Kecewa Kepada Traveloka yang Tidak Profesional

Terima kasih buat Media Konsumen yang telah memberi ruang bagi saya untuk menyampaikan kekecewaan saya pada Traveloka.

Berawal dari rencana mengisi liburan sekolah bersama anak ke Bandung, maka saya memesan penginapan menggunakan jasa Traveloka. Tertarik pada penawaran penginapan yang murah di pusat kota Bandung, maka saya memesan kamar 6 malam di penginapan City Munigar Residence, dengan fasilitas AC dan WIFI.

Awal pemesanan harga sekian berapa, tetapi saat melakukan pembayaran tertera biaya penginapan telah dinaikkan oleh pemilik penginapan, sehingga muncul angka seperti foto di atas. Ok gak masalah, lalu saya bayar.

Nah saat saya cek ini ke penginapan, ternyata City Munigar Residence sudah tidak bekerja sama lagi dengan Traveloka dan harga penginapan tidak sesuai dengan yang diterapkan penginapan. Sebagai jalan tengah, saya ditawarkan tambahan biaya sekitar Rp120 ribuan. Ok gak masalah. Masalah muncul saat masuk ke kamar penginapan, ternyata fasilitas yang katanya ber-AC dan WIFI ternyata hoax. AC tak berfungsi alias rongsokan dan WIFI gak nyambung ke kamar.

Bayangkan tanpa AC dan kipas angin selama 7 hari 6 malam. Kamar mandi tanpa bak dan gantungan baju. Tanpa lemari baju. Akhirnya karena tak kuat menahan panas di kamar pengap, pada malam ke-3 saya langsung check out tanpa pengembalian uang saya selama sisa 3 malam.

Yang saya permasalahkan ke Traveloka adalah kenapa aplikator setenar Traveloka tidak bisa bersikap profesional dan jujur bagi penggunanya??? Kenapa hotel atau penginapan yang tidak bekerja sama lagi dengan Traveloka masih masuk daftar list di aplikasi Traveloka. Dan juga tidak jujur mencantumkan harga penginapan yang sejujurnya??

Di sinilah saya menilai bahwa Traveloka tidak jujur dan tidak profesional sama pengguna atau konsumennya. Lalu bagaimana kerugian yang dialami konsumennya?? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Hendri
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:21    Rata-Rata: 2.8/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Hendri

Kepada Yth., Bapak/Ibu Hendri Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Hendri tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Kecewa Kepada Traveloka yang Tidak Profesional

  • 15 Januari 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Ngakak coba liat hotel d traveloka lbh k kost2san jendela saja dr kain..
    Coba Klik facilities enga muncul apa2..
    Dr penampakan traveloka saja sdh ga layak plus review ts tetep pesan

    • 15 Januari 2023 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Salah saya adalah melihat review pengguna di kolom travelokanya bukan di googlenya…saat tahu kondisi penginapannya baru ngecek di google ternyata..ampun…ampun.benar – benar penginapan yang gak MANUSIAWI 🙏🙏🙏

      2
      2
    • 15 Januari 2023 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Setelah bayar biaya tambahan..saya disarankan kalo mau mendapatkan kamar yang ber AC maka saya diharuskan membayar lagi biaya tambahan sebesar 50 .000 permalam karena kondisi kamarnya dan AC yang gak jelas..akhirnya saya menolak tawaran pengelola..🙏🙏🙏

      2
      1
      • 15 Januari 2023 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Pa Hendri,
        Lain kali kl mau liburan ke bandung mending sisihkan waktu untuk survei on the spot.
        Kl sy sih mending nginep di bandung utara sebelum Eldorado jl setiabudhi sebelah kiri banyak penginapan. Nah dari situ bisa booking kamar sesuai dengan pilihan kita.

        Kalau ngandelin calo digital ya hasilnya begini pak tidak sesuai dengan ekspektasi.

        Iseng aja alokasikan waktu untuk survei jauh2 hari.

        • 15 Januari 2023 - (20:55 WIB)
          Permalink

          Iya terima kasih atas sarannya..karena saat pesan banyak hotel yang kosong ( mulai tanggal 31 -12- 2022 ) akhirnya dapatnya yang itu karena anak saya maunya yang dekat alun – alun kota bandung padahal tujuan kita lembang .pengalengan dan sekitarnya .buat pengalaman saja karena sering pesan hotel belum pernah ketemu yang gak manusiawi..kamar mandinya ukuran kardus kulkas 😂😂😂👍👍👍🙏🙏🙏

  • 16 Januari 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Saran saya ketika menemukan sesuatu yang janggal seperti pihak hotel menolak e-ticket dan meminta menambah biaya. Bisa langsung hubungi CS traveloka. Karena kalo kita tetap check in maka tetap di anggap tidak ada kejanggalan

  • 16 Januari 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Yang pertama harga tidak sampai 370rb untuk 6 malam seharusnya sudah jadi pertanyaan.

    Kedua ada kemungkinan traveloka sudah putus krjasama dengan penginapan/hotel karena hotel melanggar kesepakatan antara kenyataan dilapangan dan di aplikasi berbeda.

    Ketiga, buat pelajaran biasakan mencari review pembanding baik itu google atau layanan penyedia lainnya

  • 16 Januari 2023 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Prihatin dengan kejadian yang terjadi. Saran saya bila memesan hotel melalui On line Travel Agent (OTA)
    1. Jangan tergiur harga murah yang tidak masuk akal. Takutnya harga yang tertera di web, harga lama dan belum di update dari hotel atau tim di OTA

    2. Cek Rating dan review, baik dari OTA yang akan kita pesan atau dari OTA lain.

    3. Cek di organik website hotel nya untuk melihat fasilitas, dan kondisi hotelnya.

    4. Setelah kita jadi pesan dan voucher sudah di issued dan di email dari OTA, ada baiknya kita telpon, double check dan konfirmasi ke hotelnya.

    Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa Kepada Traveloka yang Tidak Profesional

oleh Hendri dibaca dalam: 1 menit
14