Beli Handphone di Blibli.com yang Diterima Pasta Gigi, Proses Retur Hampir 1 Bulan Belum Diberikan Solusi

Pada tanggal 29 Desember 2022, saya melakukan pembelian handphone merk OPPO A16E 3/32 di aplikasi blibli.com di nomor pesanan.

  1. 12121142333.
  2. 12121142405.

Barang diterima pada tanggal 2 Januari 2023, melalui ekspedisi ANTERAJA dengan nomor resi:

  1. BLIAJA0003659476032.
  2. BLIAJA0003659476020.

Alangkah terkejutnya 2 paket yang harusnya berisikan handphone Oppo A16e 3/32, tapi 2 paket isinya pasta gigi semua. Pada hari itu juga saya proses untuk pengembalian barang, dan prosesnya disetujui oleh pihak Blibli untuk pengembalian barang dengan melalui pihak JNE dengan kode boking:

  1. RMA639962.
  2. RMA639959.

Diterima pihak Blibli tanggal 3 Januari 2023, saya membaca di syarat dan ketentuan pengembalian barang, prosesnya paling lama 3 hari kerja sudah akan diberikan solusi. Tapi kenyataan yang saya terima hampir 1 bulan belum diberikan solusi sama sekali. Hampir setiap kali ditanyakan bagaimana perkembangannya, jawabannya selalu sama masih butuh waktu pengecekan oleh pihak Blibli, sampai diminta video unboxing 4x.

Sangat disayangkan e-commerce sekelas blibli.com yang jargonnya “KARENA KAMU NOMOR 1” memberikan pelayanan yang mengecewakan customer.

Beginikah susahnya penanganan retur di blibli? Apakah seperti ini Blibli memperlakukan customer?

Saya sangat kecewa dan merasa dipermainkan, setiap kali ditanya kapan akan diselesaikan yang diberikan hanya janji-janji, katanya jangan khawatir akan diberikan solusi terbaik, diprioritaskan, diproses secepatnya. Sudah hampir 1 bulan uang 2.6 juta ditahan oleh pihak Blibli.

Saya mohon dengan sangat pihak BLIBLI tolong segera diberikan solusi, segera dikembalikan uang saya.

Terima kasih.

Duma Primawardhani
Purwodadi, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Blibli terkait Keluhan Solusi Retur

Menanggapi surat keluhan proses retur yang dikirimkan oleh Ibu Duma Primawardhani, yang diunggah pada Media Konsumen pada 29 Januari 2023...
Baca Selengkapnya

90 komentar untuk “Beli Handphone di Blibli.com yang Diterima Pasta Gigi, Proses Retur Hampir 1 Bulan Belum Diberikan Solusi

  • 30 Januari 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Selama saya beli berkali2 di blibli selalu aman kok, pakai yg disediakan blibli dan system 2 jam sampai aja. Aman kardusnya juga gambar blibli dan lakbannya biru blibli juga. Saran klo beli hp cari yg saya tulis ini… Jangan seller, tp klo saya liat video itu seperti ada yg aneh ?.

    4
    1
    • 30 Januari 2023 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Aku jg pertama nnton videonya udh tau klo itu tipu2 kak. G kaget lho orgnya wlopun isinya pasta gigi. Trus, kek sengaja gt nunjukin segel yg masih blom rusak. Tipu2 ituuu

      2
      1
  • 30 Januari 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Kalau pembeli yang nipu ini harus dipidana karena sudah mencoreng nama baik toko dan e-commerce serta kurirnya. Biar jadi pelajaran.

    4
    1
  • 30 Januari 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk…TS ngilang….punya ilmu canggih dia….bisa mengilang…ak kaget….wkwkwkwk..mau nipu ternyata netizen MK lebih jeli…

    4
    1
  • 30 Januari 2023 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Yg beli kalau nipu kurang cerdas yg jual pasti punya video juga saat Peking sebelum di kirim pengembalian barang itu paling lama 1 Minggu duit udah di balikin

    • 30 Januari 2023 - (21:07 WIB)
      Permalink

      Saya yakin dan percaya blibli dpt menyelesaikan persoalan ini dgn baik. Bukankah hp ada imei nya ? Apakah bisa di tracking dimana posisi hp tsb berada dari awal sampai saat ini ?. Kalau bisa maka siapa yg nakal bakal ketahuan.

  • 30 Januari 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Ngapain beli diblibli . Gue aja beli hp harga 5 juta aja lewat Shopee. bahkan penjualnya di Sumatra sedang kan gue dijakarta aja aman kok pake expedisi Jnt express

    2
    5
    • 30 Januari 2023 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Lg sibuk, fokus borong lakban merek A-Z, biar aksi penipuan unboxing berikutnya ngga gatot (maybe) ?

      3
      1
      • 31 Januari 2023 - (05:27 WIB)
        Permalink

        Maaf ini TS banyak kejanggalan,
        1. Misal walaupun ini unboxing hp kedua, walau pun sudah pernah unboxing paket sebelumnya tapi tidak di video pasti tetap ada reaksi kaget atau suara seperti panik dan sebagainya. Ini tidak ada sama sekali, datar” saja. Sangat aneh, padahal video bersuara.
        2. Gradasi warna lakban coklat yg berbeda, seperti ditumpuk lakban baru . Haha
        3. Kalo banyak yg lain mungkin meragukan kurir yg nakal, kembali ke poin 1 saya yakin ini TS yg nakal. Walaupun uda tahu pasta gigi, reaksi datar. Misal belum tahu past gigi pun datar reaksinya tidak ada suara panik sama sekali aktingnya kurang hebat.

        Jadi kesimpulan TS mau nipu dapat hp gratis + uang balik. Blibli di blokir atau lapor polisi aja ini laporkan TS penipu.

        1
        1
  • 30 Januari 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Selamat malam. Saya tdk ingin menjudge TS. Tapi jujur banyak kejanggalan dlm kasus anda. Apa lagi sypun pelanggan setia blibli bertahun2 belanja di official sorenya dan wlw hrg lebih mahal dikit tetap puas disini krn CSnya sgt responsif.
    Nah terkait kasus anda yg janggal :
    1. Anda beli 2 HP yg sama typenya dgn 2akun berbeda? Knp ya?
    2. Dikirim kurir dihari dan jam yg sama tp video hanya 1? Atau ada video box kedua kah?
    3. Baru kali ini lihat box dr official blibli jelek begitu. Bukankah selalu pake box biru blibli yg bagus itu ya?
    4. Lakban bagian bawah udah kebuka sebagian. Keliatan bgt dimata sy
    5. Maaf Lakban koq keliatan ditimpa ulang krn beda wrn
    6. Kl sy biasa buka paket dr atas (robek bagian label putih alamat)
    7. Masih ada kartu Indosat didlm loh.. Koq ga dikeluarin & dicek?
    8. Dr berat box harusnya engeh isi agak ringan, biasa sy pasti goyang2 dl.. Anda santai aja..
    9. Saya yg bukan pembelinya aja wkt lihat video buka box taunya salah isi aja langsung istighfar. Lah ini anda ga ada suara ekpresi kaget wkt tau isinya cuma odol jd kaya udah tau isinya bukan HP.
    10. Knp solusinya minta balikin uang? Kl benar niat beli khan bisa minta kirim ulang barang serupa spy ga batal.

    Maaf itu aja penilaian sy sebagai konsumen terlepas dr benar atau tdk kasus anda bisa saja dr kurir yg nakal tp dr andapun ga kaya real. semoga baik blibli ataupun anda dpt keadilan ya. Salam hangat

  • 30 Januari 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Kok ga ada gerakan/gesture panik?
    Aku aja pelanggan setia e-commerce, terakhir beli gadget fold 3 tahun lalu, alhamdulillah aman.

    Pernah jd korban entah seller nakal kongkalikong driver atau murni driver nakal.
    Pesen iPhone 12jt, tiba2 driver menghilang dari radar, autopanik, lgs ke kantor gojek…akhrnya stl berminggu2 Bari diganti 10jt doang, rugi 2jt, krn dlu belum ada asuransi senility barang

  • 30 Januari 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Waduuh kok di sengaja buka dr bawah dan gak rapi plakbanya , orang awam mah buka dari atas segel rusak , sepertinya yg buka sdh tahu akalnya, bisa nih mah masuk kriminal, nakal nih buyer nya .

  • 30 Januari 2023 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Sudah mantau lama. Blm muncul2 ts nya. Apakah lg gemeteran baca komenan para netizen yg jeli ini ?

  • 31 Januari 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Maaf ka itu pas di akhir video , pas odolnya diangkat dibawah ada kartu indosat apa ya yg kuning terselip, masa iya klo memang yg dikirim paata gigi kok ada kartu indosatnya. Kasian ka seller di cemarin nama baiknya ka,,, g berkah hidupmu nanti ka.

  • 1 Februari 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Pesanan ada dua. Video cuma satu. Mana video unboxing satu lagi?

    Video yang sudah ada, setelah diputar ulang dan diperhatikan saksama… terlihat lakban beda warna dan disambung/timpa.
    Setahu dan selama saya pesan hape dari blibli official store, blm pernah sih nemu lakban model begitu. Mungkin Oppo Official Store beda sendiri bagian atau caranya?
    Lalu di dalamnya ada perdana indosat. Logika sederhana bagaimana bisa ada odol dan perdana di mana dia barang itu beda jauh kategorinya. Kemungkinan besar di bagian pengemasan tidak bisa dituduh karena beda bagian gudang dan pasti punya bukti video atau foto pengemasan.

    Kalo curiga kurir, mereka apalagi Anteraja juga pasti punya foto paket ketika tempel label resi kirim dan ketika diterima pembeli (dengan catatan kurir kirim tidak asal fotonya).

    Terakhir tinggal Blibli saja bagaimana nih tindakannya, jangan lama2. Mau dibebankan ke asuransi atau pembeli?

  • 2 Februari 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, selama ini sering belanja di Blibli dan tidak ada masalah serius, maksudnya tidak sampai & jangan sampai juga kejadian seperti TS jika itu benar, kenal Blibli udah lama sejak 2012, awalnya tau Blibli karena jadi sponsor atlet2 Badminton Indonesia, dan sampai sekarang masih jadi pengguna aktif.

    Klo menurut saya ada banyak kemungkinan sih, bisa dari pembeli yg memang mengada2, bisa dari seller juga jika memang sellernya nakal, atau bisa juga dari pihak ekspedisi, tinggal dianalisa aja masing2, lihat track record nya selama ini, khusus seller jika memang seller besar, rating tokonya bagus, badge tokonya sudah diamond atau bahkan Official Store kayanya kemungkinan sellernya curang sangat kecil, tinggal dari pembeli dan ekspedisinya, klo dari ekspedisi pernah juga punya pengalaman tidak baik tapi lupa ekspedisinya apa, waktu itu beli di Tokopedia “Wafello 1 karton”, ketika diterima lakban original dari pabrik sudah ditimpa lakban lain dan box terlihat penyok di satu sudut dan setelah dibuka ternyata ada hilang 1 pack isi 10 renceng, pantas saja hanya penyok disatu sudut karena memang ada sudut yg kosong, tidak terisi, mau komplain ke seller sayangnya g ada video unboxing, jadi ya sudah lah relakan saja toh harganya juga tidak seberapa.

    Jadi jangankan produk elektonik seperti HP, bahkan produk makanan pun ada saja yg dicurangi oleh segelintir orang dari pihak ekspedisi yg tidak bertanggungjawab.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 90 komentar sampai saat ini..

Beli Handphone di Blibli.com yang Diterima Pasta Gigi, Proses Retur Ha…

oleh Duma Primawardhani dibaca dalam: 1 menit
90