Permasalahan Tampilan Kredit Limit dari Sisi Jenius Merugikan Nasabah

Saya adalah salah satu pengguna awal aplikasi dan layanan Jenius, dan saya hampir tidak menemukan masalah selama beberapa tahun menggunakan aplikasi Jenius. Namun kejadian kali ini menjatuhkan kepercayaan saya terhadap layanan Jenius.

Ketika saya ingin melakukan penggantian kartu fisik, fasilitas kartu kredit secara tiba-tiba tidak dapat digunakan, dan angka di aplikasi berubah tanpa sepengetahuan saya. Proses penyelesaian yang tidak kunjung selesai dan pengalaman Customer Service yang sangat buruk. Saya melayangkan surat pembaca ini sebagai langkah lanjutan, dengan harapan agar masalah ini dapat diselesaikan secepatnya. Berikut adalah kronologi kejadian yang menimpa saya hingga mencapai titik ini:

  • 27 Desember 2022: Saya kehilangan dompet dan segala isinya. Sebagai tindakan pencegahan, saya melakukan pemblokir kartu bank yang saya miliki, termasuk kartu debit Jenius, sekaligus mencetak ulang kartu pengganti. Untuk kartu kredit, saya tunda penutupannya untuk melakukan pembayaran billing bulan berjalan.
  • 28 Desember 2022: Saya melakukan pembayaran kartu kredit, ketika billing statement sudah keluar.
  • 30 Desember 2022: Saya memutuskan untuk memblokir permanen kartu kredit agar dapat dibuat kartu fisik yang baru. Kejanggalan pertama, untuk kartu debit prosesnya sangat lancar dan hanya memakan waktu beberapa menit, kartu juga sudah dikirim, tapi proses pemblokiran kartu kreditnya cukup lambat. Jadi saya hubungi Jenius via live chat (yang sangat tidak nyaman untuk dipakai, semenit sekali dipaksa menekan tombol atau akan logout otomatis). Ketika saya menanyakan perihal prosesnya, secara tiba-tiba diberitahukan bahwa (saya kutip) “Sebelumnya kami infokan ya untuk Jenius mengidentifikasi adanya ketidaksesuaian tampilan limit kredit (limit Flexi Cash dan/atau limit Kartu Kredit Jenius Visa) pada akun Jenius milikmu.“, yang menyebabkan saya tidak bisa menggunakan fitur Kartu Kredit dan Flexi Cash.
    Proses pemblokiran Kartu Kredit Jenius yang tak kunjung selesai
  • 7 Januari 2023: Pada aplikasi saya cek bahwa sudah ada nomor pengganti untuk kartu kredit dan dari email juga diinfokan bahwa kartu fisik baru juga sudah dikirim.
  • 11 Januari 2023: Nomor kartu barunya secara tiba-tiba diblokir sepihak oleh bank tanpa sepengetahuan saya. Saya menghubungi kembali Jenius Crew via Live Chat, dan apa yang saya dapatkan adalah respons template yang persis sama dengan quote saya di atas. Saya tanyakan prosesnya dan lama waktu penyelesaian, jawaban berulang yang diberikan hanya “cek secara berkala”. Sangat tidak membantu. Namun saya memutuskan untuk menunggu.
    Kartu Kredit Jenius secara tiba-tiba diblokir secara sepihak
  • 13 Januari 2023: Ketika saya cek aplikasi kembali (karena diminta cek secara berkala), saya terkejut karena nilai “saldo” kartu kredit yang seharusnya masih terdapat balance secara tiba-tiba menjadi angka minus, padahal status kartu diblokir sehingga tidak ada transaksi yang bisa dilakukan. Angka limit juga berubah secara tiba-tiba. Saya langsung mengirim email ke jenius-help, karena saat itu tidak memungkinkan untuk saya untuk menggunakan live chat. Setelah beberapa jilid korespondensi, akhirnya pihak Jenius memberikan tenggat waktu sampai tanggal 18 Januari 2023. Kartu pengganti yang dari tanggal 27 Desember belum sampai ke saya. Perihal ini saya tanyakan juga, dan mereka merespons dengan melakukan cetak ulang kedua kartu dan mengabari saya lebih lanjut apabila kartu sudah dikirim kembali.
    Nilai kredit beribah secara tiba-tiba menjadi minus
    Pada korespondensi ini pihak Jenius memberikan tenggat waktu pada tanggal 18 Januari 2023
  • 17 Januari 2023: Saya masih menunggu proses penyesuaian limit yang mereka lakukan. Namun ada 1 transaksi yang perlu saya ubah menjadi installment, jika tidak diubah akan mempengaruhi nilai billing, yang harus saya bayar pada bulan berjalan. Saya berinisiasi untuk menghubungi lagi Jenius Crew Live Chat, dengan harapan agar mereka dapat melakukan konversi dari sisi mereka. Namun pengalaman saya menghubungi Jenius Crew pada saat itu adalah pengalaman terburuk saya pada Customer Service mana pun. Jawaban mereka sama persis dengan yang saya terima (perlu saya tekankan bahwa jawaban sama yang mereka berikan berasal dari 3 interaksi dengan masalah berbeda), dan mereka menyalahkan saya yang tidak melakukan pembayaran dan menyebabkan nilai kredit menjadi minus (Tagihan telah saya bayarkan pada tanggal 28 Desember dan angka minus adalah kesalahan dari sisi mereka). Mereka juga menolak untuk mengubah transaksi tersebut menjadi installment.
  • 18 Januari 2023 : Saya kembali menanyakan proses penyelesaian masalah penyesuaian kredit melalui korespondensi email, dan saya kembali menerima jawaban yang sama untuk keempat kalinya. Kepercayaan saya terhadap Jenius pada saat ini sudah mencapai titik terbawah. Saya hanya berharap masalah ini cepat selesai, sehingga saya memutuskan untuk melayangkan surat konsumen ini.
    Korespondensi pada tanggal 18 Januari 2023 memberikan jawaban yang sama dengan balasan pada Live Chat kembali dan mengingkari batas waktu yang diberikan sebelumnya

Saya hanya berharap masalah ini dapat diselesaikan sesegera mungkin. Semoga surat pembaca ini dapat diperhatikan oleh pihak Jenius agar dapat diselesaikan secepatnya.

Jerrell Tayvares
Pematangsiantar, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jenius BTPN:
[Total:12    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Jerrell Tayvares

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Jerrell Tayvares berjudul “Permasalahan Tampilan Kredit Limit dari Sisi Jenius Merugikan Nasabah” yang...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Permasalahan Tampilan Kredit Limit dari Sisi Jenius Merugikan Nasabah

  • 21 Januari 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Hanya sering saja, saya paling anti dan menghindari live chat, karena tidak suka dilayani pertama kali oleh bot, saya lebih prefer by phone, lebih enak nyaman dalam menyampaikan masalah, selama ini dengan bank mana saja nyaman saja termasuk dg Jenius BPTN.

  • 21 Januari 2023 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya dicek di tagihan dan transaksi, nilai yang belum terbayarkan itu apa dan apakah transaksi terakhir kemarin sudah sukses masuk ke rekening CC. Dalam beberapa kasus bisa terjadi transaksi pembayaran tagihan CC yang gagal, sehingga dana kembali ke saldo dan tagihan dianggap belum terbayar. Biasanya kalo saya ada masalah dengan CC, saya bayar dulu semua tagihan di bulan berjalan, dan saya komplain untuk cek dan refund kalo memang lebih bayar. Ini lebih aman supaya masalah tidak campur aduk karena sistem tidak peduli ada error atau tidak, jika sudah lewat tanggal, langsung di blokir. Jadi biasakan pisahkan masalahnya, jangan sampai numpuk semua.

    • 21 Januari 2023 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Benar sekali, dan inilah langkah yang saya lakukan dan sampai Tanggal 12 Januari tidak ada masalah pada kartu kredit. Saya hanya melakukan permintaan pencetakan kartu baru. Dari pihak Jenius yang menambah masalah mereka sendiri dengan mengubah limit kredit secara tiba-tiba.

  • 21 Januari 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Saran ane, coba di “Telpon” jeniusnye jgn pake email, atau Live chat, pasti mahal tp setidaknye kita bisa ngeluarin unek2 kite ke orangnye langsung.. semoga cepet kelar masalahnye gan..

    • 21 Januari 2023 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Siap, gan, boleh juga sarannya. Semoga pengguna lain ngga kena masalah yang sama

  • 21 Januari 2023 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Baru kali ini saya lihat masalah kartu kredit di Jenius masuk MEDIA KONSUMEN. semoga saya gak mengalaminya karena saya juga pengguna kartu kredit Jenius. Karena sampe saat ini pelayanan JENIUS paling OKE dibanding BANK LAINNYA.

  • 23 Januari 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Sudah kehilangan dompet dan segala isinya. KK bermasalah pula. Memang nasib anda ibarat pepatah sudah jatuh tertimpa tangga pula. Karena anda kategori orang ceroboh dan lengah tidak bisa menjaga dompet.

  • 1 Februari 2023 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Informasi Lanjutan atas kasus ini :
    Segera setelah masalah ini saya tayangkan di Media Konsumen, Jenius melakukan komunikasi aktif dengan saya, padahal sebelumnya, mulai laporan awal pada tanggal 30 Desember 2022 sampai tanggal 22 Januari 2023 tidak pernah ada komunikasi aktif dari pihak Jenius, harus saya yang hubungi terlebih dahulu sebelum diberikan jawaban. Dan semua laporan saya yang sebelumnya sepertinya tidak ada kelanjutannya, hanya melanjutkan nomor laporan Media Konsumen saja.

    Pihak Call Center Jenius sendiri cukup cepat dalam melakukan penanganan, sangat berbeda dari Live Chat maupun Email. Namun, bahkan CS Jenius sendiri tidak memberikan jawaban yang menjelaskan masalah, hanya menyebutkan bahwa “Perubahan alokasi kredit limit dikarenakan keputusan auditor dan merupakan keputusan internal”, padahal saya sangat yakin apabila saya tidak melakukan pemblokiran kartu, masalah yang panjang ini tidak akan terjadi. Tim IT Jenius sendiri sangat lamban dalam melakukan penyesuaian yang tampak sederhana, dan tidak becus dalam menyelesaikan permasalahan yang disampaikan. Sebentar lagi tim Jenius akan memberikan tanggapan pada Surat Pembaca ini, namun saran saya, jangan langsung percaya akan pesan mereka pada tanggapan, karena akan disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri. Saya sudah sampaikan kepada CS untuk menandakan masalah ini sebagai “Terselesaikan tanpa Jalan Keluar (Solusi)”. Kita lihat apakah pesan saya ini dituliskan pada tanggapan mereka. Saya juga sudah memutuskan akan menutup semua akun saya segera setelah billing kartu kredit saya lunas.

    Kesimpulan yang dapat saya ambil dari masalah saya adalah :
    – Jika ada masalah pada layanan Jenius, dan membutuhkan penyelesaian segera, langsung saja tuliskan di Media Konsumen. Segala laporan di aplikasi dan email adalah prioritas rendah di mata mereka.
    – Jika anda belum menggunakan Jenius, jangan. Lihat saja masalah – masalah yang muncul di Media Konsumen

    • 1 Februari 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Setuju sekali dengan kesimpulan2 Anda.
      Terima kasih atas sharing yang diberikan, semakin memantapkan saya untuk ignore notif supaya mengaktifkan KK yang muncul terus-menerus sejak bulan Oktober.
      Salam dari user sejak 2019 yang sekarang sudah pasif.

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Permasalahan Tampilan Kredit Limit dari Sisi Jenius Merugikan Nasabah…

oleh Jerrell dibaca dalam: 3 menit
10