi Cash?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Sistem Pembayaran Bermasalah, Merugikan Nasabah karena Terkena Denda

oleh Nabilla Fatmawati Ramadhani dibaca dalam: 2 menit
45