Penanganan Telkomsel Berdampak Buruk Pada Sistem Android OS Saya

Penanganan oleh tim complaint handling Telkomsel di nomor 08119100** berdampak sangat serius pada system update di Android 10 perangkat saya pada tanggal 17 Januari 2023. Ini kejadian ini berulang, dari yang pertama pada tanggal 15 November 2022, dengan masalah tidak dapat membuka aplikasi BCA mobile.

Pada awal pertama, saya komplain mengenai masalah aplikasi MyTelkomsel yang sering tidak bisa menampilkan layanan layar utuh pada display. Setelah saya melapor pada 188, 3 jam kemudian itu di jaringan Telkomsel tidak dapat membuka semua layanan aplikasi yang berbasis input username dan password, seperti JMO, BCA Mobile, BNI, Mandiri, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, JNE, Tiki, JNT, Paxel, Wahana, dll.

Semua keterangan tertulis koneksi bermasalah, no internet connection, tidak ada koneksi internet, network error, gangguan koneksi, periksa jaringan dan lakukan koneksi lagi, belum berhasil terhubung, Oops no internet connection. Dan berdampak serius pada system update yang selalu menulis FOTA services keeps stopping, tidak dapat meng-update system. Keterangan juga saya lampirkan di email kepada CS@tekomsel.com pada tanggal 19 Januari 2023 dengan jelas.

Telah saya lakukan untuk crosscheck dengan layanan jaringan WIFI non Telkomsel, atau menggunakan VPN. Anehnya semua dapat terakses lancar dengan menggunakan WIFI atau VPN. Menggunakan nomor provider lain pun bisa untuk menjalankan semua aplikasi yang berkendala yang disebutkan di atas. Terlihat bagian complaint handling Telkomsel telah melakukan hal yang tidak benar di nomor tersebut, alias malpraktek.

Laporan demi laporan, saya membuat laporan di 188, ( 1-GM3ZKDL, 1-GM3ZKDL, 1-GM9SAU0, 1-GM9FAU0, 1-GMHOB9R, 1-GNICK51, dll). Di nomor laporan yang pertama Telkomsel menelepon kepada saya dalam waktu 12 jam, dengan mengatakan bahwa jaringan tidak bermasalah, kartu tidak bermasalah, semua telah diselesaikan.

Saya membantah bahwa masih berkendala, akan tetapi bagian complaint handling tadi menanggapi, dengan perkataan seolah jika ada masalah baru silakan laporkan kembali ke 188. Terlihat mirip dengan pemaksaan untuk menutup kasus.

2 jam kemudian mendapatkan SMS mengatakan masalah telah diselesaikan, berisi minta konfirmasi dalam 12 jam ke depan dengan tautan link yang diberikan. Akan tetapi tautan tidak dapat dibuka dengan jaringan Telkomsel tanpa VPN. Artinya saya wajib menelepon kembali ke 188, karena ini masalah serius.

Secara otomatis saya menelepon ulang ke 188 untuk klarifikasi kejadian di atas tadi dan dibuatkan nomor baru, tapi kejadian berulang kembali. Komplain handling menelepon ke saya, dan ada pengiriman SMS kembali, dan saya harus menelepon ke 188 kembali.

Kejadian berulang terus sampai 4 kali. Baru saya mengatakan kepada operator 188, bahwa ini ada oknum yang memainkan sistem penanganan complaint handling. Operator sendiri tidak mengetahui, karena semua proses ini berjalan otomatis di background, di mana operator tidak bisa melihat prosesnya.

Telah 3 hari sampai tanggal 19, semua aplikasi untuk menjalankan roda kehidupan tidak dapat dilakukan dikarenakan oleh salahnya penanganan dari tim terkait. Sehingga saya mencoba di 5 aplikasi untuk di-uninstall dan reinstall ulang. Dengan cara ini aplikasi JMO, BCA mobile, Bukalapak, Gojek, MyTelkomsel, dapat dipakai dengan jaringan Telkomsel tanpa VPN. TAPI aplikasi lainnya saya masih berkendala seperti keterangan di atas, dan FOTA service keeps stopping masih terus muncul.

Hari ke-4 tanggal 20, saya putuskan untuk reset by factory default. Lebih dari 20 aplikasi yang berbasis username dan password. Dengan reinstall ulang semua lebih dari 40 aplikasi, memasukkan kembali username dan pwd, ada yang harus memasukkan pwd yang baru. Hampir semua bisa dibuka dijalankan menggunakan jaringan Telkomsel tanpa menggunakan VPN, KECUALI system update yang tidak bisa berjalan, masih tertulis FOTA service keeps stopping.ย System update baru bisa berjalan dengan jaringan Telkomsel dengan VPN, atau wifi non Telkomsel.

Sudah 9 hari tidak ada penyelesaian dari Telkomsel terkait masalah ini. Telkomsel lepas tanggung jawab setelah malpraktek yang dilakukan oleh bagian complaint handling.

Saya menghubungi Grapari di MKG3. Disana terbukti dengan jaringan Indosat dapat membuka system update tanpa VPN. Dan telah dibuatkan laporan tertulis. Operator Grapari pun tidak dapat membantu.

Jadi jelas memang penanganan masalah layanan Telkomsel yang malpraktek tidak dapat di-recovery oleh bagian terkait. Harusnya bagian Telkomsel jika ingin melakukan perbaikan yang akan berdampak pada system, wajib memberitahukan kepada pelanggan.

Apakah bagian complaint handling serta jajarannya bagian IT dan jaringan tidak mengetahui keseriusan dampak buruk dari cara penanganan tersebut. Telkomsel wajib dan harus bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh operator yang melaksanakan perbaikan tersebut, karena semua aplikasi tidak dapat dipergunakan tanpa VPN, dan berdampak pada system update. Saya minta pertanggung jawaban yang serius.

Untuk pengguna yang lain diharapkan berhati hati dengan layanan Telkomsel jika melaporkan masalah jaringan atau aplikasi MyTelkomsel yang bermasalah, semua aplikasi Anda akan dibuat tidak dapat berjalan.

Terima kasih.

Sukamto
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:39    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Penanganan Telkomsel Berdampak Buruk Pada Sistem Android OS Saya

    • 26 Januari 2023 - (13:48 WIB)
      Permalink

      “uda dicoba masukin kartu telkomselnya ke hp lain? apakah begitu juga?” Cross check yang begini tujuannya untuk mengetahui apa? Kartu yang dipakai telah di ganti dengan yang baru masih ga bisa koq.

      2
      22
      • 26 Januari 2023 - (14:01 WIB)
        Permalink

        Ya benar harus dicek dengan ponsel lain. Apakah kartunya atau settingan ponsel yg salah. Dan vpn untuk apa? Gak semua aplikasi keuangan boleh pake vpn. Kalqu di ponsel lain gak bermasalah ya artinya ada settingan network di ponsel saat ini yg salah

        15
        1
        • 26 Januari 2023 - (17:00 WIB)
          Permalink

          Biasa yg mengeluarkan notif “FOTA service keeps stopping. System update”
          Type Asus/zenfone. Coba di cek dulu di google “cara perbaiki FOTA service keeps stopping. System update”
          Semoga membantu…

        • 28 Januari 2023 - (09:45 WIB)
          Permalink

          Memakai kartu lain bisa membuka dan menjalankan aplikasi, Settingan ponsel tidak bermasalah, Mas.

        • 28 Januari 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Coba googling url update utk hp anda itu apa?
          Mungkin dari Telkomsel ada block akses ke url tersebut, jadi ketika hp check update selalu error karna gak bisa connect ke url itu.

          Kalo dah dapat url nya, coba screenshot saat melakukan ping ke url tersebut dgn no.tsel anda, utk bukti ke GraPARI nya

      • 26 Januari 2023 - (15:45 WIB)
        Permalink

        khawatirnya hp nya telah dijailbreak atau kalo di android dikenal istilah rooting.
        dan bisa jd telkomsel punya fitur canggih yg mengenali hp sudah rooted. makanya byk dibatasi ini itu, ga bs login contohnya.
        beli hp di black market yg udah dicustom ROM juga berpotensi rooted. dan bs dihack oleh hacker yg buat.
        intinya coba ganti hp nomor telkomselnya, apakah lancar atau ga

        10
        2
        • 26 Januari 2023 - (18:58 WIB)
          Permalink

          @herwin herwin , ya paham. Belum pernah di berikan ke tempat lain untuk di rooting. Belum pernah di apaapain, hanya operation yang standar saja, pengguna biasa. Pakai nomor simpati yang baru juga begitu, tidak bisa system update, Tulisan FOTA…. tetap muncul, walaupun system sudah terupdate.

          • 27 Januari 2023 - (06:22 WIB)
            Permalink

            Coba riset ke pengaturan pabrik

        • 27 Januari 2023 - (06:21 WIB)
          Permalink

          Benar saya pedagang hp seken dari Batam rata2 sudah di root jadi app yg berhubungan dengan uang tidak kompetible atau tidak support

          • 27 Januari 2023 - (12:39 WIB)
            Permalink

            benar, sy pernah ngalamin, donlot permata mobile x bisa, tp ga bs dibuat login/daftar. katanya ga mendukung. jujur aja belinya di toko biasa di tokped, bukan di official store. jd kapok sejak itu beli2 hp bukan di official

      • 27 Januari 2023 - (05:25 WIB)
        Permalink

        I c Pak Sukamto sejak 2013 sdh complain ttg kualitas jaringan smartfren, thn 2018 ttg kualitas jaringan tsel, hingga hari ini. Seburuk apa sih speed yg bpk dpatkan? Seharusnya speed ideal nya berapa yg menurut bpk itu bagus? Jika tdk puas dgn kualitas jaringan tsel, why ttp setia menggunakannya? Masih ada By. U, XL live on,dll kenapa terpaku dgn tsel? . Berapa uang yg di keluarkan utk kuota telkomsel yg di bayar hingga expect speed yg premium/top of the class ?

        3
        1
      • 27 Januari 2023 - (15:21 WIB)
        Permalink

        gampang pak, ganti aja kartunya jangan pake telkomsel lagi. dari pada ribet ngabisin waktu dan ongkos bapak, biarin aku aja yang pake telkomsel

        1
        1
    • 26 Januari 2023 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Tidak di sebutkan merk hp nya apa. Apakah ada dual sim? Jika ada slot sim card ke 2 apakah sdh masukkan yg kartu lain misal kartu utk test simpati/indosat/three ke slot 2, halo di slot 1, kalau indosat jln knp tdk pakai indosat saja sebagai backup buat data? Apakah sdh pindah2 area untuk test signal? Apakah sdh yakin hp nya bebas dari masalah software maupun hardware?
      Banyak kemungkinan soalnya, apakah dgn paket data halo sdh lakukan speedtest kecepatan di bbrp area? Terus masih ada komparasi jika kartu halo di hp lain misalnya apakah juga sama?

      6
      1
  • 26 Januari 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Betul kata @Herwin, kartu dicoba di ponsel lain untuk mempersempit potensi masalah. Jika berfungsi normal, maka ponsel akar masalahnya. Banyak kemungkinan penyebab tapi pada kasus ekstrim mungkin ponsel sudah dikendalikan malware dan perlu di reset pabrik.

    Jika sudah pakai ponsel lain tapi masalahnya masih sama, ada beberapa kemungkinan. Bisa karena kualitas jaringan, kartu SIM yang bermasalah, atau pemilihan paket kuota internet yang tidak tepat.

    8
    1
    • 26 Januari 2023 - (15:34 WIB)
      Permalink

      Bukannya tidak mau ngecek kartu di HP lain. Kesimpulan liar bisa ke mana mana. Coba saja jika jawabannya Ya atau Tidak, apa yang bisa disimpulkan.

      1
      28
        • 26 Januari 2023 - (18:32 WIB)
          Permalink

          @Super Peyek, Silahkan menulis secara teknis. Kalo ngomong begitu semua juga bisa nulis begitu. Baca lagi keterangan.

          16
  • 26 Januari 2023 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Perangkat / smartphone merk dan tipe/modelnya apa saja yang digunakan? Android 10 kan ada banyak sekali jenis perangkatnya…

    Apa jangan2 saya kelewat baca di atas, gak menemukan rinciannya?

  • 26 Januari 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Mungkin Bapak ini maunya kartu telkomsel dia yg harus dirapihin.. Tanpa mengkesampingkan hp nya yg mungkin harus diganti..
    Soalnya masukin kartu di hp lain ga mau..
    Walau cuma sekedar test aja..
    ..
    Yasudah pak, kejar terus telkomsel bikin gugatan hukum krna diduga mall praktik terhadap kartu bapak..

    Sekian..
    Wuakakakak

    19
    • 26 Januari 2023 - (18:37 WIB)
      Permalink

      @Dims, salam wuakakak. Dicoba dulu jawabannya, kalo bisa dan tidak bisa, jika dicoba di HP lain. Tanpa mengkesampingkan hp nya yg mungkin harus diganti.

      1
      18
    • 26 Januari 2023 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Saya rasa masalah ada di hp nya , Fota itu firmware over the air , kalo muncul notif fota terus berhenti ya dicoba aja clear data dari fota nya , lanjut dilakukan update ulang systemnya , kalo memang belum bisa pakai kartu telkomselnya ya selesaikan update nya melalui jaringan wifi dulu , intinya selesaikan dulu masalah update fota biar kelar dan gak muncul notif fota fota lagi
      Lanjut cari solusi kenapa hanya kartu telkomsel yang dipakai tidak bisa melakukan koneksi , cek juga apa ada aplikasi tertentu yang merubah jaringan (vpn, anti iklan, anti malware), cek juga apa ada pernah rubah host, dns …
      Ribet? Ya memang ribet , harus di cek satu per satu kalau mau tau darimana penyakitnya .

      10
      • 26 Januari 2023 - (18:48 WIB)
        Permalink

        @dy sudah dibersihkan storage dan cache nya. Sudah diupdate pakai jaringan lain. artinya saat sudah terupdate, seharusnya kembali ke kartu T-sel tidak bermasalah kan. Tapi, ini masih bermasalah. Tidak ada yang diubah di Host, DNS. Sudah pula dilakukan reset factory. Tapi masih tidak bisa. Kalau pakai T-sel + VPN atau kartu provider lain atau wifi non T-sel bisa lancar untuk membuka nya.

        1
        9
  • 26 Januari 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Nulis di Media Konsumen, tp gobloooknya minta ampun. Egk respeck sekali model orang ginian.

    13
    1
    • 26 Januari 2023 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Ga ngerti, jangan dilihatin, dilewatin aja, gobloooknya minta ampun.

      1
      11
      • 27 Januari 2023 - (00:03 WIB)
        Permalink

        Di tunggu tulisannya yg lain pak, sapa tau nanti bs dpt rekor pengeluh terbanyak dari media konsumen. Bs dpt gelas tuh
        Buwakakakakakak

        6
        1
      • 27 Januari 2023 - (00:48 WIB)
        Permalink

        Ini mirip film michael douglas falling down ” the customer is always right” jadi tolong dong dari pihak telkomsel ini masalah di bereskan sampai tuntas.

  • 26 Januari 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Kutipan thread di atas:
    “Anehnya semua dapat terakses lancar dengan menggunakan WIFI atau VPN.”
    Saran:
    Bawa tu HP dan simcard Telkomsel ke Service HP (Teknisi HP).
    Kalau TS ternyata teknisi HP juga, cari teknisi yang lebih pintar, banyak kok….
    Teknisi itu tahu trouble shooting nya, dan juga tidak merasa aneh kalau tidak bisa konek atau bisa tapi lambat melalui simcard TSel tapi lancar melalui WIFI dan VPN…

    • 26 Januari 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Benar, Jika telkomsel bermasalah, telkomsel juga tidak mau ngaku, dan tidak bisa menservicenya.

    • 26 Januari 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Benar, Jika telkomsel bermasalah, telkomsel juga tidak mau ngaku, dan tidak bisa menservicenya. Paling suruh TS ke service center.

      2
      1
  • 26 Januari 2023 - (20:16 WIB)
    Permalink

    TS kenapa yak? Merasa udah tau salah nya apa. Tapi gak bisa berpikir kritis.

    Giliran dibantu sama teman2 MK, malah antikritik. Mau menjatuhkan apa gimana? Tolong bijak dan berpikir seimbang antara emosi dan logika, orang2 pada niat bantu, tapi bersikukuh seolah-olah tau benar akar masalahnya. Seluruh orang2 di komentar pada ngerti itu kalau storage cache yang SAMA SEKALI GAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN SINYAL.

    Saya pengguna Tsel halo sudah lebih 5 tahun dan tahu berapa tagihan minimalnya kalau dipakai terus tanpa paket pemakaian normal (panggilan sesekali, pembelian internet setiap bulan secara manual/paket extra) ataupun paket berlangganan, dan saya rasa, mending daripada bayar tagihan mahal tapi ngeras sok tau, mending pakai buat belajar, nambah ilmu. Karena kalau dilihat-lihat, gak ada orang yg berilmu, terutama yang dewasa, yang gak nyari tahu penyebab sebenarnya apa, dan TIDAK BERKESIMPULAN HAL YANG BELUM TENTU BENAR apalagi DIBERI SARAN NGEYEL MERASA BENAR

    11
    2
  • 27 Januari 2023 - (01:07 WIB)
    Permalink

    HP anda Sudah Di HACKING… data anda Sudah Di ambil, kemudian Settingan HP anda Di SETTING HACKER supaya tidak Bisa Connect ke Internet mau di Benerin Pakai DUKUN APAPUN… solusinya… Pindahkan Semua Data Kontak, Password, akun, Foto, Video, berkas dan lain-lain… Kemudian RESET SETELAN PABRIK… dah pasti Beres pakai kartu itu lagi…
    *Catetannya… jika HP gak di Pakai atau Tidur OFFLINE kan… karena Setiap HP sudah bisa di sadap oleh CIA atau CHINA inteligent… *Kapan Mulai di sadap ?… jadi di OS android itu ada Celah buat Inteligent untuk menginstall aplikasi pembaruan otomatis… padahal itu bukan, tapi masang kode HACKING… lebih lanjut anda perlu Bayar… karena tidak ada hal gratis di dunia ini.

    4
    1
  • 27 Januari 2023 - (01:24 WIB)
    Permalink

    HP mu bermasalah dgn sistim keamanan terbaru. Terlihat jg dr komplain2 anda sebelumnya ke Telkomsel soal jaringan. (Buat pembaca lain silahkan klik namanya, kerjanya tukang ngeluh, si paling pintar)

    1
    2
  • 27 Januari 2023 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin masalah update yg eror spt ini.
    Emang HP nya yg minta flash ulang, bukan sekedar reset pabrik.

    Tapi ya sudahlah, kayaknya TS sudah tahu segalanya. Dikasih banyak masukan malah ngegas.
    Dan yg paling sederhana, pindah kartunya ke HP lain… Kok susah amat coba yg ini aja

  • 27 Januari 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Untuk pihak Telkomsel tolong jangan tanggapi keluhan orang ini,,buangยฒ waktu saja wkwkwk

    1
    1
  • 27 Januari 2023 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Lagi nyimak obrolan para suhu di MK..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • 28 Januari 2023 - (02:03 WIB)
    Permalink

    TS sok pinter dikasih saran malah maki2 coba suruh ganti device gak mau entah orang kere hore atau gak pny hp lain buat tes kartu nya,

    Pasti habis ni komentar saya bakal di olok2 sama TS nya wkwkwkek
    Dasar g
    Bl
    Ok TS na dikasih saran ngegass merasa bener sendiri

  • 28 Januari 2023 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Ada aja lawakan di MK. Dikasi saran malah tetep ngeyel. jawaban dari kasus si TS ini cm perlu ganti hp baru.
    Saya pakai telkomsel + android 9 aja biasa2 aja tuh dipakai buat jalanin aplikasi finance.

  • 28 Januari 2023 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kayak gitu tapi pas cari di youtube itu karna sistem jaga pulsa di aplikasi my telkomsel

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Penanganan Telkomsel Berdampak Buruk Pada Sistem Android OS Saya

oleh Sukamto dibaca dalam: 3 menit
61